Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) AQIDAH 2

Diposkan oleh irfan on Wednesday, January 12, 2011

MI : Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas/Semester : IV / 1 Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan) A. Standar Kompetensi 1. Memahami kalimat thayyibah (masyaa Allah dan subhanallah) dan Al-Asma Al-Husna (Al-’lim, Adh-Dhahir, Ar- Rasyid dan Al-Hadi) B. Komepetensi Dasar 1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (masyaa Allah dan subhanallah) C. Materi Pembelajaran  Pengertian Kalimat Thayyibah masyaa Allah dan subhanallah  Penggunaan kalimat Thayyibah masyaa Allah dan subhanallah D. Metode Pembelajaran  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.  Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah masyaa Allah dan subhanallah yang siswa ketahui  Diskusi E. Langkah-langkah Pembelajaran No Uraian Kegiatan Waktu 1 Tujuan Pembelajaran :  Siswa dapat membaca kalimat thayyibah Masyaa Allah dan subhanallah  Siswa dapat menjelaskan arti kalimat thayyibah Masyaa Allah dan subhanallah secara kelompok Kegiatan awal : Apersepsi : Memberikan pertanyaan seputar kalimat thayyibah Masyaa Allah dan subhanallah Motivasi : Memberikan informasi tentang kalimat thayyibah Masyaa Allah dan subhanallah 10 menit 2 Kegiatan inti :  Siswa membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah masyaa Allah dan subhanallah (fase eksplorasi)  Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah masyaa Allah dan subhanallah, (fase eksplorasi)  Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan Kalimat Thayyibah masyaa Allah dan subhanallah (fase elaborasi)  Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)  Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi) 60 Menit 3 Kegiatan akhir :  Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah masyaa Allah dan subhanallah  Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan 10 menit F. Sumber belajar dan media pembelajaran : 1. Buku paket 2. Lks 3. Referensi lain G. Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Melafalkan kalimat thayyibah Masyaa Allah dan subhanallah  Mengartikan kalimat thayyibah Masyaa Allah dan subhanallah  Menulis kalimat thayyibah masyaa Allah dan subhanallah  Menunjukkan contoh mempergunakan la-fadz kalimat thayyi-bah Masyaa Allah  Menunjukkan contoh mempergunakan la-fadz kalimat thayyi-bah subhanallah Tes tulis Tes lisan Non tes Praktek Isian Uraian  Sebutkan arti kalimat thayyibah Masyaa Allah dan subhanallah  Sebutkan contoh mempergunakan la-fadz kalimat thayyi-bah Masyaa Allah dan la-fadz kalimat thayyi-bah subhanallah! Mengetahui Kepala Madrasah ........................................... NIP. .............. , ............................... Guru bidang studi Aqidah Akhlaq .......................................... NIP. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MI : Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas/Semester : IV / 1 Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan) A. Standar Kompetensi 1. Memahami kalimat thayyibah (masyaa Allah dan subhanallah) dan Al-Asma Al-Husna (Al-’lim, Adh-Dhahir, Ar- Rasyid dan Al-Hadi) B. Komepetensi Dasar 1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Al-Asma Al-Husna (al-Aliim, adh-Dhohir, Ar- Rasyiid dan Al-Haadii) C. Materi Pembelajaran  Pengertian dan bacaan dan Al-Asma Al-Husna  Penjelasan tentang Al-Asma Al-Husna (Al-Aliim, Adh-Dhohir, Ar-Rasyiid dan Al-Haadii) D. Metode Pembelajaran  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.  Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah masyaa Allah dan subhanallah yang siswa ketahui  Diskusi E. Langkah-langkah Pembelajaran No Uraian Kegiatan Waktu 1 Tujuan Pembelajaran :  Siswa dapat membaca Al-Asma Al-Husna al-Aliim, Adh-Dhohir, Ar-Rasyiid dan Al-Haadii  Siswa dapat menjelaskan arti Al-Asma Al-Husna al Aliim, adh Dhohir, Ar Rasyiid dan Al-Haadii  Siswa dapat menyebutkan contoh bahwa Allah bersifat Al-Aliim, Adh-Dhohir, Ar-Rasyiid dan Al-Haadii Kegiatan awal : Apersepsi : Memberikan pertanyaan seputar kalimat thayyibah Masyaa Allah dan subhanallah Motivasi : memberikan informasi tentang kalimat thayyibah Masyaa Allah dan subhanallah 10 menit 2 Kegiatan inti :  Siswa membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah masyaa Allah dan subhanallah (fase eksplorasi)  Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah masyaa Allah dan subhanallah, (fase eksplorasi)  Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan Kalimat Thayyibah masyaa Allah dan subhanallah (fase elaborasi)  Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)  Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi) 60 Menit 3 Kegiatan akhir :  Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah masyaa Allah dan subhanallah  Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan 10 menit F. Sumber belajar dan media pembelajaran : 1. Buku paket 2. Referensi lain 3. Kaset/vcd tentang Al Asma Al Husna G. Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Melafalkan Al-Asma Al-Husna Al-Aliim, Adh-Dhohir, Ar-Rasyiid dan Al-Haadii  Mengartikan Al-Asma Al-Husna Al-Aliim, Adh-Dhohir, Ar-Rasyiid dan Al-Haadii  Menunjukkan contoh bahwa Allah bersifat Al-Aliim, Adh-Dhohir, Ar-Rasyiid dan Al-Haadii  Menunujukkan hikmah membaca Al-Asma Al-Husna Al-Aliim, Adh- Dhohir, Ar-Rasyiid dan Al-Haadii Tes tulis Tes lisan Non tes Unjuk kerja Uraian  Sebutkan arti Al-Asma Al-Husna Al-Aliim, Adh-Dhohir, Ar-Rasyiid dan Al-Haadii !  Sebutkan hikmah membaca Al-Asma Al-Husna Al-Aliim, Adh- Dhohir, Ar-Rasyiid dan Al-Haadii ! Mengetahui Kepala Madrasah .......................................... NIP. .............. , ............................... Guru bidang studi Aqidah Akhlaq .......................................... NIP. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MI : Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas/Semester : IV / 1 Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan) A. Standar Kompetensi 2. Beriman kepada kitab-kitab Allah B. Komepetensi Dasar 2.1 Mengenal kitab-kitab Allah C. Materi Pembelajaran  Pengertian kitab  Macam-macam kitab  Manfaat beriman kepada kitab Allah D. Metode Pembelajaran  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.  Tanya jawab tentang kitab-kitab Allah yang siswa ketahui  Diskusi E. Langkah-langkah Pembelajaran No Uraian Kegiatan Waktu 1 Tujuan Pembelajaran :  Siswa dapat menjelaskan pengertian kitab-kitab Allah  Siswa dapat menyebutkan para Nabi penerima kitab-kitab Allah  Siswa dapat menjelaskan persamaan dan perbedaan Al qur’an dengan kitab-kitab yang lain Kegiatan awal : Apersepsi : Memberikan pertanyaan seputar kitab-kitab Allah Motivasi : memberikan informasi tentang kitab-kitab Allah 10 menit 2 Kegiatan inti :  Siswa membaca literatur tentang kitab-kitab Allah (fase eksplorasi)  Bertanya jawab tentang kitab-kitab Allah (fase eksplorasi)  Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan kitab-kitab Allah (fase elaborasi)  Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)  Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi) 60 Menit 3 Kegiatan akhir :  Tanya jawab tentang kitab-kitab Allah  Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan 10 menit F. Sumber belajar dan media pembelajaran : 1. Buku paket 2. Lks 3. Referensi lain 4. Al qur’an G. Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Memberikan pengertian kitab-kitab Allah  Menyebutkan macam-macam kitab Allah dan nabi yang menerimanya  Menyebutkan persamaan Al Qur’an dengan kitab-kitab yang lain  Menyebutkan perbedaan Al Qur’an dengan kitab-kitab yang lain  Menunjukkan cara mengimani kitab-kitab Allah  Menyebutkan keuntungan beriman kepada kitab-kitab Allah Tes tulis Tes lisan Pilihan Isian Uraian  Sebutkan pengertian kitab-kitab Allah!  Sebutkan macam-macam kitab Allah dan nabi yang menerimanya! Mengetahui Kepala Madrasah ........................................... NIP. .............. , ............................... Guru bidang studi Aqidah Akhlaq .......................................... NIP. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MI : Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas/Semester : IV / 1 Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan) A. Standar Kompetensi 3. Membiasakan akhlak terpuji B. Komepetensi Dasar 3.1 Membiasakan sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari C. Materi Pembelajaran  Pengertian hormat dan patuh  Keuntungan bersikap hormat dan patuh  Kerugian tidak bersikap hormat dan patuh D. Metode Pembelajaran  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.  Tanya jawab tentang akhlak terpuji yang siswa ketahui  Diskusi E. Langkah-langkah Pembelajaran No Uraian Kegiatan Waktu 1 Tujuan Pembelajaran :  Siswa dapat menjelaskan tentang materi hormat dan patuh  Siswa dapat menjelaskan tentang bersikap hormat dan patuh terhadap peraturan di Madrasah, di rumah, dan di tempat lain. Kegiatan awal : Apersepsi : Memberikan pertanyaan seputar akhlak terpuji Motivasi : memberikan informasi tentang akhlak terpuji 10 menit 2 Kegiatan inti :  Siswa membaca literatur tentang akhlak terpuji (fase eksplorasi)  Bertanya jawab tentang akhlak terpuji (fase eksplorasi)  Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan akhlak terpuji (fase elaborasi)  Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)  Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi) 60 Menit 3 Kegiatan akhir :  Tanya jawab tentang akhlak terpuji  Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan 10 menit F. Sumber belajar dan media pembelajaran : 1. Buku paket 2. Lks 3. Referensi lain G. Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Menunjukkaan pengertian hormat dan patuh  Menunjukkan ciri-ciri orang yang hormat dan patuh  Menyebutkan keuntungan bersikap hormat dan patuh  Menyebutkan kerugian orang yang tidak bersikap hormat dan patuh  Menunjukkan contoh sikap hormat dan patuh terhadap peraturan/akhlak di rumah  Menunjukkan contoh sikap hormat dan patuh terhadap peraturan/akhlak di Madrasah Tes tulis Tes lisan Pilihan Isian Uraian Performance  Sebutkan pengertian hormat dan patuh!  Sebutkan ciri-ciri orang yang hormat dan patuh!  Jelaskan tentang bersikap hormat dan patuh terhadap peraturan di Madrasah, di rumah, dan di tempat lain! Mengetahui Kepala Madrasah ........................................... NIP. .............. , ............................... Guru bidang studi Aqidah Akhlaq .......................................... NIP. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MI : Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas/Semester : IV / 1 Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan) A. Standar Kompetensi 3. Membiasakan akhlak terpuji B. Komepetensi Dasar 3.2 Membiasakan akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari melalui kisah Mashithah C. Materi Pembelajaran  Kisah Masyitah  Akhlak Masyithah D. Metode Pembelajaran  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.  Tanya jawab tentang akhlak terpuji yang siswa ketahui  Diskusi E. Langkah-langkah Pembelajaran No Uraian Kegiatan Waktu 1 Tujuan Pembelajaran :  Siswa dapat menjelaskan kisah Masyithah  Siswa dapat menyebutkan tentang sikap-sikap terpuji Mashithah  Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh sifat sabar, tabah dan teguh dalam menghadapi cobaan Kegiatan awal : Apersepsi : Memberikan pertanyaan seputar akhlak terpuji Motivasi : memberikan informasi tentang akhlak terpuji 10 menit 2 Kegiatan inti :  Siswa membaca literatur tentang akhlak terpuji (fase eksplorasi)  Bertanya jawab tentang akhlak terpuji (fase eksplorasi)  Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan akhlak terpuji (fase elaborasi)  Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)  Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi) 60 Menit 3 Kegiatan akhir :  Tanya jawab tentang akhlak terpuji  Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan 10 menit F. Sumber belajar dan media pembelajaran : 1. Buku paket 2. Lks 3. Referensi lain G. Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Menyebutkan keteguhan iman Mashithah  Menunjukkan sikap terpuji Mashithah dalam menghadapi cobaan dan mempertahankan Akidah  Menyebutkan contoh-contoh sifat sabar, tabah dan teguh dalam menghadapi cobaan  Menunjukkan sikap sabar, tabah dan teguh dalam menghadapi cobaan seperti Mashithah Tes tulis Tes lisan Pilihan Isian Uraian Performance  Jelaskan mengenai keteguhan iman Mashithah!  Jelaskan tentang sikap terpuji Mashithah dalam menghadapi cobaan dan mempertahankan Akidah! Mengetahui Kepala Madrasah ........................................... NIP. .............. , ............................... Guru bidang studi Aqidah Akhlaq .......................................... NIP. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MI : Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas/Semester : IV / 1 Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan) A. Standar Kompetensi 4. Menghindari akhlak tercela B. Komepetensi Dasar 4.1 Menghindari akhlak tercela melalui kisah Tsa’labah C. Materi Pembelajaran  Kisah Tsa’labah  Sifat-sifat tercela Tsa’labah D. Metode Pembelajaran  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.  Tanya jawab tentang akhlak tercela yang siswa ketahui  Diskusi E. Langkah-langkah Pembelajaran No Uraian Kegiatan Waktu 1 Tujuan Pembelajaran :  Siswa dapat menjelaskan kisah Tsa’labah  Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat tercela yang dilakukan oleh Tsa’labah Kegiatan awal : Apersepsi : Memberikan pertanyaan seputar akhlak tercela Motivasi : memberikan informasi tentang akhlak tercela 10 menit 2 Kegiatan inti :  Siswa membaca literatur tentang akhlak tercela (fase eksplorasi)  Bertanya jawab tentang akhlak tercela (fase eksplorasi)  Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan akhlak tercela (fase elaborasi)  Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)  Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi) 60 Menit 3 Kegiatan akhir :  Tanya jawab tentang akhlak tercela  Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan 10 menit F. Sumber belajar dan media pembelajaran : 1. Buku paket 2. Lks 3. Referensi lain G. Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Menceritakan kisah Tsa’labah  Menunjukkan perilaku tercela dari kisah Tsa’ labah  Menunjukkan contoh sifat-sifat tercela seperti yang ada pada Tsa’labah  Menunjukkan cara menghindari sikap-sikap dan perilaku yang tercela yang ada pada kisah Tsa’labah Tes tulis Tes lisan Pilihan Isian Uraian Performance  Jelaskan mengenai perilaku tercela dari kisah Tsa’ labah!  Jelaskan cara menghindari sikap-sikap dan perilaku yang tercela yang ada pada kisah Tsa’labah! Mengetahui Kepala Madrasah ........................................... NIP. .............. , ............................... Guru bidang studi Aqidah Akhlaq .......................................... NIP.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers