Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

JENIS” OLAHRAGA LONCAT TALI

Diposkan oleh irfan on Friday, April 19, 2013


BANYAK atlet dari berbagai cabang olahraga melakukan lompat tali sebagai bagian dari latihan mereka. Itu karena lompat tali bermanfaat untuk meningkatkan kelincahan kaki serta kemampuan koordinasi antar anggota badan, selain memperkuat sistem kardiovaskular dan stamina. Dengan berlatih lompat tali, Anda juga sekaligus melatih otot betis, paha, abdominal, punggung, dada, dan bahu.
Mungkin tak sedikit yang mengira bahwa lompat tali termasuk olahraga high-impact. Padahal Jika dilakukan dengan teknik yang benar, lompat tali termasuk olahraga medium-impact. Untuk melakukan olahraga ini, gunakan sepatu yang mempunyai bantalan kaki bagus. Jangan lupa sport bra yang kuat untuk menahan payudara ketika Anda melompat-lompat. Sebelum melakukan lompat tali dengan berbagai variasi gerakan, Anda harus menguasai dulu dengan benar teknik basic jump.
Cara melakukan:
- Sesuaikan skipping rope dengan tinggi badan Anda. Caranya: berdirilah sambil menginjak bagian tengah tali dan tarik ujung-ujungnya di samping badan. Panjang tali sudah pas jika handle sampai di ketiak Anda.
- Pegang erat handle tali, posisi lengan atas rapat dengan tubuh dan siku sejajar pinggang. Berdirilah dengan posisi agak jinjit dan lutut sedikit ditekuk. Usahakan torso dan kepala Anda tetap tegak namun cukup rileks, pandangan lurus ke depan.
- Gerakkan pergelangan tangan Anda untuk memutar tali.
- Anda tidak perlu melompat tinggi saat tali menyentuh lantai. Tinggi lompatan maksimal 2,5 cm dari lantai, yang penting tali bisa lewat di bawah kedua kaki Anda. Pertahankan posisi agak jinjit saat mendarat, Jangan sampai tumit Anda menyentuh lantai.
- Jika lompatan Anda gagal, atau tali terbelit, lakukan jalan di tempat sambil mencoba untuk memulai lagi.
- Sebaiknya lakukan latihan ini secara bertahap. Mulailah dengan 30 lompatan tiap set, Melakukan 10 set lompat tali yang dikombinasikan dengan body toning merupakan latihan efisien yang baik untuk ketahanan kardiovaskular dan kekuatan otot.
Entah kenapa loncat tali atau skipping nampaknya kurang populer, padahal olahraga ini banyak manfaatnya untuk tubuh. Sifatnya yang aerobik berguna untuk menguatkan jantung dan paru-paru.

Meski gerakannya hanya meloncat-loncat secara ritmis, tapi otot yang bergerak cukup banyak, antara lain otot kaki (betis dan paha), panggul, perut, dan otot tangan yang memutar tali. Jadi dapat dikatakan loncat tali merupakan olahraga yang efisien karena banyak otot tubuh yang terlibat, sehingga memiliki nilai aerobik yang cukup baik.

Olahraga loncat tali, sama seperti olahraga lainnya, harus dilakukan dengan pemanasan sebelumnya dan pendinginan sesudahnya. Pemanasan dapat berupa senam ringan di mana seluruh anggota badan dari atas sampai bawah digerakkan, yakni kepala, leher, bahu, dada, perut, tangan, pinggang, paha, dan kaki. Setelah itu lakukan peregangan ringan dengan penekanan pada otot betis selama sepuluh menit.







Sesudah pemanasan, baru mulailah melakukan loncat tali dengan tempo lambat. Setelah beberapa menit, tempo dapat ditingkatkan dan loncatan dapat dibuat lebih tinggi. Jika Anda ingin meng-akhiri sesi olahraga loncat tali Anda, jangan langsung ber-henti begitu saja, tapi loncatlah dulu dengan lambat seperti pada awal latihan selama beberapa saat, lalu berhenti.
Kesulitan melakukan olahraga ini adalah tidak semua orang dapat melakukan gerakan meloncat dan memutar tali secara bersamaan. Jadi koordinasi antar kedua anggota badan itu sangat penting dalam loncat tali. Jika tidak, ada kemungkinan Anda bisa jatuh tersandung tali.

Untuk mengurangi kemungkinan cedera, Anda harus mem-perhatikan beberapa hal mengenai olahraga loncat tali. Pertama, untuk melakukan olahraga ini Anda tidak boleh overweight atau kelebihan berat badan. Yang kedua, Anda harus memakai sepatu yang tepat yang mampu menunjang tubuh Anda, agar kaki tidak cedera. Sepatu jogging tidak dianjurkan karena sepatu tersebut didesain untuk menahan beban di tumit, sementara jika Anda melakukan loncat tali, beban Anda akan lebih besar di bagian ujung kaki, karena pada saat meloncat beban yang ditanggung oleh ujung kaki adalah sebesar lima kali berat tubuh. Maka sepatu yang cocok adalah sepatu voli atau basket.





Pada umumnya, tali yang digunakan untuk olahraga ini adalah tali khusus untuk skipping yang ujungnya diberi plastik atau kayu untuk digenggam. Tetapi jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat memakai tali apa saja, bahkan jalinan karet gelang pun bisa digunakan. Meski begitu, perhatikan agar tali yang digunakan cukup panjang dan cukup berat, agar bisa berputar dengan leluasa dan tidak menyebabkan Anda tersandung dan terjatuh.

Agar tidak lekas jenuh, variasikan loncatan Anda selama me-lakukan olahraga ini. Misalnya loncatan yang lebih tinggi, loncatan dengan satu kaki bergantian, putaran tali yang disilangkan, putaran yang lebih cepat, atau meloncat sambil berlari (jika Anda memiliki ruang berlatih yang luas atau di luar ruangan).

Olahraga wajib dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh, karena itu lakukan dengan teratur. Loncat tali adalah salah satu pilihan yang bisa dicoba sebagai selingan atau latihan rutin. Salah satu tips yang bisa membuat loncat tali menyenangkan adalah dengan memutar musik selama berolahraga





Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa olahraga yang melibatkan gerakan vertikal seperti lompat tali, dapat melawan rasa lapar yang lebih baik daripada olahraga lainnya seperti bersepeda.

Para penilit ini bertanya-tanya apakah "gangguan usus" yang terjadi selama olahraga yang menggerakkan pusat massa naik dan turun, akan mengubah tingkat hormon seperti ghrelin. Yang dilepaskan ketika kita lapar, lebih dari latihan jenis lain.

Penelitian menunjukkan bahwa berlari menekan nafsu makan lebih dari bersepeda. Dan, lompat tali menggerakkan seluruh tubuh ke atas dan ke bawah lebih dari sekadar berlari, sehingga lompat tali adalah olahraga yang menahan beban lebih dari berlari.
Oleh karena itu, mungkin saja lompat tali "mengarah pada gangguan usus lebih besar dari berlari," dan bisa menyebabkan penekanan yang lebih besar.




infomanfaat.com – Mungkin sebagian dari Kita sering melakukan olahraga lompat tali. Olahraga yang satu ini tidak hanya sederhana untuk dilakukan, tetapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Mau tahu apa saja manfaat dari olahraga lompat tali atau skipping? Simak beberapa point berikut ini:
  • Membakar sejumlah kalori
Olahraga lompat tali atau skipping yang dilakukan selama 30 menit dapat membakar sejumlah 600 hingga 800 kalori. Hal tersebut tentu saja sangat membantu program menurunkan berat badan yang sedang Kamu lakukan. Semakin lama Kamu melakukan lompat tali maka akan semakin banyak kalori yang terbakar.
  • Melatih otot
Olahraga lompat tali dilakukan dengan melibatkan berbagai otot di tubuh Kamu, diantaranya adalah otot lengan, bahu, dada, betis dan otot lutut. Hebatnya, lompat tali adalah salah satu latihan yang dapat melatih otot bagian tubuh atas dan bagian tubuh bawah, so maksimalkan usahamu dalam melatih otot dengan melakukan olahraga lompat tali.



infomanfaat.com – Mungkin sebagian dari Kita sering melakukan olahraga lompat tali. Olahraga yang satu ini tidak hanya sederhana untuk dilakukan, tetapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Mau tahu apa saja manfaat dari olahraga lompat tali atau skipping? Simak beberapa point berikut ini
·  Menurunkan berat badan
Skipping jika dilakukan secara teratur, maka sejumlah kalori di tubuh Kamu akan dibakar sehingga cadangan lemak yang disimpan dalam jaringan lemak di beberapa bagian tubuh akan diambil. Dengan demikian beberapa bagian tubuh Kamu akan mulai menunjukkan penurunan bobot, alhasil bobot badan Kamu secara keseluruhan pun akan berkurang.
·  Mengurangi resiko Osteoporosis
Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Osteoporosis Society di Inggris diketahui bahwa olahraga lompat tali atau skipping yang dilakukan rutin selama masa hidup seseorang akan membuat orang tersebut memiliki resiko yang kecil untuk mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Dan, olahraga lompat tali akan melindungi dirinya dalam melawan osteoporosis. Untuk mendapatkan manfaat ini, maka Kamu bisa melakukan lompat tali 2 sampai 5 menit setiap harinya.
·  Meningkatkan stamina, kelenturan, koordinasi dan keseimbangan tubuh
Olahraga seperti lompat tali jika dilakukan secara rutin juga akan berkontribusi dalam peningkatan stamina, kelenturan, koordinasi dan keseimbangan tubuh seseorang.
·  Olahraga lompat tali mengkombinasikan irama gerakan dan ketepatan waktu
Hal ini akan membuat otak bekerja cepat dan tepat dalam mengkalkulasi gerakan dan waktu yang tepat untuk melompat, berarti dengan melakukan gerakan lompat tali maka Kamu melatih otak Kamu agar terbiasa bekerja dengan cepat dan tepat. Dengan kata lain, olahraga lompat tali akan meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh, memperbaiki kemampuan gerak reflex dan keseimbangan tubuh, seperti yang telah dikatakan di atas


Peneliti dari Waseda University, Jepang, tepatnya berusaha mencari tahu olahraga apa yang paling cocok dilakukan demi mengontrol nafsu makan. Mereka pun membandingkan antara bersepeda dan lompat tali.
Bersepeda memang menyehatkan, namun ternyata olahraga tersebut tidak bisa menahan rasa lapar seseorang seperti lompat tali.
Peneliti menduga kalau gerakan naik turun pada lompat tali mengganggu kinerja usus sehingga menghambat produksi hormon yang menyebabkan rasa lapar.
"Memang benar, kami sudah membuktikannya. Seseorang bisa lebih tahan lapar jika melakukan olahraga lompat tali daripada bersepeda, meskipun energi yang dikeluarkan sama-sama banyaknya," tulis peneliti dalam jurnal Appetite, seperti yang dikutip dari Daily Mail.
Lompat tali sendiri dikategorikan sebagai weight-bearing exercise atau olahraga dengan pembebanan. Beberapa jenis olahraga serupa adalah senam aerobik, jalan kaki, joging, dan berlari.
Peneliti pun menyampaikan kalau perlu ada analisis lebih lanjut tentang alasan kenapa olahraga pembebanan punya dampak khusus pada nafsu makan seseorang.



http://4.bp.blogspot.com/-Mt5qo8dwVR0/UScODXVo52I/AAAAAAAABGQ/0uxOpvcy09w/s400/lompattali.jpg


Salah satu tips diet sukses ialah mampu menahan rasa lapar.  Nah, olahraga loncat tali bisa membantu Anda menahan keinginan makan sekaligus menurunkan berat badan.  Mengapa bisa?  Simak ulasan berikut ini.

Bila pria mengunjungi mall untuk membeli peralatan boxing, maka wanita lebih memilih mencari obat diet.  Ketimbang mengkonsumsi obat yang belum tentu aman, lakukanlah loncat tali.  Melelahkan memang, tetapi ampuh menahan lapar.

Tak hanya loncat tali, sebenarnya semua jenis aktivitas fisik yang ringan bisa menekan rasa lapar sementara.  Setidaknya, hormon pembangkit rasa lapar tidak diproduksi sebanyak saat tidak melakukan apa-apa.  Ini berarti, Anda tidak boleh banyak duduk bila ingin menurunkan berat badan.

Mengapa gerakan loncat tali disarankan?  Gerakan naik turun dinilai paling ampuh dalam menekan rasa lapar.  Penelitian di Jepang telah membuktikan, permainan masa kecil seperti locat tali paling ampuh menahan rasa lapar dibanding olahraga lain seperti bersepeda misalnya.

Anda bisa bisa meluangkan waktu sebelum atau sepulang kerja untuk 15 menit loncat tali.  Manfaatnya tak hanya untuk berat badan namun juga melatih otot dan sendi agar lebih kuat.  Ayo, sediakan skipping di rumah dan buat jadwal olahraga Anda.
KLIPING OLAHRAGA

LONCAT TALI

*                       NAMA : M.Fannani
*                       KLS      : VII_b
*                       NO       : 20




UPTSP SMP NEGERI
 

2 GONDANG

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers