Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

Diposkan oleh irfan on Friday, May 06, 2011



A.    Pendahuluan
Pendidikan nasioanal harus mampu menjamin kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevan dan efesien manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehinggaperlu dilakkan pembaruan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.

Undang-Undang No 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional tidak memandai lagi dan perlu diganti serta disempurnakan agar sesuai dengan amanat perubahan Undang-Undang Dasar  Republik Indonesia Tahun 1945. Oleh sebab itu ditetapkanlah Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No 3 Tahun 2003 tentang Sisten Pendidikan Nasional.

Namun akhirnya pemerintah DPR berhasil menetapkan Undang-Undang yang dipandang memandai untuk mengakomodasi semua kepentingan dan mengatasi masalah pendidikan nasioanal, yaitu Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS)

B.     Tinjauan Tujuan
Tujuan adalah suatukondisi yang ingin dicapai dengan melaksanakan suatu aktivitas. Dalam aktivitas pendidikan islam, tujuan dapat dibedakan dari segi ruang lingkupnya dan penahapan pencapaiannya. Dari segi ruang lingkup, tujuan pendidikan islam dapat dibedakan menjadi tujuan umum dan tujuan khusus. Dari segi penahapan, tujuan pendidikan islam dapat dibedakan menjadi tujuan sementara dan tujuan akhir.

Tujuan umum pendidikan islam adalah tujuan yang ingin dicapai oleh semua bentuk aktivitas pendidikan islam. Tujuan akhir merupakan tujuan yang ingin dicapai setelah proses pendidikan islam mencapai tujuan-tujuan sementara. Kedua jenis tujuan tersebut sering disebut “Tujuan Pendidikan Islam”
Al-ghazali dalam sulaiman (1986: 24) mengemukakan bahwa tujuan pendidikan islam adalah :
1.      Membentuk insan purna yang pada akhirnya dapat mendekatkan diri kepada Allah
2.      Membentuk insan purna yang memperoleh kebahagian hidup, baik didunia mapun diakhirat
Dari dua tujuan tersebut dapat dipahami bahwa tujuan pendidikan islam versi AL-Ghazali tidak hanya bersifat ukhrawi (mendekatkan diri kepada Allah), sebagaimana  yang dikenal dengan kesufiannya, tetapijuga bersifat duniawi.

Apabila dicermati rumusan diatas, tujuan Pendidikan Islam sejalan dengan maksud Al-Qur’an Surah Al-Hujarat Ayat 13. Dalam ayat ini ditegaskan bahwa posisi manusia yang paling tinggi disisi Allah adalah orang yang berkualifikasi paling bertakwa. Rumusan yang paling komprehensif disepakati dalam kongres  pendidikan islam sedunia tahun 1980 di islamabad. Dalam Arifin (1996 : 132) dikemukakan bahwa  pendidikan islam harus ditujukan kearah pertumbuhan yang berkesinambungan  dari kepribadian manusia yang menyeluruh melalui latihan spritual, kecerdasan danrasio, perasaan dan paanca indra.

Dari berbagai rumusan tujuan pendidikan islam tersebut dapat dilihat berbagai kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Kompetensi-kompetensi dimaksud mencakup : beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, mendekatkan diri kepada Allah, mencintai agama, menegakkan kebenaran, berbudi luhur dll.

Apabila dicermati tujuan rumusan pendidikan nasional (pasal 3), maka kita akan melihat kompetensi yang diinginkan dari proses pendidikan nasional tersebut mengikuti perkembangannya potensi peserta didik menjadi orang yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, berkreatif, mandiri, dan ,menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Dari pemaparanformulasi tujuan pendidikan islam dan tujuan pendidikan nasional terlihat secara jelas bahwa kompetensi  yang diinginkan  oleh pendidik islam juga menjadi kompetensi tujuan pendidi nasional. Sekaligus, pendidikan nasional memayungi plaksanaan pendidikan islam di indonesia.

C.    Tinjaua metode
Al-Ghazali dalam arifin (1996:103) menulis bahwa memberi contoh yang baik dan teladan yang indah dimata anak didik sehingga anak senang mencontoh tingkah lakunya. Abdurrohman An-Nahlawi (1989:283) mengemukakan bahwa dalam pendidikan islam dapat digunakan sebagai metode yang meliputi  metode hiwar  qurani dan nabawi, kisah qurani dan nabawi, perumpamaan, teladan, latihan dan pengalaman, ‘ibrah dan mauiz serta targhib dan  tarhib.

Diantara berbagai metode tersebut, metode keteladanan merupakan metode yang sangat penting. Banyak ahli pendidikan yang berpendapat bahwa pendidikan dengan teladan merupakan metode yang paling berhasil. Kerena pada umumny, lebih mudah menangkap yang kongret dari pada yang abstrak. Antara lain terlihat pada ayat-ayat  yang mengemukakan  pribadi-pribadi teladan antara lain dalam surah Al-Ahzab (33):21) yang artinya : “sesungguhnya telah ada pada diri rasulullah suri tauladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang-orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak  menyebut Allah”.
Dalam sistem pendidikan nasional, metode tauladan mendapat sumber dan perhatian khusus seperti terlihat pada pasal 40 ayat 2 “ pendidik dan dan tenaga pendidikan berkewajiban :
1.      Menciptakan suasana pendidik yang bermakna (menyenangkan, kreatif, dinamis, dan biologis)
2.      Mepunyai komitmen yang profesional
3.      Memberi tauladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

D.    Tinjauan peserta didik dan kurikulum
Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan  potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu (sisdiknas, pasal : 4). Peserta didik memiliki banyak kebutuhan. Law Head dalam jalaludin (1993: 63) mengemukakan bahwa peserta didik mempunyai beberapa kebutuhan yang meliputi : kebutuhan jasmani, ruhani, kebutuhan sosial dan kebutuhanyang tinggi sifatnya, yaitu kebutuhan akan agama. Agama dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan karena dalam agama terdapat petunjuk-petunjuk Allah untuk mencapai kebahagian dunia dan akhirat.
E.     Tinjauan kelembagaan
Lembaga penddikan adalah organisasi atau kelompok manusia yang karena satu dan lain hal memikul tanggung jawab atas terlaksananya pendidikan. Badan ini bertugas memberi  pendidikan kepada sididik, sesuai dengan badan tersebut (marimba, 1986 : 57).

Sidi Gazalba (1970: 26) menulis bahwa lembaga yang berkewajiban  melaksanakan pendidikan islam adalah :
1.      Rumah tangga, yaitu pendidikan primer  untuk fase bayi dan fase anak-anak sampai usia sekolah. Pendidikan adalah orang tua, sanak kerabat, famili, saudara-saudara, teman sepermainan dan kenalan pergaulan.
2.      Sekolah,yaitu pendidikan skunder yang mendidik anak mulai dari usia masuk sekolah sampai ia keluar dari sekolah tersebut. Pendidikan adalah guru yang profesional.
3.      Kesatuan sosial, yaitu pendidikan tertier yang merupakan pendidikan terakhir yang bersifat permanen. Pendidikannya adalah kebudayaan, adat istiadat, dan suasana masyarakat setempat.
Dalam sistem pendidikan nasional ditegaskan bahwa :
a.         Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan tengah.
b.         Pendidikan dasar membentuk sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat serta sekolah mengah pertama (SMP), atau bentuk lain yang sederajat. (pasal 17 ayat (1 dan 2). Dalam pasal ini, kedudukan MI disamakan dengan SD dan MTs disamakan dengan SMP.

Dalam pasal 18 dinyatakan bahwa pendidikan menengah berbentuk sekolah menengah atas (SMA, MA, SMK, dan MAK). Atau bentuk lain yang sederajat. Dalam pasal ini ayat 13 kedudukan MA disamakan dengan SMA.

Mengenai pendidikan keagamaan dikemukakan dalam pasal 30 ayat (1) pendidikan keagamaan diselenggarakan pemerintah dan perundang-undangan. (2) pendidikan keagamaan berfungsi mempersiapkan peseta didik menjadi anggota masyarakat yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agama dan menjadi ahli ilmu agama.

F.     Kesimpulan
Dalam sistem pendidikan nasional telah ditetapkan aturan-aturan pokok sehubungan dengan berbagai aspek pendidikan. Aturan-aturan ini bersifat mengikat seluruh warga negara dalam menyelenggarakan pendidikan, baik sebagai penyelenggaraan maupun masyarakat yang menikmatinya. Dalam aturan ini terdapat kekuatanyang dapat menjamin eksistensi berbagai institusi dan satuan pendidikan.
Pendidikan islam sebagai subsistem.

Pendidikan islam sebagai subsistem pendidikan nasioanal yang akan dilaksanakan dan nikmati oleh sebagaian warga negara menepati kedudukan yang penting. Hal tersebut telihat dalam berbagai aspek, yaitu dalam aspek tujuan, metode, peserta didik,  dan kurikulum serta kelembagaan. Karena banyah hal yang bersamaan antara pendidikan islam dan pendidikan nasional, maka terlihat kekuatan  yang saling mendukung. Apabila tuntutan pendidikan islam terpenuhi maka tuntutan pendidikan nsional, baik secara lansung mapun tidak lansung sudah terpenuhi. Demikian juga sebaliknya.













PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

Guna memenuhi tugas IPI2


Disusun Oleh :
Khairul Anwar

Dosen Pembimbing:
Drs. H. Darodjat Kadarisman, M.Ag

FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT KEISLAMAN HASYIM AS’ARY
TEBUIRENG JOMBANG
2010

{ 1 komentar... read them below or add one }

Fadly ManieZ said...

TOLONG DILENGKAPI FOOTNOTE N DAFTAR PUSTAKANYA YA !

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers