Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

DASAR PENYUSUNAN KTSP DAN KOMPENEN KTSP

Diposkan oleh irfan on Tuesday, April 12, 2011



PENDAHULUAN
            Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan kurikulum terbaru di Indonesia yang disarankan untuk dijadikan rujukan oleh para pengembang kurikulum di tingkat satuan pendidikan. KTSP merupakan kurikulum berorientasi pada pencapaian kompetensi, oleh sebab itu kurikulum ini merupakan penyempurnaan dari kurikulum Berbasis Kompetensi atau yang kita kenal dengan KBK(Kurikulum 2004). Ini dapat dilihat dari unsure yang melekat pada KTSP itu sendiri, yakni adanya Standar kompetensi dan Kompetensi Dasar serta adanya prinsip yang sama dalam pengelolaan kurikulum yakni yang disebut dengan Kurikulum Berbasis Sekolah (KBS). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dapat dilihat dari Standar Isi (SI) yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), yang yang diturunkan dari  Standar Kompetensi Lulusan (SKL), yang selanjutya SI dan SKL itu harus dijadikan salah satu rujukan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan ; sedangkan KBS merupakan salah satu prinsip pengembangan yang yang dirancang untuk memberdayakan daerah dan sekolah dalam merencanakan, melaksanakan dan mengelola serta menilai proses dan hasil pembelajaran sesuai dengan karaktristik satuan pendidikan serta daerah di mana sekolah itu berada.
















BAB II
PEMBAHASAN

A. DASAR PENYUSUNAN KTSP

Pengembangan KTSP didasarkan pada dua landasan pokok, yakni landasan empiris dan landasan formal
Yang menjadi landasan empiris diantaraya adalah adanya kenyataan rendahya kualitas pendidikan kita baik dilihat dari sudut proses maupun hasil belajar.
Yang menjadi landasan formal , KTSP disusun dalam rangka memenuhi amanat yang tertuang dalam Undang-Undang  RI Nomer 20 tahun 2003 tentang System Pendidikan Nasional dan peraturan pemerintah  RI  Nomer 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Penyusunan KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah mengacu pada peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomer 22 tahun 2006 tentang standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomer 23 tahun 2006 tentang standar Kompetensi lulusan satuan pendidikan dasar dan menengah. Dan peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomer 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan PP di atas. Selanjutya, secara teknis penyusunan KTSP berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)

 B.KOMPONEN KTSP
            Sebagai sebuah pedoman KTSP terdiri atas empat komponen,yakni (1) tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan (2) struktur progam dan muatan KTSP (3) kalender pendidikan (4) silabus dan rencana pembelajaran;
 1. Tujuan Pendidikan
            Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dirumuskan mengacu pada tujuan umum pendidikan.  Dalam peraturan pemerintah NO19 th 2005 tentang standar nasional pendidikan pasal 26 dikemukakan:

 a.      Tujuan pendidikan dasar adalah meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian,akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
 b.     Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
 c. Tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan,pengetahuan, kepribadian,akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruanya
 2. Struktur Progam Dan Muatan Kurikulum   
            Stuktur Dan Muatan KTSP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang tertuang dalam SI  meliputi  lima kelompok mata pelajaran sbb:
 a.        kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
 b.        kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
 c.        kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
 d.        kelompok mata pelajaran estetika
 e.        kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga,dan kesehatan
            Muatan KTSP meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamanya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan. Di samping itu , materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke dalam isi kurikulum 
 a.        Mata Pelajaran
            Mata pelajaran beserta alokasi waktu untuk masing-masing satuan pendidikan      tertera dalam struktur kurikulum yang tercantum dalam standar ini.
 b.        Muatan Lokal
            Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan cirri khas dan potensi daerah, termasuk keungulan daerah yang materiya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Subtansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.
C.        Pengembangan diri
            pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik     untuk mengembangkan  dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan,bakat,minat,setiap peserta didik yang pelaksanaanya disesuaikan dengan kondisi sekolah


 3. Kalender Pendidikan
            Satuan pendidikan dapat menyusun kalender pendidikan sesuai dengan kebutuhan daerah,karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat, dengan memperhatikan kalender pendidikan sebagaimana tercantum dalam Standar Isi.
 4.Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
            Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan  Kompetensi Dasar kedalam materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indicator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Berdasarkan silabus yang telah disusun guru bias mengembangkanya menjadi rancangan pelaksanaan pembelajaran( RPP) yang akan diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar ( KBM) bagi siswanya.






























BAB III
PENUTUP
  1. KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas kita dapat tarik ulur atau dapat kita garis bawahi bahwa setiap kurikulum itu mengalami perubahan, yang mana perubahan itu menuntut untuk lebih baik dari sebelumya dan disesuaikan dengan daerah di mana pendidikan itu di laksanakan atau dilakukan, dengan tanpa meningalkan yang telah ada dan sesuai dengan progam pemerintah.





      B.  DAFTAR PUSTAKA
 Zaini Muhammad ,2009,pengembangan kurikulum ,Yogyakarta: TERAS
 Sanjaya wina, 2008, kurikulum dan penbelajaran,Jakarta:KENCANA PRENADA  MEDIA GROUP
 M. Joko Susilo,2007, kurikulum tingkat Satuan pendidikan, Yogyakarta:PUSTAKA PELAJAR











{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers