Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

ABORSI

Diposkan oleh irfan on Wednesday, July 08, 2009

BAB I


A. PENDAHULUAN
Kehidupan manusia dimulai saat setelah perubahan terjadi. Jika dengan sadar dan dengan segala cara kita mengakhiri hidup manusia tak berdosa, berarti kita melakukan suatu perubahan tak bermoral dan asosial. Tidak semestinya kita membiarkan penghentikan nyawa hidup siapapun atau hidup kita sebagai manusia menjadi tidak berharga lagi.
Sekarang ini praktek aborsi semakin merajalela, bukan hanya kalangan mahasiswa saja yang melakukan praktek ini tetapi banyak juga pelajar yang melakukan praktek ini.


Dalam masalah ini saya mengambil topic tentang aborsi span>Dimana peran seorang wanita yang telah mengikuti program pendidikan bidan dan lulus ujian sesuai dengan persyaratan yang berlaku (bidan) diperlukan dalam praktek dan bagaimana praktek dijalankan secara legal dan illegal.
A. RUMUSAN MASALAH
Dari paparan pendahuluan diatas akan dapat dirumuskan beberapa permasalahan, sebagai berikut:
1. Bagaimana definisi aborsi ?
2. Apakah alasan dari aborsi ?
3. Bagaimanakah tindakan aborsi ?
4. Adakah resiko dari aborsi ?
5. Apakah hukum dari aborsi ?

B. TUJUAN PENULISAN
Diliat dari rumusan masalah diatas, penulis memberikan tujuan sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui definisi dari aborsi.
2. Untuk mengetahui alasan dari aborsi.
3. Untuk mengetahui akibat tindakan dari aborsi.
4. Untuk mengetahui resiko dari aborsi.
5. Untuk mengetahui hukum dari aborsi.

BAB II
PEMBAHASAN
a. Definisi Aborsi
Menggugurkan kandungan atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah “abortus”. Berarti pergaulan hasil konsepsi (pertemuan sel telur dan sel sperma) sebelum janin dapat hidup diluar kandungan. Ini adalah suatu proses pengakhiran hidup dari janin sebelum diberi kesempatan untuk bertumbuh.
Dalam dunia kedokteran dikenal tiga macam aborsi, yaitu:
1. Aborsi Spontan / Alamiyah
2. Aborsi Buatan / Sengaja
3. Aborsi Terapeutik / medis
Aborsi spontan atau alamiyah berlangsung tanpa tindakan apapun. Kebanyakan disebabkan karena kurang baiknya kualitas sel telur dan sperma, sedangkan Aborsi buatan atau sengaja adalah pengakhiran kehamilan sebelum usia kandungan 28 minggu sebagai suatu akibat tindakan yang disengaja dan disadari oleh calon ibu dan pelaksana aborsi (dalam hal ini dokter, bidan atau dukun beranak).
Aborsi terapeutik atau medis atau pengguguran kandungan buatan yang dilakukan atas indikasi medik. Sebagai contoh calon ibu yang sedang hamil tetapi mempunyai penyakit darah tinggi menahun atau penyakit jantung yang parah yang dapat membahayakan baik calon ibu maupun janin yang dikandungnya. Tetapi ini semua atas pertimbangan medis yang matang dan tidak tergesa-gesa.


b. Alasan Aborsi
Aborsi dilakukan seorang ibu hamil baik yang telah menikah maupun yang belum menikah dengan berbagai alasan. Akan tetapi alasan yang paling utama adalah alasan – alasan yang non medis (termasuk jenis aborsi buatan / sengaja).
Alasan – alasan dilakukannya aborsi adalah:
• Tidak ingin mempunyai anak karena khawatir mengganggur karir, sekolah atau tanggung jawab lain (75%).
• Tidak memiliki cukup uang untuk merawat anak (66%).
• Tidak ingin memiliki anak tanpa ayah (50%).
Alasan lain yang sering dilontarkan adalah masih terlalu muda (terutama mereka yang hamil diluar nikah), aib keluarga, atau sudah memiliki banyak anak. Ada orang yang menggugurkan kandungan karena tidak mengerti apa yang mereka lakukan. Mereka tidak tahu akan keajaiban – keajaiban yang dirasakan seorang calon ibu, saat merasakan gerakan dan geliatan anak dalam kandungannya.
Alasan – alasan seperti itu juga diberikan oleh para wanita di Indonesia yang mencoba meyakinkan dirinya bahwa membunuh janin yang ada didalam kandungannya adalah boleh dan benar. Semua alasa – alasan ini tidak berdasar. Sebaliknya, alasan – alasan ini hanya menunjukkan ketidakpedulian seorang wanita, yang hanya memikirkan kepentingan dirinya sendiri.
Kebanyakan kasus aborsi adalah karena alasan – alasan yang sifatnya untuk kepentingan diri sendiri – termasuk takut tidak mampu memebiayai, takut dikucilkan, malu atau gengsi.

c. Tindakan Aborsi
Ada dua macam tindakan aborsi, yaitu :
• Aborsi dilakukan sendiri
Aborsi yang dilakukan sendiri misalnya dengan cara memakan obat – obatan yang membahayakan janin, atau dengan melakukan perbuatan – perbuatan yang dengan sengaja ingin menggugurkan janin.
• Aborsi dilakukan orang lain
Orang lain disini bisa sebagai dokter, bidan atau dukun beranak. Cara – cara yang digunakan juga beragam.
Aborsi yang dilakukan seseorang dokter atau bidan pada umumnya dilakukan dalam lima tahapan, yaitu:
• Bayi dibunuh dengan cara ditusuk atau diremukkan dalam kandungan.
• Bayi dipotong – potong tubuhnya agar mudah dikeluarkan.
• Potongan bayi dikeluarkan satu persatu dari kandungan
• Potongan – potongan disusun kembali untuk memastikan lengkap dan tidak tersisa.
• Potongan – potongan bayi kemudian dibuang ke tempat sampah, sungai, dikubur di tanah kosong, atau dibakar ditungku.
Sedangkan seorang dukun beranak biasanya melaksanakan aborsi dengan cara memberi ramuan obat pada calon ibu dan mengurut perut calon ibu untuk mengeluarkan secara paksa janin dalam kandungannya. Hal ini sangat berbahaya, sebab pengurutan belum tentu membuahkan hasil yang diinginkan dan kemungkinan malah membawa cacat bagi janin dan terauma hebat bagi calon ibu.
d. Resiko Aborsi
Aborsi memiliki resiko rang tinggi terhadap kesehatan maupun keselamatan seorang wanita. Tidak benar jika dikatakan bahwa jika seorang melakukan aborsi ia “tidak merasakan apa – apa dan langsung boleh pulang”.
Ini adalah informasi yang sangat meyesatkan bagi setiap wanita, terutama mereka yang sedang kebingungan karena tidak menginginkan kehamilan yang sudah terjadi. Ada dua macam resiko kesehatan terhadap wanita yang melakukan aborsi:
• Resiko kesehatan dan keselamatan secara fisik
Pada saat melakukan aborsi dan setelah melakukan aborsi ada beberapa resiko yang akan dihadapi seorang wanita, seperti yang dijelaskan dalam buku “facts of life” yang ditulis oleh Brian Clowes, Phd yaitu:
 Kematian mendadak karena pendarahan hebat.
 Kematian mendadak karena pembiusan yang gagal
 Kematian secara lambat akibat infeksi disekitar kandungan.
 Rahim yang sobek (Uterine Perforation).
 Kerusakan leher rahim (Cervical Lacerations) yang akan menyebabkan cacat pada anak berikutnya.
 Kanker payudara (karena ketidakseimbangan hormone estrogen pada wanita).
 Kanker indung telur (Ovarian cancer).
 Kanker leher rahim (Cervical Cancer).
 Kanker hati (Liver Cancer).
 Kelamin pada placenta / ari – ari (Placenta Previa) yang akan menyebabkan cacat pada anak berikutnya dan pendarahan hebat pada saat kehamilan berikutnya.
 Menjadi mandul / tidak dapat memiliki keturunan lagi (Ectopic Pregnancy).
 Infeksi rongga panggul (Pelvic Inflammatory Disease).
 Infeksi pada lapisan rahim (Endometriosis).
• Resiko gangguan psikologis
Proses aborsi bukan saja suatu proses yang memiliki resiko tinggi dari segi kesehatan dan keselamatan seorang wanita secara fisik, tetapi juga memiliki dampak yang sangat hebat terhadap keadaan mental seorang wanita.
Gejala ini dikenal dalam dunia psikologo sebagai “Post-Abortion Syndrome” (Sindrom Paska - Aborsi) atau PAS. Gejala – gejala ini dicatat dalam “Psychological Reactions Reported After Abortion” didalam penerbit The Post-Abortion Review (1994).
Pada dasarnya seorang wanita yang melakukan aborsi akan mengalami hal – hal seperti berikut ini:
• Kehilangan harga diri (82%)
• Berteriak – teriak histeris (51%)
• Mimpi buruk berkali – kali mengenai bayi (63%)
• Ingin melakukan bunuh diri (28%)
• Mulai menggunakan obat – obatan terlarang (41%)
• Tidak bias menikmati lagi hubungan seksual (59%)
Diluar hal – hal tersebut diatas para wanita yang melakukan aborsi akan dipenuhi perasaan bersalah yang tidak hilang selama bertahun – tahun dalam hidupnya.
e. Hukum Aborsi
Menurut hukum – hukum yang berlaku di Indonesia, aborsi atau pengganguran janin termasuk kejahatan, yang dikenal dengan istilah “ Abortus Provocatus Criminalis” yang menerima hukuman adalah:
• Ibu yang melakukan aborsi.
• Dokter atau bidan atau dukun yang membantu melakukan aborsi.
• Orang – orang yang mendukung terlaksana aborsi.
Beberapa pasal yang terkait adalah:
• Pasal 229 5. Pasal 346
• Pasal 341 6. Pasal 347
• Pasal 342 7. Pasal 348
• Pasal 343 8. Pasal 349.

BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Meski pengguguran kandungan (aborsi) dilarang oleh hukum tetapi kenyataannya terdapat 2,3 juta perempuan melakukan oborsi. Masalahnya tiap perempuan mempunyai alas an tersendiri untuk melakukan aborsi dan hukum pun terlihat tidak akomodatif terhadap alasan – alasan tersebut, misalnya dalam masalah kehamilan paksa akibat perkosaan atau bentuk kekerasan lain termasuk kegagalan KB. Larangan aborsi berakibat pada banyaknya terjadi aborsi tidak aman, yang mengakibatkan kematian. Data WHO menyebutkan, 15-50% kematian ibu disebabkan pengguguran kandungan yang tidak aman. Dari 20 juta pengguguran kandungan tidak aman yang dilakukan tiap tahun, ditemukan 70.000 perempuan meninggal dunia. Artinya 1 dari 8 ibu meninggal akibat aborsi yang tidak aman.
Melakukan aborsi pasti merupakan keputusan yang sangat berat dirasakan oleh perempuan yang bersangkutan. Tapi bila memeng terjadi jalan yang terakhir, yang harus diperhatikan adalah persiapan secara fisik dan mental dan informasi yang cukup mengenai bagaimana agar aborsi bias langsung aman. Aborsi aman bila:
• Dilakukan oleh pekerja kesehatan (perawat, bidan, dokter) yang benar terlatih melakukan aborsi.
• Pelaksanaannya mempergunakan alat – alat kedokteran yang layak
• Dilakukan dalam kondisi yang sangat bersih, apapun yang masuk dalam vagina atau rahim harus steril atau tidak tercemar kuman dan bakteri.
• Dilakukan kurang dari 3 bulan (12 minggu) sesudah pasien terakhir kali mendapat haid. Pelayanan kesehatan yang memadahi adalah HAK SETIAP ORANG, tidak terkecuali perempuan yang memutuskan melakukan aborsi.
Keahlian bidan sering disalah gunakan untuk melakukan tindakan yang menentang agana dan hukum, yaitu melakukan praktek aborsi illegal. Tapi terkadang bidan membantu wanita hamil untum melakukan aborsi. Hal ini dilakukan karena adanya beberapa sebab diantaranya: penyakit yang alami oleh ibu yang dapt membahayakan janinnya. Peran bidan sangat besar dalam menginformasikan KB dan alat kontrasepsi, sehingga tidak terjadi kehamilan yang tidak diinginkan dan tidak akan terjadi praktek aborsi illegal. Hal ini diharapkan kepada sekuruh masyarakat agar selalu menggunakan alat kontrasepsi dan mengikuti program KB.
DAFTAR PUSTAKA
- http://www.aborsi.arg/
- http://dikti.go.id/pkm/pkmi_award_2006/pdf/pkmi06_061.pdf
- www.majalah.farmacia.com/rubrik/one_news_print.asp?IDNews=527

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers