-->

MAKALAH PENELITIAN MOJOKERTO

 BAB 1

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah

Pada zaman dahulu di Indonesia banyak berdiri kerajaan –kerajaan dengan corak agama Hindu, Budha dan Islam. Hal ini menyebabkan banyak peninggalan situs bersejarah yang terdapat di Indonesia. Salah satunya yaitu Maha Vihara Mojokerto yang terletak di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Maha Vihara ini merupakan salah satu bangunan cultural dibidang keagamaan. Di dalam kompleks bangunan Maha Vihara terdapat patung Buddha Tidur terbesar ketiga di Asia.

Adanya penelitian tentang Maha Vihara Budha di Trowulan ini disebabkan karena pada zaman sekarang banyak remaja yang tidak mengenal dan tidak mengetahui tentang asal mula didirikannya patung Budha yang terdapat di Maha Vihara Mojokerto.Oleh karena itu penulis memilih judul tentang asal mula didirikannya patung Budha yang terdapat di Maha Vihara Mojokerto sebagai bahan penelitian penulis.


1.2 Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang digunakan sebagai pedoman dalam penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut: 

1. Bagaimana asal mula didirikannya Maha Vihara Mojokerto?

2. Mengapa patung Budha diletakkan di Maha Vihara Mojokerto? 

3. Bangunan apa saja yang terdapat dalam Mahavihara Mojokerto?


1.3 Batasan Masalah

Mengingat luasnya permasalahan yang harus dibahas sehubungan dengan Maha Vihara Mojokerto, Peneliti membatasi masalah hanya sampai pada :

1. Asal mula didirikan Maha Vihara Mojokerto 

2. Patung Budha di Maha Vihara Mojokerto

3. Bangunan di Maha Vihara Mojokerto


1.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.4.1 Tujuan Penelitian

 Tujuan penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut:

1. Memenuhi tugas akhir Semester Genap Mata Pelajaran Seni Budaya.

2. Mengetahui tentang asal mula didirikan Maha Vihara Trowulan Mojokerto

3. Memelopori remaja agar tidak melupakan sejarah kebudayaan Bangsa Indonesia

1.4.2 Manfaat Penelitian

Kegiatan penelitian yang akan kami laksanakan ini bermanfaat untuk:

1. Menambah wawasan tentang situs bersejarah di Indonesia khususnya tentang asal mula didirikan Maha Vihara Trowulan Mojokerto

2. Mengetahui sejarah benda-benda pada masa purbakala sehingga kita dapat menjaga dan melestarikan situs –situs bersejarah yang ada di Jombang


1.5  Metode Penelitian

1.5.1 Metode Pengumpulan Data

Dalam pembahasan tentang asal mula berdirinya patung Budha di Maha Vihara Trowulan Mojokerto, teknik yang kami gunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan adalah :

• Observasi

Melakukan pengamatan langsung di Maha Vihara Trowulan Mojokerto, dan mencari informasi mengenai asal mula berdirinya patung Budha di Maha Vihara Trowulan Mojokerto.

• Studi Pustaka

Mengumpulkan data dengan cara menggunakan literatur-litertur dan mencari referensi dari internet mengenai asal mula berdirinya patung Budha di Maha Vihara Trowulan Mojokerto secara menyeluruh. 

 

BAB II

KAJIAN TEORI


2.1  Maha Vihara Trowulan Mojokerto

Maha Vihara Majapahit, merupakan tempat ibadah yang didirikan oleh yayasan lumbini untuk mengenang kembali kejayaan Hindu Budha yang pernah tumbuh dan berkembang di kawasan ini. Maha Vihara Majapahit didirikan oleh Bante Virianadi, dimana proyek pembangunannya dimulai pada tanggal 13 Desember 1985, Maha Vihara ini didirikan di atas tanah seluas 16000 meter persegi bekas Kerajaan Majapahit, yaitu di dusun Kedung Wulan, desa Bejijong, kecamatan Trowulan, kabupaten Mojokerto dan diresmikan pada tanggal 11 April 1988 oleh Gubernur Daerah Tingkat I, Jawa Timur Bapak H.Soelarso.

Proses penbangunan dari Maha Vihara Majapahit ini dimulai dengan pembangunan ruang Dhammasala terlebih dahulu, kemudian kantor yang dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas untuk mendukung kegiatan di tempat ini,setelah kedua bangunan tersebut selesai dibangun, mereka membangun patung Sleeping Buddha, beserta pembuatan perpustakaan serta Borobudur mini, setelahitu mereka juga menambah fasilitas penginapan untuk para pengunjung, dan para Bhikku.


2.2 Sleeping Buddha Sclupture

Patung Budha merupakan ciri khas dari keberadaan suatu Vihara, oleh sebab itu Yayasan Lumbini membangun sebuah patung Sleeping Buddha di MahaVihara Majapahit, sehingga menjadi daya tarik tersendiri, untuk merealisasikan pembuatan patung tersebut, Yayasan Lumbini mendatangkan ahli pemahat patungdari Kota Solo, Patung Sleeping Buddha ini memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter,serta tinggi 4,5 meter, dan patung ini diklaim sebagai patung Buddha Tidur terbesar ketiga di Asia setelah Jakarta, dan Bangkok, oleh sebab itu wajar jika pada Desember, 2001 patung Budha ini tercatat dalam buku MURI (MuseumRekor Indonesia)

Pada bagian bawah dari patung ini terdapat relief-relief yang pada setiap bagiannya menceritakan hal yang berbeda-beda, pada bagian depan menceritakan tentang jaman orang bertapa pada tahun 623 SM, pada bagian samping kanan, dankiri patung tersebut menceritakan godaan-godaan yang dialami oleh Sidharta Gautama ketika beliau menjalani pertapaan, sehingga mampu mencapai pencerahan, pada salah satu sisi dari bagian ini merupakan pintu masuk menuju ruang meditasi, sementara pada bagian belakang patung menceritakan tentang keserakahan manusia beserta akibat-akibatnya

 

BAB III

PEMBAHASAN


3.1 Asal mula didirikan Maha Vihara Mojokerto 

Kawasan Trowulan pada jaman dahulu merupakan bagian dari KerajaanMajapahit, yang merupakan salah satu kerajaan besar, yang berhasil Trowulan mempersatukan seluruh Nusantara, dimana pada masa itu agama Hindu danagama Budha berkembang pesat serta hidup berdampingan. Pada era kerajaan Majapahit abad 14, pulau Jawa merupakan salah satu pusat perkembangan agama Budha, dalam hal ini tidak terkecuali kawasan Jawa Timur, hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa warisan atau peninggalan sejarah seperti candi-candi yang berkiblat pada agama Budha, seperti candi Wringin Lawang, Brahu, Kolam Segaran, Bajangratu, Tikus, yang masih berada di kawasan Mojokerto.

Yayasan Lumbini yang mengelola Maha Vihara Majapahit ingin ikut ambil bagian dalam usaha menjaga warisan nenek moyang tersebut dengan turut melestarikannya melalui pembangunan Maha Vihara Majapahit, karena mereka percaya bahwa dahulu pada tahun 1486 M tempat ini memeluk agama Hindu Budha, tetapi pada masa itu terjadi perang antara Raden Brawijaya XII dari Hindu Budha melawan kerajaan Islam yang dipimpin oleh Raden Patah dari Demak, dan menurut buku kenangan Maha Vihara Majapahit, faktor utama penyebab keruntuhan Majapahit adalah masalah persengketaan di antara keluarga kerajaan,untuk memperebutkan kekuasaan, dan hal tersebut berakibat kekalahan Majapahit dari Kerajaan Demak, sehingga penduduk sekitar berganti menjadi pemeluk agama Islam, menyadari fakta sejarah tersebut maka Yayasan Lumbini mendirikan Maha Vihara Majapahit, untuk mengenang kembali kejayaan Hindu Budha yang pernah tumbuh dan berkembang di kawasan ini.


3.2 Asal mula keberadaan patung Budha tidur

Patung Budha merupakan symbol dari Mahavihara Mojokerto. Patung yang dalam pembangunannya mendatangkan ahli pemahat patung dari kota Solo (Jawa Tengah) ini, mempunyai panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Karena ukurannya yang cukup besar maka patung Buddha ini tercatat di MURI (Museum Rekor Indonesia) pada bulan Desember, 2001 sebagai patung yang terbesar ketiga se-Asia setelah Jakarta dan Bangkok. Patung berwarna kuning keemasan dan dibawahnya terdapat relief karmawibanga yang menceritakan hukum sebab akibat (karma). Patung Budha tersebut dibuat dengan posisi tidur melambangkan Sidharta Gautama pada saat wafat. Patung Budha diletakkan di tengah kolam melambangkan bahwa Sang Budha pada saat wafat abunya di buang kelaut. Patung Buha juga menghadap ke selatan karena arah selatan dianggap sebagai kiblatnya orang Budha. Diharapkan dengan adanya patung Budha Tidur masyarakat tahu tentang kisah Sidharta Gautama dan kepercayaan bahwa dunia tidaklah kekal.


3.3 Bangunan di Maha Vihara Mojokerto

Maha Vihara Majapahit (secara umum)

Ruang Dhammasala


Berbentuk seperti tumpukan komposisi massa,karena di sini dapat dilihat bahwa pada bagian atapnya membentuk limas segi empat, sehingga pada atap bangunan tersebut tampak memanjang, pada kanan-kiri bangunan terdapat dua buah bangunan unik dengan komposisi susunan atap yang hampir sama namun memiliki ukuran yang lebih dan terletak di taman depan ruang Dhammasala tempat alat tabuh untuk keperluan kegiatan Puja Bakti.Terdapat sebuah stupa untuk menunjukkan identitas dari Maha Vihara tersebut, sebagai tempat ibadah umat Budha, selain itu sebelum masuk ke dalam main entrance ruang Dhammasala, umat akan disambut oleh 18 patung Arahat, dengan posisi tangan yang berbeda-beda, adapun letak dari ke 18 patung arahat ada diantara gerbang utama dengan Ruang Dhammasala 

Pintu Masuk Ruang Dhammasala

Merupakan salah satu view pintu masuk ruang Dhammasala yang menghadap ke arah gerbang utama dari Maha Vihara Majapahit, dimana dapat kita lihat sebuah altar tempat untuk meletakkan dupa atau hio yang telah digunakan untuk berdoa, disana juga dapat kita lihat 18 patung Arahat, empat pilar penopang bangunan, yang terbuat dari dinding batu bata yang difinishing oleh semen dan cat tembok berwarna putih, dan pada bagian bawahdari keempat pilar penopang tersebut terdapat sebuah ukiran Jawa empat sisi, berwarna kuning emas, namun sebenarnya finishing dari ukiran Jawa tersebuthanya menggunakan cat berwarna emas, yang dikelilingi oleh cat berwarna abu-abu gelap sebagai background dari ukiran tersebut, pada bagian lantainya menggunakan lantai keramik berwarna coklat muda, dengan kombinasi coklat tua dan krem, membentuk suatu pola bujur sangkar yang memiliki tekstur, hal ini ditujukan agar umat atau pengunjung tidak terpeleset oleh air, terutama saat musim hujan tiba 

Dinding Belakang Dhammasala

 Pada bagian belakang dinding ruang Dhammasala ini terdapat sebuah relief yang mengisahkan tentang sang Buddha yang tengah menjabarkan ajaran Dhamma dalam berbagai keadaan, seperti yang ditulis dalam kitab Samyutta Nikaya, relief ini dibuat dengan cara dipahat, kemudian dilapisi cat berwarna emas ini menjadi elemen dekoratif yang menghiasi bagian dinding belakang ruang Dhammasala, dimana secara keseluruhan relief ini memiliki ukuran panjang 17,25 meter, serta tinggi 2,65 meter. Pada bagian dinding depan ruang Dhammasala juga terdapat elemen dekoratif

Altar Buddha Sakyamuni

Merupakan interior dari ruang Dhammasala dengan view tepat di depan pintu masuk ruang Dhammasala, dimana dapat dilihat salah satu dari ketiga altar, yang pada bagian tengah merupakan altar Budha Sakyamuni, dimana altar ini sendiri memiliki luas 8,4m x 2,4m,altar ini sendiri berbeda dari kedua altar yang lain dalam ruang Dhammasala tersebut, karena altar ini terbuat dari keramik yang membentuk susunan tangga, dimana di kanan dan kiri dari patung Budha tersebut terdapat 2 buah patung Arahat, ketiga patung ini terbuat dari batu yang dipahat, tepat di depan dari altar Budha Sakyamuni ada semacam mimbar kecil tempat meletakkan kitab dan perlengkapan untuk upacara

Altar Dewi Kwan Im

Altar Dewi Kwan Im ini memiliki panjang 5,20 meter, lebar 1,8 meter, serta tinggi 1,2 meter dimana dapat kita perhatikan pula bahwa patung dari Dewi Kwan Im tersebut terbuat dari batu yang dipahat, sehingga menyerupai pe  rwujudan dari Dewi Kwan Im, adapun altar dari Dewi Kwan Im ini terbuat dari kayu, yang difinishing dengan melamin berwarna coklat,

Altar Dewi Tara

Diatas daripada altar Dewi Tara ini terdapat beberapa item barang untuk keperluan puja bakti,


Patung Sleeping Buddha

Patung Sleeping Buddha ini memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter, serta tinggi 4,5 meter, dan patung ini diklaim sebagai patung Buddha Tidur terbesar ketiga di Asia setelah Jakarta, dan Bangkok. Di bawah patung terdapat relief - relief karmawibanga yaitu cerita yang menceritakan tentang sebab musabab (hukum karma). Dan patung ini menggambarkan Budha yang telah wafat.


 

BAB IV

PENUTUP


4.1 Simpulan

• Maha Vihara Majapahit, merupakan tempat ibadah yang didirikan oleh yayasan lumbini untuk mengenang kembali kejayaan Hindu Budha yang pernah tumbuh dan berkembang di kawasan ini. Maha Vihara Majapahit didirikan oleh Bante Virianadi, dimana proyek pembangunannya dimulai pada tanggal 13 Desember 1985, Maha Vihara ini didirikan di atas tanah seluas 16000 meter persegi bekas Kerajaan Majapahit, yaitu di dusun Kedung Wulan, desa Bejijong, kecamatan Trowulan, kabupaten Mojokerto

• Budha tidur adalah symbol dari meninggalnya Sidharta Gautama dan diletakkan diatas air adalah symbol dari abu pembakaran mayat yang dibuang di laut.

• Di dalam Mahavihara Mojokerto terdapt berbagai macam bangunan pendukung yang memiliki fungsi masing-masing.

4.2 Saran-Saran

• Di harapkan dengan adanya penelitian tentang Mahavihara Mojokerto, para pembaca mengetahui tentang asal-usul berdirinya Mahavihara Mojokerto beserta patung Budha tidur yang ada didalamnya. Sehingga dapat memberi wawasan tentang keanekaragaman kepercayaaan di Indonesia dan sejarah Nusantara.










DAFTAR PUSTAKA


wisatamojokerto.indonesiatravel.biz/obyek.../maha-vihara/

dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_1662.html 

www.mahavihara-mojopahit.or.id/wisata.php 

wijna.web.id/306-Jelajah-Trowulan.html

https://jawaposting.blogspot.com



























LAMPIRAN

Penulis berada didepan main entrance ruang Dhammasala


Penulis berada di dalam main entrance ruang Dhammasala

Penulis berwawancara dengan petugas Mahavihara


Penulis berfoto bersama dengan petugas Mahavihara


 

Penulis di patung Altar Dewi Kwan Im

Penulis di depan Patung Budha Tidur<br />


LihatTutupKomentar

JOBS