Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

NASKAH UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP 2009/2010

Diposkan oleh irfan on Friday, June 04, 2010

Matakuliah : PROFESI KEPENDIDIKAN Prodi /Angkatan : Pend. Bahasa & Sastra Indonesia / 2008D+2008E Pendidikan Ekonomi / 2008A PETUNJUK a. Tulislah identitas Anda (Nama, NIM, Prodi/Kelas, dan email) pada bagian kanan atas lembar jawaban Anda. b. Jawablah semua pertanyaan sedetail-detailnya, bila perlu berilah argumentasi atau contoh-contoh yang bisa memperjelas jawaban c. Kirim jawaban Anda selambat-lambatnya tanggal 31 Mei 2009 jam 24.00 WIB ke alamat: astikip@yahoo.com. S O A L 1. Dalam KTP/SIM penyebutan pekerjaan atau profesi masih rancu. Bahkan guru/dosen pun ditulis pekerjaan bukan profesi. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara pekerjaan dan profesi. 2. Profesi itu memiliki karakteristik tersendiri sehingga tidak semua jenis pekerjaan bisa disebut sebagai profesi. Jelaskan karakteristik profesi tersebut. 3. Menurut undang-undang nomor 14 tahun 2005, guru/dosen dinyatakan sebagai profesi. Menurut Anda, apakah benar pekerjaan guru/dosen itu layak dinyatakan sebagai profesi? Buktikan analisis Anda! 4. Survey membuktikan bahwa di beberapa sekolah/madrasah masih banyak guru yang BUKAN produk Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Bagaimanakah tanggapan Anda terhadap kasus tersebut bila ditinjau dari aspek kompetensi guru? 5. Menurut Anda, apa saja ciri-ciri guru yang profesional itu? 6. Tugas dan peranan guru telah mengalami perubahan seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran. Apa yang Anda pahami tentang paradigma pembelajaran tersebut? 7. Dalam realita beberapa orang guru masih ada yang mempunyai anggapan bahwa tugas guru hanyalah transfer of knowledge kepada peserta didik. Bagaimanakah tanggapan Anda terhadap persepsi guru tersebut di atas, apabila dikaitkan dengan paradigma pembelajaran yang sedang berkembang? 8. Sesuai dengan paradigma baru dalam pembelajaran, istilah ”belajar-mengajar” atau ”perkuliahan” diganti dengan istilah ”pembelajaran”. Menurut Anda, bagaimana konsekuensi logis dari perubahan istilah tersebut, terutama bagi guru/dosen? 9. Ada beberapa tugas pokok guru yang tidak akan berubah sepanjang masa, kecuali teknik atau caranya saja yang berbeda. Menurut Anda, tugas pokok guru yang mana? Jelaskan pula argumentasi Anda! 10. Sesuai dengan paradigma baru dalam pembelajaran, peran guru yang bagaimana saja yang harus diprioritaskan dan peran guru yang bagaimana yang harus diubah? 11. Apa yang Anda pahami tentang peran guru sebagai agen pembelajaran? 12. Perubahan tugas dan peran guru menuntut adanya perubahan kualifikasi dan kompetensi guru. Jelaskan secara rinci tentang kompetensi guru? 13. Anda calon guru matapelajaran .... di jenjang pendidikan ... (Anda tentukan sendiri) Kompetensi dasar apa saja yang harus Anda persiapkan mulai sekarang ini? 14. Apa yang Anda pahami tentang sertifikat pendidik dan sertifikasi Guru? Kemudian, bagaimana pendapat Anda tentang sertifikasi guru jika dikaitkan dengan upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia? 15. Anda telah memahami betapa pentingnya soft skills dalam dunia kerja. Menurut Anda soft skills apa saja yang harus dipersiapkan sebagai guru profesional matapelajaran ... di jenjang pendidikan ... (tentukan sendiri). SELAMAT MENGERJAKAN, SEMOGA SUKSES, AMIN LEMBAR JAWABAN UTS PROFESI KEPENDIDIKAN Nama : KHUSNUL ALIYAH Kelas : 2008-D NIM : 086 105 Prodi : B.INA Email : 1).Pekerjaan merupakan suatu kegiatan yang tidak bergantung pada suatu keahlian tertentu, sedangkan profesi merupakan suatu hal yang berkaitan dan berpengaruh dalam pendidikan Perbedaan profesi dan pekerjaan Pekerjaan - Mengandalkan suatu ketrampilan atau keahlian khusus - Dilaksanakan sebagai suatu pekerjaan atau kegiatan utama - Dilaksanakan sebagai sumber utama nafkah hidup. - Memiliki status yang tinggi dimasyarakat dan menghasilkan uang yang banyak Profesi - Tidak membutuhkan latar belakang pendidikan - Tidak membutuhkan pengetahuan dan pengalaman - Pekerjaan yang dilakukan hanya digunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari.. - Memiliki status yang rendah dimasyarakat dan hanya menghasilkan uang yang sedikit. Persamaan pekerjaan dan profesi - Sama-sama dapat menghailkan uang 2).Profesi adalah pekerjaan namun pekerjaan belum tentu profesi. Profesi memiliki karakteristik tersendiri yang membedakan dengan pekerjaan yang lainnya. Karakteristik profesi diantaranya sebagai berikut: 1) Memiliki body of knowledge, 2) Memiliki kode etik profesi, 3) Adanya kontrol akses yang tertutup bagi orang yang ingin memasukinya. Body of Knowledge atau badan pengetahuan bisa ditunjukkan dengan terumuskannya suatu model kerja ataupun model kerangka berpikir sebuah bidang. Body of knowledge juga bisa dilihat dari adanya suatu filsafat atau falsafah, misi dan tujuan bidang tersebut secara jelas. Sedangkan kode etik adalah suatu perangkat pedoman tingkah laku yang mengikat semua anggota profesi. Kode Etik ini lazimnya disusun dan dikeluarkan oleh sebuah organisasi profesi. Terakhir, kontrol akses yang tertutup adalah adanya upaya yang dilakukan oleh (utamanya) organisasi profesi untuk menyelekasi dan atau memberi kriteria bagi orang yang ingin menjadi professional. Seleksi tersebut bisa berupa serangkaina test administratif, test pengetahuan dan skill. Pengukuhan oleh sebuah organisasi profesi juga bisa dikatagorikan sebagai kontrol. 3).Benar, guru dan dosen merupakan sama-sama tenaga pendidik. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarah, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah sedangkan yang dimaksud dengan dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, menggabungkan, dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan, tekhnolgi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Adapun profesional dimaksudkan adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh sesorang dan menjadikan sumber penghasilan kehidupan, memerlukan keahlian, kemahiran atau kecakapan yang memenuhi standar mutu dan norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi. Guru dan dosen sebagai tenaga profesional mengandung arti bahwa pekerjaan guru dan dosen hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang mempunyai kualifikasi akademik kopetensi dan sertifikasi pendidik sesuai dengan persyaratan untuk setiap jenis dan jenjang pendidikan tertentu. Sejalan dengan hal ini maka kedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional berfungsi untuk meningkatkan martabat guru dan dosen serta perannya sebagai agen pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. 4).Agar dapat menghasilkan suatu pendidikan yang berkualitas, maka setiap tenaga pendidik diharuskan keluaran atau lulusan dalam bidang pendidikan, jika dalam sekolah atau madrasah terdapat guru atau dosen yang bukan lulusan dalam bidang pendidikan mungkin hasilnya pada siswa juga tidak sesuai dengan yang diharapkan dalam dunia pendidikan dikarenakan tenaga pengajar yang tidak sesuai dengan jalurnya.. 5).Ciri-Ciri Guru Profesional Guru dikatakan Profesional jika : 1. Fleksibel Dibutuhkan guru yang tidak kaku, luwes, dan dapat memahami kondisi anak didik, memahami cara belajar mereka, serta mampu mendekati anak didik melalui berbagai cara sesuai kecerdasan dan potensi masing-masing anak. 2. Optimis Keyakinan yang tinggi akan kemampuan pribadi dan yakin akan perubahan anak didik ke arah yang lebih baik melalui proses interaksi guru-murid 3. Respek Rasa hormat yang senantiasa ditumbuhkan di depan anak didik akan dapat memacu mereka untuk lebih cepat tidak sekadar memahami pelajaran, namun juga pemahaman yang menyeluruh tentang berbagai hal yang dipelajarinya. 4. Cekatan Anak-anak berkarakter dinamis, aktif, eksploratif, dan penuh inisiatif. 5. Humoris Guru harus mempunyai sifat humoris, sifat ini dituntut untuk dimiliki seorang pengajar. Karena pada umumnya, anak-anak suka sekali dengan proses belajar yang menyenangkan. 6. Inspiratif Meskipun ada panduan kurikulum yang mengharuskan peserta didik mengikutnya, guru harus dapat menemukan banyak ide dari hal-hal baru dan lebih memahami informasi-informasi pengetahuan yang disampaikan gurunya. 7. Lembut Dimanapun, guru yang bersikap kasar, kaku, atau emosional, biasanya mengakibatkan dampak buruk bagi peserta didiknya, dan sering tidak berhasil dalam proses mengajar kepada anak didik. Pengaruh kesabaran, kelembutan, dan rasa kasing sayang akan lebih efektif dalam proses belajar mengajar dan lebih memudahkan munculnya solusi atas berbagai masalah yang muncul. 8. Disiplin Disiplin disini tidak hanya soal ketepatan waktu, tapi mencakup bebagai hal lain. Sehingga, guru mampu menjadi teladan kedisplinan tanpa harus sering mengatakan tentang pentingnya disiplin. Contoh, disiplin dalam waktu, menyimpan barang, belajar dan sebagainya. Dengan demikian, akan timbul pemahaman yang kuat pada anak didik tentang pentingnya hidup disiplin. 9. Responsif Ciri guru yang profesional antara lain cepat tanggap terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, baik pada anak didik, budaya, sosial, ilmu pengetahuan maupun teknologi, dll. 10. Empatik Setiap anak mempunyai karakter yang berbeda-beda, cara belajar dan proses peneriamaan, serta pemahaman terhadap pelajaran pun berbeda-beda. Oleh karena itu, seorang guru dituntut mempunyai kesabaran lebih dalam memahami keberagaman tersebut sehingga bisa lebih memahami kebutuhan-kebutuhan belajar mereka. 11. Nge-friend Jangan membuat jarak yang lebar dengan anak didik hanya karena posisi Anda sebagai guru. Jika kita dapat menjadi teman mereka akan menghasilkan emosi yang lebih kuat daripada sekadar hubungan guru-murid. Sehingga, anak-anak akan lebih mudah beradaptasi dalam menerima pelajaran dan bersosialisasi dengan lingkungannya. 6).Pembelajaran secara tradisional suasana kelas cenderung teacher-centered sehingga siswa menjadi pasif. Salah satu perubahan paradigma pembelajaran adalah orientasi pembelajaran yang semula berpusat pada guru (teacher-centered) beralih berpusat pada siswa (teacher-centered), metediologi yang semula lebih didominasi ekspositori berganti partisipatori. 7).Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat ini, tantangan bagi guru justru semakin besar terutama menyongsong pemberlakuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Perubahan ini tentunya menuntut guru untuk meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pribadi maupun kompetensi dibidang ilmu dan kompetensi dalam hal pembelajaran. Dahulu model pendekatan guru terhadap siswa begitu otoriter bahwa guru tahu segala-galanya dan siswa tidak tahu apa-apa (teori tabularasa), kini sudah tidak berlaku lagi. Pendekatan guru dalam pembelajaran dewasa ini mesti memiliki nuansa demokratis, dimana guru dan siswa saling belajar dan membantu. Siswa dengan bebas boleh mengungkapkan gagasan dan pikirannya tanpa ada rasa takut terhadap guru. Guru pun harus lebih terbuka, harus rela dan mau belajar dari siswa, terutama siswa yang memiliki keunggulan dalam bidang ilmu tertentu 8).Menurut saya tidak ada konsekuensi bagi guru ataupun dosen dengan adanya perubahan istilah pembelajaran, karena yang berganti hanya istilahnya saja sedangkan prosesnya tetap seperti pada umumnya. 9).Secara umum dalam dunia pendidikan tugas guru sebagai berikut: 1.Menyusun program pengajaran, menyajikan program pengajaran, membuat rencana pembelajaran, evaluasi belajar, analisis hasil evaluasi belajar, dan menyusun program perbaikan dan pengayaan. 2.Menyusun program bimbingan, melaksanakan program bimbingan, evaluasi pelaksanaan bimbingan dan analisis hasil pelaksanaan bimbingan, tindak lanjut dalam program bimbingan terhadap peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya. Tugas guru di kelas dalam hubungannya dengan bidang kemanusiaan adalah bahwa seorang guru di sekolah harus dapat menjadikan dirinya sebagai orang tua kedua. Ia harus mampu menarik simpati sehingga ia menjadi idola para siswanya. Selain itu, tugas guru di kelas dalam bidang kemasyarakatan adalah mendidik dan mengajar masyarakat untuk menjadi warga negara Indonesia yang bermoral pancasila dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Secara khusus tugas pokok guru sebagai berikut: Dinyatakan bahwa seorang guru mempunyai tiga tugas pokok yaitu tugas profesional, tugas manusiawi, dan tugas kemasyarakatan (sivic mission). Jika dikaitkan pembahasan tentang kebudayaan, maka tugas pertama berkaitan dengar logika dan estetika, tugas kedua dan ketiga berkaitan dengan etika. 1. Tugas-tugas profesional dari seorang guru yaitu meneruskan atau transmisi ilmu pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai lain yang sejenis yang belum diketahui anak dan seharusnya diketahui oleh anak. 2. Tugas manusiawi adalah tugas-tugas membantu anak didik agar dapat memenuhi tugas-tugas utama dan manusia kelak dengan sebaik-baiknya. Tugas-tugas manusiawi itu adalah transformasi diri, identifikasi diri sendiri dan pengertian tentang diri sendiri. 10).Guru harus mempunyaiperan dengan memiliki kemampuan dalam mengaktualisasikan dirinya sebagai pribadi yang baik, bertanggung jawab, terbuka dan terus mau untuk selalu belajar. Peran guru yang harus diubah dalam kondisi pembelajaran yang banyak terjadi saat ini adalah guru harus merubah system pembelajaran yang hanya memberikan ilmu sebagai suatu produk dengan memindahkan teori-teori dari para ahli kedalam otak anak didik untuk dihafalkan 11)Guru sebagai agen pembelajaran berperan memfasilitasi siswa agar dapat belajar secara nyaman dan berhasil menguasai kompetensi yang sudah ditentukan. Untuk itu guru yang agen pembelajaran ini perlu merancang, agar proses pembelajaran berjalan lancar, dan mencapai hasil optimal. Ada empat hal harus dipertimbangkan dalam menyusun rancangan pembelajaran, yakni: persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. Apabila ketiga hal ini sudah terlaksana, maka satu tambahan yang harus dipertimbangkan agen pembelajaran adalah melakukan refleksi. 12).Kompetensi guru dapat dimaknai sebagai kebulatan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang berwujud tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran. 13).Calon guru Bahasa Indonesia di jenjang pendidikan SMA. 1.Mengembangkan kepribadian 2. Menguasai landasan kependidikan 3. Menguasai bahan pengajaran 4. Menilai hasil dan proses belajar- mengajar yang telah dilaksanakan 5. Berinteraksi dengan sejawat dan masyaraka 14).Sertifikasi guru merupakan upaya peningkatan mutu guru yang diikuti dengan peningkatan kesejahteraan guru. Sertifikat pendidikan adalah sertifikat yang diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar profesional guru. Dalam dunia pendidikan sertifikasi guru sangat penting, karena guru benar-benar diseleksi dengan beberapa kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Guru yang lulus sertifikasi merupakan guru yang sudah teruji kemampuannya dan profesionalnya dalam dunia pendidikan. 15).Jurusan Bhs.Indonesia, jenjang SMP. Sebagai guru professional maka guru tersebut harus mempunyai soft skill antara lain soft skill membuka dan menutup pelajaran, soft skill memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, soft skill pemikiran siswa agar agar siswa berpikir kritis. Karena guru professional merupakan guru yang mempunyai keahlian tinggi daripada guru yang belum professional maka guru harus meningkatkan kualitas soft skillnya melalui diklat-diklat pendidikan.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers