Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

Diposkan oleh irfan on Monday, December 21, 2009

Teknik Pembuatan Keramik

Didalam pembuatan keramik memerlukan teknik-teknik khusus. Penggunaan teknik tersebut berkaitan dengan sifat dari bahan keramik yakni tanah liat yang elastis. Setiap teknik memiliki tahapan-tahapan proses yang saling berkaitan. Kesalahan pada salah satu proses bisa berakibat fatal, yakni hasil akhir keramik tidak sesuai dengan yang dinginkan, misalnya keramiknya pecah atau berubah bentuk ketika dilakukan proses pembakaran.
Pada dasarnya ada 5 macam dalam teknik pembuatan keramik, yakni :
  1. Teknik coil (lilin pilin)
  2. Teknik tatap batu / pijat
  3. Teknik slab(lempengan)
  4. Teknik Putar
  5. Teknik cetak
Penggunaan teknik pembuatan keramik dipengaruhi oleh tujuan dari pembuatan keramik, misalnya anda ingin membuat keramik untuk souvenir dalam jumlah yang sangat banyak maka teknik cetak adalah yang paling pas jika dibanding menggunakan teknik pijat. Teknik pijat memerlukan waktu relatif lama jika dibandingkan dengan teknik cetak dan juga hasilnya kemungkinan tidak seragam jika menggunakan teknik pijit, berbeda dengan teknik cetak yang sudah mempunyai pola paten sehingga kita bisa membuat keramik dalam jumlah banyak dengan waktu yang relatif singkat.
Jika anda ingin membuat keramik yang bentuknya simetris(bulat, silindris) dan bervariasi seperti gentong, guci atau vas tanpa ornamen, teknik putar adalah yang paling tepat untuk digunakan. Teknik putar banyak digunakan oleh para pengarajin di sentra keramik tradisional, biasanya menggunakan alat putar tangan(hand wheel) atau alat putar kaki(kick wheel).
Pada umumnya para seniman keramik  atau penggemar keramik menggunakan teknik slab(lempengan) atau teknik pijat untuk membuat karya-karya keramik mereka, karena kebanyakan karya seniman bentuknya tidak simetris dengan bentuk yg lebih bebas sesuai dengan keinginan. Ponimin salah satu seniman keramik yang menguasai teknik pijat yang sudah diakui kualitasnya di luar negeri. Sedangkan Jennie Lee sering menggunakan teknik putar ketika dia mengajari muridnya, mungkin karena relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan teknik pijit.

Membuat meramik dengan teknik putar

Pada artikel sebelumnya tentang teknik pembuatan keramik saya pernah berjanji untuk menjelaskan masing-masing teknik. Kali ini saya akan menjelaskan tentang salah satu teknik dari 5 teknik dalam membuat keramik. Teknik yang akan saya jelaskan adalah teknik putar. Teknik putar ini paling banyak digunakan oleh pengrajin keramik traditional, seperti yang ada di sentra keramik dinoyo. Lumayan sulit untuk mendapatkan literatur tertulis tentang teknik ini, mungkin dengan format video yang saya dapat dari youtube bisa memberikan kemudahan kepada pembaca untuk memahami tentang teknik ini.


Eyang Keramik



Eyang Keramik didirikan tahun 1996, dengan basis usaha membuat barang-barang kerajinan dari tanah liat.
Bukan berarti latah dengan perajin lain yang lebih dulu menekuni kerajinan yang sudah jadi trade mark nya Kasongan.
Tetapi dia merasa terkondisikan menggeluti dunia keramik sebagai bidang usahanya, karena letaknya yang berada di daerah Kasongan. Dengan menekuni usaha ini ternyata lambat laun ekonominya mulai merangkak.
Bahkan sekarang sudah bisa membangun showroom di Dusun Tirto RT 06 RW 45 Bangunjiwo Kasihan Bantul, 55184, telp. (0274) 447842, dan memiliki sebuah toko kerajinan di jalan menuju Kasongan.

Ciri khas produknya yaitu bentuk-bentuk patung manusia atau bentuk loro blonyo.
Loro blonyo yang dibuatnya kebanyakan bentuk berdiri.
Seperti penari yang sedang menari atau peragawati yang sedang bergaya diatas catwalk.
Postur tubuhnya dibuat langsing.
Asesorisnya juga komplit.
Teknik penggarapannya halus, dan finishingnya menggunakan cat.
Orang yang melihat, kesan pertama pasti berdecak kagum, karena seolah-olah patung keramik tadi seperti hidup.



KERAJINAN KERAMIK DAN GERABAH

Industri kerajinan merupakan salah satu potensi kabupaten Sleman. Menempati wilayah seluas 574,82 km2 (18,10 % dari luas DIY) Sleman memiliki sejumlah industri kerajinan yang sangat potensial.
Untuk dapat bersaing di pasar global dan memenuhi tuntutan pasar, saat ini telah dikembangkan strategi diversifikasi produk kerajinan. Meskipun dulunya keramik merupakan bahan pembuat alat-alat rumahtangga, sekarang telah dipakai untuk membuat kerajinan dan suvenir serta digunakan sebagai hiasan rumah. Diproduksi oleh sejumlah 84 industri skala kecil dengan 232 tenaga kerja produk kerajinan ini telah diekspor ke beberapa negara diantaranya Amerika, Australia, Selandia Baru, Filipina dan Jepang. Harga produk kerajinan ini bervariasi antara Rp. 7500 hingga Rp. 500.000.



PUTRA INSAN KERAMIK

The image “http://www.yogyes.com/en/shopping/vases/putra-insan/Putra-Insan-1+t.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.

Keindahan dan kekayaan alam Indonesia telah menginspirasi Putra Insan untuk merekamnya dalam guci-guci keramik. Keindahan pantai-pantai dengan hamparan pasir putih dihadirkan dalam guci-guci yang dibalut dengan pasir, pola garis-garis menambah cantik koleksi ini. Keteduhan telaga-telaga alami direka ulang pada guci-guci keramik yang dibalut dengan anyaman enceng gondok. Tak ketinggalan, pesona hutan tropis Indonesia diabadikan pada guci-guci keramik yang berbalut anyaman rotan.
Berdiri sejak tahun 2002, usaha kerajinan ini memiliki kapasitas produksi 360 guci keramik setiap bulan. Saat ini sudah ada puluhan desain, tentu saja dengan unsur dekorasi yang kental nuansa alami sebagai ciri khas produk Putra Insan. Selain membuat guci keramik berdasarkan desain sendiri, Putra Insan juga melayani pembuatan guci keramik dengan desain sesuai permintaan pelanggan.
Silakan melihat-lihat katalog produk di bawah ini. Bila Anda ingin melihat semua desain kami, jangan ragu untuk singgah ke showroom kami di Desa Wisata Kasongan – Yogyakarta



Guci Keramik dan Patung Budha Terakota
buatan Yanto Ceramic

The image “http://www.yogyes.com/en/shopping/home-decor/yanto-ceramic/Yanto-Ceramic-1+t.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.

Keramik adalah kerajinan yang terbuat dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran.Jaman dahulu desa Kasongan merupakan wilayah pemukiman para kundi, yang berarti buyung atau gundi (orang yang membuat sejenis buyung, gendi, kuali dan lainnya yang tergolong barang dapur juga barang hias). Seiring perkembangan, dengan masuknya pengaruh modern dan budaya luar melalui berbagai media, saat ini kerajinan yang terbuat dari keramik sudah memiliki ribuan variasi motif dan model. Bentuk dan fungsinya pun sudah beraneka ragam, mulai dari asbak rokok kecil atau pot bunga yang tingginya mencapai bahu orang dewasa. Barang hias pun tidak hanya yang memiliki fungsi, tetapi juga barang-barang yang hanya sekedar menjadi pajangan.
Yanto Ceramic
merupakan salah satu pengrajin keramik yang berlokasi di desa Kasongan. Beberapa produk keramik yang dihasilkan dikombinasi menggunakan kulit telur yang dipecah dan disatukan lagi menggunakan lem khusus. Selain itu Yanto keramik juga memproduksi guci-guci repro antik dan patung-patung budha. Selain membuat guci keramik berdasarkan desain sendiri, Yanto keramik juga melayani pembuatan guci keramik dengan desain sesuai permintaan pelanggan.Silakan melihat-lihat katalog produk di bawah ini. Bila Anda ingin melihat semua desain kami, jangan ragu untuk singgah ke showroom kami di Desa Wisata Kasongan - Yogyakarta.

The image “http://www.yogyes.com/en/shopping/home-decor/yanto-ceramic/Yanto-Ceramic-2+t.jpg” cannot be displayed, because it contains errors. The image “http://www.yogyes.com/en/shopping/home-decor/yanto-ceramic/Yanto-Ceramic-3+t.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers