Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

SYIRKAH

Diposkan oleh irfan on Thursday, June 03, 2010





A.     Pengertian
Secara  etimologi asy-syirkah berarti percampuran, yaitu percampuran antara sesuatu dengan yang lain. Asy-syirkah termasuk salah satu bentuk kerjasama dagang dengan rukun dan syarat tertentu.
Secara etimologi ada beberapa definisi
1.      Menurut malikiyah




Suatu izin untuk bertindak secara hukum bagi dua orang yang bekerjasama terhadap harta mereka.
2.      Menurut syafi’iyah




Hak bertindak hukum bagi dua orang atau lebih pada sesuatu yang mereka sepakati.
3.      Menurut hanafiyah




Akad yang dilakukan oleh orang yang bekerjasama dalam modal dan keuntungan.

B.     Dasar hukum syirkah
Landasan syirkah terdapat dalam Al Qur an,hadits dan ijma’
1.      Al Qur an



Mereka bersekutu dalam yang sepertiga.




Sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebagian mereka berbuat dhalim kepada sebagian yang lain kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shaleh dan amat sedikitlah mereka ini.
2.      Al Hadits



Kekuasaan Allah berada pada orang yang yang bersekutu selama keduanya tidak berkhianat.
3.      Al ijma’
Umat islam sepakat bahwa syirkah diperbolehkan hanya saja mereka berbeda pendapat tentang jenisnya

Syikah dibagi menjadi 2 (dua) yaitu

1.      Syirkah Al-amlak
Adalah dua orang atau lebih yang memiliki harta secara bersama tanpa melalui atau didahului oleh sebuah akad asy-syirkah.
Syirkah al-amlak dibagi menjadi 2(dua) yaitu
a.       Syirkah ikhtiyar (perserikatan dilandasi pilihan orang yang berserikat)
Yaitu perserikatan yang muncul akibat tindakan hukum orang yang berserikat. Seperti dua orang yang bersepakat membeli suatu barang atau mereka menerima harta hibah,wasiat atau wakaf dari orang lain kemudian mereka menerima pemberian tersebut dan menjadi milik mereka secara berserikat. Dalam kasus ini harta yang dibeli bersama atau dihibahkan atau diwakafkan atau diwariskan orang itu menjadi harta serikat bagi mereka berdua.
b.      Syirkah jabar (perserikatan yang muncul secara paksa bukan atas keinginan orang yang berserikat).
Seperti harta warisan yang mereka terima dari orang yang wafat, harta warisan itu menjadi milik mereka bersama.
2.       Syikah Al-uqud
Yaitu akad yang disepakati dua orang atau lebih untuk mengikatkan diri dalam perserikatan modal dan keuntungannya.
Syirkah al-uqud dibagi menjadi 5(lima) yaitu :
a.       Syirkah al-inan yaitu penggabungan harta atau modal dua orang atau lebih yang tidak selalu sama jumlahnya.
b.      Syirkah al-mufawadhah yaitu perserikatan yang modal semua pihak dan bentuk kerja sama yang mereka lakukan baik kualitas maupun kuantitasnya harus sama dan keuntungannya dibagi rata.
c.       Syirkah al-abdan yaitu perserikatan dalam bentuk kerjasama yang hasilnya dibagi bersama.
d.      Syirkah al-wujuh yaitu perserikatan tanpa modal
e.       Syirkah al-mudlarabah yaitu bentuk kerjasama antara pemilik modal dengan seseorang yang memiliki kepakaran dagang dan keuntungannya dibagi bersama.



MUDLARABAH (QIRADL)

A.     Arti mudlarabah
Mudlarabah atau qiradh termasuk salah satu bentuk akad syirkah. Istilah mudharabah digunakan oleh orang Iraq sedangkan Arab Hijaz menyebutnya dengan istilah qiradl.
Qiradl (          ) diambil dari kata al-qardlu (         ) yang berati potongan, sebab pemilik memberikan potongan dari hartanya untuk diberikan pada pengusaha agar mengusahakan harta tersebut dan pengusaha akan memberikan potongan dari laba yang diperoleh.
B.     Landasan hukum
Ulama’ fiqih sepakat bahwa mudlarabah disyari’atkan dalam islam berdasarkan Al-Qur an,as-sunnah,ijma’ dan qiyas.

1.      Al-Qur an



Dan orang-orang yang berjalan dimuka bumi mencari sebagian karunia Allah.
2.      As-sunnah





Tiga perkara yang mengandung berkah adalah jual beli yang ditangguhkan, melakukan qiradl (memberikan modal kepada orang lain) dan yang mencampurkan gandum dengan jelas untuk keluarga bukan untuk diperjual belikan.



3.      Ijma’
Diantara ijma’ dalam mudlarabah adalah adanya riwayat yang menyatakan bahwa jama’ah dari sahabat menggunakan harta anak yatim untuk mudlarabah,perbuatan itu tidak ditentang oleh sahabat lain.
4.      Qiyas
Mudlarabah diqiyaskan kepada al-musyaqoh (menyuruh orang untuk mengelola kebun). Selain diantara  manusia ada yang miskin dan ada yang kaya. Disatu sisi banyak orang kaya yang tidak bisa mengusahakan hartanya,disisi lain banyak orang miskin ingin bekerja tapi tidak memiliki modal. Dengan demikian tujuan mudlarabah adalah untuk memenuhi kebutuhan mereka.

C.     Rukun mudlarabah
Para ulama’ berbeda pendapat tentang rukun mudlarabah, ulama’ hanafiyah berpendapat bahwa rukun mudlarabah adalah ijab dan qabul.
Jumhur ulama’ berpendapat bahwa rukun mudlarabah ada tiga yaitu muta’akidain, modal (ma’qud alaih) dan sighat (ijab qabul), ulama’ syafi’iyah lebih merinci lagi menjadi 5 rukun yaitu : modal,pekerjaan,laba,sighat dan muta’akidain.
D.     Jenis mudlarabah
Mudlarabah dibagi dua yaitu : mudlarabah mutlak (bebas) dan mudlarabah muqayyad (terikat).



BA’I  AL-MURABAHAH

1.      Pengertian ba’i murabahah
Yaitu jual beli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang disepakati. Dalam ba’i al-murabahah penjual harus memberi tahu harga barang yang ia beli dan menentukan suatu tingkat keuntungan sebagai tambahannya. Misalnya , pedagang eceran membeli komputer dari grosir dengan harga 10.000.000 kemudian dia menambahkan keuntungan sebesar 750.000. Dan ia menjual kepada pembeli dengan harga 1.750.000. Pada umumnya sipedagang eceran tidak memesan dari grosir sebelum ada pesanan dari calon pembeli dan mereka sudah menyepakati tentang lama pembayaran,besar keuntungan yang akan diambil pedagang eceran,serta besarnya angsuran kalau memang akan dibayar secara angsuran.

2.      Landasan syari’ah
a.       Al Qur an


Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba
b.       Hadits
Dari Suhaib Ar-Rumi RA bahwa Rasulullah SAW bersabda : tiga hal yang didalamnya terdapat keberkahan : jual beli secara tangguh,mudlarabah dan mencampur gandum dengan tepung untuk keperluan rumah tangga bukan untuk dijual.(H.R.Ibnu Majah)
3.      Syarat ba’i Al-murabahah
a.       Penjual memberi tahu biaya modal kepada pembeli
b.      Kontrak pertama harus sah sesuai dengan rukun yang ditetapkan
c.       Kontrak harus bebas dari riba
d.      Penjual harus menjelaskan pada pembeli bila terjadi cacat atas barang sesudah pembelian
e.       Penjual harus menyampaikan semua hal yang berkaitan dengan pembelian,misalnya jika pembelian dilakukan secara utang
Secara prinsip jika syarat a,d dan e tidak di penuhi, pembeli memiliki pilihan :
a.       Melanjutkan pembelian secara apa adanya
b.      Kembali pada penjual dan menyatakan ketidak setujuan atas barang yang dijual
c.       Membatalkan kontrak.

            Daftar pustaka
1.      Prof.Dr.H.Rahmat Syafi’i, MA. Fiqih mu’amalah
2.      Dr. H. Nasrun Haroen, MA. Fqih mu’amalah
3.      Muhammad Antonio. Bank syari’ah dari teori ke praktik.













{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers