Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

Lima Macam dari Fitrah

Diposkan oleh irfan on Sunday, January 02, 2011








“Dari Abi Hurairoh berkata Lima Macam dari Fitrah (Kelakuan yang tetap dari sunat kelakukan para Nabi). Yaitu khitan, mencukur rambut kemaluan, memotong kuku, mencabut bulu, khitan dan memotong kumis”.
Penjelasan
1.      Khitan
Khitan adalah memotong kulit yang menutupi bagian kepala penis dan memotong kulit yang berada di bagian atas vagina
·        Hukum khitan
-         Menurut para ulama madhab syafi’I dan hambali bahwa khitan hukumnya wajib bagi pria maupun wanita.
Nawawi berkata dalam Al Majmu’


“Khitan merupakan kewajiban bagi pria maupun wanita menurut madzhab kami. Pendapat ini juga dinyatakan oleh banyak Ulama’ salaf. Demikianlah yang disampaikan oleh khoththobi dan salah seorang yang mewajibkannya adalah Ahmad.
2.      Mencukur rambut kemaluan.
Diantara sunah fitrah adalah mencukur rambut kemaluan. Baik rambut kemaluan laki-laki ataupun perempuan. Ini merupakan sunah yang ditetapkan secara tegas dalam sunah ataupun ijma’, semuanya sepakat akan kesunahannya bagi laki-laki dan perempaun.
Demakruhkan bagi wanita dan laki-laki. Membiarkan sampai panjang karena khawatir kotoran akan menumpuk dan menjadi sumber aroma tidak sedap yang membuat pasangan suami istri merasa terganggu.
Oleh karena itu nabi SAW menganjurkan agar tidak sampai membiarkan rambut tersebut lebih dari 40 hari. Diriwayatkan dari anas dia menuturkan
“ditentukan batasan waktu bagi kami dalam hal mencukur kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, mencukur rambut kemaluan, agar tidak membiarkannya lebih dari 40 hari”.
(HR. Muslim. Abu daud, Tarmidzi, An-Nasa’I dan Ibu Majah)

Mencukur rambul kemaluan dan mencabut bulu ketiak
termasuk bagian dari fitrah
Wanita dianjurkan untukmencukur rambut kemaluannya dan mencabut bulu ketiaknya secara berkala, karena kedua hal tersebut merupakan bagian dari fitrah yang sunnah untuk dilakukan.
Di makruhkan bagi wanita dan laki-laki membiarkan sampai panjang karena khawatir kotoran akan menumpukl dan menjadi sumber aroma tidak sedap yang membuat pasangan suami istri merasa terganggu.
Oleh karena itu, Nabi SAW menganjurkan agar tidak sampai membiarkan rambut tersebut lebih dari 40 hari diriwayatkan dari anas, dia menuturkan
“Ditentukan batasan waktu bagi kami dalam hal mencukur kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, mencukur rambut kemaluan, agar tidak membiarkannya lebih dari 40 hari”
(HR. Muslim. Abu Daud, Tirmidzi, An-Nasa’I dan Ibnu Majah)
3.      Memotong kuku
Diantara sunnah fitrah adalah memotong kuku agar tidak ada akumulasi kotoran dibawah kuku-kuku dan agar seseorang tidak menyerupai binatang yang berkuku
Ini merupakan masalah yang jelas adanya dalam sunnah dan ijma’ baik laki-laki maupun perempuan dua kaki atau dua tangan.
Disunahkan untuk memulainya dari yang kanan kemudian yang kiri, sebaba Rosululloh SAW sangat senang memulai sesuatu dengan yang kanan dalam segala hal
Sedangkan waktu memotong kuku itu adalah sesuai dengan kebutuhan, kapan saja kukunya panjang masalah memotong kuku dusunu sama saja dengan masalah memotong kumis, mencabut ketiak, dan mencukur rambut kemaluan, tidak ada ketetapan waktu yang ditegaskan oleh syariat, kecuali jika seseorang merasa bahwa kukunya telah panjang.
Apa yang terdapat dalam syariat adalah batasan tertinggi dalam syariat yakni empat puluh hari.
4.      Mencabut Bulu Ketiak
Deiantara sunah fitrah adalah mencabut bulu ketiak. Ini disepakati kesunahannya bagi laki-laki dan perempuan.
Yang disunahkan dalam hal ini adalah adalah hendaknya bulu ketiak itu dicabut sebagaimana ditegaskan dalam sebuah hadits. Ini merupakan satu hal yang sangat mudah bagi siapa saja yang telah terbiasa melakukannya. Namun jika sulit mencabutnya. Maka tidak apa-apa mencukurnya. Sebab, ini dimaksudkan agar  ketiak itu bersih dan tidak ada akumulasi kotoranyang menempel di bawah ketiak itu. Bahkan sangat mungkin jika tidak dicabut akan ada bau tidak sedap yang menyeruak dari bawah ketiak. Namun biasanya semakin bulu ketiak itu dicukur maka ia akan semakin panjang dan banyak.
5.      Mencukur kumis
Mencukur kumis termasuk salah satu bagian dari fitrah dan penyempurna perhiasan bagi laki-laki
Nabi bersabda :
Hendaklah kalian memotong pendek kumis kalian
(HR. Bukhari & Muslimk) dalam riwayat lain beliau bersabda
“Hendalah kalian mencukur kumis” (HR. Muslim)
Bahkan dalan hadits lain Nabi SAW. Bersabda :

“Barangsiapa yang tidak mencukur kumisnya, maka dia bukan dari golongan kami (HR. An-Nasa’I, Tirmidzi Ahmad)

Yang dimaksud disini adalah memotong kumis yang tumbur di bibir atas tanpa mencukur sampai akar-akarnya dengan demikian, keberadaan kumis itu tidak sampai mengganggu ketika makan dan tidak menjadi tempat sisa makanan. Ada juga pendapat yang menyatakan, boleh mencukur kumis sampai ke akar-akarnya dan kedua pendapat ini sama-sama berdasarkan dalil diatas, sehingga terwujud perbedaan dengan orang-orang majusi, tidak mengganggu ketika makan dan tidak menjadi tempat sisa makanan. Wallahu a’lam.
Disamping itu, tidak boleh membiarkan kumis lebih dari 40 hari, hal ini disandarkan pada hadits yang diriwayatkan dari anas, dia berkata
“Ditetapkan waktu bagi kamu untuk mencukur kumis memotong kuku, mencabut bulu ketiak, mencukur rambut kemaluan dan tidak boleh membiarkannya lebih dari 40 hari {HR. Muslim)

DAFTAR PUSTAKA

  1. Al Qoradhawi Yusuf, 2006. Fikih Thaharah
Jakarta : Pustaka Al Kautsar
  1. Abu malik kamal bin as SAYYID SALIM, 2009 SHAHIH FIKIH SUNNAH JILID 3, Jakarta
Pustaka Azzam
  1. Abdullah bin Abdirrohman, 2008, Keajaiban Khitan,
  2. Jakarta Al Qowam, darul Qiroah


BAB MENGHIDUPKAN TANAH MATI
(IHYA’UL MAWAT)


Artinya       : Dari sa’id binzaid r.a dari Nabi SAW. Beliau bersabda “Barang siapa menghidupkan tanah yang mati, maka tanahi tu menjadi miliknya” Diriwayatkan oleh Imam Tiga dan dihasankanoleh Turmudzi
Penjelasan
MENGHIDUPKAN TANAH YANG MATI )IHYA’UL MAWAT
  • Tanah mati adalah tanah yang tidak tampak dimiliki oleh seseorang, serta tidak nampak ada bekas-bekas apapun seperti pagar, tanaman dan lain-lain.
  • Menghidupkan tanah yang mati adalah mengelola tanah tersebut atau menjadikan tanah tersebut layak untuk ditanami dan berguna bagi manusia.
Pengelolaan tanah yang baik-erat kaitannya dengan persoalan hajat hidup manusia dalam pemanfatan sumber daya alam.
Tiap tanah yang mati, apabila telah dihidupkan oleh orang, maka tanah tersebut telah menjadi milik orang yang bersangkutan.
Syara’ telah menjadikan tanah tersebut menjadi milik orang yang menghidupkannya, berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh imam bukhori dari Aisyah bahwa Rosulullah SAW. Penah bersabda :
“Siapa saja yang telah mengelola sebidang tanah yang bukan menjadi hak orang lain, maka dialah yang lebih berhak”
Limar berkata
“Orang yang memagari tanah tidak berhak (atas tanah yang dipagarinya) setelah (membiarkannya) selama tiga tahun”

KESIMPULAN
Apabila tanah dibiarkan hingga lewat batas waktu selama 3 tahun, kemudian tanah tersebut dihidupkanoleh orang lain, maka dialah yang lebih berhak memiliki tanah tersebu.



{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers