Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

Akhir Indah Keadilan Tuhan

Diposkan oleh irfan on Tuesday, January 06, 2015



Karya : Ayu Apriani Ismawati ( 06 )

Akhir Indah Keadilan Tuhan
       “Sekarang sudah waktunya kamu tinggal bersama Ami’ di Kalimantan!” Kata Ami’ dengan tegas.
    Ami’ adalah panggilan Nenekku yang di Kalimantan.
       “Tapi Mi’ , aku belum bisa meninggalkan Ibu disini sendirian. Aku juga masih butuh kasih sayang dari Ibu.Aku masih belum bisa berfikir layaknya orang dewasa Mi’,” Ucapku mencoba menjelaskan ke Ami’.
       “Ami’ sudah memberi waktu selama 14 Tahun ini untuk mu agar kamu bisa bersama Ibumu dan mendapat kasih sayang dari Ibumu, dan sekarang sudah saatnya kamu harus ikut Ami’,” Bantah Ami’.
       “Tidak Mi’ ,aku tidak akan meninggalkan Ibu disini!” Tegas aku.
       “Terserah ,sekarang pilihan ada ditangan mu sendiri. Kamu tinggal disini bersama Ami’ dan bisa melihat makam Ayahmu atau kamu tetap tinggal bersama Ibumu dan tidak akan bisa melihat makam Ayahmu diKalimantan sampai kapan pun. Ami’ harap kamu bisa bijak dalam mengambil keputusan.” Kata Ami’ .
      “Aku tidak bisa Mi’ kalau harus mengambil keputusan sesulit itu! Kenapa sih Ami’ selalu memojokkan aku?” Ucapku sambil nangis.
      Tanpa sepatah kata  ,Ami’ langsung menutup teleponku. Hal ini membuatku semakin lemah dan hampir putus asa.
     “Kenapa sih Ibu diam aja.Kenapa Ibu tidak membela aku saat Ami’ bilang seperti itu? Kenapa Bu?” Tanyaku sambil nangis.
     “Maafkan Ibu ,Ibu tidak berani memabantah kata-kata Ami’. Karena sejak awal pernikahan Ibu dengan Ayahmu ,Ami’ tidak pernah merestui dan sampai sekarangpun Ami’ benci sama Ibu. Ami’ tidak merestui Ibu karena Ibu adalah orang miskin sedangkan Ayahmu adalah orang kaya pengusaha Burung Walet,” jelas Ibu sambil nangis.
     “Tapi Bu, ini pilihan sulit.” Tegas aku.
     “Ibu tahu,kamu cukup pintar untuk mengambil keputusan.Ibu yakin ,apapun keputusanmu adalah yang terbaik untukmu dan Ibu akan mendukungnya.”Ucap Ibu sambil mengusap air matanya dan memelukku.
     Besoknya di Sekolah ,aku meminta saran temanku Dyra.
     “Ra, aku pengen curhat ke kamu,” ucapku sambil nangis.
      “Iya Bil ,kamu curhat saja kalau itu bisa meringankan sedikit bebanmu,” Kata Dyra dengan lembut.
      “Aku punya Ami’ atau Nenek yang sekarang di Kalimantan ,Ami’ ku meminta ku untuk tinggal diKalimantan selamanya tanpa Ibu Ra. Aku diancam sama Ami’ , kalau aku tidak mau tinggal di Kalimantan ,maka aku tidak akan bisa melihat makam Ayah di Kalimantan sampai kapanpun Ra. Tapi kalau aku milih tinggal di Kalimantan ,maka aku tidak bisa ketemu lagi sama Ibuku selamanya,karena aku disumpah kalau aku sudah di Kalimantan maka aku tidak bisa kembali lagi ke Jawa Ra, aku harus milih yang mana ,itu dua pilihan yang sangat sulit untuk aku pilih Ra.”Jelas aku sambil nangis dan berbicara terbata-bata.
      “Iya Bil ,itu emang pilihan yang sulit,tapi menurutku tetap disini bersama Ibu ,karena apapun yang terjadi Ibu adalah nomor satu. Kita tidak akan bisa hidup tanpa Ibu.Karena perjalanan panjang kita itu akan tetap membutuhkan Ibu ,baik do’a ataupun perbuatan. Kamu akan sangat menyesal jika kamu meninggalkan Ibumu disini. Masalah makam Ayahmu kan kamu bisa berkunjung saat kamu sudah dewasa dan sukses (amin) nanti.” Saran Dyra.
     “Iya Ra aku tahu ,disisi satu aku pengen benget ke makam Ayah karena selama 14 Tahun ini aku belum pernah tau makam Ayah, tapi disisi lain aku akan meninggalkan Ibu disini dan tidak bisa bertemu sama Ibu lagi dan aku tidak mau itu terjadi Ra.” Tangisku.
     “Kan aku sudah bilang, kamu bisa mengunjungi makan Ayahmu saat dewasa dan sukses nanti, percaya deh Bil Tuhan Maha Adil ,Tuhan tidak akan memberikan cobaan yang melampaui batas kemampuan umatnya,” kata Dyra mencoba menenangkanku.
     “Tapi Ra ,aku dan Ibuku tidak tahu alamat makam Ayahku. Ayah meninggal di Kalimanta dan di makamkan di Kalimantan dan saat Ayah meninggal aku dan Ibu ada di Jawa.Yang tahu alamat makam Ayahku cuma Ami’ ,dan Ami’ bersumpah tidak akan memberikan alamat itu kalau aku tidak mau tinggal di Kalimanatan tanpa Ibu,itulah yang aku bingungkan Ra,” Jelasku ke Dyra sambil menangis.
      “Abil,aku kan sudah bilang,Tuhan Maha Adil. Percaya deh suatu saat Tuhan akan memberimu petunjuk agar bisa ke makam Ayahmu sebagai balasan dari kesabaran dan usahamu,kalau kamu tetap belum puas dengan saran yang kuberi,mintalah saran ke Tuhan. Shalatlah Istikharah ,karena shalat Istikharah adalah shalat untuk minta jawaban atas apa yang ingin kamu pilih.Dengan shalat Istikharah ,aku yakin kamu akan sangat puas dengan jawaban yang diberikan Tuhan,” kata Dyra tersenyum kepadaku.
      “Shalat Istikharah Ra?” tanyaku..
      “Iya Abil ,shalat Istikharah,” pintanya.
     “Baiklah Ra,aku akan mencobanya. Terima kasih iya Ra atas saran yang kamu berikan.” Ucapku.
      “Sama-sama Abil.” (Jawabnya sambil mengusap air mataku dan akupun memeluk Dyra sebagai tanda terima kasihku).
      Malamnya ,aku mencoba saran Dyra untuk Shalat Istikharah. Dan Shalat Istikharah ini sudah aku lakukan selama 1 minggu. Tapi Tuhan tak kunjung memberikan jawaban untukku. Aku hampir putus asa. Dan besoknya disekolah aku bertanya ke Dyra.
      “(Saat tiba di Sekolah dan masuk Kelas) Ra ,ikut aku (menggandeng tangan Dyra keluar kelas)! Aku pengen tanya!”Pintaku,
      “Iya , tanya apa Bil ?” Ucap Dyra penasaran.
      “Katamu dengan Shalat Istikharah Tuhan akan memberi petunjuk kepada kita , tapi sudah 1 minggu aku Shalat Istikharah ,tak kunjung dapat petunjuk dari Tuhan.” Tanyaku sedikit sebel.
     “Dengan Shalat Istikharah satu kali bukan berarti kita langsung mendapat petujuk dari Tuhan , itu semua butuh waktu.Ingat, Tuhan memberimu petunjuk itu dengan banyak cara yang terkadang kamu sendiri tidak menyadari bahwa Tuhan telah memberimu petujuk. Petunjuk yang Tuhan beri itu bisa melalui mimpi,perbuatan,apa yang terjadi di sekitar,dan lain-lain asal kamu menyadari hal itu.”Jelas Dyra.
      “Tunggu Ra , apa katamu barusan ? melalui mimpi ?” Tanyaku.
      “ Iya Bil.” Jawab Dyra
      “Gini ra,dua hari yang lalu aku mimpi saat itu aku dirawat di Rumah Sakit,Ibuku tak henti-hentinya menangis melihatku yang terbaring di ranjang Rumah Sakit. Dengan lembut Ibu menyuapiku makan, mengipasi saat aku kepanasan , menjagaku sampai aku sembuh dan pulang ke Rumah. Dan Ibu berkata kalau Ibu akan selalu ada buat aku.Terus apa arti mimpiku itu ra ?” Jelas dan tanyaku pada Dyra.
     “Kamu mimpi itu Bil? Itu adalah jawaban yang Tuhan beri kekamu melalui mimpimu.” Jelas Dyra.
     “Jawaban Ra?” Tanyaku.
     “Iya Bil , kamu bisa mengartikan mimpi itu kan Bil?” Tanya Dyra.
     “Maksudmu itu jawaban dari Tuhan agar aku tetap disini bersama Ibu?” Jelasku
     “Iya betul ,arti mimpimu itu agar kamu tetap disini bersama Ibumu ,karena apapun yang terjadi kamu masih butuh Ibu Bil.” Jelas Dyra.
     “Iya kamu benar ,aku akan tetap disini bersama Ibu ,aku janji apapun yang terjadi aku akan tetap disini bersama Ibu,karena aku masih punya tanggung jawab untuk membahagiakan Ibu dan membalas semua pengorbanan Ibu. Kamu benar Ra.” Ucapku.
     “Keputusan yang bijak Bil. Kamu tidak perlu takut untuk tidak bisa kemakam Ayahmu ,kamu harus yakin kalau suatu saat Tuhan akan memberimu petunjuk agar bisa kemakam Ayahmu.Tapi jika kamu tidak bisa kemakam Ayahmu masih ada kesempatan untuk bertemu Ayahmu di Surga.Tugasmu sekarang hanyalah berdo’a untuk Ayahmu, agar Ayahmu selalu dalam lindungan Tuhan di Surga.” Jelas Dyra.
     “Iya aku percaya bahwa cara Tuhan untuk menunjukkan keadilan-Nya itu Indah ,dan aku yakin kalau itu adalah awal dari rencana Tuhan yang akan berakhir sangat indah. Kalau itu aku tidak akan lupa Ra, walaupun aku tidak bisa menyayangi Ayahku secara langsung tapi setidaknya sayangku aku berikan melalui Do’a ku.” Kataku.
     “Gitu dong,setiap masalah pasti ada solusi untuk menyelesaikannya ,tapi solusi itu tidak diberikan langsung pada saat kita mendapatkan masalah karena Tuhan ingin tau seberapa besar usaha kita untuk menyelesaikannya. Semakin besar usaha kita untuk menyelasikan masalah maka semakin mudah solusinya.” Jelas Dyra.
     “Sekali lagi terima kasih iya Ra atas masukan ,saran dan pendapat yang kamu berikan untukku (Kupeluk Dyra).” Ucapku.
     “Sama-sama Abil sayang.” Kata Dyra sambil tersenyum kepadaku.
     Bel masuk pun berbunyi. Aku dan Dyra masuk kelas untuk mengikuti pembelajaran.Tanpa terasa bel pulangpun berbunyi dan aku langsung pulang ke Rumah untuk menyampaikan keputusanku ini ke Ibu.
       “(Sampai di Rumah) Assalammuailaikum Bu....Ibu..... (Membuka pintu )” Ucapku .
       “Waalaikumsalam ..Ada apa sih Bil?” Jawab Ibu.
       “Ibu.... (Kucium tangan Ibu dan Ku peluk Ibu).. Bu , aku udah ngambil keputusan kalau aku tidak akan ke Kalimantan ,aku akan tetap disini bersama Ibu.” Kataku.
        “Tapi Bil ,kalau kamu tidak ke Kalimantan kamu tidak bisa kemakam Ayahmu dong?” Tanya Ibu.
        “Aku tidak takut kalau tidak bisa kemakam Ayah Bu, karena masih ada kesempatan untuk bertemu Ayah di Surga.” Jelasku sambil tersenyum menatap wajah Ibu.
        “Tapi Ami’mu ? Tanya Ibu.
        “Aku lebih memilih Ibu daripada Ami’ Bu.” Ucapku.
        Ibu pun memeluk dan menciumku dengan air mata yang menetes dan aku pun mengusap air mata Ibu.Kemudian aku  menghubungi Ami’ untuk menyampaikan keputusanku.
        “Assalammualaikum Mi’ .” Ucapku.
        “Waalaikumsalam.. Bagaimana keputusanmu Bil ?” Tanya Ami’.
        “Keputusanku adalah tetap disini bersama Ibu Mi’. Ucapku.
        “Berarti kamu..” (Ku potong pembicaraan Ami’)
        “Berarti aku tidak akan bisa kemakam Ayah? Itukan yang Ami’ maksud? Aku tidak takut Mi’ kalau tidak bisa kemakam Ayah ,karena aku masih punya kesempatan untuk bertemu Ayah di Surga.” Jelasku.
        “Baiklah jika itu keputusanmu, Ami’ tidak akan memaksamu karena kamu sudah tahu apa akibatnya dan jangan harap kamu bisa menghubungi Ami’ lagi.” Tegas Ami’.
        “Iya Mi’ Abil tahu , Abil minta maaf ,jaga diri Ami’ baik-baik. Tidak apa-apa kalau Ami’ tidak menganggap Abil sebagai Cucu Ami’ , tapi ingatlah Mi’ kalau Ami’ tidak akan pernah tergantikan. Abil sayang sama Ami’.” Jelasku.
       “Maafkan Ami’ juga karena ini sudah jadi perjanjian kita , Ami’ juga sayang sama Abil Cucu Ami’ yang cantik . Jaga diri Abil baik-baik.” Kata Ami’.
       “Iya Mi’ . kataku dengan air mata menetes.
       “Baiklah.” Kata Ami’ langsung menutup telephon.
        Ibu pun memelukku yang saat itu berada disampingku.
       “Kamu yakin dengan keputusanmu Bil?” .Tanya Ibu.
       “Abil sangat yakin Bu dan Abil tidak akan menyesal.” Jawabku.
       “Ibu sayang Abil.” Ucap Ibu
       “Abil juga sayang Ibu (Kucium Ibu).” Jawabku.
         Kini hari-hari ku lewati dengan penuh senyuman dan perasaan lega karena keputusanku itu sudah tidak lagi menjadi beban untukku. Keyakinanku akan Keadilan Tuhan memang nyata dan berakhir Indah dalam hidupku.Dan sekarang aku hidup bahagia bersama Ibu dengan tidak meninggalkan kewajibanku untuk berdo’a agar Ami’ sehat selalu di Kalimantan dan Ayah dalam lindungan Tuhan di Surga.


@@@ Selesai @@@

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers