Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

Agama Dan Kekerasan Dalam Transisi Demokrasi di Indonesia

Diposkan oleh irfan on Saturday, October 09, 2010


Judul                : Agama Dan Kekerasan Dalam Transisi Demokrasi di Indonesia
Penulis              : Haqqul Yaqin
Penerbit            : Elsaq Press komplek POLRI gowok blok D 2 No. 186.
Cetakan           : 1 Agustus 2009
Halaman           : 196 halaman



Agama merupakan keharusan hidup (a must for human life). Karena itu kurang tepat melihat agama dari aspek kegunaanya (utilitiy) tapi bagaimana ia dapat diamati dari implikasi nilai lebih (meaningfulness) dalam kehidupan ini.
Semua agama menolak kekerasan sebagai prinsip dalam melakukan suatu tindakan. Pada dasarnya kekerasan adalah prinsip yang bersifat amoral karena kekerasan selalu mengandaikan pemaksaan kehendak terhadap pihak lain yang berarti pelanggaran terhadap asas kebebasan dalam interaksi sosial.
Kekerasan dan agama sepintas merupakan dua pengertian yang sangat berbeda dan berbentangan. Agama dilihat sebagai seperangkat dogma dan aturan yang selalu mendorong para pemeluknya untuk mengamalkan kasih dan menebarkan perdamaian. Sementara kekerasan adalah wilayah lain yang tidak mungkin disandingkan dengan misi perdamaian yang diemban agama.
Ajaran agama itu baru menjadi konkrit sejauh ia dihayati oleh pemeluknya. Dalam realitas sosial, merupakan sesuatu yang tidak mungkin melakukan pemisahan antara agama dan pemeluknya. Oleh karena agama itu sering dijadikan landasan legitimasi oleh para pemeluknya untuk mengabsahkan tindakan-tindakanya yang secara tidak langsung justru telah mereduksi makna keberagamannya. Agama dalam hal ini terasa begitu sulit menjadi dasar atau landasan yang diarahkan untuk mengatasi persoalan-persoalan sosial yang semakin kompleks. Keadaan di atas semakin ternodai manakala ketulusan agama sering dipolitisir untuk menggalang solidaritas dan kekuatan massa demi tujuan-tujuan yang berada di luar kehendak ideal agama.
Selanjutnya agama dipahami sebagai virus penebar kebencian yang dalam sepanjang sejarahnya menyisakan dendam yang siap dihunuskan kepada siapapun (yang dianggap kafir, mengancam kesatuan bangsa, atau menetang pemerintahan yang sah) dengan mengatasnamakan tuhan.
Dalam memecahkan setiap konflk sosial politik, agama selalu dijadikan pilihan akhir yang dianggap lebih efektif, sehingga agama lebih dikenal di kalangan masyarakat tak lebih dikenal merupakan sesuatu yang menakutkan. Agama kini menjadi ideologi politik (agama politik) sebagai instrumen kekuasaan, karenanya agama cenderung memberi corak kasar dan brutal terhadap prilaku pemeluknya.
Agama dilihat sebagai sistem kepercayaan yang mencerminkan kekuatan moral baik secara individual maupun sosial. Dalam memberikan dorongan moral kepada individu, agama selalu mengajak pemeluknya untuk berbuat baik, menjauhkan diri dari kejahatan dan hawa nafsu, mengejar keselamatan dan ketentraman di dunia maupun di akhirat. Sedangkan secara sosial, agama sebagai cermin bagi terjadinya distorsi khlak dan budi pekerti dalam masyarakat. Korupsi, penindasan, kemaksiatan, dan tindakan-tindakan amoral lainnya yang berimplikasi sosial dianggap abnormal dan sangat bertentangan dengan nilai-nilai dan cita-cita agama yang menjunjung tinggi keluhuran moral.
Dengan demikian, menolak setiap tindakan yang dianggap bertentangan dengan cita-cita ideal di atas. Demikian halnya dengan kekerasan, mustahil agama mendorong para pemeluknya untuk bertindak dengan cara-cara kekerasan karena hal ini tidak sesuai dengan karakter dan fitrah agama.
Namun yang menjadi persoalan ketika di sisi lain agama diakui memiliki simbol-simbol kekerasan yang terakomodasi dan secara konstitutif tertera dalam ajaran-ajaranya (teks keagamaan). Sekalipun agama bahkan mengakui kekerasan sekalipun dalam konteks realitas dari sebuah dunia yang tidak ideal (given reality), dunia insani, dunia yang sarat dengan hawa nafsu dan keberdosaan. Secara fenomenologis, agama tidak terlepas dari praktik-praktik kekerasan walaupun harus dimaknai dengan nalar-nalar teologis dan sublimatif. Ajaran agama secara implisit seringkali menyebutkan rangkaian kekerasan dalam rentang waktu tertentu. Dalam Islam dikenal istilah jihad, Kristen mengenal penyaliban Yesus, Hindu Bali mengenal Calonarang, Baris Cina, bahkan istilah kurban dikenal di hampir seluruh agama.
Oleh karena itu, dalam buku ini penulis mencoba mengungkapkan beberapa bentuk dari kekerasan yang ada dalam agama, seperti apakah kekerasan yang terdapat dalam suatu agama yang selalu mengajarkan kebaikan, kelembutan, menyebarkan kedamaian, saling mengasihi antar umat beragama. Apakah kekerasan itu berbentuk pembunuhan antar umat beragama yang tindakannya menyeleweng dari ajaran tersebut? Ataukah kekerasan itu lebih bersifat refresif yang di dalamnya mengandung amoral, ataukah kekerasan yang dimaksud oleh penulis merupakan suatu kekerasan yang diarahkan untuk tujuan keselamatan,,,?? Karena moralitas agama adalah kesadaran, kebenaran dan kesalehan yang selalu mendorong pemeluknya untuk saling mengasihi satu sama lain. Agama juga selalu mempertimbangkan makna hidup, kebenaran, kebaikan, dan tujuan luhur,  sedangkan kekerasan adalah suatu tindakan yang tidak manusiawi, karena manusia pada dasarnya adalah mahluk sosial dan amoral.
Dalam buku ini, bahasa yang digunakan penulis sangat lugas dan juga tidak bertele-tele sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Penulis juga mencantumkan beberapa arti dari kata yang sulit dipahami. Sehingga ketika pembaca tidak mengerti akan makna tersebut, pembaca bisa langsung melihat maknanya. Namun, terlepas dari kelebihan yang ada dalam buku ini, terdapat juga beberapa kekurangannya. Dalam menuliskan arti kata yang sulit, sebaiknya penulis meletakan foot note, sehingga ketika pembaca menemukan kata sulit bisa melihat artinya dicatatan yang tertera dalam foot note secara langsung. Namun dalam buku ini penulis meletakan arti kata tersebut dihalaman belakang. Jadi pembaca akan merasa sulit untuk mencari arti kata tersebut dan mungkin juga akan merasa malas untuk membukanya. Karena selain harus membuka halaman belakang pembaca juga harus mencari nomor dari kata tersebut, pembaca juga tidak bisa langsung menemukannya. Tujuan dari adanya foot note agar dalam pencarian arti kata bisa lebih efektif dan tidak membingungkan bagi pembaca.
Agar kita semua bisa mengerti dan memahami apa sebenarnya yang ingin diungkapkan oleh penulis tentang kekerasan yang ada dalam agama, sebaiknya kita membaca buku ini supaya kita bisa memahami bentuk dari kekerasan yang ada dalam agama dan agar kita juga tidak berpresepsi bahwa agama identik dengan suatu kekerasan.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers