Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

PRINSIP-PRINSIP KEPEMIMPINAN ISLAM

Diposkan oleh irfan on Saturday, July 11, 2009

A. Pendahuluan
Aktifitas manusia dalam kehidupan kolektif senantiasa memerlukan kepemimpinan. Karenanya menjadi sesuatu yang niscaya untuk mencari dan menemukan sosok pemimpin ideal yang dapat memandu, membimmbing dan membawa para pengikutnya kepada sasaran yang dituju sesuai dengan alokasi kesempatan dan rencana yang ditetapkan (Kartini Kartono, 1991, 81).
Demikian sentralnya fungsi kepemimpinan bagi kehidupan manusia sehingga sebuah kelompok sekecil apapun harus ada orang yang memimpin. Nabi SAW bersabda;
…………………………………………………………………………………..
(Al-Sajastani, 1994, 600)
Kini bangsa kita pada umumnya dan umat Islam khusunya sedang disibukkan oleh ikhtiar menemukan pemimpin yang utamanya dapat dijadikan panutan umat (harap baca; Polemik Tentang Kepemimpinan Umat di Tengah Pluralitas Msyarakat, 1999). Maka relevan kiranya jika kita mencoba menawarkan ebuah konsep tentang prinsip-prinsip kepemimpinan Islami aebagai salah satu alternatif untuk menjawab kebutuhan tadi.


Pemikiran konseptual ini dikemukakan berdasarkan kajian tematik terhadap ayat-ayat tertentu dalam al-Qur’an, yakni sebuah metode kajian yang membahas ayat-ayat al-Qur’an sesuai dengan tema (maudlu’) yang telah ditetapkan (Nasaruddin Baidan, 2003, 72), meski terdapat cara tematik lainnya yang berusaha menafsirkan suatu surat yang memuat sebuah tema tertentu dari awal hingga akhir. Tetapi agaknya cara ini ada yang memandang kurang penting (S. Agil Munawar, 1994, 29). Karenanya lebih baik tidak dilakukan dalam penulisan makalah ini.
Aspek-aspek tentang kepemimpinan sangat luas, namun disini akan dibatasi pada hal-hal yang dianggap prinsip belaka, dengan pertimbangan; a). wilayah kajian tidak terlalu meluas, b). focus kajian terhadap aspek yang terbatas dapat lebih diperdalam.
Akhirnya dengan rendah hati diharapkan tegur sapa dari para diskusan demi penyempurnaan semua sisi dari makalah ini.

B. Lafadz-Lafadz Al-Qur’an Yang Bermakna Pemimpin Atau Kepemimpinan
Pemimpin dan kepemimpinan adalah dua istilah dari akar kata yang sama, namun mempunyai arti yang berbeda. Pemimpin (leader) berarti orang yang menjalankan kepemimpinan, sedangkan kepemimpinan (leadership) adalah sifat-sifat, keahlian dan aktifitas yang dijalankan seseorang pemimpin.
Setelah dilakukan penelitian ternyata dalam al-Qur’an terdapat banyak sekali lafadz-lafadz yang menunjukkan rati pemimpin atau sifat dan aktifitas pemimpin. Untuk lebih jelasnya lafadz-lafadz tersebut dapat dikemukakan sebagaimana tabel di bawah ini;

Lafadz yang berarti pemimpin atau kepemimpinan






C. Klarifikasi dan Klasifikasi Ayat Tentang Pemimpin dan Kepemimpinan
Apabila kita perhatikan struktur lafadz yang digunakan dalam al-Qur’an, maka kita akan segera memperoleh kesan bahwa apabila struktur itu menggunakan kata yang berbeda agaknya tetap menunjukkan aksentuasi dan kontekstualisasi yang berbeda pula, meskipun artinya sama atau minimal mendekati. Kata ‘……………’ misalnya, ditujukan untuk siapa kepemimpinan itu harus dijalankan atau aktifitas apa yang harus dijalankan seseorang pemimpin. Seperti dalam penggalan ayat…………………………………….. kepemimpinan yang pertama untuk seluruh manusia, sedang yang kedua khusus untuk muttaqin. Dalam ayat……………………………………………. Menunjukkan beragam aktifitas pemimpin.
Berbeda dengan lfadz ’………….’, hanya diikuti kata ‘…………………’ (keterangan tempat; di bumi), tanpa disebutkan secara spesifik untuk siapa dan apa saja aktifitasnya.
Kecuali dalam surat Shaad, 26;
……………………………………………………………………………………..
Allah telah menjadikan Daud AS sebagai Khalifah di bumi dengan tugas tertentu, antara lain menegakkan hokum (law enforcement)… dan seterusnya. Hal ini mudah dimengerti karena Daud AS bukanlah orang kebanyakan, tetapi seorang Rasul atau utusan Allah yang harus menjalankan tugas sebagai Imam sesuai dengan kehendak Allah yang mengutusnya. Berdasarkan surat Shaad; 26 ini secara etimologis (lughat) dapat diduga bahwa lafadz ‘Imam’ dan ‘Khalifah’ adalah dua kata yang memiliki makna sama (sinonim/muradif). Tetapi mengapa dalam struktur ayat digunakan untuk aksentuasi yang berbeda, kiranya menarik untuk dicernati.
Adakalanya untuk menunjukkan arti pemimpin digunakan lafadz ‘…………’. Apabila dilihat dari bentuk lafadz dalam ayat menunjukkan umum (‘am) yang ditandai dengan masuknya ‘…….’ Pada isim jamak (harap periksa; Al-Zuhaili, juz I, 1986, 245), seperti dalam firman Allah SWT; ……………………………………………………… Namun jika diperhatikan dari aspek munasabah ayat dalam surat al-Nisaa’ tersebut, maka dapat ditarik pengertian bahwa ayat ini hanya berlaku dalam konteks kehidupan rumah tangga, nukan untuk kehidupan social pada umumnya.
Lafadz ‘…………’ dan ‘……………’ juga dapat diartikan pemimpin, tetapi jika dihubungkan dengan lafadz sesudahnya, penggunaan lafadz-lafadz tersebut rupanya untuk memberikan aksentuasi pada kepemimpinan yang negatif. Misalnya bunyi ayat;
……………………………………………………………………………… yang dinyatakan dalam surat Thaha dan al-Syura’, meskipun kandungan ayat ini hanya sekedar tuduhan dari Fir’aun kepada Musa AS, atau ayat; ………………………………….. pada surat al-Ahzab, kedua lafadz tersebut sarat dengan kesan kesewenang-wenangan (kedhaliman).
Lafadz ‘………….’ Identik dengan kata ‘……………..’ (al-Ma’ruf, 1973, 829)
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Dalam al-Qur’an juga banyak ditemukan lafadz ‘………..’ dan pecahan (mustaq) nya. Makna lafadz ini beragam. Namun dalam konteks pengertian pemimpin agaknya memberikan pemahaman bahwa pemimpin itu tidak harus bersifat biologis atau empirikal seperti; ………………………………………………, tetapi boleh jadi bersifat non-biologis atau non-empirikal, seperti ……………….. dan sebagainya.
Dari sekian banyak lafadz sebagaimana dikemukakan dalam tabel, kiranya hanya akan dibatasi sebanyak lima ayat saja yang akan dibahas lebih jauh secara tematik, karena kelima ayat itu yang dapat dipandang paling signifikan dalam memberikan petunjuk tentang prinsip-prinsip kepemimpinan Islami. Kelima ayat tersebut ialah; 1). Al-Baqarah; 30 2). Al-Baqarah; 124 3)Al-Anbiya’ ;73 4) . Al-Sajdah; 24 dan 5) . Shaad; 26.
Memang urutan ayat diatas kurang tepat jika ditinjau dari sudut tertib nuzul, sebab Al-Baqarah adalah Madaniyah dan surat-surat berikutnya semua Makiyah. Diantara ketiga surat Makiyah itu juga sulit ditentukan mana yang lebih dahulu nuzulnya. Apabila dilihat dari segi bentuk lafadz yang digunakan, dalam surat Al-Anbiya’ berbunyi; …………… , dalam surat Sajdah; …………….. dan dalam surat Shaad; ………………... jadi berawal dari kandungan lafadz yang berkonotasi ‘ ‘am’ menuju ke ‘ khas’ dan berujung pada ‘………………’, maka kiranya dapat diduga bahwa Al-Anbiya’ turun lebih dahulu daripada Sajdah, dan Sajdah lebih dahulu daripada Shaad. Akan tetapi metode ini juga kurang meyakinkan, karena aayat-ayat yang dinukil dari surat-surat diatas berisi tentang kisah para Nabi dan umatnya di masa lampau, bukan bertutur tentang hokum. Dalam tradisi ilmiah pemahaman ayat-ayat ahkam mutlak diperlukan pijakan pada tertib nuzul. Gunanya untuk menentukan nasikh dan mansukh al-hukm, atau hukm al-khas yang harus diutamakan daripada hukm al-‘am (lex specialis de rogat lex generalis) dan sebagainya. tetapi kajian ayat-ayat tentang kisah masa lalu (qashash man qablana min al-Anbiya’ wa al-umam al-madhiyah) tidak mutlak harus demikian. Sebabnya; a). kisah-kisah itu tidak memerlukan nasikh-mansukh, dan b). lazimnya, kisah-kisah tersebut diungkap oleh Tuhan sekedar sebagai referensi untuk memperkokoh keberadaan wahyu sebagai sesuatu yang ‘haq’ atau mempertegas eksistensi nubuwat dan sebagainya.
Dengan kedua alasan diatas sistematik pembahasan ayat-ayat diatas yang telah dipilih tidak diteknkan berdasarkan tertib nuzul, tetapi lebih ditekankan pada setting cerita sesuai dengan tuntutan tema yang akan dikaji.

D. Prinsip-Prinsip Kepemimpinan Menurut Al-Qur’an
Setidaknya terdapat lima ayat dalam al-Qur’an yang dipandang representatif untuk menjelaskan prinsip-prinsip Kepemimpinan yang Islami. Kelima ayat tersebut akan dideskripsikan secara berurutan eperti di bawah ini;
…………………………………………………………………………………….
secara gramatikal kata ‘Khalifah’ berarti pengganti ‘Khalifatan’ berarti;
…………………………………………………………………………………….
(Ibn Katsir, juz I, 1974, 30)
Pengertian Khalifah dalam ayat ini menurut mufassirin ada dua pendapat; 1) Adam AS (Al-Zuhaili, juz I, tt, 124), karena menjadi pengganti Allah dalam melaksanakan perintah-perintahnya di bumi. 2) Khalifah disini berarti khalaif (………………………….). Menurut Ibn Katsir, pengertian Khalifah dalam ayat tersebut tidak hanya Adam AS, sebagaimana pendapat para mufassir pada umumnya, tetpi juga Khalifah-khalifah lainnya.




Bosen main game gituan download aja java game KLIK DISINI gratis

{ 2 komentar... read them below or add one }

nobita said...

islam is the best

irfan said...

oyi. eh maaf ya kan tulisan arabnya ga kedetek hheheh maklum disini masih pakek komputer butut heh

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers