Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

Manfaat Mie Instant..??

Diposkan oleh irfan on Saturday, September 25, 2010

Di Balik Manfaat Mi Instan

MAKANAN merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan lagi dalam kehidupan manusia. Selain sumber tenaga dan energi bagi kelangsungan hidup, makanan juga menjadi suatu kebutuhan primer manusia dalam kesehariannya, sehingga kebutuhan orang terhadap makanan sangat mengikat.

Dewasa ini makin banyak orang yang memercayakan urusan perutnya pada makanan dalam kemasan sajian cepat, seperti mi instant. Setiap kali berbelanja ibu-ibu tidak lupa menyisipkan mi instan dalam daftar kebutuhannya sehari-hari. Umumnya anak-anak kos selalu menyimpan beberapa bungkus mi instan untuk persediaan dan mencegah "kelaparan" di malam hari. Para pendaki gunung pun tidak lupa turut memasukkan mi instan sebagai logistik wajib. Wajar saja jika mi instan disukai, karena karakteristiknya, selain praktis, cepat, lezat dan murah. Namun di balik manfaat, juga diketahui bahwa mi instan tak mempunyai kandungan gizi yang cukup. Bahkan zat additive-nya (tambahan) tidak baik untuk wanita yang tengah hamil juga bagi balita.

Mi, dalam masyarakat Cina merupakan simbol panjang umur, karena bentuknya yang panjang, jenis dan bahan pembuatnya pun bermacam-macam. Ada mi instan, mi kering, mi basah, mi rebus, yang dibuat dari tepung terigu (gandum). Ada juga bihun, yang dibuat dari tepung beras. Lalu soun, yang dibuat dari pati tepung kacang hijau. Ada juga yang terbuat dari campuran tepung terigu dan beras, tepung tapioka, tepung kentang atau tepung soba. Tapi yang paling populer tentu mi instan, dengan berbagai merek dan citra rasanya, baik dalam kemasan plastik polietilen maupun plistiren (stirofoam), dalam bentuk cangkir atau mangkuk.

Mi instan, sebenarnya bentuknya sangat panjang, namun saat pemrosesan ia dilipat, digoreng dan dikeringkan dalam oven panas. Proses digoreng inilah yang membuat mi mengandung lemak. Bahan baku utama mi instan memang tepung terigu, namun, selama proses pembuatannya, dipakai juga minyak sayur, garam, natrium polifosfat (pengemulsi, penstabil dan pengental), natrium karbonat dan kalium karbonat (keduanya pengatur keasaman) serta tartrazine (pewarna kuning). Kadang natrium polifosfat dicampur gar gum. Bahan lainnya, yakni karamel, hidrolisa protein nabati, ribotide, zat besi dan asam malat yang fungsinya tidak jelas. Selain minyak sayur, ada pula food additive, yaitu bahan-bahan kimia yang ditambahkan ke dalam proses pengolahan makanan, dengan tujuan agar makanan tersebut memiliki sifat-sifat tertentu.

Bumbu mi, misalnya bawang merah, saus tomat, garam, gula, cabai merah, bawang putih, kecap, vetsin (MSG) serta bahan cita rasa (rasa ayam, rasa udang, rasa sapi) juga banyak menggunakan additive. Belum lagi stirofoam dalam bentuk mi cangkir, yang dicurigai dapat menyebabkan risiko kanker.

Bagi mereka yang gemar makan mi instan, yakinkan bahwa Anda ada selang waktu kurang lebih tiga hari setelah Anda mengonsumsi mi instan, jika Anda akan mengonsumsinya lagi. Karena menurut informasi kedokteran, dinyatakan bahwa ternyata terdapat semacam lilin yang melapisi mi instan. Oleh karena itu mi instan akan tidak lengket satu sama lainnya ketika dimasak. Jika kita perhatikan mi buatan Cina yang berwarna kuning, sering kita temukan di pasar tradisional, mi yang belum dimasak tersebut akan terlihat seperti berminyak. Lapisan minyak ini yang akan mencegah lengketnya mi yang satu dengan lainnya.

Salah satu contohnya adalah mie Wonton yang masih mentah, biasanya ditaburkan tepung agar terpisah atau terhindar dari lengket satu dengan yang lainnya. Pada saat memasak mi, hendaklah memasaknya pertama-tama dalam air panas, kemudian dibilas atau ditiriskan dengan air dingin sebelum dimasak dengan air panas lagi. Memasak dan meniriskan dengan cara ini akan dapat menghindari lengketnya mi tersebut satu sama lainnya. Kemudian memberikan minyak dan saus pada mi tersebut agar tidak menjadi lengket ketika akan dikonsumsi secara kering atau tanpa kuah. Sama halnya dengan aturan untuk memasak dalam membuat Spaghetti, yaitu mi asal Italia akan dibutuhkan minyak dan mentega yang ditambahkan terlebih dahulu pada air rebusan Spaghetti untuk menghindari lengketnya pasta tersebut.

Mengonsumsi mi instan setiap hari akan meningkatkan kemungkinan seseorang terserang kanker. Sehingga kebiasaan dalam mengonsumsi mi instan secara rutin sebaiknya dihindari. Para dokter mengatakan, hal ini disebabkan adanya "lilin" dalam mi instan tersebut. Disebutkan juga, tubuh kita memerlukan waktu lebih dari dua hari untuk membersihkan "lilin" tersebut. Sebagai contoh, ada seorang pramugari SIA atau Singapore Air yang setelah berhenti dan kemudian menjadi seorang ibu rumah tangga, tidak memasak tetapi hampir selalu mengonsumsi mi instan setiap kali dia makan. Kemudian akhirnya dia divonis menderita kanker dan meninggal karenanya.

Meski risiko kesehatan akibat additive tak langsung kelihatan, namun menurut Arlene Eisenberg, dalam buku What to Eat When You're Expecting, ibu hamil sebaiknya menghidari makanan yang banyak mengandung additive. Bagi balita, bahan-bahan yang sebenarnya tak dibutuhkan tubuh ini juga bisa memperlambat kerja organ-organ pencernaan. Selain itu juga kandungan utama dari mi adalah karbohidrat.

Lalu ada protein tepung (gluten), dan lemak, baik yang dari minyak sendiri maupun minyak sayur dalam sachet. Jika dilihat komposisi gizinya, mi memang tinggi kalori, namun miskin zat-zat gizi penting lain seperti vitamin, mineral dan serat.

Jika menginginkan tambahan gizi, maka sebaiknya ditambahkan beberapa jenis sayuran seperti wortel, kol, sawi, tomat, brokoli, atau kecambah, tambahkan juga bakso, udang, telur, sosis atau kornet. Bahan-bahan ini tinggal dimasukkan saat akan merebus mie, dan upaya yang lebih baik adalah menghindari konsumsi mi instan setiap hari. (tadinur-berbagai sumber)***

sumber http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/0105/30/hikmah/lainnya02.htm

Tahukah Anda jika mie instant sudah melekat dalam tubuh kita dan menjadi salah satu makanan pokok kita ternyata mempunyai kandungan kadar gizi yang cukup loch!! Dan dapat juga berguna bagi tubuh kita walaupun menurut orang-orang bilang kalau terlalu banyak makan mie instant bisa mengakibatkan usus buntu dan kekurangan gizi.

Memang benar sih kalau kata mereka, terlalu banyak makan mie instant bisa mengakibatkan kekurangan gizi dikarenakan mie instant memiliki nilai gizi nutrisi yang masih belum lengkap. Untuk melengkapinya dilihat info tiap bungkus mie instant apakah yang kurang gizinya pada info tiap bungkus mie instant tinggal kita tambahkan dan harus hindari kelebihan gizi untuk tubuh kita. Makanya dianjurkan makan mie instant dipadukan dengan bahan-bahan lain yang dapat memenuhi kebutuhan gizi yang masih belum lengkap, misalnya: bahan serat contohnya : sayur-sayuran (daun bawang, tomat, wortel, sawi, dll), daging (ayam, sapi juga boleh), nasi, protein (telur atu kornet), tahu, tempe, dan bahan karbohidrat lainnya.

Kebutuhan gizi untuk tiap-tiap orang berbeda-beda dan dalam tiap bungkus mie instant belum tentu memiliki kandungan yang sama persis seperti pada informasi nilai gizi pada kemasan pembungkus mie instant walaupun dalam satu merek akan tetapi tetap saja kandungan gizinya berbeda. Misalnya ya: pada produk Indomie di mana kadar gizi pada Indomie rasa soto mie berbeda jauh banget dengan kandungan gizi pada Indomie rasa baso sapi. Dari sisi energi yang bisa kita dapat dari tiap sebungkus mie instan pun dapat kita ketahui.

Semua dapat disesuaikan dengan mudah untuk mendapatkan gizi yang tidak didapat dari satu bungkus mi instant.

Berikut ini merupakan hasil informasi yang saya berikan dari pembelian produk mie instant yang memiliki kandungan gizi yang terdapat pada produk mie instant Indomie, mie sedap, dan super mie gokar yang memiliki rasa berbeda:

Indomie

1. Indomie Rasa Ayam Spesial
- Energi = 330 kkal
- Energi dari lemak = 120 kkal
- Lemak total = 14 gr / 25%
- Lemak jenuh = 3 gr / 14%
- Kolesterol = 5 mg / 1%
- Karbohidrat = 46 gr / 14%
- Serat makanan = 2 gr / 8%
- Gula = 2 gr
- Protein = 7 gr / 14%
- Natrium = 720mg / 30%
- Vitamin A = 60% AKG
- Vitamin B12 = 20% AKG
- Vitamin B1 = 40% AKG
- Vitamin C = 6% AKG
- Vitamin B6 = 25% AKG
- Pantotenat = 10%
- Kalsium = 2% AKG
- Niasin = 20% AKG
- Asam folat = 20% AKG
- Zat besi = 15% AKG

2. Indomie Rasa Baso Sapi
- Energi = 320 kkal
- Energi dari lemak = 120 kkal
- Lemak total = 13 gr / 25%
- Lemak jenuh = 8 gr / 39%
- Kolesterol = 0 mg / 0%
- Karbohidrat = 43 gr / 13%
- Serat makanan = 2 gr / 9%
- Gula = 3 gr / 14%
- Protein = 7 gr / 14%
- Vitamin A = 60% AKG
- Vitamin B12 = 20% AKG
- Vitamin B1 = 40% AKG
- Vitamin C = 0% AKG
- Vitamin B6 = 25% AKG
- Pantotenat = 0.53 mg
- Kalsium = 2% AKG
- Niasin = 15% AKG
- Asam folat = 25% AKG
- Zat besi = 30% AKG

3. Indomie Rasa Kaldu Ayam
- Energi = 320 kkal
- Energi dari lemak = 100 kkal
- Lemak total = 11 gr / 20%
- Lemak jenuh = 2 gr / 9%
- Kolesterol = 5 mg / 4%
- Karbohidrat = 48 gr / 15%
- Serat makanan = 2 gr / 8%
- Gula = 2 gr
- Protein = 7 gr / 14%
- Natrium = 740mg / 31%
- Vitamin A = 60% AKG
- Vitamin B12 = 20% AKG
- Vitamin B1 = 25% AKG
- Vitamin C = 6% AKG
- Vitamin B6 = 25% AKG
- Pantotenat = 10%
- Kalsium = 2% AKG
- Niasin = 20% AKG
- Asam folat = 25% AKG
- Zat besi = 30% AKG

4. Indomie Rasa Soto Mie
- Energi = 340 kkal
- Energi dari lemak = 110 kkal
- Lemak total = 12 gr / 22%
- Lemak jenuh = 4 gr / 19%
- Kolesterol = 0 mg / 0%
- Karbohidrat = 50 gr / 15%
- Serat makanan = 2 gr / 9%
- Gula = 2 gr / 9%
- Protein = 7 gr / 15%
- Natrium = 600 mg / 25%
- Vitamin A = 60% AKG
- Vitamin B12 = 20% AKG
- Vitamin B1 = 40% AKG
- Vitamin C = 6% AKG
- Vitamin B6 = 26% AKG
- Pantotenat = 10% AKG
- Kalsium = 2% AKG
- Niasin = 25% AKG
- Asam folat = 25% AKG
- Zat besi = 30% AKG

Mie Sedap


1. Mie Sedap Rasa Kaldu Ayam
- Energi total = 280 kkal
- Energi dari lemak = 100 kkal
- Lemak total = 11 gr / 18% AKG
- Lemak jenuh = 5 gr / 28% AKG
- Kolesterol = 0 mg / 0% AKG
- Protein = 8 gr / 13% AKG
- Vitamin A = 55% AKG
- Vitamin B1 = 55% AKG
- Vitamin B5 = 10% AKG
- Vitamin B6 = 30% AKG
- Vitamin B12 = 25% AKG
- Karbohidrat = 40 gr / 13% AKG
- Serat pangan = 2 gr / 8% AKG
- Gula = 3 gr
- Natrium = 900 mg / 40% AKG
- Niasin = 45% AKG
- Asam folat = 30% AKG
- Kalsium = 3% AKG
- Zat besi = 20% AKG

2. Mie Sedap Rasa Kari Spesial
- Energi total = 360 kkal
- Energi dari lemak = 140 kkal
- Lemak total = 16 gr / 26% AKG
- Lemak jenuh = 9 gr / 50% AKG
- Kolesterol = 0 mg / 0% AKG
- Protein = 8 gr / 14% AKG
- Vitamin A = 60% AKG
- Vitamin B1 = 60% AKG
- Vitamin B5 = 15% AKG
- Vitamin B6 = 35% AKG
- Vitamin B12 = 30% AKG
- Karbohidrat = 45 gr / 15% AKG
- Serat pangan = 2 gr / 8% AKG
- Gula = 3 gr
- Natrium = 1110 mg / 48% AKG
- Niasin = 50% AKG
- Asam folat = 35% AKG
- Kalsium = 4% AKG
- Zat besi = 25% AKG

3. Mie Sedap Rasa Kari Ayam
- Energi total = 330 kkal
- Energi dari lemak = 130 kkal
- Lemak total = 14 gr / 23% AKG
- Lemak jenuh = 7 gr / 4% AKG
- Kolesterol = 0 mg / 0% AKG
- Protein = 8 gr / 14% AKG
- Vitamin A = 55% AKG
- Vitamin B1 = 55% AKG
- Vitamin B5 = 10% AKG
- Vitamin B6 = 30% AKG
- Vitamin B12 = 25% AKG
- Karbohidrat = 44 gr / 15% AKG
- Serat pangan = 2 gr / 8% AKG
- Gula = 3 gr
- Natrium = 980 mg / 45% AKG
- Niasin = 45% AKG
- Asam folat = 30% AKG
- Kalsium = 3% AKG
- Zat besi = 25% AKG

4. Mie Sedap Rasa Ayam Bawang
- Energi total = 320 kkal
- Energi dari lemak = 120 kkal
- Lemak total = 15 gr / 22% AKG
- Lemak jenuh = 8 gr / 42% AKG
- Kolesterol = 0 mg / 0% AKG
- Protein = 8 gr / 13% AKG
- Vitamin A = 55% AKG
- Vitamin B1 = 55% AKG
- Vitamin B5 = 10% AKG
- Vitamin B6 = 30% AKG
- Vitamin B12 = 25% AKG
- Karbohidrat = 43 gr / 14% AKG
- Serat pangan = 2 gr / 9% AKG
- Gula = 3 gr
- Natrium = 950 mg / 40% AKG
- Niasin = 45% AKG
- Asam folat = 30% AKG
- Kalsium = 3% AKG
- Zat besi = 20% AKG

Supermi Gokar Goreng

1. Supermi Gokar Goreng Rasa Ayam Bawang
- Energi total = 440 kkal
- Energi dari lemak = 160 kkal
- Lemak total = 18 gr / 29% AKG
- Lemak jenuh = 9 gr / 46% AKG
- Kolesterol = 0 mg / 0% AKG
- Protein = 8 gr / 13% AKG
- Karbohidrat = 62gr / 21% AKG
- Serat makanan = 3 gr / 12% AKG
- Gula = 4 gr
- Natrium = 1020 mg / 43% AKG

mie instant manfaatnya =praktis , mudah di masak dan disajikan gampang dijumpai,kenyang dgn harga terjangkau,biasanya byk dikonsumsi oleh masyarakat bawah.
efek buruknya= dapat mengakibatkan kangker usus karena terdapat pengawet mayat (formalin) yg sangat berbahaya,dan juga kandungan gizinya tak mencukupi bila dijadikan makanan pokok keseharianya.
bukan hanya di indonesia dinegara-negara maju mie instan di sarankan jgn konsumsi berlebihan,alangkah baiknya 1 bulan maksimal 2 bungkus saja untuk hidup sehat.
materi referensi:
saran hidup sehat

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers