Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

Musik Korea Selatan

Diposkan oleh irfan on Friday, March 05, 2010



♥♥       Aak           ♥♥
Aak atau musik elegan, (dibaca: A'ak) adalah jenis musik klasik atau musik istana Korea. Aak diperkenalkan ke Korea karena dibawa dari Cina sebagai musik ritual.
Contoh permainan musik aak adalah Jongmyo jerye-ak, Munmyo jerye-ak dan Sajik jerye-ak pada saat dilaksanakannya upacara persembahan di kuil Jongmyo (untuk raja dan ratu Dinasti Joseon) dan di kuil Sajik dan Munmyo (untuk Konfusius). Permainan Aak diiringi dengan nyanyian syair dan tarian. Aak diperkenalkan ke Korea pada zaman Dinasti Goryeo pada tahun 1116 dari Dinasti Song pada masa pemerintahan Raja Yejong. Aak diperkenalkan ke Korea saat Raja Yejong meminta Kaisar Huizong seperangkat alat musik ritual Cina beserta petunjuk tari dan upacara untuk ritual Konfusius. Aak mengalami modifikasi sehingga kehilangan nada dan tempo asli Cina hingga kemudian di masa pemerintahan Raja Sejong yang Agung dari Dinasti Joseon pada tahun 1430, unsur-unsur musik dan nadanya dikembalikan seperti semula. Orkes musik aak terbagi ke dalam dua kelompok, deungga (orkestra teras) dan hunga (orkestra lapangan).
♥♥       Geomungo      ♥♥

Geomungo (ditulis pula komungo atau kŏmun'go) atau hyeongeum (harfiah "kecapi hitam", dtulis pula hyongum atau hyŏn'gŭm) adalah sebuah alat musik petik (kecapi) tradisional Korea.

Awal mula alat musik ini diperkirakan berasal dari zaman Goguryeo, karena jika dilihat namanya merujuk pada Goguryeo dan kadang diartikan sebagai "kecapi Goguryeo".
Berdasarkan babad Samguk Sagi (Kronik Tiga Kerajaan), yang ditulis tahun 1145, geomungo ditemukan oleh perdana menteri Wang San-ak dari Goryeo yang dimodelkan dari alat musik tradisional Cina, guqin (di Korea disebut chilhyeongeum, harfiah "kecapi tujuh senar"). Setelah kematiannya, alat musik ini diwariskan ke Ok Bogo, Son Myeong-deuk, Gwi Geum, An Jang, Cheong Jang, dan Geuk Jong, lalu disebarluaskan ke seluruh negeri.
Alat musik serupa dengan Geomungo terlukis di dalam kuburan Goguryeo, yakni pada Makam Muyongchong dan Makam Anak Nomor 3.
Geomungo memiliki ukuran panjang 162 cm dan lebar 23 cm, dan memiliki kaki-kaki "Anjok" dengan badan yang terbuat dari kayu paulownia dan memiliki 6 buah senar sutera tebal.
Geomungo dimainkan sambil duduk. Senarnya dipetik menggunakan tongkat bambu kecil suldae dengan tangan kanan, sementara tangan kiri menekan senar untuk menghasilkan nada. Tipe nada yang dimainkan untuk musik tradisional Korea adalah D#/Eb, G#/Ab, C, A#/Bb, A#/Bb, dan A#/Bb satu oktav lebih rendah daripada nada tengah. Geomungo dimainkan pada saat pementasan solo (sanjo) atau dengan alat musik lain.
Suara nada yang dihasilkan Geomungo dianggap lebih "maskulin" dibanding alat musik petik gayageum yang dianggap lebih feminin; namun keduanya dimainkan baik oleh pria maupun wanita.
♥♥       Gayageum      ♥♥
Gayageum adalah alat musik petik tradisional Korea yang berupa kecapi dengan 12 senar. Berdasarkan babad Samguk sagi (1145) alat musik ini diciptakan oleh Raja ke-6 dari Kerajaan Gaya, yakni Raja Gasil. Gayageum kemudian disebarkan ke kerajaan Silla dan masih dimainkan hingga kini. Gayageum telah mengalami banyak modifikasi sejak dahulu. Gayageum moderen adalah hasil modifikasi dari akhir zaman Dinasti Joseon di abad ke-19 dan seringkali dinamakan sanjo gayageum. Gayageum yang dimoderenkan mempunyai jumlah senar yang lebih banyak yakni 13, 17, 18, 21, 22, atau 25 buah senar yang terbuat dari nilon. Di Korea Utara gayageum bersenar 21 lebih banyak dimainkan.
♥♥       Pungmul          ♥♥
Pungmul, pungmulnori atau nong-ak (harfiah "musik petani"), adalah jenis musik tradisional rakyat Korea yang memasukkan unsur permainan alat musik perkusi, tarian, akrobat dan nyanyian.
Awalnya permainan musik pungmul bermula dari kebiasaan para petani pada zaman dahulu. Pada saat para petani mengerjakan lahan pertanian, mereka memainkan berbagai alat musik untuk meringankan beban bekerja dan mengurangi rasa lelah. Musik dimainkan sebagai pengiring doa dan ritual kepada Tuhan agar hasil pertanian dapat diberkati dengan kelimpahan serta dilindungi dari serangan hama. Lama-kelamaan, pungmul dimainkan sebagai kelompok musik petani pada saat diadakan festival-festival di daerah pedesaan.[1]
Elemen yang utama dari pungmul adalah permainan alat musik perkusi. Setiap kelompok pemusik memiliki satu atau lebih pemain kkwaenggwari (gong kecil), sogo (genderang kecil), janggo (gendang jam pasir), buk (gendang besar), dan jing (gong besar). Alat musik tiup yang bernada tinggi juga dimainkan untuk mengiringi seperti taepyongso dan nabal.
Terdapat beragam jenis pungmul di Korea berdasarkan daerahnya masing-masing, yakni Wootdari Pungmul dari Gyeonggi, Chungcheong, Yeongnam Pungmul dari wilayah Jeolla, wilayah Gyeongsang Selatan dan tenggara, dan Yeongdong Pungmul dari daerah Gangwon. Setiap permainan pungmul dari wilayah-wilayah ini memiliki ciri khas yang berbeda-beda.
Uumumnya permainan pungmul menampilkan Pangut dimana para pemain alat musik membentuk kelompok dan menari serta melakukan akrobat. Para penari memakai sangmo, topi dengan pita panjang dan secara individu menarikan tarian sesuai alat musik yang dimainkan, seperti sogochum (tari genderang kecil), jangguchum (tari genderang panjang), bukchum (tari genderang besar) serta menampilkan sangmonori, yakni memainkan pita panjang dengan berputar-putar.
Ritual pungmul yang dilaksanakan untuk memohon berkat dari Tuhan dinamakan binari ("berdoa") yang terdiri atas sekitar 15 orang pria yang memainkan alat musik dan menyanyikan syair dengan irama cepat. Pada zaman dahulu binari khusus dipanjatkan untuk memohon keberkatan dan ketentraman manusia, serta kelimpahan panen. Kelompok pungmul memanjatkan doa dengan mengunjungi setiap rumah tangga di desa pada awal tahun baru Imlek. Pada saat ini ritual binari dilaksanakan sebagai pembuka dalam permainan Samulnori dan mendoakan keamanan para penonton di tahun baru atau saat sebelum mengadakan suatu upacara khusus.
♥♥    Pansori   ♥♥
Pansori adalah jenis musik tradisional Korea. Pansori dibentuk oleh seorang penyanyi (sorikkun) dan seorang penabuh gendang buk (gosu). Pansori berasal dari kata pan yang berarti tempat orang-orang berkumpul dan sori yang berarti musik.
Pansori yang mulai berkembang sejak abad 19 di Korea berisikan cerita-cerita cinta, candaan, serta sindiran. Pansori yang bisa dimainkan sampai berjam-jam (sampai 4 jam) dinamakan Pansori Madang.
Hanya 5 jenis dari 12 jenis pansori saat ini yang merupakan pansori madang. Seperti: Heungbuga, Simcheongga, Chunhyangga, Jeokbyeokga dan Sugungga.
Penyanyi pansori biasanya memakai kipas untuk menambahkan variasi gerakan dan juga untuk menandakan perubahan lakon yang akan dimainkan. Gosu yang merupakan penabuh gendang juga mengeluarkan suara unik yang disebut chuimsae. Pansori dijadikan sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia pada tanggal 7 November 2003 oleh UNESCO.
♥♥    Samulnori      ♥♥

Samulnori adalah permainan alat musik perkusi tradisional Korea. Samulnori secara harfiah berarti permainan 4 alat musik tradisional Korea.

Asal

Samulnori yang ada saat ini merupakan bentuk yang lebih modern dari permainan musik petani Korea yang disebut Nongak. Nongak dipengaruhi oleh ritual yang dilakukan dalam Shamanisme dan Buddhisme Korea. Nongak memiliki permainan perkusi yang ribut, dinamis dan cepat. Samulnori yang dikembangkan dari Nongak oleh Kim Duk-soo pada tahun 1978 hanya memiliki 4 alat musik tanpa alat musik tiup seperti halnya yang dimiliki Nongak.

Alat musik

Samulnori terdiri 4 alat musik yaitu:
Setiap alat musik melambangkan berbagai macam keadaan cuaca. Janggu melambangkan hujan, kwaenggwari melambangkan petir, jing bunyi angin, dan buk melambangkan awan. Samulnori juga merepresentasikan konsep eum dan yang (yin dan yang). Suara buk dan janggu melambangkan langit sementara suara jing dan kwaenggwari adalah suara dari tanah (bumi). Samulnori menghasilkan warna musik yang baru dalam dunia musik Korea, khususnya di Korea Selatan. Karakteristik musiknya yang dinamis, enerjik dan cepat dianggap merepresentasikan sifat orang Korea.

Kepopuleran

Samulnori telah banyak dikenal di dunia internasional semenjak tahun 1980-an. Banyak komunitas Korea di Amerika Serikat, Amerika Latin dan Eropa telah memiliki grup samulnori yang sebagian besar sangat populer di kalangan remaja dan anak muda, bahkan dari kalangan orang asing. Pada tahun 1993 kelompok pemain yang semula terdiri dari 4 orang berkembang menjadi 20 orang pemain. Di Indonesia, kelompok samulnori pernah memeriahkan Festival Erau 2001 dan 2003 Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur dan mendapat sambutan yang sangat meriah

maaf ni postingan mendadak langsung copi paste he.. maklum lah ni ga ikut nulis.. cz dapet dari orang ngeprin hee.... 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers