Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

makalah Operasi Dasar Komputer

Diposkan oleh irfan on Monday, January 10, 2011


Bab 1
Operasi Dasar Komputer
Oleh : Mohammad Bisyri
A.      Komponen Komputer
1.      Komponen Dasar Komputer
Komputer merupakan sekumpulan peralatan elektronik yang saling berkaitan antara satu komponen an koponen lainnya. Computer dapat bekerja apabila memenuhi tiga unsure, yaitu Hardware (perangkat keras), software (perngakat lunak), brainware (orang atau pengguna computer).
a.      Hardware
Perangkat keras adalah peralatan dalam system computer yang dapat dilihat dan dijamah secara fisik. Secara fungsional, perangkat keras dapat digolongkan sebagai berikut :
1.      Perangkat input
Digunakan untuk memasukkan data ke dalam computer.
Contoh : Keyboard, mouse, bar-code reader, floppy disk drive, CD ROM Drive, dan USB drive.
2.      Perangkat output
Digunakan untuk mengeluarkan data hasil pengolahan dari media pemroses.
Contoh : Printer, monitor, plotter, dan proyektor LCD
3.      Penyimpan data
Digunakan untuk menyimpan data hasil pengolahan. Secara umum media penyimpanan atau memori dapat dibagi menjadi dua yaitu :
a.      Random Acces Memory (RAM)
Adalah media penyimpanan yang bersifat non permanen. Macam-macam jenis RAM diantaranya adalah EDORAM, SDRAM DDR-SDRAM, dan RD-RAM.
b.      Read-Only Memory (ROM)
Digunakan untuk setiap media yang dapat menyimpan data secara permanen pada saat tidak menyimpan daya listrik.
ROM dibagi menjadi dua yaitu :
1.      Removablee disk
Merupakan media penyimpanan yang tidka memengaruhi kerja system secara langsung. Contoh : floppy disk (disket), CD-ROM, DVD, USB Flash disk dan MMC.
2.      Non-Removable disk
Merupakan media penyimpanan yang memengaruhi kerja system secara langsung. Contoh :Harddisk internal, bootable, USB Flash-I, dan Live CD-ROM.
4.      Pemroses data
Digunakan untuk melakukan proses pengolahan data yang mengubah proses utama dalam sistem computer, yang terdiri dari :
a.      ALU (Arithmatic Logic Unit)
Merupakan unit pengolahan data aritmatika dan logika.
b.      CU (control unit)
Merupakan unit pengendalian atas suatu proses yang sedang dikerjakan.
b.      Software
Kumpulan beberapa perintah dalam mesin komputer untuk menjalankan pekerjaannya.
c.       Brainware
Setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan computer atau system pengolahan data. Menurut tingkat pemanfaatannya terhadap computer brainware digolongkan dalam empat tingkatan :
1.      System analisis
2.      Programmer
3.      Administrator
4.      Operator
2.      Komponen dalam computer
a.      Mengenal isi personal computer
1.      Motherboard
2.      Display adapter
3.      Multi I/O card
4.      Disk drive
5.      Power supply
6.      Casing
b.      Merakit computer
1.      Persiapan
Peralatan yang digunakan untuk merakit PC antara lain : obeng, tang, mulimeter.
2.      Menyiapkan motherboard
3.      Perakitan CPU dan prossesor
4.      Memasang memory
5.      Memasang motherboard pada casing
6.      Memasang power supply
7.      Memasang floppy drive
8.      Memasang harddisk
9.      Memasang CD-ROM/DVD-ROM
10.  Memasang video card
11.  Memasang device lainnya.
B.      Merangkai Peripheral
1.      Mengenal berbagai jenis port penghubung
a.      Port serial
b.      Port parallel
c.       Port USB
d.      Port SCSI
e.      Port IEEE
f.        Port Ethernet
g.      Wi-Fi/802.11b
h.      Port VGA
i.        Port PS/2
j.        Port audio dan mikropon
k.       Mengidentifikasi jenis port sesuai dengan fungsinya
C.      Prosedur mengaktifkan dan mematikan computer
Langkah-langkah menghidupkan computer :
1.      Pastikan semua peralatan computer telah tersambung dengan arus listrik.
2.      Lakukan pengecekan pada drive floppy disk.
3.      Apabila computer terhubung dangan UPS atau stabilizer, nyalakan kedua peralatan tersebut dengan menekan tombol power ON.
4.      Nyalakan computer dengan menekan tombol power pada CPU dan Monitor kamu.
5.      Setelah proses booting selesai computer akan menampilkan desktop.
Langkah-langkah mematikan computer :
1.      Klik start pada taskbar, kemudian klik shutdown.
2.      Windows akan menampilkan kotak dialog.
3.      Untuk mengakhiri penggunaan computer pilih shutdown, lalu klik OK.
4.      Tunggu sampai computer menampilkan tanda aman untuk mematikan.
5.      Matikan computer dengan tombol power.
D. Perangkat lunak dalam sistem informasi
1.        perangkat lunak dan sistem informasi
a.      perangkat lunak aplikasi
contoh : Ms. Word, Ms. Excel, Dbase III, dll
b.      perangkat lunak system
Perangkat ini dibagi menjadi 3 yaitu :
1.      bahasa pemrograman
contoh : BASIC, COBOL, Pascal, dll
2.      system operasi
contoh : DOS, Unix, Windows 95
3.      utility
contoh : Norton utility
2.        menjalankan program aplikasi dan system operasi
perangkat lunak aplikasi dikelompokkan menjadi dua macam yaitu :
a.      program aplikasi
contoh : program kasir, program billing warnet/wartel, program parker, dll
b.      program paket
contoh : program pengolah kata, program pengolah angka, program presentasi, dll
3.        Perangkat lunak system
a.      Bahasa pemrograman
Dibedakan menjadi dua yaitu :
·         Bahasa tingkat rendah
Diantaranya adalah machine language, RPG (Repeat Program General), dll
·         Bahasa tingkat tinggi
Contoh : Basic fortran, Cobol, dan Pascal.
b.      System operasi
Merupakan program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengoordinasi kegiatan dari system computer.
c.       Utility
Contoh : disk deafragment, 1 Klik Maintenance.


Bab 3
Ketentuan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Oleh : Bagas Wahana Putra

A.      Etika dan Moral terhadap teknologi dan informasi
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di seluruh masyarakat menimbulkan dampak positif dan negative. Adapun segi positifnya adalah terbukanya wawasan tanpa batas, dan segi negatifnya adalah terbukanya kesempatan bagi seseorang untuk melakukan kejahatan.
Etika dan moral dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi perlu diterapkan kekayaan intelektual yang merupakan hasil pemikiran dan budidaya manusia perlu mendapat perlingdungan.
Berikut ini yang termasuk dalam hak atas kekayaan intelektual adalah :
ü  Hak cipta
ü  Merek dagang
ü  Paten
ü  Desain produk industry
ü  Indikasi geografi
ü  Layout desain
ü  Perlindungan informasi yang dirahasiakan
B.      Hak Cipta perangkat lunak
Hak cipta adalah kekakyaan intelektual yang dimiliki oleh oleh suatu individu, kelompok, maupun perusahaan yang dilindungi oleh undang-undang.
Berikut ini adalah undang-undang hak cipta no.19 tahun 2002
ü  Pasal 1 ayat 1
ü  Pasal 1 ayat 2
ü  Pasal 1 ayat 8
ü  Pasal 2
C.      Menerapkan aturan-aturan hak cipta yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi
1.      Menghargai orang lain
2.      Menghindari pengcopyan secara tidak sah
3.      Tidak menggunakan program bajakan atau tidak original
4.      Menghindari pengubahan program orang lain
D.     Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
a.      Posisi duduk
b.      Perkiraan jarak pandang monitor
c.       Memilih jenis monitor yang baik
d.      Memilih jenis keyboard
E.      Memeragakan posisi duduk dengan baik dan benar
Posisi duduk yang baik adalah mengahdap computer lurus, mata pada layar harus lurus dan tidak terlalu tinggi atau rendah.
F.       Cara menggunakan computer dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja
a.      Computer harus diletakkan di tempat yang aman
b.      Aman dari jangkauan api
c.       Aman dari jangkauan air
G.     Macam-macam penyakit akibat penggunaan computer
ü  Stress
ü  Gangguan pada mata dan penglihatan
ü  Gangguan Muskuloskeletal

BAB 2
By : Fikri Muhtarom XF-IPAI
Berbagai Peralatan Teknologoi Telekomunikasi

I.                   Mengidentifikasi Elemen Siklus Pemrosesan Informasi

 






II.                Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya
III.             Alat-alat yang Berkaitan dengan Teknologi Informasi
a.Telephone
yaitu Peralatan teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi antara dua orang dengan menggunakan suara .
Telephone ada tiga macam.
a.Fixphone (deskphone)yaitu alat komunikasi yang berbentuk Pesawat Sambungan Tekan Nomor dengan menggunakan kabel yang sifatnya permanen yang tidak bisa dipindah ketempat yang tidak ada kabel jaringannya. Contoh jenis telphone ini adalah telpone yang dipakai dirumah-rumah atau kantor menggunakan kabel telkom.

b. ISDN
Adalah jaringan telekomunikasi khusus yang menggunakan jaringan telepon yang tidak hanya memproses suara , tapi juga mampu menangani penyimpanan data berupa teks, gambar, Video, faksimil, dll.

c.Faximile(fotocopy jarak jauh)
Yaitu perlatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim tulisan kepada sesama alaat tersebut melalui sambungan telephone. Contoh merek : Brother: Canon, HP, Epson dll.

d. Antena
Alat yang digunakan untuk memancarkan dan menerima komunikasi radio.

e.Phone Celluler
. Yaitu alat komunikasi tanpa kabel yang berupa pesawat celuler yang bentuknya cukup kecil yang dapat dibawa pergi sampai keluar kota. Pesawat celluler ini harus menggunakan kartu jaringan agar dapat digunakan .sering disebut dengan handphone karena pesawat ini digunakan cukup ditaruh ditangan . contoh Telephone jenis ini ada 2 macam, yaitu GSM seperti Mentari Simpati,Xl, Matrik,dan CDMA seperti Flexi, Fren, Esia, Starone,Ceria adapun merek-merek yang sering digunakan adalah Nokia, Siemens, Samsung, Sony Ericsson, dll.

f.Radio
Yaitu Perlatan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan Informasi berupa suara dari station pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan.

g.Televisi
Yaitu peralatan teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak / video secara langsung .
h. Komputer
yaitu alat berupa hardware dan software yang digunakan untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan dilain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa Tulisan, gambar, suara, video dan animasi.
i. Server
Komputer yang bekerja sebagai pusat informasi.
J. Client
Pc yang mampu memproses data dan m eminta data kepada server.

Fungsi dan Cara Kerja Jaringan Telekomunikasi



I.       Jaringan Koomputer Berdasarkan Area

LAN
            Merupakan jaringan yang terbatas pada daerah yang kecil
Contoh : sekolah kantor dll
MAN
            adalah jaringaan yang lebih luas bila di bandingkan LAN karena MAN menghubungkan kota-kota dalam satu provinsi sehingga MAN merupakan kumpulan dari jaringan-jaringan kecil seperti LAN
WAN
            adalah jaringanyang mencakup area lebih luas di banding jaringan metropolitan, jaraknya antar kota, negara, dan benua

`  II.   Jaringan Komputer Berdasarkan Metode Administrasi

Jaringan peer to peer
           
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya.





Jaringan client server
                       
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server

III.  Jaringan Komputer Berdasarkan Sistem Operasi Jaringan

Ø  Windows NT dan windows 2000

     Windows. atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka berbasis grafik (graphical user interface). Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS


Ø  Netware

     Novell NetWare adalah sebuah sistem operasi jaringan yang umum digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Novell, dan dibuat berbasiskan tumpukan protokol jaringan Xerox XNS.


Ø  UNIX Network

     Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user.


Ø  Hybird Network

      Hybird Network adalah jaringan yang menggunakan ad hoc connectivity dan akses Poin
 

IV.    Jaringan Komputer Berdasarkan Protokol


Protokol jaringan : adalah aturan atau kesepakatan untuk melakukan atau komunilasi didalam jaringan. Berikut ini adalah protokol-protokol yang populer.

v  Jaringan Net BEUI

     NetBEUI singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: NetBIOS Extended User Interface, adalah sebuah protokol jaringan yang dikembangkan oleh International Business Machine Corporation (IBM) dan Microsoft Corporation pada tahun 1985 yang digunakan untuk jaringan lokal (LAN) yang terdiri atas komputer hingga 200 stasiun kerja.




v  Jaringan IPX / SPX

     IPX/SPX atau Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang ditransmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data.

v  Jaringan TCP

     TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.


v  Protokol Internet Protokol lain yang diginakan dalan jaringan appletalk

vAppleTalk adalah sebuah protokol jaringan yang dikembangkan khusus untuk jaringan yang terdiri atas komputer-komputer Apple Macintosh, yang mengizinkan para penggunanya untuk saling berbagi berkas dan printer agar dapat diakses oleh pengguna lainnya.


v  The Osi Protokol Suite

     Hubungan antara OSI Reference Model, DARPA Reference Model dan stack protokol TCP/IP

     Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model).


V.       Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi

 

Ø  Topologi Bus

     Pada topologi Bus, kedua unjung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan mentap Ethernetnya sepanjang kabel.


Ø  Topologi bintang

     Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.


Ø  Topologi cincin

     Topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.

 

Ø  Topologi pohon

     Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral denganhirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .


Ø  Topologi MESH

     Topologi mesh (jala) adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).


VI.    Jaringan Komputer Berdasarkan Arsitektur


qEthernet Network
           
Ethernet merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972.


qToken ring network apple talk network
           
Token Ring adalah sebuah cara akses jaringan berbasis teknologi ring yang pada awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969. Perusahaan IBM selanjutnya membeli hak cipta dari Token Ring dan memakai akses Token Ring dalam produk IBM pada tahun 1984. Elemen kunci dari desain Token Ring milik IBM ini adalah penggunaan konektor buatan IBM sendiri (proprietary), dengan menggunakan kabel twisted pair, dan memasang hub aktif yang berada di dalam sebuah jaringan komputer.


  

Prinsip Komunikasi data



Aplikasi : Penyedia layanan kounikasi dalam bentuk program aplikasi contoh: e-mail

Presntation : melakukan pengoreksian pesan

Session : Membentuk, memelihara, dan menghentikan koneksi

Transport : Mentediakan sarana penghubung


Network : Mengatur rute paket data

Data link : penjaminan agar data mengalir ke lapisan jaringan dan benar-benar bebas dari kesalahan

Fisik : Menjamin pengiriman data dalam bentuk deretan bit melalui media trans misi dari satu sdimpul kesimpul yang lain

D.Membangun Sebuah  Jaringan Komputer

            Secara umum , jaringan komputer terdiri dari :
            Dua komputer atau lebih.
            Kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) di masing-masing komputer.
            Media penghubung berupa kabel atau nirkabel (wireless).
            Sistem operasi jaringan, seperti windows XP, Linux, Novell Netware.
            Dibawah ini merupakan perangkat keras yang perlu disiapkan dalam membangun jaringan :

1.     Network Interface Card (NIC)
        NIC yang disebut juga kartu aantarmuka jaringan merupakan perangkat penghubung yang dipasang pada setiap komputer.sedangkan kartu jaringan yang banyak digunakan adalah kartu ethernet, konektor localtalk, dan kartu token ring.
Ø         Ethernet Card (Kartu Ethernet)
Kartu jaringan ini memiliki port untuk koneksi kabel koaksial atau twisted pair.
Ø         Localtakl Connector (Konektor Localtalk)
Kartu ini digunakan untuk komputer Macintosh.kartu ini pun meemiliki kekurangan dalam kecepatan trasfer data. 
Ø         Token Ring Card (Kartu Token Ring)
Kartu ini menggunakan port dengan 9 tipe pin. Dan modelnya sam seperti jaaringaan kartu ethernet.
2.         Hub/konsentrator
Hub/konsentrator ini berfungsi untuk menyatukan kabel-kabel network dari setiap komputer workstation atau client,server,daan peerngkat lainnya,seperti kabel modem.konsentrator ini terbagi menjadi dua yaitu konsentrator aktif dan pasif.
3.     Kabel
Kabel ini mempunyai fungsi sebagai alat menyambung antara komputer satu dengan yang lain dan kabel mempunyai dua pembagian yaitu Think coaxsial cable (kabel coaxsial”gemuk”) dan Thin coaxsial cable (kabel coaxsial “kurus”)
4.     Konektor
Konektor yan digunakan untuk membuat jaringan adalah  konektor jenis  RJ-45 yang terdiri dari 8 pin dan teknik pemasangan kabel itu terbagi dua cara :
            Satight cable
             Straight cable menghubungkan ujung satu ujung yang lain dengan satu warna , ujung nomor satu pad asatu ujung merupakan ujung nomor dua diujung lain.sebenarnya, urutan warna dari masing-masing kaabel tidak menjadi masalah, namun ada standard international yangdigunakan untuk staight cable ini.
Berikut koneksi minimum berdasarkan standar EIA/TIA-568B RJ-45 Wiring Schemw.

Konektor 1   Konektor 2
Pin      Warna            Warna            Pin
1          Putih-Orange           Putih-Orange           1
2          Orange          Orange          2
3          Putih-Hijau   Putih-Hijau   3
4          Biru    Biru    4
5          Putih-Biru     Putih-Biru     5
6          Hijau  Hijau  6
7          Putih-Cokelat          Putih-Cokelat          7
8          Cokelat          Cokelat          8

             Crossover cable
                        Crossover cable menhubungkan antarclient atau komputer yang satu dengan lainnya tanpa menggunakan cara pemasangan kabel dengan Crossover cable. Pemsangan kabel ini pada konektor RJ-45 menggunakan pin 1,2,3,6, yang dipasang secara silang, yaitu seperti tampak pada tabel berikut ini.

Konektor 1   Konektor 2
Pin      Warna            Warna            Pin
1          Putih-Orange           Putih-Hijau   1
2          Orange          Hijau  2
3          Putih-Hijau   Putih-Orange           3
4          Putih  Biru    4
5          Putih-Biru     Putih-Biru     5
6          Hijau  Orange          6
7          Putih-Cokelat          Putih-Cokelat          7
8          Cokelat          Cokelat          8

5.     Repeater
perangkat ini berfungsi sebagai penguat sinyal dari kabel.
6.     Brigde
Brigde berfungsi untu membagi sebuah jaringan menjadi bagian kecil da mengatur lalu lintas data.
7.     Router
Router adalah alat yang menghubungkan berbagai jaringan atau segmen untuk membentuk suatu internetwork lebih besar  dan berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN dengan internet dalam merutekan trasmisi antara keduanya.

E. Jaringan Telekomunikasi

Berkaitan dengan trasmisi data ini ada dua kelompok media trasmisi ,yaitu:
1)       Media Berkabel (Wireline)
·           Kabel pasangan terpilin
·           Kabel koaksial
·           Kanel serat optik
2)       Media tanpa kabel (Nirkabel)
a)         Mikro gelombang
b)        Satelit
c)         Gelombang radio
d)        Infra merah



F. Perangkat Lunak Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

                         Apabila komputer anda telah terhubung dengan internet maka komputer tersebut mempunyai sisi kegunaan daan kelemahan, antara lain:

a)         Kegunaaan dan kelemahan Internet

v          Dapat mengakses  informasi dari internet dengan luas
v          Bisa mendownload  sesuatu dalam internet
v          Bisa memplubikasikan diri secara langsung
o          Kelemahan
v          Bobot informasi
v          Boros uang dan waaktu
v          Faktor keamanan yang gampang terkena virus
                       
b)         Macam-macam Aplikasi perangkat Lunak Beserta Fungsinya

Ø         NetMeeting
Software ini mempunyai fungsi  sebagai medi akomunikasi dalam berkirim pesan dan mentrasfer file.
Ø         Fax Modem
Dengan software ini kita bisa mengirim fax melalui komputer.
Ø         Mail
Software ini kita bisa mengirim ini kepada e-mail orang lain, terutama untuk jaringan yang sudah terhubung dengan internet.
Ø         Chat
Dengan software ini pengguna komputer dalam suatu client atau workstasion dapat berkomunikasi dengan komputer server.
Ø         Net Send
Dengan ini pengguna komputer dalam jaringan dapat berkirim pesan.
Ø         Mirc
Dapat beguna untuk komunikasi yang luas, seperti internet.
Ø         Yahoo Massenger
Saraana berkomunikasi dengan jaringan global.






{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers