Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

makalah kurikulum

Diposkan oleh irfan on Sunday, April 17, 2011


BAB II
PEMBAHASAN

A. PRINSIP DASAR UTAMA KURIKULUM
     1.Prinsip relevansi
            Dapat di artikan  kesesuaan pendirian dengan tuntuntan zaman atau kehidupan. dengan kata lan, pendidikan di pandang relevan bila hasil di peroleh pendidikan berguna atau fungsional bagi kehidupan.
     2 .Prinsip evektivitas
            Ada dua jenis evektivitas yaitu ;
            a. Evektvitas mengajar guru menyangkut sejauh mana kegiatan belajar mengajar agar dapat dilaksanakan dengan baik.
            b. Evektivitas belajar murid, menyangtkut sejauh mana tujuan-          tujuan pembelajaran yang telah di capai melalui kegiatan           belajar mengajar yang di tempuh dan usaha untuk      meningkatkan evektivtas siswa yang dapat dilakukan dengan        memilih jenis-jenis metode dengan media yang dianggap        ampuh dalam mencapai tujuan.
B. PENYIMPANGAN DARI PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
     1. pencantuman prinsip-prinsip pengembangan kurkulum, didalam buku kurikulum yang di nilai haknya bersifat ”PRO FARMA” hal itu dilakukan karena sekedar mentaati langkah-langkah pengembangan kurikulum
     2. prinsip-prsip pengembangan kurikulum. tdak haknya untuk ditaati oleh pengembangan pelaksana dan evaluator kurikulum,tetapi juga untuk menunjukkan nila-nilai yang terkandung             dalam prinsip-prinsip kurikulum.
C. PRNSIP UMUM DALAM PEMBUKAAN KURIKULUM
     1. Pembinaan isi kurikulum
      a. Di indonesia kurkulum harus mencerminkan jwa muqodmah UUD 1945 dan isi UUD 45. dengan demikian kurkulum harus menjadi pelaksanaan dan jiwa dari UUD 1945 dalam bidang pendidikan.
       b. Kurikulum harus di integrasikan ke dalam nation dan charakter building (membangun karakter bangsa) khususnya sebagai alat pembinaan manusia indonesia seutuhnya.
       c. Kurikulum harus memberikan kemungkinan perkembangan secara maksimal tentang cipta, rasa, karsa dan karya anak yang        sedanga berkembang untuk menjadi manusia yang memiliki   moral budi pekerti luhur dan kuat dalam keyakinan agamanya   tinggi kecerdasan, tampil dalam pembangunan dan memiliki fisik yang sehat dan kuat . dll
            2. Prinsp Didaktik metodik
            didaktik metodik adalah cara mengajar dan belajar yaitu sebagai usaha yang di tempuh untuk melaksanakan kurikulum dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.untuk mecapa tujuan pendidkan nasioal dan tujuan-tujuan lainnya pada setiap tingkat dan jenis sekolahan, maka perlu di laksanakan prinsip-prinsip tersebut di antarannya ;
a. semua pengetahuan dan kegiatan yang di ajarkan harus bersifat fungsional dan praktis.
b. pengetahuan harus di selaraskan dengan taraf pemahaman dan perkembangan anak    didik.
c. pendidikan harus membangkitakan dan memepuk minat, perhatian dan kemampuan anak.
D. FUNGSI PRINSIP-PRINSIP KURIKULUM
            menurut Alexander nglis fungs kurikulum ada 6 ;
            1. fungsi penyesuaian
            2. fungsi integrasi
            3. fungsi differensiasi
            4. fungsi persiapan
            5. fungsi pemulihan
            6. fungsi diagnosis
 EVALUASI (penilaian)
            untuk menjalankan evaluasi perlu memperhatikan prinsip-prinsp seperti berikut ini ;
a. Prinsip keselurahan
            pada dasarnya obyerk penilaian kependidikan yang utama ialah         anak sebagai keselurahan dan ini yang dinilai bukan hanya kecerdasan atau ingatan saja melainkan seluruh kepribadian anak.
b. Prinsip kontinuitas
            penilaan tidak boleh dilakukan secara insindetas. karena        pendidikan itu sendiri adalah suatu proses yang kontinu, karena itu penilaianpun harus di lakukan secara kontinu (terus-menerus)
c. Prnsip obyektivitas
            harus di usahakan agar penilaaan di lakukan dengan subyektif-obyektif. untuk itu perasaan-perasaan seperti benci, sayang dan        sebagainya, harus di jauhkan dari penilaian karena dapat        membuat proses dan hasil penilaian menjadi tidak baik dan tidak benar.


PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI ATAU KURIKULUM 2006
Seiring dengan adanya perubahan sosial,politik dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat,maka pengembangan kurikulum harus didasarkan pada prinsip-prinsipsebagai berikut:
a)keimanan,nilai dan budi pekerti luhur
kurikulum hendaknya mampu menanamkan dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada allah swt.nilai-nilai dan budi pekerti luhur bangsa yang telah berabad-abad dijunjung tinggi oleh nenek moyang bangsa indonesia merupakan pemacu dan pemicu bagi sikap hidup yang jujur,adil,bertanggung jawab,dan senantiasa berbuat kebajikan(amal shalih).
b)keseimbangan etika,logika,estetika dan kinestetika
kurikulum hendaknya menaruh perhatian terhadap siswa agar mampu menjaga keseimbangan dalam proses dan pengalaman belajar yang meliputi etika,logika,estetika,dan kinestetika.sehingga siswa akan menjadi orang yang terhormat,cerdas,rasional,bersemangat,serta proposional.
c)abad pengetahuan dan teknologi informasi
kurikulum perlu dirancang dengan mengadopsi dan mengadaptasi ilmu pengetahuan dan teknologi,sehingga siswa memiliki kemamapuan untuk berpikir dan belajar dengan mengaksesmpengetahuan melalui teknologiinformasi.
d)belajar sepanjang hayat
kurikulum diharapkan mampu memberikan kesadaran kepada  siswa bahwa     belajar berlangsung sepanjang hayat  manusia.selalu belajar untuk mengembangkan diri baik di lembaga pendidkan formal maupun non formal,di lembaga pendidikan pemerintah maupun dilembaga swasta(masyarakat).belajar tidak dibatasi oleh usia,atau fase-fase tertentu atau batas-batas tertentu.jadi,belajar berlangsung mulae gendongan ibu sampai liang lahat.     










DAFTAR PUSTAKA
Hasibuan, lias, 2010, kurikulum pemikiran penddkan, jakarta ;GP Press
Anam, choirul, 2009, pengembangan kurikulum, qithos digital press sdoarjo.
Zaini muhammad,2009,pengembangan kurikulum,teras: yogyakarta.

















































MAKALAH


PRNSIP-PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas mata Kuliah:
pendidkan kurkulum

 





                                                                                                                                                                                                                       

                                                                                               
Disusun oleh:

Samsul arifin
siti ullim nikmah
uswatun hasanah


Dosen Pembimbing:
Drs.Choirul Anam.M.Pd.I


FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT KEISLAMAN HASYIM ASY’ARI
TEBUIRENG JOMBANG
2011





BAB 1
PENDAHULUAN
Kurikulum merupakan rencana dan rancangan pendidikan yang memiiki posisi sentral dalam seluruh proses pembelajaran.tanpa adanya kurikulum proses pembelajaran tak akan berhasil dengan baik,bagai kapal tanpa nahkoda.kapal itu akan berlayar tanpa arah karena tidak mempunyai tujuan yang jelas.begitu pula proses pembelajaran tanpa kurikulum,interaksi pembelajaran akan berjalan tersesat dan tidak akan berhasil karena pendidik dan peserta didik tidak memiliki pegangan dan pedoman yang terarah.
Seorang pengembang kurikulum menurut Nasution harus memperhatikan falsafah bangsa,falsafah lembaga pendidikan dan falsafah pendidik.tujuan pendidikan suatu negara sangt tergantung pada dasar dan falsafahnya.pendidikan dinegara demokratis berbeda dengan pendidikan dinegara otokratis.pendidikan dinegara muslim berbeda dengan pendidikan dinegara non muslim.kurikulum memiliki kaitan yang erat dengan falsafah suatu bangsa terutama dalam menentukan manusia yang dicita citakan sebagai tujuan pendidikan yang harus dicapai oleh tujuan negara tertentu.






















KESIMPULAN
Prinsip dasar utama kurikulum yaitu prinsip relevansi dan prinsip evektivitas.
Prinsip umum dalam pembukaan kurikulum diantaranya pembinaan isi kurikulum dan prinsip didaktik metodik.
Fungsi prinsip-prinsip kurikulum menurut Alexander yaitu diantaranya
v  Fungsi penyesuaian
v  Fungsi persiapan
v  Fungsi pemulihan dll....

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers