Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

Motivasi Belajar

Diposkan oleh irfan on Sunday, April 03, 2011


BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Semua manusia didalam kehidupannya di dunia ini selalu membutuhkan adanya suatu pegangan hidup yang disebut dengan agama. Mereka merasakan bahwa dalam jiwanya ada suatu perasaan yang mengakui adanya Dzat yang maha kuasa. Tempat mereka berlindung dan tempat mereka memohon pertolongan-Nya, dengan adanya Dzat yang maha kuasa, hati manusia akan merasa tenang dan tenteram ketika mendekat kepada-Nya. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Ar-Rad ayat 28 ”….. yang artinya” ketahuilah bahwa hanya dengan mengingat kepada Allah, hati akan merasa tenteram”
Karena itu manusia akan selalu berusaha untuk mendekatkan diri kepada tuhan. Hanya saja cara mereka mengabdi dan mendekatkan diri kepada Tuhan itu berbeda sesuai dengan agama (kepercayaan) yang dianutnya. Itulah sebabnya, bagi orang muslim diperlukan adanya pendidikan agama islam khususnya pendidikan fiqih, agar dapat mengarahkan fitroh mereka tersebut kea rah yang benar, sehingga mereka akan dapat mengabdi dan beribadah sesuai dengan ajaran islam. Tanpa adanya pendidikan agama dari satu generasi ke generasi berikutnya, maka orang akan semakin jauh dari Agama yang benar
Tujuan pendidikan agama adalah untuk membimbing anak agar mereka menjadi orang muslim sejati. Beriman teguh, beramal sholeh dan berakhlak mulia serta berguna bagi masyarakat, agama dan Negara (Euharini, dkk. 1977 : 25) sedang tujuan pendidikan agama tentang fiqih adalah.
1)      Untuk mengetahui dan memahami cara-cara melaksanakan hukum islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan priobadi dan sosial
2)      Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum islam dengan benar dan baik sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama islam baik dalam hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungan.
Tujuan-tujuan terebut adalah merupakan tujuan yang hendak dicapai oleh setiap orang yang melaksanakan pendidikan agama khususnya dalam pendidikan ilmu fiqih karena itu dalam pendidikan ini yang perlu ditanamkan terlebih dahulu adalah keimanan yang teguh,. Sebab dengan adanya keimanan yang teguh itu maka akan menghasilkan ketaatan menjalankan kewajiban agama
Titik sentral yang harus dicapai oleh setiap kegiatan belajar mengajar adalah tercapainya tujuan pengajaran guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menerapkan metode dalam pembelajarannya. Anak didik pun diwajibkan mempunyai keativitas yang tinggi dalam belajar, bukan selalu menanti perintah guru kedua unsure menusiawi ini juga berakhtivitas tidak lain karena ingin mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.
Dengan memperhatikan gejala-gejala tersebut di atas maka timbul pertanyaan dalam benak penulis sejauh manakah keberhasilan pengajaran pendidikan agama fiqih di Madrasah ini ? mengingat sangat pentingnya pendidikan ini terutama kepada anak seusia mereka. Atau tetap kenyataannya masih banyak diantara mereka yang kurang bisa mempraktekkan serta memahami bagaimana menerapkan pendidikan fiqih dalam kehidupan mereka sehari-hari secara sungguh-sungguh gejala-gejala ini timbul karena beberapa faktor diantaranya adalah strategi pembelajaran yang kurang mengena terhadap pendidikan ilmu fiqih, banyaknya siswa dalam satu kelompok belajar, serta fasilitas yang kurang memadai.
Dengan menyadari gejala-gejala atau kenyataan tersebut diatas, maka dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Implementasi metode pembelajaran dimonstrasi untuk meningkatkan hasil pembelajaran fiqih Miftahul Ulum Ngoro Jombang” tahun pelajaran 2010/2011

B.     RUMUSAN MASALAH
Berikut total dari latar belakang diatas maka penulis merumuskan permasalahannya sebagai berikut :
1        Bagaimana menyimplementasikan metode pembelajaran demonstrasi dalam meningkatkan hasil pembelajaran fiqih pada siswa kelas III MI Miftahul Ulum Negara jombang
2        Bagaimana pengaruh metode demonstrasi terhadap meningkatkan hasil pembelajaran fiqih pada siswa kelas III MI Miftahul Ulum Ngoro Jombang

C.     BATASAN MASALAH
1        Penelitian ini hanya dikarrnakan pada siswa kelas III MI Miftahul Ulum Ngoro tahun pelajaran 2010 / 2011
2        Penelitian ini di dalksanakan pada bulan November semester ganjil tahun pelajaran 2010 / 2011
3        Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan sholat dalam keadaan sakit (sholat maridz)

D.    TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
1        Mengimplamentasikan rencana yang sudah disusun secara rapi dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran atau meningkatkan hasil pembelajaran yang lebih baik lagi pada pembelajaran fiqih kelas III MI Miftahul Ulum Ngoro Jombang
2        Mengetahui pengaruh metode pembelajaran demonstrasi terhadap peningkatan hasil pembelajaran fiqih siswa kelas III MI Miftahul Ulum Ngoro Jombang
3        Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran fiqih dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas III MI Miftahul Ulum Ngoro Jombang
E.     MANFAAT PENELITIAN
Adapun maksud penulisan mengadakan penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai :
a.       Secara praktis
·         Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru pendidikan agama khususnya  dalampembelajaran fiqih dalam meningkatkan pemahaman siswa serta mencapai hasil pembelajaran yang maksimal.
·         Sumbangan pemikiran bagi guru maple fiqih dalam mengajar dan meningkatkan hasil pembelajarannya secara maksimal
·         Memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan kepada siswa. Sehingga siswa tidak merasa jenuh dan dapat menyerap materi yang disampaikan dengan baik
b.      Secara teoritis
·         Sebagai penentu kebijakan dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa khususnya pada mata pelajaran fiqih
·         Menerapkan metode yang tepat sesuai dengan materi pelajaran fiqih.

F.      BATASAN ISTILAH
Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut :
1        Metode demonstrasi adalah
Istilah dalam pengajaran yang dipakai untuk menggambarkan suatu cara mengajar yang pada umumnya penjelasan verbal dengan suatu kerja fisik atau pengoperasian peralatan barang atau benda. Kerja fisik itu telah dilakukan atau peralatan itu telah dicoba lebih dahulu sebelum di olenonstrasikan. Orang yang mendemonstrasikan (Rama Yulis, 224 : 2004)
2        Hasil belajar adalah
Suatu usaha mengubah tingkah laku siswa (manusia) kea rah yang lebih baik atau bentuk perubahan tingkah laku.

BAB II
KAJIAN TEORI

A.    Definisi pembelajaran
Pembelajaran adalah proses, cara, menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Sedangkan istilah belajar itu sendiri adalah suatu proses Usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Selain itu belajar juga berusaha memperoleh kepandaian / ilmu. Berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman (KBBI : 1996 : 14)
Menurut Anthony Robbins senada dengan apa yang dikemukakan oleh Jerome Brunner dalam (Rombery & Kapat, 1999) bahwa belajar adalah suatu suatu proses aktif dimana siswa membangun pengetahuan baru berdasarkan pada pengalamannya atau pengetahuannya yang sudah di milikinya. Definisi belajar secara lengkap di kemukakakn oleh slavin (2000 : 141) yang mendefinisikan belajar sebagai perubahan pada individu yang terjadi melalui pngalaman, dan bukan karena pertumbuhan atau perkembangan tubuhnya atau karakteristik seseorang sejak lahir. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan kebiasaan yang baru diperoleh individu. Sedangkan pngalaman merupakan interaksi antara individu dengan lingkungan sebagai sumber belajarnya.
Jadi belajar disini diartikan sebagai proses yang disengaja untuk merubah perilaku tetap dari belum tahu menjadi tahu. Dari paham menjadi paham, dari kurang terampil menjadi lebih terampil, dan dari kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru. Serta bermanfaat bagi lingkungan maupun individu itu sendiri.

B.     Motivasi Belajar
1        Konsep motivasi
Belajar dan meotivasi selalu mendapat perhatian khusus bagi mereka yang belajar dan mengajar pertanyaan yang selalu dikemukakakn ialah : bagaimanakah memotivasi seseorang mempelajari apa yang harus dipelajari ? Dalam kehidupan sehari-hari dijumpai orang dengan penuh antusias dan ketekunan melaksanakan berbagai kegiatan belajar, sedang dipihak lain ada yang tidak bergairah dan bermalas-malas. Kenyataan tersebut tentu mempunyai sebab-sebab yang perlu diketahui lebih lanjut untuk kepentingan motivasi belajar.
Dalam situasi sekolah. Setiap anak memiliki sejumlah maotif atau dorongan yang berhubungan itu anak memiliki pola sikap-sikap minat. Penghargaan dan cita-cita tertentu motif sikap, minat, dan sebagainya. Seperti tersebut diatas akan mendorong seseorang berbuat untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Tetapi biasanya tidak sekaligus mencakup tujua-tujuan belajar dalam situasi sekolah. Oleh sebab itu tugas guru adalah menimbulkan motif yang akan mendorong anak berbuat untuk mencapai tujuan belajar.
2        Pengertian motivasi
Motivasi adalah daya dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melalkukan sesuatu, atau keadaan seseorang atau organisme yang menyebabkan kesiapannya untuk memulai serangkaian tingkah laku atau perbuatan. Sedangkan motivasi adalah : suatu proses untuk mengingatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapia tujuan, atau keadaan dan keseapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu (Usman, 200 : 28)
Nasutin, M.A (op Cit, hal 103) mengemukakan sesuatu, “To Motivate A Child to Orrange Conelition So That The Want To Do What He Is Capable Doing”  memotivasi murid adalah menciptakan kondisi sedemikian rupa sehingga anak itu mau melakukan apa yang dapat dilakukannya
Thomas M. Rish M. (op Cit, hal 520) mengemukakan tentang motivasi sebagai berikut : “We may now define motivation in a pedagogical sense, as the concius effort on the port of the teacher to estavkusg ub students motives leading to sustained a etivity to ward the learning goals”.
Motivasi adalah usaha yang disadario oleh pihak guru untuk menimbulkan motif-motif pada diri murid yang menunjang kegiatan kea rah tujuan-tujuan belajar.
Dari uraian diatas jelaslah bahwa masalah-masalah yang dihadapi guru adalah mempelajari bagaimana melaksanakan motivasi secara efektif. Guru harus senantiasa mengingat bahwa setiap motid. Guru harus senantiasa mengingat bahwa setiap motif yang baru, harus tumbuh dari keadaan anak sendiri, yaitu dari motif-motif yang telah dimiliki, dorongan-dorongan dasarnya, sikap-sikapnya, minatnya, penghargaannya. Cita-citanya. Tingkah lakunya, hasil belajarnya dan sebagainya.
Oleh karena itu motivasi sangatlah diperlukan sebagai uatuproses, mengantarkan murid kepada pengalaman-pengalaman yang memungkinkan mereka dapat belajar, sehingga menghasilkan pembelajaran yang lebih baik lagi.
3        Fungsi motivasi
Sebagai proses pembelajaran adalah
1)      Memberikan semangat dan mengaktifkan murid agar tetap berminat dan siaga
2)      Memusatkan perhatian anak pada tugas-tugas tertentu yang berhubungan dengan pencapaian tujuan belajar
3)      Membantu memenuhi kebutuhan akan hasil jangka pendek dan jangka panjang.
Oleh karena setiap anak menunjukkan problem individual sendiri-sendiri, mau tidak mau guru harus berusaha untuk lebih memberikan banyak motivasi terhadap arah didiknya. Untuk mempermudah proses tersebut alangkah baiknya seorang guru melihat teknik motivasi di bawah ini

1)      Murid ingin bekerja dan akan bekerja keras bila ia berminat terhadap sesuatu. Ini berarti bahwa hasil belajar lebih baik bila murid dibangkitkan minatnya. Dengan cara :
a.       Membangkitkan kebutuhan pada diri anak seperti kebutuhan rohani, jasmani, sosial dan sebagainya
b.      Pengalaman yang hendak ditanamkan pada arah hendaknya dibasi oleh pengalaman-pengalaman yang sudah dimiliki
c.       Memberi kesempatan berpartisipasi untuk mencapai hasil yang diinginkan
d.      Menggunakan alat-alat peraga dan berbagai metode mengajar.
2)      Tetapkanlah tujuan-tujuan yang terbatas dan pantas serta tugas-tugas yang terbatas
3)      Usahakanlah agar murid senantiasa mendapat informasi tentang kemajuan dan hasil-hasil yang dicapai dan janganlah menganggap kenaikan kelas sebagai alat motivasi yang utama
4)      Hadiah biasanyamenghasilkan hasil yang lebih baik dari hukuman
5)      Memanfaatkan sikap-sikap, cita-cita dan rasa ingin tahu anak
6)      Setiap orang menginginkan sukses (berhasil) dan usahanya dan kalau sukses itu tercapai alam ,emi,nij le[ercayaan kepada diri sendiri
7)      Suaana yang mengembirakan dan kelas yang menyenangkan akan mendorong partisipasi murid
8)      Motivasi adalah alat bagi pengajar, bukan tujuan dan untuk kesempurnaannya , memerlukan perhatian terhadap setiap individu.

C.     Meningkatkan hasil belajar pendidikan agama pada pembelajaran fiqih pada siswa.
Program pengajaran agama dapat dipandang sebagai suatu usaha mengubah tingkah laku siswa dengan menggunakan bahan pengajaran islam. Tingkah laku yang diharapkan itu terjadi setelah siswa mempelajari pelajaran agama dan khususnya pada pembelajaran fiqih ini.
Sehubungan dengan upaya meningkatkan hasil belajar agama (fiqih) maka diharapkan dapat merubah tingkah laku sebagaimana tiga
D.     















{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers