Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

Diposkan oleh irfan on Wednesday, June 29, 2011


LOGIKA INFERENSI DAN TELA’AH
KONSTRUKSI TEORI
Diajukan Sebagai Salah Satu Tugas Makalah
 Logo+IKAHA+WArna

Disusun Oleh :


Dosen Pembimbing
SITI DAWIYAH FARIHAH, M.PdI

FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT KEISLAMAN HASYIM ASY’ARI
TEBUIRENG JOMBANG
2011
LOGIKA INFERENSI
A. Pengertian Logika
                Logika berasal dari bahasa yunani yaitu dari kata “logos” yang artinya kata atau apa yang diucapkan, kemudian berubah menjadi studi sistem preskriptif dari argumen dan penalaran, yaitu sistem yang menjadi acuan bagaimana manusia harus berfikir. Logika dapat dikatakan sebagai bentuk penarikan kesimpulan, apakah sesuatu atau argumen itu absah atau sebagai pendapat yang keliru.
                Menurut kamus besar bahasa Indonesia, logika berarti, (1) Pengetahuan tentang kaidah berfikir, (2) jalan fikiran yang masuk akal.sedangkan inferensi berarti simpulan  yang di simpulkan . dengan demikian jika di gabungkan logika inferensi dapat di difinisikan sebagai berfikir dengan akal yang sehat untuk memperoleh kesimpulan. Contohnya, ketika seseorang menghadapi persoalan yang memperlukan jalan keluar, lalu persoalan tersebut iya fikirkan dengan menggunakan akal yang sehat, kemudian dari hasil berfikir itu ia mendapatkan simpulan pemecahan dari persoalan tersebut
W.Ppoespoprodjo dalam bukunya yang bersifat logika Scientifika : pengantar Dialektika dan Ilmu,membagi sejarah logika sebagaiberikut :
1.      Dunia yunani tua
Menurut sebagaian kisah zeno dari citium (340 - 265)disebutkan bahwa tokoh Stoa adalah yang pertama kali menggunakan istilah logika . namun demikian ,akar logika sudah terdapat dalam fikiran  dialektis para filsuf madzab Ela. Mereka telah melihat masalah identitas dan perlawanan asas dalam realitas. Tetapi kaum sofis lah yang membuat fikiran manusia sebagai titik api pemikiran secara eksplisit . Georgeas(483-375)dari lionti (sicilia), mempersoalkan masalah fikiran dan bahasa, masalah penggunakan bahasa dalam pemikiran . sokrates(470-399) dengan metodenya , mengembangkan metode deduktif.dalam metode ini di kumpulkan contoh dan peristiwa konkrit untuk kemudian di cari umumnya plato(428-347) mengumumkan metode sokrates sehingga menjadi teori ide, sedangkan oleh aris toteles, dikembangkan menjadi teori tentang ilmu gagasan plato ini banyak memberikan dasar terhadap perkembangan logika,lebih-lebih yang bertalien dengan idiogenesis dan penggunakan bahasa dalam pemikiran. Namun demikian , logika ilmiah sesungguhnya dapat di katakan terwujud berkat Aris toteles.


2.      Logika Abad Pertengahan
Pada mulanya hingga tahun 1141, penggarapan logika hanya berkisar pada karya Aris toteles yang bejudul Kate Griyai dan Peri hermenies. Karya tersebut di tambah dengan karya 6 orang Phorphyryos yang bernama Eisagagogen dan traktat boe thius yang mencakup masalah pembagian , mencakup metode debat , silogisme kategoris hipotesis, yang biasa di sebut logika lama. Sesuai tahun 1141, ke 4 karya aris toteles lainnya dikenal lebih luas dan disebut logika baru. Logika lama danlogika baru kemudian di sebut logika antik untuk membedakan diri dari logika terministis atau logika modern, di sebut juga logika suposisi untuk menerangkan kesesatan logis dan tekanan terletak pada ciri-ciri tren sebagai simbol tata bahasa dari konsep-konsep sepeti yang terdapat didalam karya Petrus Hispanus, William dari ockham.
3. Logika Dunia Modern
Logika Arirtoteles, selain mengalami perkembangan yang murni, juga dilanjutkan oleh sebagian pemikir, tetapi dengan tekanan-tekanan yang berbeda. Thomas Hobbes (1632-1704) dalam karyanya Leviathem (1651) dan john locke (1632-1704) dalam karyanya yanag bernama essay concernim human understanding (1690). Meskipun mengikuti tradisi aristoteles, tetapi doktrin-doktrinnya sangat dikuasai paham nominalisme. Pemikiran dipandang sebagai suatu proses manipulasi tanda-tanda verbal dan mirip operasi-operasi dalam matematika. Kedua tokoh ini memberikan suatu interpretasi tentang kedudukan di dalam pengalaman.
Logika aristoteles yang rancangan utamanya bersifat deduktif logistik menunjukkan tanda-tanda induktif berhadapan dengan dua bentuk metode pemikiran lainnya yaitu: logika fisika induktif murni. Metode induktif ini untuk menemukan kebenaran didasarkan pada pengamatan empiris, analisis data yang diamati, penyimpulan yang terwujud dalam hipotesis (kesimpulan sementara, dan verifikasi hipotesis melalui pengamatan dan eksperimen lebih lanjut.
4. Logika di India
Di Asia hanya India yang sudah mengembangkan logika secara formal sejak masa lalunya. Logika lahir dari Sri Gautama yang harus sering berdebat melawan golongan Hindhu fanatik yang menyerang aliran kesusilaan yang diajarkan. Dengan sistematis logika dipaparkannya dalam Nyanya Sutra sehingga mencapai taraf perkembangan ilmu. Nyanya Sutra mendapat komentar dari prasastapada, yang kemudian disempurnakan oleh pengikut-pengikut Budha lainnya.
B. Logika Formal dan Logika Material

Setelah pengetahuan logika ramai dibicarakan orang, maka logika artificialis dibedakan orang menjadi dua macam, yaitu logika formal dan logika material. Logika formal menjadi asas-asas, aturan-aturan atau hukum berfikir yang harus ditaati agar orang dapat berfikir dengan benar dan mencapai kebenaran. Logika material mempelajari langsung pekerjaan akal, serta menilai hasil-hasil logika formal dan mengujinya dengan kenyataan-kenyataan praktis yang sesungguhnya. Logika material mempelajari sumber-sumber dan pengetahuan asal usul, alat-alat pengetahuan, proses kerjanya pengetahuan, dan akhirnya merumuskan metode ilmu pengetahuan. Logika material inilah yang menjadi sumber, yakni menimbulkan filsafat mengenal (cannisler) dan filsafat ilmu pengetahuan (wetten scepsleer) logika formal dinamakan orang logika minor sedangkan logika material dinamakan logika mayor.

C. positivistic logic
Positivisme logis (disebut juga empirisme logis) adalah sebuah filsafat yang berasal dari lingkaran wina pada tahun 1920-an. Positivisme logis berpendapat bahwa filasafat harus mengikuti rigoritas yang sama dengan sains. Filsafat harus dapat memberikan kriteria yang ketat untuk menetapkan apakah sebuah pernyataan adalah benar, salah atau tidak memiliki arti sama sekali. Tokoh-tokoh yang menganut paham positivisme logis ini antara lain: moritz schlick, rudolf carnap, Otto Neurath, dan A.J. Ayer. Karl Popper, meski awalnya  tergabung dalam kelompok lingkaran Wina, adalah salah satu krtiikus utama terhadap pendekatan neo-positivis ini.
Secara umum , para penganut paham positivisme memiliki minat kuat terhadap sains dan mempunyai sikap skeptis terhadap ilmu agama dan hal-hal yang berbau metafisika. Mereka meyakini bahwa semua ilmu pengetahuan haruslah berdasarkan inferensi logis yang berdasarkan fakta yang jelas. Sehingga, penganut paham ini mendukung teori-teori paham realisme, materialisme naturalisme filsafat dan empirisme.
D. Mathematical Logic
Logika matematika adalah cabang ilmu pengetahuan logika dan matematika. Logika matematika mempelajari tentang matematis ilmu logika dan aplikasinya ke dalam ruang lingkup marematika. Logika matematika juga memiliki kaitan erat dengan ilmu komputer dan logika filsafat. Lebih dari  itu, logika matematika kadang dianggap sebagai ilmu yang bisa memetakan logika manusia.
Logika matematika sebenarnya mengacu kepada dua ruang lingkup penelitian yang berbeda. Yang pertama adalah aplikasi teknik-teknik logika formal ke dalam matematika dan penalaran matematika. Sedangkan yang kedua, Sebaliknya, adalah aplikasi dari teknik-teknik matematika ke dalam representasi dan analisis logika formal. Bisa dikatakan bahwa logika matematika menyatukan kekuatan ekspresi dari logika formal dan kekuatan deduksi dari sistem pebuktian formal (Formal Proof System). Penggunaan matematika dalam hubumgannya dengan logika dan filsafat dimulai pada zaman Yunani kuno.
 E. Postmodern Logic
Istilah Postmodern, pertama kali dilontarkan oleh Arnold Toynbee pada tahun 1939. Kendati sampai saat ini belum ada kesepakatan dalam pendefinisian nya, tetapi istilah tersebut berhasil menarik perhatian banyak orang di barat. Pada tahun 1960, untuk pertama kalinya istilah itu berhasil di ekspor ke benua eropa sehigga banyak pemikir eropa mulai tertarik pada pemikiran tersebut.  Dalam masalah postmodern terjadi perbedaan pendapat oleh para ahli mengenai definisi nya. Ada para ahli yang berpendapat bahwa Postmodern itu adalah lawan dari modernisme yang dianggap tidak berhasil mengangkat martabat manusia modern
Sedangkan sebagian lagi berpaendapat, postmodern adalah bentuk sempurna dari modernisme, yang mana tidak mungkin kita dapat masuk jenjang postmodernisme tanpa melalui tahapan modernitas. Oleh karena itu akhirnya postmodern dibagi atas beberapa bagian  antara lain : Post-Modernis Ressistace, Post-Modernis Reaction, Opposition Post-Moderinsme dan affirematif post modernis.          
F.paragmatic logic
                Istilah paragmtifme berasal dari bahasa yunani, pragma yang berarti perbuatan atau tindakan isme di sini sama artinya isme isme yang lainnya yaitu aliran ajaran atau paham. Dengan demikian paragmatisme ialah ajaran yang menekankan bahwa pemikiran itu menuruti tindakan. Kriteria kebenarannya ialah      : faidah atu manfaat. Suatu teori atau hipotesis di anggapoleh pragmtisme benar bila membawa suatu hasil.
Pragmatisme adalah aliran pemikiran yang memandang bahwa benartidaknya suatu tindakan, dalil,teori, semata mata bergantung kepada berfaedah atau tidaknya ucapan,dalil, atau teori tersebut bagi manusia. Pragmatisme mulai di rintis di amerika oleh charles s.pierce (1839-1942), yang kemudian oleh wiliam james (1842-1910) dan jhon dewey(1859-1959).







DAFTAR PUSTAKA

1. Bachtiar amsal. 2004 fisafat ilmu. Jakarta : grafindo persada.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers