Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

MAKALAH SEJARAH ISLAM

Diposkan oleh irfan on Tuesday, January 25, 2011


PENGANTAR
               
Segala puji bagi Allah,kepadanya kami mohon pertolongan dan ampunan.Kami mohon perlindungan serta kekuatan hati dari jahatnya nafsu yang jahat yang menguasai jiwa.barang siapa yang diberi petunjuk olehnya maka tidak akan ada yang menyesatkan dan barang siapa yang di sesatkan maka tidak akan ada yang mampu memberinya petunjuk.Sholwat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW,yang mana telah membimbing umat manusia kepada jalan yang lurus,
Al Mashlahah Al Mursalah atau disebut juga Mashalih Mursalah  disebut juga dalil yang mutlak(umum) karena tidak ada batasan maupun bukti yang dianggap sia-sia.Artinya bahwa penetapan suatu hukum itu tiada lain kecuali untuk menerapkan kemaslahatan umat manusia,yakni menarik suatu manfaat,menolak bahaya atau menghilangkan kesulitan umat manusi,dan kemaslahatan itu tidak tebatas adanya.
Al mashlahah AL Mursalah disebut juga hukum syari’at islam,yang mencangkup diantaranya pertimbangan kemaslahatan manusia.Allah SWT berfirman;


“Artinya” Dan tiadalah kami mengutus kamu,melainkan untuk menjadi rahmat bagi semessta alam,(QS.Al ambiya ;107)

Dan dalam firman Allah yang lain dalam QS. Yunus ayat ;57.


“artinya” Hai manusia,sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari tuhanmu dan penyembuh dari penyakit-penyakit yang berada dalam dada serta petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman”(QS.Yunus ;57).
                Maslahat dapat ditangkap jelas bagi orang yang mau berfikir,meski bagi sebagian orang dirasa samar dan banyak yang berbeda pendapat tentangnya,perbedaan-perbedaan itu sebenarnya bermula dari perbedaan berfikir dan beda faham antar manusia.
                Akhirnya hanya kepada allah jua kami mhon pertolongan dan mohon petunjuk atas kebenaran.

BAB 1
PENDAHULUAN

                Dalam makalah ini penulis ingin memberi judul Al Mashlahah Al Mursalah merupakan salah satu sumber hukum islam, karena dalam islam sangatlah baqi bagi setiap individu untuk mengerti tentang hukum syariat islam.
                Adapun mengapa penulis memilih judul tersebut karna ada tugas sasaran hukum islam.
1.penyucian jiwa,agar setiap muslim bisa menjadi sumber kebaikan bukan keburukan bagi masyarakat lingkungannya.
2.menegakkan kaum muslimin maupun dalam berhubungan dengan pihak lain(non muslim).
                Firman allah SWT.

“dan janganlah sekali-kali kebencian terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil,berlaku adillah karena adil itu lebih dekat kepada taqwa”(QS.Al Maidah ;8).
                Hukum mempunyai arti penting bagi siapapun,karena dengan  hukum maka akan tegaklah keadilan,terutama keadilan dalam islam,dan tujuan ditegakkannya keadilan dalam islam amat luhur,ia menyangkut berbagai aspek kehidupan adalah dibidang hukum.











BAB 11
PEMBAHASAN
AL MASHLAHAH AL MURSALAH SALAH SATU SUMBER HUKUM ISLAM
                Sebagai mana yang sudah penulis katakan tadi,bahwasanya Al Mashlahah Al Mursalah berdasar atas nash-nash al quran maupun hadis diketahui hukum syariat islam yang mencakup pertimbangan kemaslahatan manusia,yang mana kemaslahatan tersebut akan dituntut oleh lingkungan dan hal-hal baru setelah tidak ada wahyu,sedang syariat tidak menerapkan dalam suatu hukum dan tidak ada dalil syara’tentang dianggap atau tidaknya kemaslahatan itu.maka itulah yang disebut sifat sesuai yang universal dan disebut Al Mashlahah Al Mursalah.
                Maslahat yang mu’tabarah(dapat diterima) yakni maslahat yang bersifat hakiki yang meliputi 5 jaminan dasar;
1. keselamatan keyakinan agama
2. keselamatan jiwa
3. keselamatan akal
4. keselamatan keluarga dan keturunan
5. keselamatan harta benda
Kelima jaminan dasar tersebut merupakan tiang penyangga kehidupan dunia agar umat  manusia dapat hidup aman dan sejahtera.
Jaminan keselamatan jiwa atau disebut juga dengan(Al Muhafadzah ala an Nafsi) ialah jaminan keselamatan atas hak hidup yang terhormat dan mulia,yang termasuk dalam cakupan masalah umum  dari jaminan ini adalah jaminan keselamatan nyawa,anggota badan dan terjaminnya kehormatan manusia, yang meliputi kebebasan memilih,kebebasan berfikir/mengeluarkan pendapat.kebebasan berbicara,kebebasan memilih tempat tinggal dll.
Jaminan keselamatan akal(al Muhafadzhah alal aql) ialah terjaminnya akal fikiran dari kerusakan yang menyebabkan orang yang bersangkutan tak berguna ditengah masyarakat.
Jaminan keselamatan keluarga dan keturunan(al Muhafazhah ala Nasl) ialah jaminan kelestarian populasi umat manusia agar tetap hidup dan berkembang sehat dan kokoh,baik pekerti serta agamanya.
Jaminan keselamatan harta benda(al Muhafazhah alal Mal) yaitu dengan meningkatkan kekayaan secara proporsionalmelalui cara-cara yang halal,bukan mendominasi kehidupan perekonomian denagn cara yang lalim dan curang.
Jaminan keselamatan agama/kepercayaan(al Muhafazhah aladdin) ialah dengan menghindarkan timbulnya fitnah dan keselamatan dalam agama serta mengantisipasi dorongan hawa nafsu  dan perbuatan-perbuatan yang mengarah kepada kerusakan secara keseluruhan,oleh karenanya Allah SWT berfirman;
“artinya”  Tidak ada paksaan untuk memasuki agama islam sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang salah.(QS. Al Baqaroh :256)
                Jika memang kemaslahatan manusia adalah yang menjadi tujuan syar’i,maka sesungguhnya hal itu terkandung di dalam keumuman syari’at dan hukum-hukum yang ditetapkan allah,yang dalam konteks kemaslahatan duniawi yang dihubungkan dengan nash-nash syara.
                Maslahat Mursalah atau istishlah ialah maslahat-maslahat yang bersesuaian dengan tujuan-tujuan syariat islam,dan tidak topang oleh sumber dalil yang khusus.
Imam Malik adalah imam Madzhab yang menggunakan dalil Maslahat Mursalah.Untuk menerapkan dalil ini,ia mengajukan tiga syarat yang dapat dipahami melalui definisi diatas,yaitu:

1.             Adanya persesuaian antara maslahat yang dipandang sebagai sumber dalil yang berdiri sendiri dengan tujuan-tujuan syari’at(maqashid as-syari’ah).Dengan adanya persyaratan ini,berarti maslahat tidak boleh menegaskan sumber dalil yang lain,atau bertentangan dengan dalil yang qat’iy.Akan tetapi harus sesuai denagn maslahat-maslahat yang memang ingin diwujudkan oleh syar’i.
2.             Maslahat itu harus masuk akal,mempunyai sifat yang yang sesuai dengan pemikiran yang rasional,dimana seandainya diajukan kepada kelompok rasionalis akan dapat di Penggunaan terima.
3.             dalil maslahat ini adalah dalam rangka menghilangkankesulitan yang mesti terjadi.Dalam pengertian seandainya maslahat yang dapat diterima akal itu tidak diambil,niscaya manusia akan mengalami kesulitan.Allah berfirman:



“artinya” Dan dia tidak sekali-kali menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan.(Al Hajj :78)
Syarat-syarat diatas adalah syarat-syarat yang masuk akal yang dapat mencegah pengunaan sumber dalil ini(Maslahat mursalah).
   
                Sumber hukum ini(Marsalah Mursalah)termasuk sumber hukum yang masih dipertentangkan  diantara ulama ahli fiqh.golongan madzhab hanafi dan madzhab syafii tidak menganggap Maslahat Mursalah sebagai sumber hukum yang berdiri sendiri,dan memasukkannya kedalam bab Qiyas.jika didalam suatu maslahat tidak ditemukan nash yang bisa dijadikan acuan Qiyas,maka maslahat tersebut dianggap batal,tidak diterima.Imam malik dan golongan Hambali berpendapat bahwa maslahat dapat diterima dan dijadikan sumber hukum selama memenuhi semua syarat-syarat diatas,sebab pada hakekatnya keberadaan maslahat adalah dalam rangka merealisasikan Maqasid as Syar’i(tujuan-tujuan syr’i) meskipun secara langsung tidak terdapat nash yang menguatkannya.






1. Kehujjahan Mashalih Mursalah

                Jumhur ulama kaum muslimin berpendapat bahwa Al maslahah Al Mursalah adalah hujjah syara’ yang dipakai landasan penetapan hukum.Kemaslahatan umat manusia itu selalu baru dan tidak habisnya,maka dari itu hukum ditetapkan sesuai dengan kemaslahatan manusia yang baru,yang sesuai dengan perkembangan mereka.orang yang mau meneliti penetapan hukum yang dilakukan para sahabat nabi,tabiin dan para imam mujtahid maka akn jelas bahwa banyak sekali hukum yang mereka tetapkan demi menerapkan kemaslahatan umum dan bukan karena saksi dianggapp oleh syar’i.
                Golongan Maliki sebagai pembawa bendera Maslahat mursalah,sebagaimana telah disebutkan,mengemukakan beberapa alasan,yakni:

1.                         Adanya maslahat sesuai dengan maqasid as Syar’i(tujuan tujuan syar’i),yakni yang artinya dengan mengambil maslahat berarti sama dengan merealisasikan maqasid as Syari,dan sebaliknya mengesampingkan maqasid as Syar’i adalah batal,oleh karena itu adalah wajib menggunakan dalil maslahat atas dasar bahwa ia adalah sumber hukum pokok(ashl)yang berdiri sendiri.sumber hukum ini tidak keluar dari Ushul(sumber-sumber pokok).
2.                         Seandaianya maslahat tidak diambil pada setiap kasus yang jelas mengandung maslahat selama berada dalam kontekss maslahat syar’iyyah,maka orang-orang mukallaf akan mengalami kesulitan dan kesempitan.Allah SWT berfirman:

“artinya” dan tidak sekali-kali menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (QS, Al Hajj:76)
Dan dalam firmannya yang lain:

“artinya” Allah menghendaki kemudahan bagimu,dan tidak menghendaki kesukaran                                                                             bagimu.(QS. Al Baqarah:185)
                Demikian alasan-alasan yang telah dikemukakan oleh imam malik.adapun alasan-alasan dari golongan yang tidak memakai dalil maslahat yakni:
a).     Maslahat yang tidak didukung oleh dalil khusus akan mengarah pada salah satu bentuk pelampiasan dari keinginan nafsu yang cenderung mencari keenakan,padahal tidak demikian halnya prinsip-prinsip syariat islam.
b).     Maslahat andaikan dapat diterima(mu’tabarah),yang termasuk kategori qiyas dalam arti luas(umum),andaikan tidak mu’tabaroh,maka ia tidak tergolong qiyas.
c).      Mengambil dalil maslahat tanpa berpegang pada nash terkadang akan berakibat kepada suatu penyimpangan dari hukum syari’at dan tindakan yang lalim dengan memakai dalil maslahat.diantara maslahat-maslahat itu kadangkala sebenarnya merupakan larangan syara’ yang tidak diterima atau diketahui kadangkala mereka mengajukan dalam maslahat mursalah ungkapan (kalam) yang berlawanan dengan nash.
d).     Seandainya kita memakai maslahat sebagai sumber hukum pokok yang berdiri sendiri,niscaya hal itu akan menimbulkan terjadinya perbedaan hukum akibat perbedaan negara,bahkan perbedaan pendapat perorangan dalam satu perkara.Disuatu negara,perkara tersebut tergolong haram karena dipandang mengandung kemadhorotan,sementara dinegara lain tergolong halal karena dipandang mengandung manafaat.

2.Menetralisir Perbedaan Pendapat
                Jumhur ulama menyepakati bahwa Maslahat dapat diterima dalam fiqh,dan setiap maslahat wajib diambil sebagai sumber hukum selama tidak di latar belakangi oleh dorongan syahwat dan hawa nafsu,dan tidak bertentangan dengan nash serta maqasid as Syari(tujuan-tujuan syar’i).hanya saja golongan syafi’iyah dan hanafiyah sangat memperketat ketentuan maslahat.
                Golongan-golongan Maliki dan Hambali berpendapat bahwa sifat munasib yang merupakan alasan adanya maslahat,meskipun tidak jelas batasannya patut dijadikan illat bagi qiyas.kalau memang demikian sifat munasib layak dijadikan illat,maka beraarti maslahat mursalah termasuk kedalam macam qiyas,oleh karena itu ia bisa diterima sebagai sumber hukum sebagaimana halnay diterimanya qiyas berdasarkan sifat munasib yaitu hikmah.
                maslahat mursalah tenyata bila diselidiki terdapat pada seluruh madzhab,sebab mereka ada yang menggunakan pendekatan qiyas dan ada yang menggunakan sifat munasib yang tidak perlu menganggap adanya dalil,padahal sebenarnay itulah yang dimaksud dengan maslahat mursalah.

3.Contoh-contoh Para Sahabat yang Menggunakan Maslahat Mursalat
                Sahabat mengumpulkan al quran ke dalam beberapa mushaf,padahal hal ini tidak pernah dilakukan dimas Rasullullah SAW. Alasan yang mendorong mereka melakukan pengumpulan itu tidak lain kecuali karena alasan maslahat,yaitu menjaga al quran dari kepunahan atau kehilangan kemutawatirnya karena meninggalkannya sejumlah besar hafidh dari generasi sahabat.
                Umar bin khottob RA memerintahkan para penguasa(pegawai negri)agar memisahkan antara harta kekayaan pribadi dengan harta yang diperoleh dari kekuasaannya.karena umar melihat bahwa dengan cara itu pegawai penguasa dapat menunaikan tugasnya dengan baik,dan tidak terjadi manipulasi pengambilan harta ghonimah(rampasan) dengan cara yang tidak halal.
BAB 111
KESIMPULAN
            Demikian beberapa pandangan tentang dimasukkannya Al Maslahah Al Mursalah dalam islam sebagai salah satu sumber Istidlah dan metode untuk menetapkan hukum islam.dan sebagaimana telah diterangkan bahwa maslahat mursalah dibatasi dengan kalifikasi tertentu sehingga ia tdk tercabut dari akar syariat dan tidak mengesampingkan PENGANTAR

               
Segala puji bagi Allah,kepadanya kami mohon pertolongan dan ampunan.Kami mohon perlindungan serta kekuatan hati dari jahatnya nafsu yang jahat yang menguasai jiwa.barang siapa yang diberi petunjuk olehnya maka tidak akan ada yang menyesatkan dan barang siapa yang di sesatkan maka tidak akan ada yang mampu memberinya petunjuk.Sholwat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW,yang mana telah membimbing umat manusia kepada jalan yang lurus,
Al Mashlahah Al Mursalah atau disebut juga Mashalih Mursalah  disebut juga dalil yang mutlak(umum) karena tidak ada batasan maupun bukti yang dianggap sia-sia.Artinya bahwa penetapan suatu hukum itu tiada lain kecuali untuk menerapkan kemaslahatan umat manusia,yakni menarik suatu manfaat,menolak bahaya atau menghilangkan kesulitan umat manusi,dan kemaslahatan itu tidak tebatas adanya.
Al mashlahah AL Mursalah disebut juga hukum syari’at islam,yang mencangkup diantaranya pertimbangan kemaslahatan manusia.Allah SWT berfirman;


“Artinya” Dan tiadalah kami mengutus kamu,melainkan untuk menjadi rahmat bagi semessta alam,(QS.Al ambiya ;107)

Dan dalam firman Allah yang lain dalam QS. Yunus ayat ;57.


“artinya” Hai manusia,sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari tuhanmu dan penyembuh dari penyakit-penyakit yang berada dalam dada serta petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman”(QS.Yunus ;57).
                Maslahat dapat ditangkap jelas bagi orang yang mau berfikir,meski bagi sebagian orang dirasa samar dan banyak yang berbeda pendapat tentangnya,perbedaan-perbedaan itu sebenarnya bermula dari perbedaan berfikir dan beda faham antar manusia.
                Akhirnya hanya kepada allah jua kami mhon pertolongan dan mohon petunjuk atas kebenaran.

BAB 1
PENDAHULUAN

                Dalam makalah ini penulis ingin memberi judul Al Mashlahah Al Mursalah merupakan salah satu sumber hukum islam, karena dalam islam sangatlah baqi bagi setiap individu untuk mengerti tentang hukum syariat islam.
                Adapun mengapa penulis memilih judul tersebut karna ada tugas sasaran hukum islam.
1.penyucian jiwa,agar setiap muslim bisa menjadi sumber kebaikan bukan keburukan bagi masyarakat lingkungannya.
2.menegakkan kaum muslimin maupun dalam berhubungan dengan pihak lain(non muslim).
                Firman allah SWT.

“dan janganlah sekali-kali kebencian terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil,berlaku adillah karena adil itu lebih dekat kepada taqwa”(QS.Al Maidah ;8).
                Hukum mempunyai arti penting bagi siapapun,karena dengan  hukum maka akan tegaklah keadilan,terutama keadilan dalam islam,dan tujuan ditegakkannya keadilan dalam islam amat luhur,ia menyangkut berbagai aspek kehidupan adalah dibidang hukum.


BAB 11
PEMBAHASAN
AL MASHLAHAH AL MURSALAH SALAH SATU SUMBER HUKUM ISLAM
                Sebagai mana yang sudah penulis katakan tadi,bahwasanya Al Mashlahah Al Mursalah berdasar atas nash-nash al quran maupun hadis diketahui hukum syariat islam yang mencakup pertimbangan kemaslahatan manusia,yang mana kemaslahatan tersebut akan dituntut oleh lingkungan dan hal-hal baru setelah tidak ada wahyu,sedang syariat tidak menerapkan dalam suatu hukum dan tidak ada dalil syara’tentang dianggap atau tidaknya kemaslahatan itu.maka itulah yang disebut sifat sesuai yang universal dan disebut Al Mashlahah Al Mursalah.
                Maslahat yang mu’tabarah(dapat diterima) yakni maslahat yang bersifat hakiki yang meliputi 5 jaminan dasar;
1. keselamatan keyakinan agama
2. keselamatan jiwa
3. keselamatan akal
4. keselamatan keluarga dan keturunan
5. keselamatan harta benda
Kelima jaminan dasar tersebut merupakan tiang penyangga kehidupan dunia agar umat  manusia dapat hidup aman dan sejahtera.
Jaminan keselamatan jiwa atau disebut juga dengan(Al Muhafadzah ala an Nafsi) ialah jaminan keselamatan atas hak hidup yang terhormat dan mulia,yang termasuk dalam cakupan masalah umum  dari jaminan ini adalah jaminan keselamatan nyawa,anggota badan dan terjaminnya kehormatan manusia, yang meliputi kebebasan memilih,kebebasan berfikir/mengeluarkan pendapat.kebebasan berbicara,kebebasan memilih tempat tinggal dll.
Jaminan keselamatan akal(al Muhafadzhah alal aql) ialah terjaminnya akal fikiran dari kerusakan yang menyebabkan orang yang bersangkutan tak berguna ditengah masyarakat.
Jaminan keselamatan keluarga dan keturunan(al Muhafazhah ala Nasl) ialah jaminan kelestarian populasi umat manusia agar tetap hidup dan berkembang sehat dan kokoh,baik pekerti serta agamanya.
Jaminan keselamatan harta benda(al Muhafazhah alal Mal) yaitu dengan meningkatkan kekayaan secara proporsionalmelalui cara-cara yang halal,bukan mendominasi kehidupan perekonomian denagn cara yang lalim dan curang.
Jaminan keselamatan agama/kepercayaan(al Muhafazhah aladdin) ialah dengan menghindarkan timbulnya fitnah dan keselamatan dalam agama serta mengantisipasi dorongan hawa nafsu  dan perbuatan-perbuatan yang mengarah kepada kerusakan secara keseluruhan,oleh karenanya Allah SWT berfirman;
“artinya”  Tidak ada paksaan untuk memasuki agama islam sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang salah.(QS. Al Baqaroh :256)
                Jika memang kemaslahatan manusia adalah yang menjadi tujuan syar’i,maka sesungguhnya hal itu terkandung di dalam keumuman syari’at dan hukum-hukum yang ditetapkan allah,yang dalam konteks kemaslahatan duniawi yang dihubungkan dengan nash-nash syara.
                Maslahat Mursalah atau istishlah ialah maslahat-maslahat yang bersesuaian dengan tujuan-tujuan syariat islam,dan tidak topang oleh sumber dalil yang khusus.
Imam Malik adalah imam Madzhab yang menggunakan dalil Maslahat Mursalah.Untuk menerapkan dalil ini,ia mengajukan tiga syarat yang dapat dipahami melalui definisi diatas,yaitu:

4.             Adanya persesuaian antara maslahat yang dipandang sebagai sumber dalil yang berdiri sendiri dengan tujuan-tujuan syari’at(maqashid as-syari’ah).Dengan adanya persyaratan ini,berarti maslahat tidak boleh menegaskan sumber dalil yang lain,atau bertentangan dengan dalil yang qat’iy.Akan tetapi harus sesuai denagn maslahat-maslahat yang memang ingin diwujudkan oleh syar’i.
5.             Maslahat itu harus masuk akal,mempunyai sifat yang yang sesuai dengan pemikiran yang rasional,dimana seandainya diajukan kepada kelompok rasionalis akan dapat di terima.
6.             Penggunaan dalil maslahat ini adalah dalam rangka menghilangkankesulitan yang mesti terjadi.Dalam pengertian seandainya maslahat yang dapat diterima akal itu tidak diambil,niscaya manusia akan mengalami kesulitan.Allah berfirman:



“artinya” Dan dia tidak sekali-kali menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan.(Al Hajj :78)
Syarat-syarat diatas adalah syarat-syarat yang masuk akal yang dapat mencegah pengunaan sumber dalil ini(Maslahat mursalah).
   
                Sumber hukum ini(Marsalah Mursalah)termasuk sumber hukum yang masih dipertentangkan  diantara ulama ahli fiqh.golongan madzhab hanafi dan madzhab syafii tidak menganggap Maslahat Mursalah sebagai sumber hukum yang berdiri sendiri,dan memasukkannya kedalam bab Qiyas.jika didalam suatu maslahat tidak ditemukan nash yang bisa dijadikan acuan Qiyas,maka maslahat tersebut dianggap batal,tidak diterima.Imam malik dan golongan Hambali berpendapat bahwa maslahat dapat diterima dan dijadikan sumber hukum selama memenuhi semua syarat-syarat diatas,sebab pada hakekatnya keberadaan maslahat adalah dalam rangka merealisasikan Maqasid as Syar’i(tujuan-tujuan syr’i) meskipun secara langsung tidak terdapat nash yang menguatkannya.






1. Kehujjahan Mashalih Mursalah

                Jumhur ulama kaum muslimin berpendapat bahwa Al maslahah Al Mursalah adalah hujjah syara’ yang dipakai landasan penetapan hukum.Kemaslahatan umat manusia itu selalu baru dan tidak habisnya,maka dari itu hukum ditetapkan sesuai dengan kemaslahatan manusia yang baru,yang sesuai dengan perkembangan mereka.orang yang mau meneliti penetapan hukum yang dilakukan para sahabat nabi,tabiin dan para imam mujtahid maka akn jelas bahwa banyak sekali hukum yang mereka tetapkan demi menerapkan kemaslahatan umum dan bukan karena saksi dianggapp oleh syar’i.
                Golongan Maliki sebagai pembawa bendera Maslahat mursalah,sebagaimana telah disebutkan,mengemukakan beberapa alasan,yakni:

3.                         Adanya maslahat sesuai dengan maqasid as Syar’i(tujuan tujuan syar’i),yakni yang artinya dengan mengambil maslahat berarti sama dengan merealisasikan maqasid as Syari,dan sebaliknya mengesampingkan maqasid as Syar’i adalah batal,oleh karena itu adalah wajib menggunakan dalil maslahat atas dasar bahwa ia adalah sumber hukum pokok(ashl)yang berdiri sendiri.sumber hukum ini tidak keluar dari Ushul(sumber-sumber pokok).
4.                         Seandaianya maslahat tidak diambil pada setiap kasus yang jelas mengandung maslahat selama berada dalam kontekss maslahat syar’iyyah,maka orang-orang mukallaf akan mengalami kesulitan dan kesempitan.Allah SWT berfirman:

“artinya” dan tidak sekali-kali menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (QS, Al Hajj:76)
Dan dalam firmannya yang lain:

“artinya” Allah menghendaki kemudahan bagimu,dan tidak menghendaki kesukaran                                                                             bagimu.(QS. Al Baqarah:185)
                Demikian alasan-alasan yang telah dikemukakan oleh imam malik.adapun alasan-alasan dari golongan yang tidak memakai dalil maslahat yakni:
a).     Maslahat yang tidak didukung oleh dalil khusus akan mengarah pada salah satu bentuk pelampiasan dari keinginan nafsu yang cenderung mencari keenakan,padahal tidak demikian halnya prinsip-prinsip syariat islam.
b).     Maslahat andaikan dapat diterima(mu’tabarah),yang termasuk kategori qiyas dalam arti luas(umum),andaikan tidak mu’tabaroh,maka ia tidak tergolong qiyas.
c).      Mengambil dalil maslahat tanpa berpegang pada nash terkadang akan berakibat kepada suatu penyimpangan dari hukum syari’at dan tindakan yang lalim dengan memakai dalil maslahat.diantara maslahat-maslahat itu kadangkala sebenarnya merupakan larangan syara’ yang tidak diterima atau diketahui kadangkala mereka mengajukan dalam maslahat mursalah ungkapan (kalam) yang berlawanan dengan nash.
d).     Seandainya kita memakai maslahat sebagai sumber hukum pokok yang berdiri sendiri,niscaya hal itu akan menimbulkan terjadinya perbedaan hukum akibat perbedaan negara,bahkan perbedaan pendapat perorangan dalam satu perkara.Disuatu negara,perkara tersebut tergolong haram karena dipandang mengandung kemadhorotan,sementara dinegara lain tergolong halal karena dipandang mengandung manafaat.

2.Menetralisir Perbedaan Pendapat
                Jumhur ulama menyepakati bahwa Maslahat dapat diterima dalam fiqh,dan setiap maslahat wajib diambil sebagai sumber hukum selama tidak di latar belakangi oleh dorongan syahwat dan hawa nafsu,dan tidak bertentangan dengan nash serta maqasid as Syari(tujuan-tujuan syar’i).hanya saja golongan syafi’iyah dan hanafiyah sangat memperketat ketentuan maslahat.
                Golongan-golongan Maliki dan Hambali berpendapat bahwa sifat munasib yang merupakan alasan adanya maslahat,meskipun tidak jelas batasannya patut dijadikan illat bagi qiyas.kalau memang demikian sifat munasib layak dijadikan illat,maka beraarti maslahat mursalah termasuk kedalam macam qiyas,oleh karena itu ia bisa diterima sebagai sumber hukum sebagaimana halnay diterimanya qiyas berdasarkan sifat munasib yaitu hikmah.
                maslahat mursalah tenyata bila diselidiki terdapat pada seluruh madzhab,sebab mereka ada yang menggunakan pendekatan qiyas dan ada yang menggunakan sifat munasib yang tidak perlu menganggap adanya dalil,padahal sebenarnay itulah yang dimaksud dengan maslahat mursalah.

3.Contoh-contoh Para Sahabat yang Menggunakan Maslahat Mursalat
                Sahabat mengumpulkan al quran ke dalam beberapa mushaf,padahal hal ini tidak pernah dilakukan dimas Rasullullah SAW. Alasan yang mendorong mereka melakukan pengumpulan itu tidak lain kecuali karena alasan maslahat,yaitu menjaga al quran dari kepunahan atau kehilangan kemutawatirnya karena meninggalkannya sejumlah besar hafidh dari generasi sahabat.
                Umar bin khottob RA memerintahkan para penguasa(pegawai negri)agar memisahkan antara harta kekayaan pribadi dengan harta yang diperoleh dari kekuasaannya.karena umar melihat bahwa dengan cara itu pegawai penguasa dapat menunaikan tugasnya dengan baik,dan tidak terjadi manipulasi pengambilan harta ghonimah(rampasan) dengan cara yang tidak halal.






BAB 111
KESIMPULAN
                Demikian beberapa pandangan tentang dimasukkannya Al Maslahah Al Mursalah dalam islam sebagai salah satu sumber Istidlah dan metode untuk menetapkan hukum islam.dan sebagaimana telah diterangkan bahwa maslahat mursalah dibatasi dengan kalifikasi tertentu sehingga ia tdk tercabut dari akar syariat dan tidak mengesampingkannash-nash qoth’i

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers