Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Diposkan oleh irfan on Sunday, September 21, 2014


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     : SMA NEGERI JOGOROTO
Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas / Semester       : X-IIS 4 / I
Alokasi Waktu         : 4 x 45 Menit (2 x Pertemuan)

A.
Kompetensi Inti (KI)

1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual dan procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator

2.1


2.2

3.1
Menunjukkan sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur, dan percaya diri dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
Memiliki sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
C.
Tujuan Pembelajaran

Melalui pembelajaran materi Eksponen dan Logaritma, siswa memperoleh pengalaman belajar:
a.       Mengkomunikasikan karakteristik masalah otentik yang pemecahannya terkait eksponen dan logaritma
b.      Merancang model matematika dari sebuah permasalahan autentik yang berkaitan dengan eksponen dan logaritma.
c.       Menyelesaikan model matematika untuk memperoleh solusi permasalahan yang diberikan
d.      Menafsirkan hasil pemecahan masalah
e.       Membuktikan berbagai sifat terkait eksponen dan logaritma
f.       Menuliskan dengan kata-katanya sendiri konsep persamaan kuadrat berdasarkan cirri-ciri yang dituliskan sebelumnya.
g.      Membuktikan sifat-sifat dan aturan matematika yang berkaitan dengan eksponen dan logarirma berdasarkan konsep yang sudah dimiliki
h.      Menerapkan berbagai sifat eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah.
D.
Materi Pembelajaran

                                                                                                               
1.      Pangkat Bulat Negatif
2.      Pangkat Nol
Untuk a bilangan real dan a ≠ 0, maka
3.      Sifat-sifat Pangkat Bulat Positif
1.     
2.     
3.     
4.      Definisi 1.4 : misalkan a bilangan real dan a ≠ 0,m bilangan bulat positif. adalah bilangan real posiif, sehingga .
5.      Pangkat Pecahan
Definisi 1.5 : Misalkan a bilangan real dan a≠ 0, m, n bilangan bulat positif didefinisikan
Definisi 1.6 : misalkan a bilangan real dan a≠ 0 dengan a > 0,  adalah bilangan pecahan q ≠ 0, q ≥ 2. , sehingga  atau
Sifat 4: Misalkan a adalah biangan real dan a ≠ 0 dengan a > 0,  dan adalah bilangan pecahan n ≠ 0.jika n, q ≥ 2 maka
Sifat 5 : Misalkan a adalah biangan real dan a ≠ 0 dengan a > 0,  dan adalah bilangan pecahan n ≠ 0.jika n, q ≥ 2 maka
6.      Bentuk akar
Definisi 1.7 : Misalkan a bilangan real dan n bilangan bulat positif. disebut bentuk akar jika dan hanya jika hasil  adalah bilangan irrasional.
E.
Metode Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran koperatif (cooperative learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning).
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN III (2 x 45 Menit)

1.        Pendahuluan (10 menit)             :
Apersepsi dan Motivasi    :
·         Guru mengucapkan salam dan memulai pelajaran dengan berdo’a terlebih dahulu.
·         Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
·         Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak mengingat kembali hasil dari diskusi kelompok pada pertemuan sebelumnya tentang kegiatan 1, kegiatan 2 dan kegiatan 3.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu memperluas sifat-sifat dari eksponen.
2.        Kegiatan Inti (70 menit)
MENANYA :
·         Guru bertanya tentang sifat-sifat eksponen, Selanjutnya mengorganisasikan siswa belajar melalui pemecahan masalah nyata yang memanfaatkan berbagai konsep dan aturan eksponen.  
MENGINGAT :
·         Bila siswa belum mampu menjawabnya, guru memberi stimulus dengan mengingatkan sifat-sifat bilangan pangkat pada kelas IX yang lalu.
·         Dengan tanya jawab disimpulkan bahwa sifat-sifat bilangan pangkat positif diantaranya :
a.      
b.     
c.      
     MENGASOSIASI :
·         Siswa menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan pengertian dan aturan dari eksponen.
    MENGEKSPLORASI :
·         Selanjutnya guru membuka cakrawala penerapan sifat-sifat pangkat bulat positif yang diperluas untuk pangkat negatif, pecahan, dan bentuk akar
·         Guru memberikan soal-soal untuk dikerjakan siswa secara berkelompok. Pembagian kelompok berdasarkan deret bangku.
·         Guru mengarahkan siswa bekerja kelompok agar bekerja sama dengan baik.
·         Guru mengingatkan masing-masing kelompok untuk membuat laporan kelompok untuk dikumpulkan kepada guru.
·         Masing-masing perwakilan kelompok menuliskan jawaban di papan tulis dengan satu kelompok menuliskan jawaban satu soal, kemudian laporan kelompok dikumpulkan ke meja guru.
MENGKOMUNIKASIKAN :
·         Guru menyocokkan hasil jawaban kelompok dan memberi semangat kepada kelompok karena jawaban benar.
·         Guru memberikan 1 soal yang terkait dengan sifat eksponen, kemudian menyelesaikan bersama-sama siswa dengan strategi yang tepat.
3.   Kegiatan Penutup (10 menit).
·         Siswa diminta untuk menyimpulkan apa yang didapat dari materi eksponen pada hari ini,
·         Guru memberikan tugas rumah kepada siswa terkait materi eksponen yakni Uji Kompetensi 1.1 No.1 – 3 Buku Paket Kemendigbud Th 2013.
·         Guru mengakhiri pelajaran dan memberi semangat kepada siswa untuk tetap belajar.

PERTEMUAN IV (2 x 45 Menit)
3.        Pendahuluan (10 menit)             :
Apersepsi dan Motivasi    :
·         Guru mengucapkan salam dan memulai pelajaran dengan berdo’a terlebih dahulu.
·         Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu memperluas sifat-sifat dari eksponen dengan menyelesaikan permasalahan nyata.
4.        Kegiatan Inti (70 menit)
MENANYA :
·         Guru bertanya tentang sifat-sifat eksponen, Selanjutnya mengorganisasikan siswa belajar melalui pemecahan masalah nyata yang memanfaatkan berbagai konsep dan aturan eksponen (mencocokkan Hasil Pekerjaan Rumah).  
MENGINGAT :
·         Bila ada PR yang tidak bisa, guru memberi stimulus dengan mengingatkan sifat-sifat bilangan pangkat pada kelas IX yang lalu.
     MENGASOSIASI :
·         Siswa menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan pengertian dan aturan dari eksponen.
    MENGEKSPLORASI :
·         Selanjutnya guru membuka cakrawala penerapan sifat-sifat pangkat bulat positif yang diperluas untuk pangkat negatif, pecahan, dan bentuk akar
·         Guru memberikan soal-soal untuk dikerjakan siswa secara berkelompok. Pembagian kelompok berdasarkan deret bangku.
·         Untuk tugas kelompok dikerjakan dirumah dengan mencari sumber dari buku pegangan siswa atau dari internet.
·         Guru mengingatkan masing-masing kelompok untuk membuat laporan kelompok untuk dikumpulkan kepada guru.
·         Pada pertemuan selanjutnya masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya 1 kelompok 1 soal.
MENGKOMUNIKASIKAN :
·         Guru memberikan 1 soal yang terkait dengan sifat eksponen, kemudian menyelesaikan bersama-sama siswa dengan strategi yang tepat.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai tugas dan materi eksponen
3.   Kegiatan Penutup (10 menit).
·         Siswa diminta untuk mempelajari materi selanjutnya. Yakni tentang bentuk akar, bilangan rasional dan Irrasional.
·         Siswa diminta untuk menyimpulkan apa yang didapat dari materi eksponen pada hari ini,
·         Guru memberikan tugas rumah kepada siswa terkait materi eksponen yakni Uji Kompetensi 1.1 No. 3 Buku Paket Kemendigbud Th 2013.
·         Guru mengakhiri pelajaran dan memberi semangat kepada siswa untuk tetap belajar.
G.
Media, Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran

1.      Buku Siswa kemendikbud tahun 2013
2.      Lembar penilaian
H.
Penilaian Hasil Belajar

1.      Teknik Penilaian : Pengamatan, tes tertulis
2.      Prosedur Penilaian :
NO.
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu penilaian
1.









2.











3.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran eksponen
b.      Bekerja sama dalam kegiatan kelompok
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
Pengetahuan
a.       Menyatakan kembali eksponen dan sifat-sifatnya  secara tepat dan kreatif.
b.      Memperluas pengetahuan sifat-sifat eksponen meliputi pangkat bulat negative, pangkat pecahan dan bentuk akar
Keterampilan
a.       Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan eksponen dan sifat-sifatnya
Pengamatan









Pengamatan dan tes










Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi







Penyelesaian tugas individu dan kelompok









Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

















I.

















Instrumen Penilaian Hasil Belajar

Tes Tertulis




a.        

Catatan : Penskoran tiap soal meliputi proses pemecahan, pemahaman, penalaran serta ketepatan strategi pemecahan masalah dan hasil akhir.



Jombang, 31 Juli 2014
Guru Mata Pelajaran,


YENI MARDIANA SURYA
NIM.115858














WORKSHEET
(untuk tugas kelompok)






LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester         : X-IIS 4/1
Tahun Pelajaran     : 2014/2015
Waktu Pengamatan            :

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran eksponen
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
3.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
5.       Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerja sama
Toleran
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1.










2.










3.










4.










5.










6.










7.










8.










9.






















Keterangan:
KB : Kurang baik
B : Baik
SB : Sangat baik





















LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN

Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester           : X-IIS 4/1
Tahun Pelajaran        : 2014/2015
Waktu Pengamatan   :

Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran.
1.      Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran
2.      Terampil jika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran tetapi belum tepat.
3.      Sangat terampill, jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran dan sudah tepat.

Bubuhkan tanda pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan:
No
Nama Siswa
Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah
KT
T
ST
1.




2.




3.




4.




5.




6.




7.




8.




9.










Keterangan:
KT : Kurang terampil
T : Terampil
ST : Sangat terampil































TUGAS INDIVIDU

Nama Siswa    :
Kelas               :
Indikator         :
1.      Menghayati pola hidup disiplin, kritis, bertanggungjawab, konsisten, dan jujur serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari;
2.      Menghayati kesadaran hak dan kewajiban serta toleransi terhadap berbagai perbedaan di dalam masyarakat majemuk sebagai gambaran menerapkan nilai-nilai matematis;
3.      Menghayati rasa percaya diri, motivasi internal, dan sikap peduli lingkungan melalui kegiatan kemanusiaan dan bisnis dan dalam kehidupan sehari-hari;
4.      Memahami konsep eksponen dan sifat-sifatnya;
5.      Menyajikan hasil penerapan konsep eksponen untuk menjelaskan berbagai objek nyata melalui latihan dan pemecahan soal
Kerjakan soal dibawah ini dengan benar !
Catatan : Penskoran tiap soal meliputi proses pemecahan, pemahaman, penalaran serta ketepatan strategi pemecahan masalah dan hasil akhir.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers