Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

AL SUNNAH

Diposkan oleh irfan on Monday, January 25, 2010

1.Defenisi Al sunah menurut istilah syara’ adalah ucapan,perbuatan atau pengakuan rasulullah saw. Sunnah Qauliyah artinya hadits nabi saw.yang disabda sesuai dengan kondisi.seperti sabda beliau : Laadharara walaa dhirara ( tidak boleh membuat sesuatyang membahayakan juga tidak boleh membalas dengan sesuatau yang membahayakan ),Fis saa-imati zakatun ( pada binatang yang digembalakan itu ada kewajiban zakat ),dan sabda beliau tentang laut Huwaath thahuuru maa-uhu alhillu maytatuhu ( air laut itu suci dan halal bangkainya ) dan lain-lain. Sunnah Fi’liyah adalah perbuatan rasulullah saw.seperti sholat lima waktu dengan cara dan rukun-rukunnya,pelaksanaan ibadah hajji,keputusan berdasarkan seorang saksidan pengambilan sumpah dari pihak penuduh yang dilakukan oleh nabi saw. Sunnah Taqririyah adalah penetapan rasulullah saw.atas ucapan atas perbuatan yang dilakukan oleh para sahabat ,dengan diam atau tidak ada penolakan,persetujuan atau angapan baik dari beliau.sehingga penetapan dan persetujuan itu diangap sebagai perbuatan yang dilakukan oleh rasulullah sendiri. 2. Kekuatan sebagai hujjah Umat islam sepakat bahwa ucapan,perbuatan dan penetapan rasulullah yang mengarah pada hukum dan tuntunan dan sampai kepada kita dengan sanad yang sahih yang mendatangkan kepastian atau dugaan kuat atas kebenarannya adalah hujjah bagi umat islam.ia adalah sumber yang digunakn oleh para mujtahid untuk menetapkan hukum syara’ atas perbuatan orang-orang mukallaf.artinya hukum yang terkandung didalam Al sunnah sejalan dengan hukum yang terkandung dalam Al-Qur’an adalah undang-undang yang harus diikuti. Pertama : Nash- nash Al-Qur’an.karena Allah swt.sering kali dalam ayat-ayat Al-qur’an memerintahkan untuk taat kepada rasul sebagai bukti untuk taat kepadanya.dia memeritahkan kepada umat islam untuk mengembalikan peselisiahan pendapat yang terjadi diantara mereka kepada allah dan rasulnya telah menetapkan suatu hukum.semua ini adalah bukti dari allah bahwa penetapan hukum tuhan yang wajib diikuti.seperti dalam firman Allah swt. : وَالرَّسُولَ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ الْكَافِرِينَ قُلْ أَطِيعُوا اللَّ Artinya : katakanlah : ta’atlah Allah dan rasulnya.( QR.Ali Imran : 32 ) فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ وَمَنْ تَوَلَّى فَمَا أَرْسَلْنَاكَ لرَّسُولَ مَنْ يُطِعِ ا عَلَيْهِمْ حَفِيظًا Artinya : Barangsiapa yang menta’ati rasulnya ia rtelah mentaati Allah. ( QR.an Nisaa’ :80 ) إِنَّ ْ اللَّهَ يَأْمُرُكُم أَن تُؤَدُّوا الأمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمبِهِ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا Artinya : Hai orang-orang yang beriman,ta’atlah kepada Allah dan ta’atlah kepada rasul-nya dan ulil amri dia antara kamu.kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu,maka kembalilah kepada Allah ( Al-Qur’an )dan rasul ( al sunnah ).( QR.an Nisaa’ : 59 ) Kesimpulan dan saling keterkaitan antara ayat tersebut menunjukkan adanya kepastian bahwa allah mengaruskan mengikuti apa yang disyariatkan oleh rasul. Kedua : kesepakatan para sahabat ra.,baik semasa hidup maupun sepeningalnya rasulullah saw.akan kewajiban mengikuti sunnah rasul.dimasa hidup nabi,para sahabat telah melaksanakan hukum,menjalanka perintah dan menjauh larangan nabi saw,halal dan haram.dalam melaksankan kewajiban mengikuti,mereka tidak membedakan antara hukum yang berasal dari wahyu allah berupa Al-Qur’an atau hukum yang keluar dari nabi sendiri.oleh karena itu mu’azin bin jabal berkata,”bila aku tidak menemukan hukum yang aku jadikan putusan maka aku putuskan dengan sunnah rasulullah.demikian juga pada saat rasulullah saw wafat,bila mereka tidak menemukan hukum atas sesuatu yang terjadi pada mereka,maka diputuskan dengan merujuk kepada sunnah rasulullah. Ketiga :Allah saw.dalam al-qur’an telah menetapkan berbagai kewajiban yang masih bersifat global,hukum dan petunjuk pelaksanaanya tidak teperinci.seperti firman Allah : وَأَقِيمُوا الصَّلاةَ وَآتُوا الزَّكَاة Artinya : Dirikanlah sembahyang dan terimakanlah zakat. ( QR an Nisaa’:77 ) كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ Artinya : Diwajibkan atas kamu berpuasa.( QR.al Baqarah:183) وَلِلَّهِ عَلَ النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ ِ Artinya : Mengerakn haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah. ( QR.Ali imran:97 ) Allah akan menjelaskan bagaimana cara mendirikan sembahyang,menerima zakat ,melaksakan puasa dan haji.kemudian rasulullah saw saw.menjelaskan keglobalan ayat-ayat tersebutdengan ucapan atau perbuatan beliau,karena Allah memberikan kekuasaan kepada beliau untuk memberikan penjelasandengan firmannya : وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ Artinya : Dan kami turunkan kepadamu Al-Qur’an agar kamu menerangkan kepda umat manusia apa yang telah diturunkankepada mereka.( QS.an Nahl:44 ) 3. Hubungan Al sunnah dengan AL-Qur’an Hubungan al sunnah kepada Al-Qur’an dari segi kedudukannya sebagai hujjah dan rujukan dalam mengeluarkan hukum syara’ adalah menjadi pengiring Al-Qur’an.artinya seorang mujtahid dalam membahas suatu kejadian tidak boleh merjuk kepada al sunnah kecuali setelah tidak dapat menemukan hukumnya dalam Al-Qur’an.karena Al-Qur’an adalah suber utama hukum syara’.jika Al-Qur’an menetapkan suatu hukum,maka harus diikuti.dan jika tidak,maka merujuk kepada al sunnah,jika ditemukan maka harus diikuti.. Adapun hubungan kepada Al-Qur’an dari segi hukum yang dibawanya,tidak lebih dari salah satu diantar tiga hal berikut : 1. Al sunnah menetapkan dan menguatkan hukum yang dibawa Al-Qur’an,sehingga hukum itu mempunyai dua sumber dan dua dalil.ayat Al-Qur’an dan sunnah rasul. Hukum-hukum tersebut antara lain perintah mendirikan sembahyang,menerima zakat,puasa ramadhan,haji kebaitulah,larangan meyekutukan allah,kesaksian palsu,mendurhakai orang tua,membunuh tanpa alas an yang benar dan perintah atau larangan lainnyayang ditetapkan oleh ayat Al-Qur’an dan didukung sunnah rasul saw. 2. Al sunnah merinci dan menjelaskan kegelobalan hukum yang dibawa Al-Qur’an,membatasi kemutlakannya dan mentaksis keumumannya.penjelasan,pembatasan,atau pentakhsehanal sunnah terhadap Al-Qur’an adalah menjelaskan makna ayat-ayat Al-Qur’an.untuk menjelaskan nash Al-Qur’an sebagaimana firmannya : وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ Artinya : Dan kami turunkan kepadamu Al-Qur’an agar kamu menerangkan Kepada umat manusia apa yang diturunkan kepada mereka.. ( QS.an Nahl:44) 3. Al Sunnah juga menetapkan dan membentuk hukum yang tidak dijelaskan oleh Al-Qur’an.sehinga hukum ditetapkan berdasarkan dalil Al Sunnah,bukan Al-Qur’an.antara lain,haram menikahi seorang perempuan sekaligus bibi (darah ayah atau ibu ) perempuan itu,memakan binatang buas yang bertaring,burung yang berkuku tajam,memakai kain sutra dan cincin emasbagi laki-laki,juga seperti dalam hadits nabi saw. : Artinya : Ap yang haram sebab nasab juga haram sebab susuan.dan hukum-hukum Lain yang didasarkan pada Al- Sunnah saja. Adapun sumber hukumnya adalah ilham Allah kepada rasulnya atau ijtihad rasul sendi : Imam syafi’I dalam kitab ar risalah ( atau masalah ushul Fiqih )mengatakan ,”saya tidak mengetahui ada perbedaan pendapat diantara para ilmuwanbahwa sunnah Nabi saw.itu dieroleh dari tiga cara : 1. Nash al-Qur’an yang diturunkan oleh Allah Swt.kemudian nabi membentuk Sunnah sesuai dengan Nash tersebut. 2. Allah menurunkan nash secara global kemudian nabi saw.( dengan ilham Allah) menetapkan sunnah dengan menjelaskan makna nash yang dimaksud 3. Sunnah rasul yang mememang tidak terdapat dalam nash al-Qur’an Diantara yang perlu diperhatikan adalah bahwa ijtihad rasul saw.dalam menetapkan hukum syara’ bersumber pada al-Qur’an dan pengetahuan Nabi tentang jiwa hukum syara’ serta dasar-dasarnya.artinya dalam menetapkan hukum syara’,rasulullah mengkiaskan dengan hukum yang telah ada dalam al-Qur’an atau dengan menerapkan dasar-dasarkias pada hukum yang digunakan Al-Qur’an. 4. Pembagian al sunnah menurut sanad Al sunnah ditinjau dari segi yang meriwayatkan dari rasul terbagi menjadi tiga ( 3 ) : a.Sunnah Mutawatirah adalah sunnah yang diriwayatkan dari rasulullah oleh sekelompok perawi yang menurut kebiasaan,masing-masing tidak mungkin sepakat untuk berbohong,karena jumlah mereka yang bayak,kejujuran,dan perbedaan pandangan serta lingkunggan mereka.kemudian diriwayatkan sekolompok perawi yang sebanding denga mereka dan begitu seterusnya hingga sampai kepada kita melalu sanad seperti itu. b. Sunnah Masyhurah Adalah sunnah yang diriwayatkan oleh seorang sahabat,dua orang atau banyak yang tidak sampai kepda hitungan mutawatir,dan diriwayatkan dari kelompok ini oleh kelompok yang lain,begitu seterusnya sehingga sampai kepada kita dengan sanad seperti itu.Artinya,pertama kali yang mendengar sabdaatau menyaksikan perbuatan nabiadalah satu,kedua,atau beberapa sahabat yang tidak sampai pada hitungan mutawatirdan yang meriwayatkan selanjutnaya dalah jumlah yang mutawatir. Diantara sunnah ini adalah sebagian hadits rasulullah yang diriwayatkan dari imar bin Khattab,Abdullah bin Mas’ud,atau abubakar as shiddig,kemudian diriwayatkan oleh kelompok yang tidak mungkin sepakat untuk berdusta; seperti hadits : a. Bahwasannya sahnya suatu perbuatan itu tergantung pada niatnya. b. Islam didirikan atas lima dasar. c. Tidak boleh membuatkan suatu yang membahayakan juga tidak boleh membalas Dengan sesuatu yang membahayakan. Perbedaan antara Sunnah Mutawatirah dan Masyhurah Rangkaian sanad yang meriwayatkan sunnah mutawatirah adalah kelompok mutawatir mulai pertama kali diterima dari nabi hingga sampai keapada kita.sedangkan rangkaian sanad yang meriwayatkan sunnah masyhurah pertama kali dari nabi adalah seorang,dua orang atau beberapa orang rawi yang tidak sampai pada hitungan mutawatir,baru kemudian diriwayatkan oleh kelompok-kelompok hingga sampa kepada kita. c. Sunnah Aahad Adalah sunnah yang diriwayatkan oleh perorang yang tidak sampai pada hitungan mutawati.artinya,satu,dua atau beberapa orang rawi meriwayatkan dari rasul yang kemudian diriwayatkan oleh sejumlah rawi yang sepadan dan demikian seterusnya sehingga sampai kepda kita dengan sanad seperti itu.yakni pada setiap tingkatannya adalah perorangan,tidak samapi kepada hitungan mutawatir.yang termasuk sunnah Aahad Ini adalah sebagian besar hadits dan hadits tersebut diberi nama Khabar al Waahid. 5. Petujuk hukum al Sunnah,pasti atau dugaan Dari segi datangnya,Sunnah Mutawatirah adalah pasti dari rasul.karena banyaknya periwayatan memberikan ketetapan dan kepastian akan kebenaran berita,sedangkan sunnah Masyurah adalah pasti dari seorang atau beberapa sahabat yang meriwayatkannya dari rasul ,karena banyaknya periwatan dari mereka.tetapi tidak pasti dari rasul ,karena pertama kali yang meriwayakan dari nabi bukanlah kelompok mutawatir.oleh karena itu ahli fiqih kelompok hanafiyah menjadikan sunnah ini sebgai sunnah mutawatirah,yang dapat mentkhsis keumuman Al-Qur’an dan membatasi kemutlaknnya ,karena datangnya pasti dari sahabat ,padahal seorang sahabat saja dapat dianggap sebagai hujjah dan terpecaya dalam periwayatannya dari rasul. Ucapan Dan Perbuatan Rasul yang tidak termasuk hukum syara : Ucapan dan perbuatan yang keluar dari rasul adalah hujjah bagi umat islam yang wajib diikuti apabila di ucapkan atau dilakukan dalam kapasitas beliau sebagai utusan Allah yang bertugas membantu hukum syra’ secara umum dan sebagai tuntunan. Perlu di perhatikan bahwa keputusan rasul atau suatu pertengkaran itu mencangkup 2 hal : 1. menetapkan kejadian,dan 2. memutuskan hukum berdasarkan kejadian-kejadian. Menetapkan kejadian adalah masalah kemampuan beliau sendiri,yang bukan termasuk hukum syara’.sedangkan memutuskan hukum setelah melihat kebenaran suatu peristiwa adalah pembentukan hukum syara’. Refrensi : - Ilmu ushul fiqih,kaidah hukum islam,Prof.Dr,Abdul Wahab Khalaf,Pustaka Amani,Jakarta. - Ushul Fiqih,Komentar Tafsir AT-THURUQOT,penerbit,Mitra Gayatri Lirboyo Kediri. - Ushul Fiqih,Prof.Muhamad Abu zahroh,Pustaka Firdaus,Pejaten barat,Pasar Minggu Jakarta.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers