Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

SKENARIO ANDE-ANDE LUMUT drama

Diposkan oleh irfan on Saturday, May 23, 2015



 Narator :

            Demi keselamatan jiwanya dia(DewiSekartaji)  menyamar dan ngenger atau ngikut kepada Nyai yang kaya di sebuah desa Alkisah pada waktu kerajaan Jenggala dimana terjadi peperangan yang mengakibatkan kekalahan di pihak Jenggala. Hingga akhirnya sang puteri Dewi Sekartaji harus bersembunyi dan melarikan diri dari kejaran pihak musuh.yang sangat jauh dari wilayah Jenggala. Nyai tersebut mempunyai 3 orang puteri yang sangat cantik, centil dan energik. Dari yang sulung hingga bungsu, mereka adalah bernama: Kleting Abang, Kleting Ijo, dan Kleting Biru. Dan Nyai tersebut menamai Dewi Sekartaji adalah Kleting Kuning. Raden Panji yang juga suami dari Dewi Sekartaji, akhirnya bersama pasukannya akhirnya berhasil mengusir dan mengalahkan pihak musuh. Namun dia sangat bersedih hati ketika mendapati isterinya raib entah kemana.
Setelah mengembalikan kerajaan pada kondisi aman dan stabil, dia memutuskan untuk berkelana mencari isterinya. Dari bisik-bisik pengawalnya  dia mengetahui bahwa ada seorang gadis yang mirip Dewi Sekartaji tinggal di suatu dusun. Dia pun memutuskan untuk menyamar menjadi pemuda yang sedang mencari isteri dan tinggal di daerah Desa Dadapan

Bagian 1 :
( Awal Mula ) Narator
   Pangeran dan salah satu pengawalnya yaitu bejo,mereka berdua  berjalan menyusuri hutan yang lebat.Pada saat itu pangeran dan bejo berniat berburu  hewan untuk mereka makan.Namun mereka sempat terpisah saat berburu hewan.
  
Hingga akhirnya mereka bertemu seorang wanita tua yaitu mbok rondo dadapan,dan akhirnya pangeran diangkat sebagai anak angkat oleh mbok rondo dadapan.
Pangeran                                :           Jo… bejo… kamu dimana jo…. Jo…
Bejo                                        :           Pangeran….  Pangeran…. Kamu dimana pangeran….
(keterangan: berjalan mundur…. Kemudian bertabrakan bersama, sampai gelimbungan).
Pangeran                                : aduh…  kamu itu.. hati-hati dong….
Bejo                                        :  hehehe.. maaf pangeran… tidak tahu jika dibelakang ada pangeran…
Pangeran                 :   Sini sini Jo…. Aku mau cerita.
Bejo                        :   Ada apa pangeran….
(keterangan:  dua orang duduk bersama dan bercerita)
Pangeran                 :   Kok tidak ada binatang ya hari ini….
Bejo                         :   Iya pangeran sepi banget…!!!
Narator (Keterangan : Pangeran dan pengawalnya berdiri, Kaget melihat ada orang di hadapan mereka)
Pangeran                     :   Siapa itu jo…
Bejo                              :   Saya tidak tahu pangeran.
Pangeran                     :   Maaf bu… boleh saya bertanya?
(keterangan:  Yang ditanya diam, tidak menjawab, sibuk dengan kayu bakarnya)
Pangeran                     :   permisi bu….
(keterangan:  Pangeran mendekat pada mbok rondo, tiba-tiba mbok rondo kaget melihat pangeran)
Mbok rondo dadapan           :   waladalah…. Siapa kamu..
Pangeran                               :   Saya pengembara bu… maaf ini desa apa?
Mbok rondo dadapan           :   Ini desa dadapan nak… kamu sedang apa disini?
Pangeran                               :   Saya sedang mengembara bu… tapi tersesat tidak tahu jalan.
Mbok rondo dadapan           :   Wah.. ya udah… ikut saya saja, kamu akan saya jadikan anak angkat gimana?
Pangeran                               :   Wah.. iya bu saya mau
Mbok rondo dadapan           :   mulai sekarang kamu jadi anakku, namamu jadi ande-ande  lumut…!!!
(keterangan:  Pangeran bersama dengan pengawal dan mbok rondo pergi menuju rumahnya)
Narator :  Sejak pertemuan dengan mbok Rondo di hutan itulah pangeran kemudian tinggal di rumah mbok rondo hingga beberapa waktu. Setelah memastikan bahwa pangeran dalam keadaan aman maka kembalillah pengawal ke istana untuk memberikan kabar kepada sang prabu atas keadaan sang pangeran diluar istana. Sedangkan mbok rondo yang sudah terbiasa dengan kehadiran pangeran dalam hidupnya ia pun mengangkatnya sebagai anak angkatnya dan menamainya dengan nama Ande-ande lumut. Begitulah keadaan pangeran dalam masa-masa pencariannya dengan tinggal bersama mbok rondo sebagai rakyat biasa. Pada suatu hari ande-ande lumut bercerita kepada mbok rondo bahwa dia ingin mencari pendamping hidup yang berbudi luhur. Mbok rondopun tahu bahwa ternyata ande-ande lumut adalah bukan pemuda sembarangan. Maka dibuatlah semacam sayembara. Beritanyapun tersebar hingga pelosok daerah.


Bagian 2 :
(Dirumah Kleting kleting dan mbok rondo)
Narator :   Sampailah berita sayembara itu ketelinga Nyai Runting. Nyai Runting adalah janda kaya didaerah galuh didekat desa manguntur. Dia memiliki tiga orang anak yaitu klenting merah, klenting hijau dan seorang anak tiri, klenting kuning. Namun Klenting kuning tidak seberuntung saudari-saudarinya. Dia sering diperlakukan laksana pembantu dan sering disiksa oleh saudari-saudarinya termasuk oleh ibu tirinya sendiri.


Klenting merah           : hai kamu…bodoh banget sih…cuci baju kok masih bau begini!!
Klenting kuning          : sudah saya cuci kok kak….
Klenting merah           : hiiiii…… dasar kamu ini nyuci aja gak becus....
                                                       
(Keterangan: klenting merah marah dan menjambak rambut klenting kuning).

Klenting kuning                     : ampun…ampun kak…..
Nyai Runting                         : he..he..heh..apa-apaan ini….sudah…sudah….hey kamu, klenting  kuning Sana….lanjutkan pekerjaanmu..

Narator                                                           :(keterangan: klenting kuning menangis dan melangkah menuju dapur untuk menyelesaikan pekerjaan rumah. Sedangkan klenting merah lari manja ke arah ibunya).

Klenting merah           : mami…aku sebel deh…masak bajuku masih bau …hii iiih ..mami…(manja)
Nyai Runting              : aduh sayang..yaudah entar biar mami marahin dia…oya kemana adik  kamu... klenting hijau?
Klenting merah           : memang ada apa si mami kok cari dia segala….?
Nyai Runting              : udah… tunggu mami di ruang tengah.....mami ingin bicara dengan kalian berdua…penting.

(keterangan: Nyai Runting kemudian pergi meninggalkan klenting merah).


Narator                                   : Tidak beberapa lama para klenting sudah siap berkumpul diserambi rumah. Tampak klenting Merah dan klenting hijau bercakap-cakap bercanda dan tertawa bersama sambil menunggu kedatangan ibunya.

Klenting hijau             : aku cantik kan yunda…? Lihat nih baju baruku….
Klenting merah           : halooo...yang paling cantik ya jelas aku doong… aku  gitu loh…
Klenting hijau             : huuuuuu……..narsis abiss.... (jengkel)

Narator                                               :(Keterangan: klenting merah menari dan tertawa, klenting hijau kesal sambil komat-kamit)

Nyai Runting                   : waduh..anak mami sudah pada kumpul ternyata……
Klenting Merah               : mami…aku cantik kan?
Nyai Runting                   : iya…kalian  semua cantik-cantik…

Narator                                               :(keterangan:nyai runting mengelus kepala klenting merah dan kemudian duduk diatas kursi didepan kedua anaknya).

Nyai Runting                          : putri-putriku… mami ingin menyampaikan berita gembira untuk  kalian…(serius)
Klenting hijau                        : apa itu bunda..? (dewasa)
Nyai Runting              : emmm..…begini nak…kalian semua sudah dewasa..sudah saatnya  kalian mendapat  pendamping hidup…
Klenting merah           : bagaimana caranya mami?…..
Klenting hijau             : iya mami……
Nyai Runting              : di desa manguntur ada sebuah sayembara…. Seorang pemuda tampan sedang mencari seorang gadis sebagai istrinya….ande-ande lumut nama pemuda itu..
Klenting merah dan Hijau    : ande-ande lumut?….hahahahaaa. (kompak)
Klenting merah              : dari namanya saja aneh,,,apalagi orangnya….
Klenting hijau                : he’em………
Nyai Runting                 : Husss……dia itu bukan pemuda sembarangan lho…..
Klenting Hijau               : Pemuda jadi-jadian dong…
Klenting merah dan hijau        : hahahahahahahah………….
Nyai Runting                  : Stop…sudah…sudah…pokoknya saya mau kalian sayembara itu...
Narator : {Tak lama kemudian, kleting kuning yang dari tadi hanya mendengar percakapan saudaranya, menuju ibu tirinya dan berbicara}

Kleting Kuning                 :     ibu , saya mau tanya ??
Ibu kleting                                           :    Tanya Apa  Apa kamu udah selesai nyapu?
Kleting kuning                  :    Sudah bu…, gini bu… saya juga ingin melamar jadi istrinya ande-ande lumut seperti kakak-kakak kleting yang lain.
Nyai Ranting           :    Ouh begitu… ya udah tidak  apa apa. Sini kamu aku dandani seperti mereka juga biar tambah cantik .
Narator               :   (keterangan:  mbok rondo memberikan angus dan bau-bau tidak sedap kepada Kleting kuning)
Mbok rondo Kleting        :     Sudah sekarang kamu cuci panci karatan ini sampai bersih seperti panci yang baru beli.Cepat kerjakan tugasmu…
Narator               :(keterangan:  Mbok rondo mendorong Kleting kuning dengan kasar)
Kleting kuning                  :     Tapi bu ,kan ya sulit bu buat panci ini seperti yang baru lagi.
Nyai Runting           :      aduh anak ini ,banyak omongnya juga.Sudah cepat ke sungai.
Kleting Kuning                 :       Iya bu....
Narator                                                             : (keterangan:  Kleting kuning meninggalkan mbok rondo dan menuju dapur)
Nyai Runting          :     Hahaha… mudah-mudahan yang diterima oleh ande-ande lumut adalah salah satu anak-anakku.. bukan kleting kuning.

Kleting kuning, menerima apa yang dialaminya dengan sabar, apa yang ditugaskan Nyai Runting diterimanya dengan lapang dada.
Bagian : 3
Kleting kuning setiap hari bekerja membersihkan rumah dan bekerja diladang, tanpa rasa lelah dan keluh kesah. Walau dia diperlakukan kasar oleh Ibu tirinya .. Dia berharap, Tuhan akan memberikan ganjaran yang lebih baik untuknya.

Kleting Kuning             :   Aduh… susah sekali ini panci untuk bersih lagi,
                                          Tuhan,kayak begini penderitaan hidupku.. semoga aku  tabah menjalaninya.
Narator         :Tiba-tiba muncullah sosok bangau ajaib yang bisa bicara,dan berniat kleting kuning yang pada saat itu kleting kuning  sedang membersihkan panci yang sudah berkarat itu muncullah sesosok burung bangau ajaib yang bisa bicara,bangau itu berniat membantu kleting kuning.

Bangau Tong-tong       :   Hai… gadis cantik…
Kleting kuning              :   Siapa itu…
Bangau Tong-tong      :   Kamu jangan takut.. aku Bangau Tong-tong
Kleting kuning              :   Mau apa kamu..
Bangau Tong-tong      :   Aku akan membantumu membersihkan panci ini menjadi panci yang baru  ,Sekarang tutup matamu.
Kleting kuning             :   Baiklah....

Narator             :  Seketika itu panci yang sudah kleting bersihkan namun tidak bersih lagi seketika itu pula berubah menjadi panci yang bersih seperti panci yang baru beli .

Bangau Tong-tong     :    Buka matamu sekarang anak cantik
Kleting Kuning             :   Wow....bersihnya ,seperti panci yang baru beli saja,terima kasih ya bangau tong – tong  
Bangau Tong-tong     :    Tunggu dulu,Aku juga akan memberimu sebuah pusaka… terimalah…semoga pusaka ini kelak akan berguna bagimu. Ini namanya Jimat Kalimosodo. Terimalah… gadis baik
Kleting kuning          :   Iya.. terimakasih…
Narator           : (keterangan:  Kleting kuning meninggalkan sungai dengan membawa pusaka barunya).
(
Kleting kuningpun pulang kembali kerumahnya dan memberikan pancinya kepada ibu tirinya.)
Bagian : 4
Narator                                   : Pada Akhirnya disebuah sungai yang airnya deras, disitulah Yuyu Kangkang hidup. Dia yang menguasai sungai itu.Dialah si Yuyu kangkang yang licik.
Narator          :    (keterangan:  Yuyu kangkang sang penjaga sungai sedang mondar-mandir mengawasi jika ada orang datang).
Yuyu kangkang            :   Hohohoho…. Godong waru ko bolong-bolong… bocah ayu ko moblong-moblong…Siapa itu yang datang dari jauh…
Narator (keterangan: kemudian datang Kleting Merah, biru dan hijau menuju pinggir sungai)
Kleting merah                      : Wah… sungainya banjir…
Kleting biru                           : Iya kak… gimana kita akan menyeberang…
Kleting hijau                         : Sebentar-sebentar… lihat.. itu ada yuyu kangkang.
Kleting merah                      : Wah… iya.. kita minta tolong yuyu kangkang aja ya…
Kleting biru dan hijau          : Iya… kakak...
Kleting merah                      : Yuyu kangkang… yuyu kangkang…
Yuyu kangkang                    : Hahaha… ada apa anak manis…
Kleting merah                      : Yuyu kangkang… aku minta tolong disebrangkan lewat sungai ini…
Yuyu kangkang                    : Wah…itu berat sekali, bahaya sungainya… aku minta imbalan
Kleting merah                      : Imbalannya apa toh… uang??  Wah kamu itu mata duitan…
Kleting biru dan hijau          : Iya nih… yuyu kangkang mata duitan…
Yuyu kangkang                    : Tidak… duit mah aku gak doyan…. Hahaha
Kleting-kleting                      : Prett….
Yuyu kangkang                    : Imbalannya adalah ciumlah aku.
Kleting merah                      : Apa?
Kleting biru                          : Sudahlah kak tidak apa lah yang penting kita bisa kedesa seberang.
Kleting Merah                      : Baiklah.....aku terima tawaranmu
Yuyu kangkang                    : Sik...asyik .... Lumayanlah walaupun cuman dapat ciuman dari si kleting -kleting ini,hahhahhahahhahaha
Narator                 :(keterangan: yuyu kangkang menyebrangkan kleting merah. Biru dan hijau dengan bergantian)

Narator                 :Kemudian datanglah si kleting kuning dari jauhan hendak menuju desa seberang melewati sungai ini.
Yuyu Kangkang               :   Hohoho.. itu apa.. baunya tidak enak… wajahnya jelek…
Kleting Kuning                 :   Wah… kok banjir to…. Gimana aku bisa menyebrang….
Itu ada Yuyu Kangkan… Yuyu kangkang… tolong sebrangkan saya melewati
 sungai ini…
Yuyu kangkan              :   Hahaha… tidak mau
Kleting kuning              :   Nanti aku kasih uang…
Yuyu kangkang            :   Tidak mau… sudah sana pergi.. jangan disini.. dasar orang jelek.
Kleting Kuning             :   alah… kamu kok jahat toh Yuyu kangkang…
Narator             :(keterangan: Kleting kuning mengeluarkan tongkatnya)
Kleting kuning              :   Ya udah jika itu maumu… aku akan buat sungai ini menjadi kering. Hiat….
Tiba-tiba sungai itu kering, yuyu kangkang kesakitan dan pergi jauh. Kemudian kleting kuning bisa berjalan menyeberang sungai menuju rumah mbok rondo dadapan, rumah si ande-ande lumut.Setelah itu,yuyu kangkangpun mati.
Bagian 5

(Musik 11 : dirumah mbok rondo dadapan (awal) )

Disebuah desa bernama Dadapan, mbok rondo sedang menyapu rumah, dirumah itulah si Ande-ande lumut sedang mengaji di sebuah surau. Menunggu belahan hatinya yang di janjikan Tuhan untuknya.
(keterangan: Mbok rondo sedang menyapu halaman rumah, tiba-tiba datang rombongan gadis-gadis cantik, kleting merah, biru dan hijau)

Kleting-kleting                        : Assalamu’alaikum…
Mbok rondo dadapan           : Wa’alaikumsalam, siapa ya…
Kleting merah                        : Saya mbok…Kleting Merah
Kleting biru                             : Saya kleting biru…
Kleting Hijau                          : Saya kleting hijau mbok…
Mbok rondo dadapan           : Wah.. gadis-gadis cantik nama kalian seperti warna pelangi aja ada merah,hijau,dan biru… ada  apa kalian kemari…??
Kleting-kleting                        : Kami mau melamar Ande-ande lumut mbok…
Mbok rondo dadapan          : Ouh.. mau melamar ande-ande lumut… sebentar ya… saya katakan ke ande-ande lumut…

Narator                 :(keterangan:  mbok rondo menyanyikan lagu)
 (Musik 12 : kleting merah)

Mbok rondo dadapan           : Putraku si ande-ande lumut.. temuruno ono putri kang ngunggah-unggahi… putrine Ngger sing ayu rupane.. kleting abang iku kang dadi asmane…
Ande-ande Lumut                 : Duh ibu… kulo mboten purun… aduh ibu … kulo mboten medun… najan ayu sisane si yuyu kangkang.
Mbok rondo dadapan           : Wah… ora gelem ki nduk….
Kleting biru                             : coba saya mbok..
(Musik 13 : kleting biru)
bok rondo dadapan              : Putraku si ande-ande lumut.. temuruno ono putri kang ngunggah-unggahi… putrine Ngger sing ayu rupane.. kleting biru iku kang dadi asmane…
Ande-ande Lumut                 : Duh ibu… kulo mboten purun… aduh ibu … kulo mboten medun… najan ayu sisane si yuyu kangkang.
Mbok rondo dadapan           : Wah… ora gelem ki nduk….
Kleting hijau                           : coba saya mbok..
(Musik 14 : kleting ijo)

Mbok rondo dadapan           : Putraku si ande-ande lumut.. temuruno ono putri kang ngunggah-unggahi… putrine Ngger sing ayu rupane.. kleting ijo iku kang dadi asmane…
Ande-ande Lumut                 : Duh ibu… kulo mboten purun… aduh ibu … kulo mboten medun… najan ayu sisane si yuyu kangkang.
Mbok rondo dadapan           : wah… ora gelem kabeh kae…
Tidak lama kemudian, datanglah Kleting Kuning, dari kejauhan sudah tercium bau yang tidak enak, wajahnya coreng moreng karena debu.
Narator :(keterangan : datanglah Kleting Kuning menuju mbok rondo)
Kleting kuning                        : Assalamu’alaikum…
Mbok rondo dadapan           : wa’alaikumsalam… sopo iku ya…
Kleting kuning                        : Saya Kleting kuning mbok… ingin melamar Ande-ande lumut.
Mbok rondo dadapan           : Opo.. arep nglamar anakku??? Gak salah to…
Kleting merah                        : iya… wajahmu jelek baumu tidak enak gitu, aku aja ditolak… apa lagi kamu…
Kleting Kuning                       : Di coba dulu mbok…

(Musik 15 : kleting Kuning)

Mbok rondo dadapan           : Putraku si ande-ande lumut.. temuruno ono putri kang ngunggah- unggahi putrine kang olo rupane.. kleting kuning iku kang dadi
 asmane…
Ande-ande Lumut                 : Aduh ibu… kulo inggih purun… dalem putro inggih bade medun, najan olo meniko kang putro… suwun.
Mbok rondo dadapan           : Loh… apa tidak salah toh ande-ande lumut…
Ande-ande Lumut                 :  Tidak bu… ini adalah pilihan saya…
(keterangan ; kleting-kleting kusak-kusuk)
Mbok rondo dadapan           : Ouh.. jika gitu pilihanmu ya terserah..
Ande-ande lumut                   : Ibu.. saya akan mengatakan suatu hal..
Mok rondo dadapan             : Apa itu???
Ande-ande lumut                   : Ibu… sebenarnya saya adalah seorang Pangeran yang sedang  mengembara, untuk mencari pengalaman hidup dan mencari istri saya yang hilang yaitu Dewi sekartaji
Mbok rondo dadapan           : Apa… pangeran…???
Kleting-kleting                        : Apa……???? Pangeran…??? Ah….. tidak….???
Narator                 :(keterangan; kleting-kleting pingsan)
Akhirnya, Kleting kuning menjadi istri Ande-ande lumut, wajahnya yang jelek dan bau berubah menjadi putri yang cantik, sesungguhnya dia adalah Putri Sekartaji. Dan Ande-ande lumut, kini menjadi Raja mewarisi kerajaan ayahnya. Pangeran dan Kleting kuning, hidup bahagia selamanya.
Maka begitulah perjalanan Ande-ande lumut dalam pencarian sang dewi hati klenting Kuning yang sebenarnya adalah Dewi sekartaji. Akhirnya Ande-ande lumut dan klenting Kuning menjadi sepasang suami istri. Kini sang pangeran menjadi Raja mewarisi tahta ayahnya. Mereka berdua hidup bahagia selamanya.
(Musik 16 : penutup )
Lagu kangen band kekasih yang dulu hilang.....(nyanyi bersama-sama )

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers