Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

MAKALAH PSIKOLOGI DAN AGAMA

Diposkan oleh irfan on Sunday, December 12, 2010




BAB 1
PENDAHULUAN

Manusia adalah suatu mahluk somato-psiko-sosial dan karena itu maka suatu pendekatan terhadap manusia harus menyangkut semua unsur somatiK, psikologik, dan social.
Psikologi secara etimologi memiliki arti “ilmu tentang jiwa”. Dalam Islam,
istilah “jiwa” dapat disamakan istilah al-nafs, namun ada pula yang menyamakan dengan istilah al-ruh, meskipun istilah al-nafs lebih populer penggunaannya daripada istilah al- nafs. Psikologi dapat diterjamahkan ke dalam bahasa Arab menjadi ilmu al-nafs atau ilmu al-ruh. Penggunaan masing-masing kedua istilah ini memiliki asumsi yang berbeda.
Psikologi menurut Plato dan Aristoteles adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.Menurut Wilhem Wundt (tokoh eksperimental) bahwa psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang
mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul dalam diri manusia , seperti
penggunaan pancaindera, pikiran, perasaan, feeling dan kehendaknya.
Menurut Prof. Dr. Zakiah Darajat bahwa psikologi agama meneliti pengaruh agama terhadap sikap dan tingkah laku orang atau mekanisne yang bekerja dalam diri seseorang, karena cara seseorang berpikir, bersikap, bereaksi dan bertingkah laku tidak dapat dipisahkan dari keyakinannya, karena keyakinan itu masuk dalam kostruksi pribadi
Belajar psikologi agama tidak untuk membuktikan agama mana yang paling benar, tapi hakekat agama dalam hubungan manusia dengan kejiwaannya , bagaimana prilaku dan kepribadiannya mencerminkan keyakinannnya
Mengapa manusia ada yang percaya Tuhan ada yang tidak , apakah ketidak percayaan ini timbul akibat pemikiran yang ilmiah atau sekedar naluri akibat terjangan cobaan hidup, dan pengalaman hidupnya.






BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pengertian Dan Objek Psikologi
Psikologi berasal dari bahasa yunani Psyche yang artinya jiwa dan logos yang artinya ilmu pengetahuan. Secara etimologi psikologi artinya ilmu yang mempelajari jiwa, baik macam-macam gejalanya, prosesnya maupun latarbelakangnya.
Objek psikologi adalah jiwa yang bersifat abstrak, tidak dapat di lihat, di dengar, di rasa, di cium atau di raba dengan panca indra. Karena itulah, pada awalnya ilmu psikologi masih di liputi rahasia. Para ahli zaman dulu mencoba menerangkan dan menjawab melalui pandangan dan tinjauan filosofis dan metafisis.
B. Pengertian Agama
Secara sederhana, pengertian agama dapat di lihat dari sudut kebahasaan (etimologis) dan sudut istilah (terminologis). Mengartikan agama dari sudut kebahasaan akan terasa lebih mudah di bandingkan mengartikan agama dari sudut istilah, karena pengertian agama dari sudut istilah ini sudah mengandung muatan subjektivitas dari orang yang mengartikannya, atas dasar ini maka tidak mengherankan jika muncul beberapa ahli yang tidak tertarik mendefinisikan agama. James H. Leuba misalnya, berusaha mengumpulkan semua definisi yang pernah di buat orang tentang agama, tak kurang dari 48 teori. Namun akhirnya ia berkesimpulan bahwa usaha untuk membuat definisi agama itu tidak ada gunanya karena hanya kepandaian bersilat lidah (Abuddin Nata: 8).
Menurut Jalaluddin kesulitan itu cukup beralasan (Jalaluddin: 240). Pertama, agama sebagai keyakinan terkait dengan kehidupan batin manusia yang paling dalam (Inner life). Bagaimanapun, hal-hal yang menyangkut keyakinan sulit untuk di ungkapkan secara tepat dalam terminologi ilmiah. Kedua,setiap pakar mendefisinikan agama dari sudut pandangan yang berbeda, sesuai dengan ilmunya masing-masing.
Pernyataan diatas sengaja kami kemukakan di makalah ini sebelum memasuki pengertian agama lebih lanjut, dengan tujuan agar kita tidak memandang bahwa  suatu pengertian agama yang dikemukakan seorang ahli dianggap lebih unggul dibandingkan dengan  pengertian agama yang diberikan yang laennya sehingga lebih superior dan tertutup untuk menerima pendapat orang lain yang justru merugikan
Dari beberapa definisi yang kami temukan kami memilih dari Harun Nasution yang mendefinisikan agama sebagai ikatan yang harus dipegang dan dipatuhi manusia. Ikatan ini mempunyai pengaruh besar sekali terhadap kehidupan manusia sehari-hari. Ikatan itu berasal dari suatu kekuatan yang lebih tinggi dari manusia. Satu kekuatan gaib yang tidak dapat ditangkap oleh panca indra (Harun Nasution: 9).
C. Fungsi Agama
Masalah agama tak akan mungkin dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat. Dalam prakteknya fungsi agama dalam masyarakat menurut jalaluddin antara lain :
1.    Sebagai edukatif, agama mengarahkan dan membimbing penganutnya menjadi baik dan terbiasa dengan yang baik menurut ajaran agama masing-masing.
2.    Sebagai penyelamat, dimanapun manusia berada dia selalu menginginkan dirinya selamat. Dalam mencapai keselamatan itu, agama mengajarkan para penganutnya melalui: pengenalan kepada masalah sakral, berupa keimanan kepada tuhan.
3.    Sebagai pendamaian, penganut agama dapat mencapai kedamaian batin melalui tuntunan agamanya, rasa berdosa dan rasa bersalah akan segera menjadi hilang dari batinnya apabila seseorang telah menebus dosanya melalui: tobat, pensucian ataupun penebusan dosa. (jalaluddin: 325).
D.  Pemgertian Psikologi Agama
Dari pengertian psikologi dan pengertian agama . dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi agama adalah ilmu yang mempelajari gejala – gejala kejiwaan manusia yang berkaitan dengan pikiran , perasaan dan kehendak yang bersifat abstrak yang menyangkut dengan masalah yang berhubungan dengan kehidupan bathin ,manusia yang mempengaruhi perbuatan – perbuatan manusia dan menimbulkan cara hidup manusia atau ajaran – ajaran yang diwahyukan  tuhan kepada Mnusia melalui seorang rasul.
Menurut Prof Dr. Zakiah Daradjat. Psikologi agama adalah cabang dari psikologi yang meneliti dan menelaah kehidupan beragama pada seseorang dan mempelajari seberapa besar pengaruh keyakinan agama itu dalam sikap dan tingkah laku serta keadaan hidup pada umumnya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa psikologi agama, adalah ilmu yang  mempelajari tingkah laku makhluk hidupmengenai kehidupan beragama pada seseorang dan mempelajari seberapa besar pengaru keyakinan beragama serta keadaan hidup pada umumnya.
E.  Bentuk-bentuk Interaksi Agama Dan Psikologi

Hubungan antara kejiwaan dan agama dalam kaitannya dengan agama sebagai keyakinan dan kesehatan jiwa, terletak pada sikap penyerahan diri seseorang terhadap suatu kekuasaan yang maha tinggi. Sikap pasrah yang serupa itu akan memberi sikap optimis pada diri seseorang sehingga muncul perasaan positif seperti rasa bahagia, rasa senang, puas, sukses, merasa di cintai atau rasa aman. Orang yang sehat mentalnya adalah orang yang dalam rohani atau dalam hatinya selalu merasa tenang, aman dan tenteram. Orang yang tidak merasa tenang, aman serta tenteram dalam hatinya adalah orang yang sakit rohani atau mentalnya, tulis H. Carl Withrington (Jalaluddin: 166-176)
       Psikologi atau ilmu jiwa adalah ilmu yang mempelajari jiwa seseorang melalui gejala perilaku yang dapat diamatinya. Menurut Zakiyah Darodjat, perilaku seseorang yang tampak lahiriyah terjadi karena dipengaruhii oleh keyakinan yang dianutnya. Seseorang ketika berjumpa saling mengucapkan salam, hormat kepada kedua orang tua, kepada guru, menutup aurot, rela berkorban untuk kebenaran dan sebagainya merupakan gejala-gejala keagamaan yang dapat dijelaskan melalui ilmu jiwa. Ilmu jiwa menurut Zakiyah Darodjat tidak akan mempersoalkan benar tidaknya suatu agama yang dianut seseorang, melainkan yang dipentingkan adalah bagaimana keyakinan agama tersebut terlihat pengaruhnya dalam perilaku penganutnya (Zakiyah Darodjat: 76).
       Kita misalnya dapat mengetahui pengaruh dari sholat, puasa, zakat, haji dan ibadah lainnya dengan melalui ilmu jiwa. Dengan pengetahuan ini maka dapat disusun langkah-langkah baru yang lebih efisien lagi dalam menanamkan ajaran agama (Abuddin Nata: 51)





BAB III
KESIMPULAN

Psikologi berasal dari bahasa yunani Psyche yang artinya jiwa dan logos yang artinya ilmu pengetahuan. Secara etimologi psikologi artinya ilmu yang mempelajari jiwa, baik macam-macam gejalanya, prosesnya maupun latarbelakangnya.
Harun Nasution yang mendefinisikan agama sebagai ikatan yang harus dipegang dan dipatuhi manusia. Ikatan ini mempunyai pengaruh besar sekali terhadap kehidupan manusia sehari-hari. Ikatan itu berasal dari suatu kekuatan yang lebih tinggi dari manusia. Satu kekuatan gaib yang tidak dapat ditangkap oleh panca indra.
psikologi agama adalah ilmu yang mempelajari gejala – gejala kejiwaan manusia yang berkaitan dengan pikiran , perasaan dan kehendak yang bersifat abstrak yang menyangkut dengan masalah yang berhubungan dengan kehidupan bathin ,manusia yang mempengaruhi perbuatan – perbuatan manusia dan menimbulkan cara hidup manusia atau ajaran – ajaran yang diwahyukan  tuhan kepada Mnusia melalui seorang rasul.
Ilmu jiwa menurut Zakiyah Darodjat tidak akan mempersoalkan benar tidaknya suatu agama yang dianut seseorang, melainkan yang dipentingkan adalah bagaimana keyakinan agama tersebut terlihat pengaruhnya dalam perilaku penganutnya.














DAFTAR PUSTAKA

Abuddin Nata. 2009. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Rajawali Pers
Harun Nasution. 1979. Islam Di tinjau Dari Berbagai Aspeknya. Cet.I. Jakarta: UI Press
Jalaluddin Rakhmat.2003.  Psikologi Agama: Sebuah Pengantar. Bandung: Mizan
Http://www.canboyz.co.cc/2010/03/makalah-psikologi-agama-dan.html



{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers