JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and
Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** The Hack3r *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

Rabu, Juni 29, 2011

C. INTEGRASI KNOWLEDGE: SPIRITUALISASI KURIKULUM



                Merupakan seuatu yang di idam idamkan para pemikir dan cendikiawan music. Cara membangunnya dengan efektif adalah melalui pendidikan. Contoh lembaga pendidikan islam yang telah mencoba dengan dilihat dari;
Body of knowledge dari kurikulum yang di kembangkan baik formal curriculum  maupun hidden curriculum-nya. Bagaimana pemikirannya, rumusannya dalam sistem pembelajarannya?
Yaitu dimulai dari syahadat kemudian diakhiri dengan mengharapkan ridho Allah, termasuk pengembangan ilmu. Karna Allah menciptakan dan mengajarkan ilmu peengetahuan Zat maha mengetahui lewat ayat2nya. Ilmu agama dan umum smua sama karna sumbernya sama yaitu Allah SWT , mengemban misi rahmatan lil’alamin dan bermuara pada tujuan yang sama ridho allah.
APPLIED SCIENCE
 
INTEGRASI KNOWLEDGE di terapkan antara ilmu dan agama tidak saling bertentangan yaitu saling mengkkohkan satu dengan yang lain. Manusia adalah kholifah sehingga diberikan potensi (fitrah), agama dan alam semesta disitulah manusia membangun ilmu pengetahuan dn teknologi. Bertujuan menciptakan kebahagiaan dunia dan akhirat (rahmatan lil;alamin ) dan mardhotillah;
Akidah
 
PURE SCIEN
 
Dapat digambarkan


















Fisika
 


teologi
 




Tasawuf
 



psikologi
 




Bahasa
 




sejarah
 



Politik
 








filsafat
 



Hukum
 








Pendidikan
 


matematika
 





Kedokteran
 


fisika
 





Pertanian
 



kimia
 




Teknik
 



Biologi

 

 










Gambar di atas menunjukkan Allah asal sumber dari segala apapun dalam kehidupan dalam ilmu pengetahuan. Perbedaan2 dalam kehidupan ini seperti siang malam jasmani rohani dll. Antara agam dan ilmu harus berpasangan untuk menciptakan kekuatan berimu pengetahuan akan membantu orang menjadi soleh yaitu digambarkan dalam tujuan pendidikan sebagai  orang yang memiliki kedalaman spirituan, keagauangan aklahk, keluasan ilmu dan kematangan prfesiaonal.
D. SPIRITUALISASI SUBYEK DIDIK (GURU DAN SISWA)
1.      memuliakan Guru
         Yang terpenting adalah interaksi antara guru dan murid. Komponen2 lain dalam sistem pendidikan hanya pendukung interaksi itu. Menjadi lembaga pendidikan bermutu maka guru meningkatkan mutu guru adalah yanf utama. Lembaga pendidikan hebat guru haru hebat.
Pandangan islam; guru harus dipandang waratsatul anbiya’ (pewaris nabi) atau duta tuhan. Ditangn merekalah mutu pembelajaran dipertaruhkan.
2.      menghargai  Siswa
         Sekolah efektif adalah menghargai siswa. Siswa dipandang sebagai subjek dan sosok pribadi yang memiliki potensi, motivasi, cita2, perasaan, pengalaman dan kebutuhan2 sebagai manusia seperti rasa aman, harga diri dan aktualisasi diri. Memanggilnya dengan rasa penuh sayang, memperlakukan dengan iklas seperti anak sendiri.
Kepala sekolah maupun guru2 memiliki kepedulian siswa akan kondisi dan poblem yang dihadapi siswa dalam sekolah maupun tidak. Sehingga hubungan guru-mirid menjadi dekat, saling memahami, saling empati, menghargai. Kondisi ini membantu kesuksesan guru dalam mengajar dan membantu murud belajar.
3.      Hubungan Spiritualitas dan profesionalitas
         Guru yang bekerja (mengajar mendidik) untuk mencari nafkah dan kehormatan berbeda dengan mereka yang bekerja karena allah dan untuk mengharapkan karidaan allah, walaupun sama sama profesinya.
Yang didasari iklas dan mengharapkan ridho nallah sehingga bersih dari sifat sifat yang tidak baik. Dan menjadi barokah setiap pengabdiannya. Jika karena panggilan keimanan kepada allah dalam rangka mengharapkan ridho allah guru yang seperti ini memiliki kekuatan pendorong, daya tahan dan energi ganda dalam mengembangkan tugasnya dan menghdapai perubahan.
4.      spiritualitas Sebagai seorang pendidik
         Sebagai kepala sekolah perlu membuat siasat agar guru dan seluruh komunitas sekolah termasuk siswa memiliki motivasi, daya tahan energi rohaniah yang kokoh sehingga akselerasi menuju sekolah unggul dapat dicapai. Dengan langkah-langkah: pemahaman, pelatihan, pembiasaan dan pembudayaan.
a.     Pemahaman
                       Lebih menekankan pemahaman dan penghayatan dari pada sekedar tahu. Contoh siswa tahu syarat dan rukun wudhu sahnya solat tapi juga paham makna masing-masing dengan menghayati, menikmati serta memaknai tindakannya itu sehingga tahu hikmanya pula.

b.     Pelatihan
                       Mengamalkan nilai dan ajaran agama siswa dan guru harus dilatih sebelum menjadi kebiasaan dan kebutuhan. Agar bisa baca alquran dengan baik dan benar dan dengan penuh penghayatan baik bacaan dan isinya. Hal ini dilakukan pelajaran pertama mulai pukul 06.30-06.45.
       Juga dilatih yang seperti solat duha, solat zuhur dan asar, berkorban, manasik haji, bersedekah fakir miskin dan anak yatim, peduli sesama teman dan guru yang dapat musibah, solat malam dan lain sebagainya.

c.     Pembiasaan
                       Perkatan, semua warga sekolah harus membiasakan perkataan yang baik. Itu sangat penting dalam islam yaitu quran qauwlanma’rufan  (perkataan yang pantas), aqwlan syadidan (perkataan yang berbobot) qawlan karimah (perkataan yang mulia) dgb.
Kualitas perkataan menggambarkan kualitas kepribadian seseorang. Anak harus dibiasakan mengucapkan kata kata yang benar seperti salam,tasbih, istigfar, tahmid, tahlil dalam kehidupan sehari-hari.
d.     Sikap dan perbuatan
   Sikap dan perbuatan muncul adanya norma norma yang di biasakan . sehingga keberhasilan pengembangan sekolah tersebut seperti sikap kesungguhan. Harus ditanamkan kepada siswa dan di contohkan para guru dalam belajar, dalam penampilan dan dalam bentuk apa saja.
e.     Penampilan
       Penampilan yang baik merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap lembaga. Tanpa kami menghargai lembaga ini, apa kami mau menghargainya?
Karna itu guru harus rapi apa saja.
Penampilan fisik sekolah juga perlu untuk salah satu media untuk pembangunan SDM. Yang berupa mental suatu komunitas merupakan waktu yang lama, prinsipnya; mulai dari diri sendiri dari sekarang dari yang kecil-keci;l perlu di terapkan. Sehingga tidak ada penunda nunda pekerjaan sampa nanti apabila dapat dituntaskan, sehingga sadar untuk mencapai yang besar harus dari yang kecil.

f.      Penciptaan Kultur dan Iklim Pembelajaran yang Kondusif
                       Harus menyenangkan, mencerdaskan dan mengasikkan. Menyenangkan maksudnya harus mampu membangkitkan motivasi siswa. Intuk iru guru aktif dan kreatif, mencari trobosan trobosan untuk meningkatkan kompetensi dan personalisasi sehingga guru menjadi profesional dalam mengajar berpribadian, dan dapat memberikan inspirasi bagi siswa.
Mencerdaskan; pembelajaran mampu mengembangkan suasana leberanian, keterbukaan dan persamaan sehingga menumbuhkan imajinasi, cita-cita dan kreativitas. Akhirnya pembelajaran harus mengaksikan . siswa merasakan asyiknya melakukan kerja keilmuan seperti di laboratorium, perpustakaan, kebun percobaan, bengkel atau berdiskusi dengan sesama teman dan guru.

E.     SPIRITUAL LEADERSHIP: THE PROBLEM SOLVER KRISIS KEPEMIMPINAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM
                                Dalam rangka malakukan pembaruhan pendidikan islam  menjadi sekolah yang baik (good school) bukan sekedar membutuhkan berbagai teori modernisasi dan pemberdayaan,
                                Melainkan jihad ; yaitu kerja keras lahir dan batin, penuh kesungguhan, keikhlasan, pengorbanan, kepah-lawanan, keteladanan dan kepedulian dengan memobilisasi segala sumber daya untuk mencapai suatu cita-cita bersama, suci dan luhur. Jihad dengan demikian merupakan kata kunci (key word ) untuk merubah kondisi pendidikan islam dari tidak diminati menjadi berprestasi, dari tidak berkualitas menjadi berkualitas, dari tidak berdaya menjadi berdaya. Beratnya perjuangan untuk melakukan perubahan terhadap pendidikan islam disebabkan kondisi pendidikan islam yang sebagian besar menghadapi siklus negative atau terbelenggu oleh lingkaran setan ketidakberdayaan.
                                Persoalanya adalah model kepemimpinan yang bagaimana yang cocok dan mampu merubah pendidikan islam yang sebagian besar terbelenggu dalam lingkaran ketidakberdayaan (siklus negative) menjadi lingkaran keberdayaan (siklus positif)? Kepemimpinan yang mampu mengembangkan ruh al-jihad? Kepemimpinan yang mampu mengembangkan pendidikan islam menjadi pendidikan yang efektif? Model kepemimpinan yang dimaksud tentu bukan model kepemimpinan yang biasa, melainkan kepemimpinan yang luar biasa. Model kepemimpinan apakah itu?.
                       Model kepemimpinan itu menurut percy (1997) adalah “the leadership SQ” atau “the corporate mystic” menurut handricks dan ludeman (1996) “kepemimpinan dimensi keempat” menurut herry tjahjono (2003) “kepemimpinan yang mengembangkan kecerdasan emosi” menurut coleman (2003) “executive EQ” menurut cooper (2002) dan sawat dab powerful leaders menurut ary ginanjar agustian (2003).
1.Konsep Spiritual Leadership
                       manusia terdiri dari unsure material dan spiritual atau unsur jesmani dan rohani.prilaku manusia merupakan produk tarik-menarik antara energy spiritual dan material atau antara dimensi ruhaniah dan jasmaniah. Dorongan spiritual senantiasa  membuat kemungkinan membawa  dimensi material manusia kepada dimensi spiritualnya  (ruh, keilahian). Caranya adalah dengan memahami  dan menginternalisasikan sifat-sifatnya, tujuanya adalah memperoleh ridla-nya, menjadi “sahabat” allah, “kekasih” (wali) allah. Inilah manusia yang suci, yang keberadaanya membawa kegembiraan bagi manusia-manusia lainya
                       kepemimpinan spiritual adalah kepemimpinan yang membawa dimensi keduniawian kepada dimensi spiritual (keilahian). Tuhan adalah pemimpin sejati yang mengilhami, mempengaruhi, melayani, dan menggerakan hati nurani hamba-nya dengan cara yang sangat bijaksana melalui pendekatan etis dan keteladanan.
                       Dalam persoektif sejarah islam, spiritualitas telah terbukti menjadi kekuatan yang luar biasa untuk menciptakan individu-individu yang suci, memiliki integritas dan akhlakul karimah yang keberadaanya bermanfaat (membawa kegembiraan ) kepada yang lain. Secara social, kekuatan spiritualitas mampu membangun masyarakat islam mencapai puncak pradaban, mampu memcapai predikat khaira ummat dan keberadaanya membawa kebahagiaan untuk semua (rahmatan lil’alamin).
                       Kepemimpinan spiritual juga tidak berarti kepemimpinan dengan kekuata gaib sebagaimana terkandung dalam istilah “tokoh spiritual” atau “penasehat spiritual”, melainkan kepemimpinan dengan menggunakan kecerdasan spiritual, klembaga fetajaman mata batin atau indra keenam
2. spiritual leadership diantara model kepemimpinan lainya
                       Sumber tindakan kepemimpinan yaitu kepemimpinan konvensial dan kepemimpinan spiritual yang dimaksud kepemimpinan konvesional adalah kepemimpinan yang lazim aaaaaaditerapkan dalam berbagai lembaga foral dan sebagaimana dikemukakan dalam literature-literatur ilmia selama ini.kepemimpinan konpesional menggunakan paradigm positivistic atau paradigm ilmiah dalam perilaku kepemimpinanya Blanchard dalam hal ini mengatakan,kalau kepemimpinan sejati adalah kepemimpinan yang muncul dari dalam diri keluar unntuk melayani mereka yang dipimpinya   (leaderdan ship from inside out)kepemimpinan  konpesinalsional sebaliknya.muncul dari luar ke dalam(leadership from outside in)lewat penghormatan dan pujian (honor and praise).kepemimpinan spiritual merupakan model kepemimpinan komprehensip yang menggabungkan berbagai pendekatan dan sekaligus krekuatan penggerakan kepemimpinan seperti kekuatan intelektual ,moral ,emosional dan spiritual .kepemimpinan spiritual merupakan gabungan dari model kepemimpinan etik,
        3.karakteristik kepemimpinan spritual
Sebagaimana di kemukakan di muka,kepemimpinan spiritual adalah kepemimpinanspiritual adalah kepemimpinan yang berbasis pada etika religious,kepemimpinan atas nama tuhan,yaitu kepemimpinan yang terilhami oleh perilaku etis tuha dalam memimpin mahluk-mahluknya .dalam panggung sejarah ,para rasul tuhan adalah contoh terbaik bagaimana kepemimpinan spiritual ditegagkan.para rasul tuhan itu terilham bagaimana kepemimpinan tuhan dan untuk selanjutnya mereka terapkan dalam memimpin sesama manusia.                                                                                                                                         
Berikut dikemukakan pokok-pokok karaktteristik kepemimpinan spiritual yang berbasis pada etika religiusyang di rujuk dari berbagai sumber di atas :kejujuran sejati ,pengenalan diri sendiri,focus pada alam saleh,spiritualisme yang tidak dogmatis,bekerja lebih efisien,membangkitkan yang terbaik dalam diri sendiri dan orang lain,keterbukaan menerima perubahan,think globally act locally,disiplin tetapi tetap fleksibel,santai dan cerdas,dan kerendahan hati.
a.                                                                                                                                                                                                                       Kejujuran sejati
Memegang teguh kejujuran. Berlaku jujur senantiasa membawa kepada kebaikan dan kebahagiaan pada akhirnya, walaupun mungkin pada boleh jadi terasa pahit.
Sebaliknya pembohong senantiasa membawa kehancuran dan kesulitan. Orang bohong memperkosa suara hati nuraninya sendiri dan berakibat pada kegelisahan.

b.       Fairness
Menurut rawls (1997) merupakam setrategi memecahkan moralitas social melalui sebuah kontak social berdasarkan the principle of grestest equal liberty dan the principle of  fair equality of opportunity.

c.       Semangat amal soleh
Memberikan konstribusi, dharama atau amal soleh bagi lembaga dan orang orang yang dipimpin. Bekerja tak kenal waktu dan lelah untuk bisa memberikan kontribusi terbaiknya, semyampang masih punya kesempatan kemampuan untuk berdedikasi kepada tuhan dan sesama.

d.       Membenci Formalitas dan Organized Religion
Bentuk semacam ini biasanya hanya mengedepankan dogma, peraturan prilaku dan hubungan social yang terstruktur yang berpotensi memecah belah. Pemimpin spiritual lebih mengedepankan genuine dan sunstantif (esoteric).

e.       Sedikit Bicara Banyak Kerja dan Santai
Selalu sfektif dan efesien dalam pekerjaan yang di lakukan seakan tidak ada habis, namun  dia tidak merasa sibuki, menjadi orang penting, tidak jadi sulit untuk melayani orang lain. Karan pribadinya jadi diri yang kokoh dan kepercayaan yang mendalam bahwa tuhan selalu membimbingnya. “ketahuilah, dengan menghadirkan Tuhan Dalam dirinya, hati akan menjadi tenang”

f.        Membangkitkan yang Terbaik Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain
Dengan mengenal Jati diri dapat membangkitkan denagn cara memikat, “memukul” danpa menyakiti, mengevaluasi tanpa menyinggung harga diri. Ia dapat berperilaku, menghormati dan memperlakukan diri sendiri dan orang lain.

g.       Keterbukaan Menerima Perubahan
Seorang pemimpin membawa perubahan karna perubahan hukum alam (sunnatullah). Semua berubah kecuali yang membuat perubahan itu sendiri. Iqbal (Semith 1963) mengatakan intisari hidup adalah gerak, sedang hukumk hidup adalah gerak. Kafir yang aktif lebih baik dari Muslim yang suka tidur. Rela hancur asalkan lembaga yang dipimpinnya Berjaya. Yang itu wahan beraktualisasi diri dan berdedikasi kehadirat allah.

h.       Pemimpin yang Dicintai
Cinta bukan arti yang sempit, tetapi cinta kasih structural (cinta terhadap ribuan orang yang dipimpin.)
Dengan cinta kasih menciptakan hubungan yang cair bahkan suasna canda. Hendricks dan Ludeman: “satu-satunya cara terbaik menilai kesehatan sebuah tim/perusahaan adalah denagan mengetahui seberapa sering mereka bercanda”.

i.         Think Globally and Act Locally
Merupakan visi seorang pemimpin spiritual yang focus perhatian kekinian.
Menggambarkan idealitas masa depan secara mendetail bagaimana cara menyampaikannya kepada orang lain dan menjadi paham.

j.         Disiplin Tetapi Fleksibel dan tetap Cerdas dan Penuh Gairah
Kebiasaan mendisiplinkan menjadikan pemimpin teguh memegang prinsip. Jika ditambai fleksibel, cerdas, bergairah dan mampu melahirkan energy yang seakan tiada hentinya.

k.       Kerendahan Hati
Menurut Parcy:” pengakuan tidak mempunyai karunia untuk memimpin, namun karunia itu yang memiliki anda”
Shadr (2003) “mengatakan memperhatikan kedudukan orang dan menghindari prilaku arogan terhadap mereka”.

4.            spiritual Leadership: The Problem Solver Pendidikan Islam
                Pemimpin harus focus dominan terjadinya perubahan dari sekolah tidak diminati menjadi berprestasi.
Mengembangkan pendidikan Islam dan peran yang dilakukan dalam mengembangkannya:
a.       Sebagai Pembaharu
Gagasan-gagasan atau ide-ide baru senantiasa keluar dari hasil kontemplasi, penjelajahan dan pengembangan Intelektualnya yang luas.

b.       Pemimpin Spiritual Sebagai Pemimpin Organisasi Pendidikan
Pemimpin mampu merendahkan diri sehingga mampu mengefektifkan budaya dan proses organisasi dan mengembangkan usaha dan laba. Berperan sebagai tokoh pergerakan, ruhaniawan, relawan dan volunteer  yang pandai menarik simpati dan menggerakan massa tokoh spiritual dan seorang pekerja social

c.       Pemimpin Spritual Sebagai Administrator Proses Pembelajaran
Sebagai tugas yang telah ada pembagian tugas dan sekaligus sebagai bentuk pengkaderan. Hal ini berperan sebagai pengilham, pencerah dan pembangkit.

d.       Pemimpin Spritual Sebagai Pendidik
Yaitu mampu mengefektifkan proses pembelajaran danmelakukan berbagai inovasi. Mampu mengembangkan pemikiran dan ide-ide baru,mencerahkan dan memberdayakan sehingga pendidikan benar-benar memerankan fungsi pokoknya, bukan sekedar fungsi formalnya.
Melakukan inovasi proses pembelajaran:
(1)  Mengarah pada pembentukan kesalehan yaitu dalam prilaku, berilmu
(2)  Spritualisasi kurikulu.
(3)  Spritualisasi proses pembelajaran
(4)  Spritualisasi subyek didik.

Spritualitas asketik yaitu intensitas pengabdian kepada tuhan yang dijalankan dalam kegairahan kerja yang dapat membuahkan kesalehan.




RANGKUMAN Spiritualitas Dalam pendidikan islam bagian C,D,E
Guna memenuhi tugas IPI2
E:\فحو تو\logo\Ikahaha.gif

Disusun Oleh :
HABIBURROHMAN

Dosen Pembimbing:
Drs


FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT KEISLAMAN HASYIM AS’ARY
TEBUIRENG JOMBANG
2010





                                                                                                                                                                            

0 komentar:

Poskan Komentar

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

KRITIK DAN SARAN ANDA

Pengikut

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (2) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (4) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (72) BAHASA INGGRIS (104) BAHASA JAWA (6) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (2) BISNIS (68) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (1) CARA BELAJAR SABAR (1) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (13) cerpen (23) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (14) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HUKUM (16) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (34) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (18) kurikulum (1) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (29) logo (4) lucu (3) makalah (109) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (6) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikankan (639) pendidkan (37) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (86) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (22) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (10) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (540) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (406) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)
 
Copyright © 2011. Jawa Posting . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates