Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

FINAL TEST

Diposkan oleh irfan on Sunday, November 14, 2010


A. 1. Sarros dan Butchatsky (1996), Kepemimpinan adalah suatu perilaku dengan tujuan tertentu untuk mempengaruhi aktivitas para anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama yang dirancang untuk memberikan manfaat individu dan  kelompok.

Hersey dan Blanchard (1982), Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktivitas seseorang atau kelompok orang untuk mencapai tujuan dalam situasi tertentu.

James J. Jones, C. Jacksen Salihury and Ralph L. Spencer (1969), Kepemimpinan adalah setiap anggota dari lingkungan utuk melakukan, membuat keputusan dan memberikan kewajiban-kewajibab dan menyiapkan diri untuk bekerjasama dengan yang plain. Dengan bahasa yang lebih sederhana yakni melakukan tugas yang telah dibuat bersama.

Anderson (1988), Kepemimpinan adalah cara menggunakan kekuatan untuk mempengaruhi aktifitas pada yang lain agar kinerjanya menigkat.

Kesimpulannya:
Kepeminpnan adalah cara yang digunakan untuk mempengaruhi orang lain agar orang lain melakukan konsep yang telah direncanakan sebelumnya, dan mempengaruhi orang lain untuk bisa bekerja sama sebagai tim demi tercapainya tujuan.
2.   Pendekatan dan Kepemimpinan Pendidikan Islam
a.       Pendekatan sifat, dalam pendekatan sifat ini menurut Ralph M. Stogdill meliputi: Kapasitas, Prestasi, Tanggung jawab, Partisipasi dan Status.
b.      Pendekatan situasional, meliputi: Perangkat struktur organisasi, Iklim organisasi, Karakteristik peranan, kteristik bawahan.
c.       Pendekatan kontigensi.
Keefektifan pemimpin tergantung pada karakteristik kepribadian dan perilaku pemimpin dengan variabel situasional (struktur tugas, posisi kekuasaan, keterampilan, sikap bawahan).  Jadi pendekatan kontigensi memprediksi tipe pemimpin mana yang efektif dalam tipe situasi yang berbeda-beda.
d.      Pendekatan Model kontigensi Fiedler.
pemimpin diharuskan memiliki hubungan yang baik terlebih dahulu dengan bawahannya. Pemimpin harus apresiatif, terbuka, bertanggung jawab, dan melakukan pendekatan yang baik pada bawahan. Hal ini dilakukan agar kinerja para bawahan meningkat dan organisasi cepat berkembang.
e.       Pendekatan Keefektifan pemimpin.
Menurut Fiedler, kriteria keefektifan adalah seberapa jauh kelompok memenuhi tugas utamanya.  Output kelompok bukan semata-mata fungsi keterampilan pemimpin, keefektifan pemimpin dilihat dari bagaimana kelompok melaksanakan tugas-tugas dengan baik. Rata-rata mutasi, kepuasan kerja, semangat, penyesuaian kelompok dapat membantu performansi kelompok.

Kepemimpinan dilembaga kami (MIN 45 pacitan), tidak ada transparansi keuangan sekolah. Segala bentuk keuangan sekolah langsung ditangani kepala sekolah, sehingga memicu terjadinya konflik antara guru dan kepala Sekolah.
Pemicu konflik diatas adalah tidak adanya transparansi dalam pengelolaan keuangan sekolah. Konflik ini bila dianalisa dengan analisis SWOT sudah diketahui sumber permasalahan utamanya “tidak ada transparansi keuangan” sehingga diperlukan cara untuk memperjelas (adanya transparansi) masalah keuangan sekolah tersebut.
Bila guru-guru menemui jalan buntu dalam bernegoisasi dengan kepala sekolah untuk mentransparansikan hal tersebut, maka guru-guru harus meminta bantuan pihak ketiga (mediator) untuk menjembatani kepala sekolah dengan guru dalam rangka terciptanya transparansi keuangan Sekolah.
Prioritas yang perlu ditekankan dalam hal ini adalah dibentuknya staff yang mengelola keuangan sekolah. Bila hal tersebut sudah ada maka semua komponen sekolah tersebut harus benar-benar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan tugas masing-masing termasuk keuangan sekolah harus dikelolah oleh staff yang bertugas mengelola keuangan sekolah tersebut.   

B.
1.      Kepemimpinan adalah latihan dalam kebijakan sebuah grup, yang didalamnya ada beberapa kelompok kerja, beberapa team, kelompok guru,  orang tua, dan murid-murid. Dan hal-hal yang harus dikembangkan oleh seorang pemimpin diantaranya adalah:
a.       Pemimpin dalam mengatur sekolah harus mempunyai kecakapan untuk bekerja sama dengan yang lain dalam komunitas sekolah untuk memformulasikan sebuah visi.
b.      Memiliki hubungan personal “educational platform” untuk membentuk kerjanya.
c.       Visi adalah mengkomunikasikan cara yang menjamin komitmen antar staff, murid, orang tua dan komunitas lainnya.
d.      Ada beberapa segi dalam aturan kepemimpinan “tehnical human” pendidikan, simbul dan budaya, dengan simbul yang tertinggi dari segi budaya.
e.       Mengikuti perkembangan zaman dan permasalahan, ancaman, peluang dari sekelilingnya dan masyarakat luas, nasional dan internasional.
f.        Kepemimpin adalah menguasai yang lainnya adalah kunci untuk mensukseskan dan mengatur sekolah.
2.            Yang akan dikembangkan (sebagai pemimpin pendidikan islam) adalah   menguasai yang lainnya untuk mensukseskan lembaga yang kami pimpin. Dan cara-cara yang akan ditempuh tentunya sesuai cara yang diajarkan dalam konsep kepemimpinan pendidikan islam, diataranya;
a.       Menciptakan suasana pekerjaan yang sehat dan menyenangkan.
b.      Membentuk moral bawahan yang tinggi.
c.       Menentukan tujuan bersama dan bagaimana mencari jalan.
d.      Menyusun rencana pekerjaan bersama anggota.
e.       Memberi motivasi.
f.        Pembagian tugas serta memberi kepercayaan kepada anggota.
g.       Bijaksana.
h.       Kreatif.
i.         Bertanggung jawab.

C. Kasus SMKN 1 jember tersebut, gaya kepemimpinan kepala sekolah sesuai dengan gaya kepemimpinan “Laissez-Faire (Prancis: Biarkan terjadi/berbuat)”. Tidak mau tahu tentang pembangunan gedung Sekolah yang bersumber dari APBD.
Pernyataan kepala sekolah yang hanya focus pada KBM tidak dapat diterima begitu saja walau hal tersebut mimang tugas kepala sekolah dalam menjaga ke-efektifan proses belajar mengajar. Namun demikian, mestinya kepala sekolah mempunyai tanggung jawab terhadap kondisi fisik sekolah, dalam hal ini kepala sekolah hendaknya juga ikut berperan serta atas pembangunan gedung sekolah yang diambil dari dana APBD tersebut, guna menghindari terjadinya penyimpangan dana yang telah dialokasikan untuk pembangunan sekolah, sehingga bangunan sekolah layak dihuni sesuai dengan apa yang telah direncanakan.
“Sebagai komite Sekolah” sifat kepala sekolah diatas tidak memenuhi fungsinya dalam menciptakan suasana kerja sama yang kondusif. Dalam hal ini kepala Sekolah semestinya memupuk kerja sama yang baik dengan pihak pemerintah yang berwenang, menanamkan perasaan ikut memiliki, dan ikut bertanggung jawab terhadap pembangunan gedung Sekolah yang diambilkan dari dana APBD tersebut. Dengan demikian kepala sekolah benar-benar  bertanggung jawab terhadap sekolah yang dipimpinnya.

{ 2 komentar... read them below or add one }

Anonymous said...

thanks atas postingannya.. It's so useful for me.. Rasyid- Jombang.

irfan said...

oke gan... sip... dah.. thank juga dah koment.. heheh.e.
anek juga nak jombang heheheh.. jmbg mna nich ..hohohoh
sering2 mampir n komnet ea gan

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers