Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

MAKALAH TEHNIK PENGUMPULAN DAN PENYIMPANAN DATA

Diposkan oleh irfan on Sunday, January 02, 2011


BAB I
                                                        PENDAHULUAN


  1. Latar belakang
     Data sebagai informasi awal yang dibutuhkan sebagai penunjang studi kasus, untuk itu diperlukan data-data mengenai klien dalam aspek-aspek sebagaiberikut :Latar belakang keluarga; data tentang orang tua, saudara-saudara, taraf sosial ekonomi keluarga, suasana kehidupan keluarga, adat istiadat, pola asuh orang tua.
    Pengumpulan data merupakan suatu hal penting dalam  suatu hal penelitian  pada umumnya, maupun  dalam bimbingan dan konseling. Konseling baru dapat diberikan dengan kalau telah data mengenai individu yang mau dibimbing sudah diperoleh. Oleh  karena itu penting bagi kita untuk mengetahui berbagai metode dan tehnik yang dapat digunakan untuk memperoleh data dalam merealisasi bimbingan dan kon seling.Data diperoleh dengan beberapa hal seperti observasi, merupakan untuk memperoleh data anakatau individu lain dengan mengadakan hubungan secara  langsung dengan informen.ada juga  dengan kuesoner yang sama sama menggunakan pertanyaan, hanya dalam  penyajianna yang  berbeda pada in terviw disajikan dengan lisan, maka pada kue soner disajikan dengan  tertulis.













BAB II
PEMBAHASAN


  1. Pengertian pengumpulan data
       Data merupakan deskripsi / gambaran , keterangan / catatan tentang sesuatu dikaitkan denganm siswa. Data bisa berarti, deskripsi  gambaran, catatan, keterangan tentang siswa, Jadi himpunan data atau pengumpulan data berarti usaha usaha untuk memperoleh data tentang peserta didik, menganalisis dan men fsirkan serta menyimpannya.
  1. Tujuan pengumpulan data
Penyelenggaraan himpunan data bertujuan untuk memperoleh pengertian yang lebih luas, lebih lengkap, dan lebih mendalam tentang masing-masing peserta didik, dan membantu siswa memperoleh pemahaman diri sendiri.
Pengumpulan data juga bertujuan untuk menyediakan data yang berkualitas dan lengkap. Guna menunjang penyelenggaraan pelayanan, bimbingan, dan konseling.
Penyelenggaraan pengumpulan data bagi konselor bertujuan untuk memperoleh pemahaman secara baik. Tentang masing-masing pribadi siswa. Selain itu apabila siswa telah mmperoleh pemahaman diri secara baik dan tercegah dari masalah-masalah yang dialami sangat mungkin siswa terentaskan masalahnya.
  1. jenis data
jenis data yang dihimpun dari siswa dapat mencakup :
a.       Data psikologis seperti kemampuan intelektual, bakat khusus, arah minat, cita-cita hidup, dan sifat-sifat kepribadian.
b.      Data sosial seperti latar belakang keluarga siswa, status sosial siswa di sekolah atau madrasah, dan lingkungan sosial siswa.
Prayitno (2004) mengungkapkan ada 4 jenis data
1.      Data pribadi
Yang termasuk data pribadi adalah
1)      Identitas pribadi
2)      Kondisi fisik dan kesehatan
3)      Potensi diri
4)      hasil karya
5)      status dan kondisi keluarga
6)      status dan kondisi pekerjaan atau karir
7)      kondisi kehidupan sehari-hari dan permasalahannya.
2.      Data kelompok
Yaitu data mengenai sekelompok individu atau siswa dalam jumlah yang terbatas, seperti :
1)      Data yang menyangkut hubungan sosial antar individu dalam kelompok
2)      Kondisi kebersamaan dan kerja sama antara individu
3.      Data umum
Data umum berasal dari luar diri pribadi atau kelompok. Data ini berkaitan dengan hal-hal yang bersifat umum, mengenai fakta atau keterangan tentang apa saja yang dapat diakses oleh siapa saja. Data umum dapat berbentuk buku, kumpulan leaflet, informasi karier, pendidikan, dan data tentang lingkup yang lebih luas.
4.      Data khusus
Data khusus adala yang berisis laporan tentang suatu kegiatan khususnya laporan yang menyangkut kegiatan individu ataupun kelompok yang menjadi tanggung jawab konselor (pembimbing)
D.     Metode Pengumpulan Data
      Dalam proses pengumpulan data tentu diperlukan sebuah alat atau instrument pengumpul data. Alat pengumpul data dapat dibedakan menjadi dua yaitu pertama alat pengumpul data dengan menggunakan metode test dan metode non test.
II. A. Pengumpulan Data Dengan Metode Test

A. 1. Jenis-jenis Tes
1. Tes Intelegensi
Tes kemampuan intelektual, mengukur taraf kemampuan berfikir, terutama berkaitan dengan potensi untuk mencapi taraf prestasi tertentu dalam belajar di sekolah (Mental ability Test; Intelegence Test; Academic Ability Test; Scholastic Aptitude Test). Jenis data yang dapat diambil dari tes ini adalah kemampuan intelektual atau kemampuan akademik.
2. Tes Bakat
Tes kemampuan bakat, mengukur taraf kemampuan seseorang untuk berhasil dalam bidang studi tertentu, program pendidikan vokasional tertentu atau bidang pekerjaan tertentu, lingkupnya lebih terbatas dari tes kemampuan intelektual (Test of Specific Ability; Aptitude Test ). Kemampuan khusus yang diteliti itu mencakup unsur-unsur intelegensi, hasil belajar, minat dan kepribadian yang bersama-sama memungkinkan untuk maju dan berhasil dalam suatu bidang tertentu dan mengambil manfaat dari pengalaman belajar dibidang itu.
3. Tes Minat
Tes minat, mengukur kegiatan-kegiatan macam apa paling disukai seseorang. Tes macam ini bertujuan membantu orang muda dalam memilih macam pekerjaan yang kiranya paling sesuai baginya (Test of Vocational Interest).
4. Tes Kepribadian
Tes kepribadian, mengukur ciri-ciri kepribadian yang bukan khas bersifat kognitif, seperti sifat karakter, sifat temperamen, corak kehidupan emosional, kesehatan mental, relasi-relasi social dengan orang lain, serta bidang-bidang kehidupan yang menimbulkan kesukaran dalam penyesuaian diri. T
 5.Tes Hasil Belajar (Achievement Test)
Tes yang mengukur apa yang telah dipelajari pada berbagai bidang studi, jenis data yang dapat diambil menggunakan tes hasil belajar (Achievement Test) ini adalah taraf prestasi dalam belajar.

II. B. Pengumpulan Data Dengan Metode Non Test
Untuk melengkapi data hasil tes akan lebih akurat hasilnya bila dipadukan dengan data-data yang dihasilkan dengan menggunakan tehnik yang berbeda, berikut disajikan alat pengumpul data dalam bentuk non tes. Berikut pembagiannya:
A. Observasi
     Observasi diartikan pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian. Berikut alat dan cara melaksanakan observasi :..
Kejadian yang serempak dapat diamati dan dan dicatat serempak pula dengan memperbanyak observer.
Banyak kejadian yang dipandang kecil yang tidak dapat ditangkap oleh alat pengumpul data yang lain, yang ternyata sangat menentukan hasil penelitian.
    Observasi merupakan salah satu metode khusus untuk mendapatkan fakta . jadi observasi merupakan suatu penelitian yang dijalankan secara sistematis dan sengaja  diadakan dengan menggunakan alat indra atas kejadian kejadian yang langsung dapat ditangkap pad waktu kejadian itu terjadi. Oleh karena itu observasi menyangkut masalah yang sangat komplek, dan obsever dalam hal ini pembimbing harus sensitif dalam menangkap data itu.


E.      Wawancara [interviu]
Merupakan salah satu metode untuk mendapatkan  dat tentang anak atau individu dengan mengadakan hubungan secara langsung dengan informan [face to face relation]   dari metodenya mengguna kan pertanyaan, dan penyajiannya secara lisan.






                                               

KATA PENGANTAR


Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT yang dengan rahmat dan maunahnya kita bisa mengarungi kehidupan ini dengan sempurna
Shalawat serta salam semoga tetap tercutahkan kepada junjungan agung kita nabi besar Muhammad SAW. Karena dengan perjuangan beliau yang sangat gigih membawa kita dari alam kegelapan oleh kebodohan menuju alam yang terang benderang oleh ilmu.
Dengan segala perjuangan akhirnya kita bisa menyelesaikan penulisan  makalah  ini  walau jauh dari kata sempurna. Makalah ini hanya membahas pengumpulan dan penyimpanan data.
Penulis mengharapkan adanya kritik dan saran yang mendukung dari para pembaca  sehingga mampu memperbaiki makalah singkat ini. Dan harapan besar dari penulis semoga makalah singkat in ibis abermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi kita semua amin ya Rabbal Alamin.

                                                                                Penulis


















BAB III
PENUTUP
A.     Kesimpulan

   Himpunan data atau pengumpulan data berarti usaha usaha untuk memperolehdatatentang peserta didik, menganalisis dan men fsirkan serta menyimpannya.
 Observasi merupakan salah satu metode khusus untuk mendapatkan fakta . jadi observasi merupakan suatu penelitian yang dijalankan secara sistematis dan sengaja  diadakan dengan menggunakan alat indra atas kejadian kejadian yang langsung dapat ditangkap pad waktu kejadian itu terjadi. Oleh karena itu observasi menyangkut masalah yang sangat komplek, dan obsever dalam hal ini pembimbing harus sensitif dalam menangkap data itu.
    Test merupakan suatu metode penelitian psikologis untuk memperoleh informasi tentang berbagai aspek dalam tingkah laku dan kehidupan batin seseorang, dengan menggunakan pengukuran (measurement) yang menghasilkan suatu deskripsi kuantitatif tentang aspek yang diteliti.

















DAFTAR PUSTAKA



Bimo , walgito,2004,bimbingan dan konseling,Yogyakarta:Andi offset
Tohirin,2008,bimbingan dan konseling di Madrasah,Jakarta:utama offset





{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers