Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

20 opini blog penghasil uang Posted on 14 Mei 2009 by sondonx

Diposkan oleh irfan on Tuesday, January 18, 2011


20 opini blog penghasil uang


“Bagaimana prospek menghasilkan uang lewat blog di tahun 2009?” “Semakin bagus dan berkembang?” “Ataukah semakin meredup dan penuh tantangan?” “Apa yang harus disiapkan para blogger menghadapi tahun 2009 yang kini telah kita jalani?”
Sebelum tutup tahun 2008 kemarin, saya sempat mengajak teman-teman blogger pembaca blog ini untuk sekedar berbagi opini tentang topik diatas dalam proyek “Blogging Outlook 2009” di blog ini. Harapannya sederhana, dari opini teman-teman yang turut berbagi dalam proyek ini kita bisa belajar dan menyiapkan diri menghadapi realitas make money from blog di tahun 2009.
Rencana awal, saya hanya akan menampilkan 10 opini dalam artikel khusus ini. Namun setelah melihat respon dan kualitas opini yang masuk, rasanya sayang kalau saya tidak menampilkan juga opini-opini lain yang berkualitas tersebut. Karena itulah, dalam posting eksklusif ini saya menambahkannya menjadi 20 opini. Dua dari 20 opini yang tampil di artikel ini akan mendapatkan hadiah masing-masing berupa sebuah buku mengenai make money from blogging.
Siapakah mereka? Mari kita simak dulu opini-opini mereka.
20 Opini Blogger Tentang Prospek Menghasilkan Uang Lewat Blog di Tahun 2009
1. Ecko:
Kalo menurut saya sih blogging di tahun 2009 bakal banyak terpengaruh sama krisis global yg katanya baru mulai dirasakan tahun depan sampai 2010. Artinya, beberapa program akan perlahan surut dan bahkan mungkin menghilang dari peredaran. Satu program yang menurut saya bakal surut adalah paid review. Ini berhubungan dengan “konflik” antara Google dan program paid review. Berhubung Google lebih berkuasa, maka paid review akan perlahan-lahan redup lalu hilang deh dari peredaran.
Program yang masih bertahan dan cukup bisa diandalkan ya PPC dan affiliasi. Cuma PPC jauh lebih unggul karena cuma butuh klik untuk mendapat komisi.
2. Tipis:
Selama ini Google Pagerank menjadi parameter paling penting dalam bisnis making money from blog. tapi dengan kacau balau dan tidak terjadwalnya waktu update Pagerank membuat tahun 2009 nanti dominasi Pagerank bakal berkurang, bahkan jauh berkurang. Banyak jenis bisnis online kena imbas dengan tidak konsistennya Google dalam mengupdate Pageranknya. Untuk tahun 2009 rasanya link popularity dan trafik bakal jadi rujukan wajib pengganti Pagerank nih.
Dan satu lagi fenomena dunia blog indonesia tahun 2009 yakni bakal makin membanjirnya blogger-blogger baru dan sebagian besar adalah para pelajar SMP dan SMA. Motivasinya tentu saja duit. Dan mereka rajin-rajin dan ulet lho. Trus rasa ingin tahunya besar dan mau belajar. Para blogger senior harus siap-siap dapat saingan maut nih :D
Tahun 2009 walau diperkirakan krisis global masih berlanjut, saya kira banjir blogger tak dapat dibendung. Mulai dari para newbie yang kini semakin muda saja usianya sampai kepada mudah dan murahnya akses internet menjadikan dunia blogging semakin ramai. Namun, apakah manfaat dari itu semua? Apakah para blogger kini menulis hanya untuk semata-mata mencari rupiah dan dollar saja? Mari kita mulai tahun 2009 ini dengan mengajak teman-teman blogger (baik senior maupun junior) untuk berkumpul dalam suatu kesatuan. Mari kita sisihkan beberapa sen atau rupiah yang kita dapat dari program pay per clik yang kita ikuti (misalnya) untuk ikut menyelamatkan bumi yang kita cintai ini. Ada berapa sih blogger yang ada di Indonesia khususnya? Dan blogger yang ada di dunia pada umumnya? Coba dihitung (ada yang bisa?). Berapa jumlah PPC (pay per click) lokal, paid review lokal, PTC (paid to click) lokal, affiliasi, SEO, social media, social bookmarking dan widget yang ada setiap harinya? Berapa jumlah rupiah atau dollar yang didapat jika setiap blogger menyisihkan sebagian kecil penghasilannya untuk Program Penyelamatan Bumi? Berapa juta pohon yang bisa ditanam? Berapa juta hektar lahan gundul bisa dikribokan kembali? Berapa juta orang yang bisa menikmati segarnya air bersih? Bukan tidak mungkin ditahun-tahun mendatang kita akan mendengar dan menyaksikan serta menikmati indahnya “Hutan Lindung Blogguebo”, “Wana Wisata KumpulBlogger”, “Blogging Forest”, dll. Akankah semua ini terwujud? Mari jadikan mimpi ini menjadi kenyataan!
Menurut aku akan semakin banyak blogger dari para artis terutama dari BlogDetik.com. Kemudian karena internet sudah banyak masuk sekolah saya rasa akan banyak blogger lagi dari kalangan sekolah terutama untuk SMP atau SMA.
Di tahun 2009 internet marketing semakin booming. Begitu pula di Indonesia, blogger Indonesia semakin tumbuh dan berkembang, namun orang-orangnya makin kritis, lebih suka mencari yang gratisan (ebook gratis, e-course gratis, belajar dari blog tutorial, blog yang memuat tips menghasilkan uang lewat blog, dsb). Jadi Blogguebo akan makin sukses di tahun 2009. Banyak blogger yang merekomedasikan e-book gratis dan tips-nya yang keren-keren.
Kayaknya orang akan lebih selektif dalam membeli ebook dan buku-buku mengenai internet marketing, apalagi yang judulnya terlalu bombastis. Orang akan lebih berhati-hati dan tidak lagi mudah dipengaruhi. Semakin banyak orang yang berpikir: mending membaca ebook gratis dari blogger terkenal daripada beli ebook yang belum tentu bagus isinya apalagi bila pengarangnya belum terkenal.
Sebagai akibatnya mencari uang di internet makin susah, butuh kreatifitas baru, cara lama sudah mulai basi.
Program penghasil dollar ikut terimbas krisis, penghasilan dari paid reviews tidak lagi menjanjikan seperti tahun 2008. Domain parking sudah meredup. Google AdSense juga mulai turun pamornya.
Micro niche pada awal tahun 2009 akan booming, menjadi pembicaraan, banyak orang yang belajar topik ini. Akibatnya suatu saat susah sekali mencari keyword untuk micro niche dan orang harus berpikir lebih keras lagi dalam menghasilkan uang di internet.
Intinya di tahun 2009 bisnis internet marketing semakin banyak dilirik orang namun proses menghasilkan uang di internet jadi makin sulit karena ketatnya pesaingan dan imbas dari krisis global.
6. Tongkonan:
Kalau menurut saya PPC dan affiliasi akan tetap menjadi andalan/primadona para blogger atau internet marketer di tahun 2009. Sedangkan paid review dan PTC akan meredup. Tahun 2009 akan dibanjiri blogger-blogger muda yang sebagian besar dari kalangan pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa. Menurut saya, secara umum perkembangan bisnis online di tanah air tidak akan mengalami perkembangan yang signifikan karena pengaruh krisis global.
7. M.Ismail:
Krisis global justru menjadi bahan bakar semakin meledaknya blogging di tahun 2009 tentunya termasuk Indonesia sebagai negara yang memiliki pasar empuk bagi dunia bisnis di Asia.
Blogging sebagai PELUANG DI SAAT KRISIS untuk mendapatkan celah bisnis yang lebih potensial (dengan kata lain “Kesempatan di dalam kesempitan”) pada saat krisis justru peluang semakin besar, dan blog merupakan peluang terbesar dengan biaya sangat rendah (tidak ada biaya delivery, editing, cetak film, dsb) dan target market lebih efektif langsung tepat sasaran. Bandingkan bila promosi atau iklan dengan menggunakan media konvesional, maka promosi via blog jauh lebih murah.
Kelebihan blog yang tidak terdapat pada media lain: murah, langsung pada sasaran market potensial, edukatif untuk membangun trust, dapat menciptakan komunitas sehingga akan membentuk konsumen potensial di masa mendatang, komunikas online, dan saya kira masih banyak lagi d dalam proses ngeblog akan terbentuk sendiri.
Kesimpulannya akan terjadi “EUFORIA BLOGGING” yang tak terduga terutama dari orang-orang marketing dan bisnis. Dan efek dominonya tentu akan semakin laris para web designer dan internet marketer. Semoga kita juga sebagai new blogger ikut kecipratan rezeki. Amin.
8. Jimmy:
Saya masih tetap pada pendirian bahwa di tahun depan makin banyak blogger yang cari duit di internet tapi banyak juga yang mundur karena mengira cari duit dari internet itu gampang. :)
Google PR semakin ketat menghakimi mereka yang jualan link dan paid review, biarpun untuk posisi SERP mereka tetap mengutamakan jumlah backlinks. Jadi kalau tujuan nyari backlink adalah untuk menaikan SERP, menurutku ga masalah PR-nya di jadiin nol sekalipun, selama situsnya ga di banned dari Google Index. Tapi sebagai akibatnya, bisnis jualan link dan paid review jelas mulai tidak dapat diandalkan, kecuali kita mau kucing-kucingan dan beli domain-domain ber-PR yg udah jadi.
Dunia emang lagi krisis, penjualan untuk target pasar Amerika dan Eropa akan lebih sulit dari sebelumnya. Jadi kenapa kita tidak mulai membidik pasar nasional?
Ada wacana kalau sebentar lagi Google Adsense for Content juga akan tersedia untuk Indonesia, jadi kenapa kita tidak mulai jalan duluan membidik pasar micro niche lokal? Emang sekarang trafiknya masih kecil, tapi saat ini penguna internet di Indonesia semakin menggila dengan adanya paket-paket internet murah, apalagi nanti di 2009, internet kita pasti akan lebih murah dengan infrastruktur yang biarpun perlahan pasti akan lebih baik dari saat ini. Semoga.
10. Jafis:
Menurut saya paid review lokal akan booming, secara era new wave marketing gito loh. Berikut opini saya:
1. Dampak krisis global akan membuat beberapa perusahaan menghemat biaya pemasarannya. Nah review produk dari para blogger akan membantu dalam mengangkat image dan popularitas website produk tersebut.
2. Blog berkembang pesat di masyarakat Indonesia. Ini bisa dilihat dari berkembangnya komunitas blog berdasarkan daerah, mereka pasti akan mendorong lahirnya blogger-blogger baru. Berarti ini menjadi market share dari pemasaran product.
3. Semakin gampangnya pembuatan blog sekarang membuat blog menjadi sarana pemasaran yg luas, dari blog komersil, personal branding, konsultan, tutorial, dll.
4. Akan terjadi migrasi pemasaran dari konvensional ke Web 2.0, dimana bila produk ditampilkan dalam blog, akan terjadi interaksi antara penjual dengan pembeli. Nah SEO pasti akan sangat dibutuhkan. Review dari para blogger yang Pagerank tinggi akan dibutuhkan.
5. Review dari blogger sampai saat ini masih tergolong murah, dari 10 ribu, 15 ribu, 20 ribu, 25 ribu sampe seterusnya. Jelas ini menguntungkan para advertiser.
6. Review blogger akan menjadi Marketer 2.0 yg sangat ampuh, dimana bisa diakses dimana saja dan arsipnya terus dibaca search engine.
7. Maraknya social networking yang bisa mengkoneksi dengan blog juga akan menjadi sarana penyampain pemasaran yg bagus. Contohnya: Facebook, Linkedin, StumbleUpon, dll.
Ehmm… bayangkan betapa tergiurnya para advertiser produk terutama kalo mo launching produk baru.
11. Rian:
Blogging menurut saya adalah bagian dari “arus informasi” yg akan sejalan dgn kemajuan IT sehingga krisis global tidak akan banyak berpengaruh menangkal arus perkembangannya sepanjang koneksi internet masih terjangkau. Malahan, dengan munculnya hosting lokal penyedia “blog gratisan” menambah semarak minat ngeblog. ABG yg tadinya hanya maen Friendster sudah banyak yang beralih nge-blog, Artis-artis juga takut dibilang gaptek ikut nge-blog. Maka boleh jadi tahun 2009 nge-blog akan menjadi life style. Soal kontroversi blogger, tema/topik blog, tujuan ngeblog segala macam menurut saya kira bagian dari dinamika dunia maya yg akan terseleksi secara alamiah.
Ayo..nge-blog.
12. Yoki:
Opini saya:
A. Google AdSense akan support bahasa indonesia, salah satu PPC luar yang sudah mendukung penuh bahasa indonesia adalah Bidvertiser. (Info: http://dhinata.com/bidvertiser-resmi-dukung-website-bahasa-indonesia.html). Jadi kemungkinan PPC luar lainnya mulai ngikut juga ada. :)
B. Para blogger yang telah lama ngeblog akan mulai menulis posting diluar MMO (money making online) kecuali para master MMO yang memang memiliki skill dibidang tersebut akan tetap menulis tema MMO. Para blogger pemula tetap akan memulai karirnya dengan menulis tentang MMO karena mereka belum dapat menemukan “jati diri” untuk menulis tema yang sesuai dengan hobi dan kemampuan mereka.
C. Di tahun 2009 desain theme para blogger lama akan semakin bagus, indah dan professional. Mereka akan mulai mengoprek tampilan blog sesuai dengan keinginan dan ciri khas masing -masing. Malah beberapa blogger senior gak segan-segan membayar orang untuk memoles kembali desain blognya.
Ya, itu aja :)
Online bisnis tidak akan meredup seiring dengan meredupnya perekonomian dunia. Memang benar jumlah dan budget yang disediakan oleh advertiser akan menurun. Tapi hal ini akan ditutup oleh banyaknya advertiser baru. Mengapa demikian? karena online advertising sudah terbukti sebagai sarana branding building yang murah dan efektif.
Penetrasi pengguna internet naik berlipat-lipat dewasa ini, terutama di negara-negara dunia ketiga yang relatif tidak begitu terimbas krisis dan belum tergarap secara serius oleh pelaku online advertising dunia. Padahal di negara-negara dunia ketiga inilah pasar potensial sesungguhnya, dimana negara maju sudah mulai mencapai titik jenuh. Jadi saya optimis dunia bisnis online khususnya di Indonesia dan negara berkembang lain akan tetap dan bahkan akan semakin berkembang.
Mengenai patokan advertiser dalam memilih publisher (baca=blogger), saya kira tidak akan berbeda jauh. Peran Google Pagerank tetap dominan, artinya masih dijadikan patokan utama. Alexa rank akan semakin berkurang, karena terbukti kurang akurat. Menurut saya, perannya cenderung akan digantikan oleh Technorati Popularity Rank. Atau juga link popularity secara keseluruhan. Di tahun depan akan makin banyak hadir tool-tool yang memudahkan para blogger untuk mengecek link popularity mereka.
Itu saja sih prediksi saya. Mudah-mudahan ga meleset terlalu jauh.
14. Arwansp:
Memburuknya kondisi ekonomi global beberapa bulan ini, yang katanya juga masih akan berlanjut pada tahun depan, sangat mungkin akan berpengaruh pada dunia blogging tahun 2009. Aktivitas blogging mungkin akan menurun dan juga kekurangan gairah. Menurut aku ini justru merupakan suatu tantangan. Paling tidak ada dua hal yang perlu digarisbawahi di tahun depan: KREATIVITAS dan PERSISTENSI.
Pada tahun 2009, para blogger dituntut untuk lebih kreatif lagi menggali potensi bisnis di dunia blogging. Di saat program paid review mulai sepi, selagi Adsense belum merestui Bahasa Indonesia dan di tengah kondisi PPC lokal yang belum optimal, serta program-program peraup uang lainnya yang juga sedang terimbas krisis, maka kreativitaslah yang bisa menjadi ruh dan jiwa yang bisa menghidupkan dunia blogging.
Dengan kreativitas, seorang blogger atau komunitas blogger dapat menghimpun dan menghidupkan dunia blogging. Ide-ide kreatif walaupun sederhana, (misalnya kontes yang banyak diadakan blog populer) dapat menjadi angin segar yang menyejukkan sekaligus setetes air yang mengurangi rasa dahaga. Paling tidak hal ini bisa menyemangati para nyubi yang masih mencari jati diri di dunia blogging.
Selain kreativitas, di tahun 2009 nanti, blogger juga diuji persistensinya. Aku yakin, masih banyak blogger yang belum mempunyai persepsi yang benar terhadap dunia blogging for profit (mungkin juga termasuk aku hehehe). Aku terkadang masih berpikir bahwa menghasilkan uang dari blog adalah hal yang mudah dan bersifat instan, semudah membalikkan telapak tangan. Walaupun ini sebenarnya bukan murni kesalahanku. Aku menjadi seperti itu karena terpengaruh oleh iklan-iklan yang banyak bertaburan di internet. Iklan yang dibuat terlalu bombastis dan cenderung mengarah ke bentuk penipuan. Iklan yang, kata seorang kawan, hanya menawarkan e-book sampah dan kurang mendidik.
Akan lebih baik kalo kita (bukan kita, tapi aku kali) memperkuat persistensi alias daya tahan dalam melakukan aktivitas blogging sambil terus belajar. Jangan lagi mau dibodohi oleh iklan yang cenderung menyesatkan. Aku percaya bahwa nge-blog adalah hal yang positif jika dilakukan dengan kontinue, tekun dan sungguh-sungguh. Dan nge-blog merupakan aktivitas jangka panjang, seperti layaknya lari maraton. Perlu menjaga irama dan konsistensi. Untuk itu, sekali lagi, persistensi sangat diperlukan.
15. Billah:
Menurut saya bisnis online dari Indo mulai mengeliat. Terlihat dari munculnya paid review lokal, PPC lokal, sayang kurang berani dalam masalah harga/upah, sehingga kiblat blogger matre seperti saya masih pada program-program make money online luar. Tetapi persaingan meraih dollar di 2009 juga akan semakin ketat, terlihat akhir 2008 ini dengan global krisis jumlah advertiser menurun sementara blogger matre selalu bertambah populasinya. Sehingga jika tidak segera berusaha meningkatkan kualitas blog masing-masing, wah bisa pensiun dini. Ke depan, dominasi blog dengan bahasa Inggris tetap menjadi nominasi sebagai alat pendulang dollar terefektif sekalipun persaingan mulai ketat.
Pengalaman pribadi saya sekitar Agustus kemarin membuat blog berbahasa Inggris dan dari blog ini ya alhamdulilah earning Des ’08 ini terkatrol naik drastis. Tinggal sejengkal lagi menembus angka 1000$. :)
16. HeriNXI:
Ini hanya sebuah pengamatan dari seorang Heri.
Yang pertama, menurut saya tahun 2009 merupakan tonggak berkembangnya Indonesia Internet Bussines (IIB). Ga hanya bisnis online yang semakin besar, offline bisnis akan mulai melirik potensi internet untuk sekedar mempromosikan usaha-nya ataupun mulai menggunakan internet dengan online transaction (transaksi online). PTC lokal yang semakin eksis dan “berkualitas” akan menjadi sebuah indikasi yang paling mudah diamati nantinya.
Yang kedua, social media akan semakin dimanfaatkan oleh pelaku-pelaku online di Indonesia sebagai media komunikasi sekaligus media promosi.
Yang ketiga, PTC (Google Adsense, dll) dan product affiliate (Amazon, CB, PPJ, dll) tetap memberikan potongan kue yang paling besar untuk internet marketer/blogger Indonesia (bahkan semakin banyak yang mendalaminya). Hal ini berkaitan dengan semakin redupnya Program Paid Review (yang selama ini menjadi tumpuan “hidup” beberapa blogger).
Kalau menurut prediksi saya sich program affilate program khususnya yang pake’ dollar masih menjadi primadona bagi marketer-marketer kita walaupun ada juga yang lokal tetapi masih menjanjikan yang pake’ dollar karena pangsa pasarnya yang sangat luas dan modal yang dibutuhkan relatif kecil dibanding dengan potensi kembalian yang tinggi serta diiringi semakin bertambahnya pengguna internet baru setiap tahunnya.
Hal lain yang yang mendominasi ditahun 2009 adalah semakin banyak lahirnya komunitas social media, terutama blog karena blog sebagai wadah penunjang kesuksesan bisnis internet dan ajang silahturami serta berbagi informasi antar sesama blogger. Bertambahnya para artis yang juga meramaikan dunia perbloggeran sehingga semakin menumbuhkan semangat untuk ngeblog, dan bertambahnya program program lokal yang mengadopsi dari luar seperti PPC, PTC, Paid review, etc.
Mari kita sambut 2009 dengan semangat 45 demi terwujudnya apa yang menjadi cita-cita kita dan kita buktikan marketer dari Indonesia memang layak dan tidak dipandang sebelah mata.
Menurut saya blogging di tahun 2009 akan tambah berat karena selain krisis global yang berdampak pada semakin berkurangnya budget para advertiser buat ber-iklan juga sepertinya bakal semakin banyak blogger baru yang akan bermunculan. Terlebih ditambah kenyataan bahwa ternyata blogging pun bisa menghasilkan uang. Kemunculan blogger baru ini sepertinya gak cuman di Indonesia tapi di seluruh dunia yang (mungkin) akibat dampak krisis global dimana orang berpikir utk mencari peluang lain dalam memperoleh uang.
Soal bisnis internet sendiri semuanya seperti-nya masih survive. Entah itu paid review, PTC, PPC, affiliate, dll. Tapi ya itu tadi mungkin para advertiser jadi selektif untuk ber-iklan dimana. Mungkin sekarang saatnya buat direct advertising buat berjaya. Karena direct adv ini memungkinkan para advertiser buat tawar menawar dengan kita selaku blogger.
Intinya mah tahun depan bakal berat soal nyari duit lewat blog. Tapi ya nikmati aja deh.
19. Wawanwae:
Analisa saya sederhana saja. Tahun 2009 nanti imbas krisis global tampaknya masih terasa. Dampaknya, perusahaan akan mengurangi belanja iklannya. Tapi dalam marketing modern, iklan tetaplah penting dan tak bisa ditinggalkan. Nah, justru di tengah krisis global, pelaku bisnis online (baca: blogger) justru akan mendapat limpahan berkah.
Kenapa?
Karena, untuk promosi, internet jauh lebih murah dibanding media lain seperti koran atau televisi. Karena itu, tahun 2009 nanti, prediksi saya, advertiser justru akan makin banyak yang melirik website/blog untuk berpromosi. So, dunia blogging tetap menjanjikan.
Urun opini ya Mas (lebih kepada harapan dan saran):
1. Dalam Manajemen Pemasaran dikenal ada 4 P faktor marketing mix: Product (produknya), Price (penetapan harga), Promotion (cara-cara promosi), Place (distribusi fisik produk). Jadi, advertising=promotion masih tetap wajib dilakukan oleh para produsen, biarpun sedang krisis.
Saya BERHARAP para blogger senior (dipimpin Mas Medhy) mendirikan semacam BROKER (BERBEDA dari ReviewMu) yang MELAKUKAN PENDEKATAN kepada produsen produk riil (yang iklannya biasa mejeng di TV) untuk mengalihkan anggaran iklannya dari iklan di TV yang mahal ke internet (blogger) yang absolutely jauh lebih murah.
Kenapa mesti dialihkan ke internet? Lihat data-data di: http://internetworldstats.com/
ID – 237,512,355 population – Area: 1,904,443 sq km
Capital City: Jakarta – GNI p.c.US$ 1,140 (’04) per World Bank
25,000,000 Internet users as of May/08, 10.5% penetration, per APJII.
241,000 broadband Internet connections as of Mar.31/08, per ITU.
Lihat, pengguna internet di negara kita ini sudah 25 juta pengguna. Dan saya yakin akan berakselerasi dengan sangat cepat di tahun 2009 dengan semakin banyaknya penyedia ISP yang murah dan berkualitas. Jadi ini adalah prospek (calon konsumen) yang potensial bagi produsen tersebut. Dan kita berharap kecipratan juga dong.
2. Indonesian Social Media Site, sudah ada seperti Infogue, Lintasberita, Kombes, Bundagaul, dll. Bagaimana kalau Mas medhy mendirikan semacam EntreCard-nya blogger Indonesia. Dengan adanya insentif semacam EC, maka akan menarik para blogger untuk melakukan blogwalking yang berimbas pada semakin meriahnya blogosphere Indonesia.
Itu deh opini ecek-ecek dan gombal dari saya.Hehehe. Thanks Mas.
—————————
Selamat untuk 2 orang penyumbang opini, Belajar Internet Marketing dan Arwansp, yang masing-masing berhak mendapatkan sebuah buku bagus tentang make money from blog dari saya. Hadiah akan saya kirimkan via Tiki. Jadi mohon berkenan mengirimkan informasi nama lengkap dan alamat lengkap untuk pengiriman hadiah, ke alamat email saya di medhy.aginta@gmail.com
Untuk setiap penyumbang opini yang tampil di posting artikel ini, Anda mendapatkanbacklink berkualitas dari Blogguebo.com (PR 4). Lumayan kan? :)
Bagi yang belum beruntung mendapatkan hadiah, jangan patah arang. Insyaallah, di proyek-proyek Blogguebo lainnya Andalah yang akan mendapatkan giliran. Makanya, jangan sampai tidak mengunjungi Blogguebo.com. :)
Semoga bermanfaat. Sretna nova godina!
(Gambar diambil dari YourSuccess.com)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers