Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

makalah ragam belajar

Diposkan oleh irfan on Sunday, November 07, 2010


KATA PENGANTAR


           
Puji syukur kehadirat tuhan yang maha Esa atas segala rahmat dan petunjuk yang telah di berikan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “JENIS DAN PRINSIP PEMBELAJARAN ” dengan lancar.
            Dalam sebuah pembelajaran terdapat jenis dan prinsip ­– prinsip yang perlu di ketahui baik yang belajar maupun yang mengajar agar kegiatan pembelajaran tersebut bisa berjalan sesuai dengan tujuan.
            Isi dari makalah kecil karya kami ini tentunya masih jauh dari kesempurnaan untuk itu kritik dan saran dari para pembaca yang budiman sangat kami harapkan.
            Akhirnya kami dari penulis dengan segala kelebihan dan kekurangan mohon maaf , semoga makalah ini ada guna dan manfaatnya.


Jombang, 06 november 2010


Penulis






BAB I
PENDAHULUAN
           

Dalam proses kegiatan belajar mengajar sebelumnya ada yang harus di perhatikan baik pengajar maupun peserta pendidik, salah satunya yaitu mengenai jenis dan prinsip pembelajaran. Hal tersebut penting sekali karena di harapkan nanti dalam proses belajar mengajar dapat terlaksana sesuai degan tujuan yang di tetapkan.
            Untuk mempertemukan tujuan pembelajaran dapat di upayakan dengan cara mengkomunikasikan tujuan tersebut kepada siswa. dampaknya memang berbeda – beda pada diri rangsangan agar siswa merumuskan sendiri apa yang di ingikan atau di harapkan dari kegiatan belajar yang hendak di lakukan.
            Keaneragaman jenis belajar muncul dalam dunia pendidikan sejalan dengan kebutuhan kehidan manusia yang bermacam –macam. lebih jelasnya mengenai jenis dan prinsip pembelajaran akan di terangkan pada bab selanjutnya. 












BAB III
PENUTUP
Kesimpulan :
1.       Jenis – jenis belajar antara lain :
a.       Abstrak
b.       Keterampilan
c.       Social
d.       Pemecahan masalah
e.       Rasional
f.        Kebiasaan
g.       Apresiasi
h.       Pengetahuan
2.       Prinsip pembelajaran :
a.       Prinsip belajar
-          Hasil belajar sepatutnya menjangkau banyak segi
-          Hasil belajar diperoleh berkat pengalaman
-          Belajar merupakan suatu kegiatan yang mempunyai tujuan
b.       Prinsip mengajar
-          Mengajar harus berdasarkan pengalaman yang sudah dimiliki siswa
-          Pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan harus bersifat praktis
-          Mengajar harus memperhatikan perbedaan individual setiap siswa
-          Kesiapan dalam belajar sangat penting dijadikan landasan dalam mengajar
-          Tujuan pembelajaran harus diketahui siswa
-          Mengajar harus mengikuti prinsip psikologi tentang belajar



BAB II
PEMBAHASAN
1.RAGAM – RAGAM BELAJAR
            Keanekaragaman jenis belajar ini muncul dalam dunia pendidikan sejalan dengan kebutuhan kehidupan manusia yang juga bermacam – macam.
1.       Ragam abstrak
Belajar absrtak ialah belajar yang menggunakan cara – cara berpikir abstrak. Tujuannya adalah untuk memperoleh pemahaman dan pemecahan masalah – masalah yang tidak nyata.
2.       Ragam keterampilan
Belajar keterampilan adalah belajar dengan menggunakan gerakan – gerakan motorik  yakni yang berhubungan dengan urat – urat syaraf dan otot – otot / neuromuscular. Tujuannya adalah memperoleh dan menguasai keterampilan jasmaniah tertentu. Dalam belajar jenis ini latihan – latihan intensif dan teratur amat diperlukan. Termasuk belajar dalam jenis ini misalnya belajar olahraga, music, menari, melukis, memperbaiki benda – benda elektronik, dan juga sebagian materi pelajaran agama, seperti ibadah sholat dan haji.
3.       Ragam social
Belajar social pada dasarnya adalah belajar memahami masalah – masalah dan tehnik -tehnik untuk memecahkan masalah tersebut. Tujuannya adalah untuk menguasai pemahaman dan kecakapan dalam memecahkan masalah – masalah sosial seperti dalam masalah keluarga, masalah persahabatan, masalah kelompok, dan masalah – masalah lain yang bersifat kemasyarakatan.
4.       Ragam pemecahan masalah
Belajar pemecahan masalah pada dasarnya adalah belajar menggunakan metode – metode ilmiah atau berpikir secara sistematis, logis, teratur, dan teliti. Tujuannya ialah untuk memperoleh kemampuan dan kecakapan koknitif untuk memecahkan masalah secara rasional, lugas, dan tuntas. Untuk itu kemampuan siswa dalam menguasai konsep – konsep, prinsip – prinsip dan generalisasi serta insight (tilikan akal) amat diperlukan.
5.       Ragam rasional
Belajar rasional ialah belajar dengan menggunakan kemampuan berpikir secara logis dan sistematis (sesuai dengan akal sehat). Tujuannya ialah untuk memperoleh aneka ragam kecakapan menggunakan prinsip – prinsip dan konsep – konsep. Jenis belajar ini sangat erat kaitannya dengan belajar pemecahan masalah. Dengan belajar rasional, siswa diharapkan memiliki kemampuan rational problem solving, yaitu kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan pertimbangan dan strategi akal sehat, logis dan sistematis (Reber, 1998).
6.       Ragam kebiasaan
Belajar kebiasaan adalah proses pembentukan kebiasaan – kebiasaan baru atau perbaikan kebiasaan – kebiasaan yang telah ada. Belajar kebiasaan, selain menggunakan perintah, suri tauladan dan pemgalaman khusus, juga menggunakan hukuman dan ganjaran. Tujuannya agar siswa memperoleh sikap – sikap dan kebiasaan perbuatan baru yang lebih tepat dan positif dalam arti selaras dengan kebutuhan ruang dan waktu (kontekstual).
7.       Ragam apresiasi
Belajar apresiasi adalah belajar mempertimbangkan ( judgment ) arti penting atau nilai suatu objek. Tujuannya adalah agar siswa memperoleh dan mengembangkan kecakapan ranah rasa (affective skills) yang dalam hal ini kemampuan menghargai secara tepat terhadap nialai objek tertentu misalnya apresiasi sastra, apresiasi music, dan sebagainya.
8.       Ragam pengetahuan
Belajar pengetahuan (studi) ialah belajar dengan cara melakukan penyelidikan mendalam terhadap objek pengetahuan tertentu. Studi ini juga dapat diartikan sebagai sebuah program belajar terencana untuk menguasai materi pelajaran dengan melibatkan kegiatan investigasi dan eksperimen (Reber, 1988). Tujuan belajar pengetahuan adalah agar siswa memperoleh atau menambah informasi dan pemahaman terhadap pengetahuan tertentu yang biasanya lebih rumit dan memerlukan kiat khususdalam mempelajarinya, misalnya dengan menggunakan alat – alat laboratorium dan penelitian lapangan.

2.PRINSIP BELAJAR
            Prinsip belajar menurut Wingo (1970:194)
a.       Hasil belajar sepatutnya menjangkau banyak segi
Dalam suatu proses belajar, banyak segi yang sepatutnya dicapai sebagai hasil belajar, yaitu meliputi pengetahuan dan pemahaman tentang konsep, kemampuan menerapkan konsep, kemampuan menjabarkan dan menarik kesimpulan serta menilai kemanfaatan suatu konsep, menyenangi dan member respons yang positif terhadap sesuatu yang dipelajari, deperoleh kecakapan melakukan suatu kegiatan tertentu.
b.       Hasil belajar diperoleh berkat pengalaman
Kemauan dan dorongan untuk melakukan kegiatan yang dapat member pengalaman belajar untuk mencapai pemahaman sepatutnya muncul dari dalam diri sendiri. Kemunculan hal tersebut disebabkan oleh adanya rangsangan yang dating dari luar lingkungan. Dalam kegiatan belajar mengajar, rangsangan dapat ditimbilkan dari guru, dengan menyodorkan suatu materi pelajaran yang bersifat problematik, atau materi pembelajaran yang mengandung permasalahan yang menuntut upaya menemukan pemecahan melalui suatu proses pencarian dan penemuan atau prose pemecahan masalah.
c.       Belajar merupakan suatu kegiatan yang mempunyai tujuan
Dalam proses belajar, apa yang ingin di capai sepatutnya di rasakan dan di miliki olehsetiap siswa. Tujuan belajar bukan berarti tujuan pembelajaran , karena tujuan pembelajaran merupakan tujuan dan harapan yang ingin di capai guru dari kegiatan yang di lakukan. Meskipun  apa yang di inginkan guru atau yang di harapkan itu kemunculannya pada diri siswa , namun belum tentu apa yang di inginkan guru itu sesuai dengan apa yang di inginkan siswa. 

3.PRINSIP MENGAJAR
Prinsip –prinsip yang di jadikan pegangan guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah :
1.       Mengajar harus berdasarkan pengalaman yang sudah di miliki siswa.
Apa yang di telah di pelajari merupakan dasar dalam mempelajari materi pembelajaran yang akan di ajarkan. Oleh karena itu tingkat kemampuan siswa sebelum proses pembelajaran berlangsung harus di ketahui guru. Tingkat kemampuan semacam ini di sebut entry behavior. Entry behavior dapat di ketahui di antaranya dengan melakukan pre tes. Hal ini sangat penting agar proses pembelajaran dapat efektif dan efisien
2.       Pengetahuan dan keterampilan yang di ajarkan harus bersifat praktis.
Materi – materi pembelajaran yang berkaitan dengan segi – segi kehidupan yang bersifat praktis pada umumnya dapat menarik minat siswa untuk mempelajari. Dengan mempelajari materi  pembelajaran yang di kaitkan dengan hal itu perhatian yang bersifat khusus akan muncul , karena bisa jadi , materi pembelajaran yang sama, namun di kaitkan dengan kehidapan yang praktis, akan memunculkan keterkaitan dengan segi –segi  terntu yang sangat beragam.
3.       mengajar harus memperhatikan perrbedaan individual setiap siswa.
            Ada perbedaan individual dalam kesanggupan belajar. Setiap individu mempunyai kemampuan potensial ( seperti bakat dan intelegensi ) yang berbeda antara satu dengan yang lainnya . apa yang dapat di pelajari seseorang secara cepat, mungkin tidak dapat di lakukan oleh yang lain dengan cara yang sama. Oleh karena itu mengajar harus memperhatikan perbedaan tingkat kemampuan masing –masing siswa.
4.        Kesiapan ( readiness ) dalam belajar sangat penting di jadikan landasan dalam mengajar.
            Kesiapan  adalah kapasiti ( kemampuan potensial ) baik bersifat fisik maupun mental untuk melakukan sesuatu. Jika siswa siap untuk melakukan proses belajar , hasil belajardapat di peroleh dengan baik, oleh karena itu pembelajaran di laksanakan kalau individu mempunyai kesiapan.

5.        Tujuan pembelajaran harus di ketahui siswa.
     Tujuan pembelajaran merupakan rumusan tentang perubahan perilaku apa yang akan di peroleh setelah proses pembelajaran. Jika tujuan diketahui, siswa mempunyai motivasi untuk belajar. Agar tujuan mengajar  mudah di ketahui, maka tujuan harus di rumuskan  secara khusus.
6.         Mengajar harus mengikuti  prinsip psikologi tentag belajar.
      Para ahli psikologi merumuskan prinsip, bahwa belajar itu harus bertahap dan menigkat oleh karena itu mengajar harus mempersiapkan materi pembelajaran yang bersifat gradual seperti yang telah di uraikan sebelumnya, yaitu: dari sederhana kepada yang kompleks (rumit ), konkrit kepada yang abstrak.


















DAFTAR PUSTAKA
Hakim, Lukman. 2008. Perencanaan pembelajaran. Bandung : cv wacana prima
Syah, muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta : rajawali pres
          
 





{ 2 komentar... read them below or add one }

abdulz rohmanz said...

haturnuhun mas,,,atas berbagi ilmunya...bermanfa'at banget buat kami dkk semoga tuhan memudahkanmmu dalam segala urusan amien..

abdulz rohmanz said...

haturnuhun telah berbagi ilmu,,,manfaat banget buat kami dkk

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers