Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

PENDIDIKAN ISLAM

Diposkan oleh irfan on Saturday, June 27, 2009

A. PENDAHULUAN
Pendidikan adalah merupakan suatu masalah yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Maju tidaknya suatu bangsa sangat tergantung pada pendidikan bangsa tersebut. Artinya jika pendidikan suatu bangsa dapat menghasilkan “Manusia” yang berkwalitas lahir batin. Otomatis bangsa tersebut akan maju, damai dan tentram. Sebaliknya jika pendidikan suatu bangsa mengalami stagnasi maka bangsa itu akan terbelakang disegala bidang.
Berbicara mengenai kualitas sumberdaya manusia Islam memandang bahwa pembinaan sumberdaya manusia tidak dapat dilepaskan dari pemikiran menganai manusia itu sendiri, dengan demikian Islam memiliki konsep yang sangat jelas, utuh dan komprehensif mengenai pembinaan sumberdaya manusia. Konsep ini tetap actual dan relevan untuk diaplikasikan sepanjang zaman (Abudin Nata, 2001; 17)
Dewasa ini Pendidikan Nasional tengah menghadapi isu krusial. Isu yang paling sensitive terkait dengan mutu pendidikan, relevan pendidikan, akuntabilitas, professionalisme, efisiensi, debirokrasi dan prilaku pemimpin pendidikan.
Hal tersebut masih sangat kontradiktif dengan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (sisdiknas) bab II pasal 3 disebutkan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dan pada bab III pasal 4 ayat 6 disebutkan bahwa prinsip penyelengaraan pendidikan adalah dengan memperdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan (Sisdiknas, 2003;no 20). Pada hakekatnya, berfungsi upaya yang telah dilakukanuntuk meningkatkan kualitas pendidikan belum menunjukkan hasil yang menggembirakan, bahkan masih banyak kegagalan ini disebabkan antara lain: masalah menajemen pendidikan yang kurang tepat, penempatan tenaga tidak sesuai dengan bidang keahliannya (termasuk didalamnya pengangkatan kepala madrasah/sekolah yang kurang professional bahkan hanya mengutamakan nuansa politis dari pada profesionalisme), penanganan masalah bukan pada ahlinya, pemertaan kesempatan, keterbatasan anggaran yang tersedia, sehingga tujuan pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan mutu pada setiap jenis dan jenjang pendidikan belum dapat diwujudkan secara segnifikan. Menurut Sidi (2001) telah diupayakan tidak kurang 12 strategi pembangunan pendidikan nasional, antara lain 1). Menerapkan perencanaan berbasis kompetensi lokal. 2). Nebubfkatkan pemerataan pendidikan. 3). Menetapkan system maajemen mutu secara menyeluruh. 4). Meriview kurikulum secara periodic serta mengembangkan implementasi kurikulum secara kontinyu. 5). Merancang proses penerapan pendekaran dan metode serta isi pendidikan yang memberikan kesempatan luas kepada peserta didik dan warga belajar untuk mengembangkan potensi kemampuannya secara luas. 6). Meningkatkan system manajemen sumber pendidikan yang lebih adil dan memadai serta mendayagunakan dan memobilisasi sumber dana secara efisien. 7). Menyusun rambu-rambu kebijakan pengembangan program pendidikan yang luwes. 8). Membuat peraturan perundangan yang mengatur perimbangan peran pemerintah.
B. Manajemen Pendidikan Islam
Perencanaan merupakan hal penting yang hendaknya ada dalam manajemen pendidikan Islam, perencanaan sangat perlu dan harus ada dalam pendidikan Islam. Jika tanpa ada perencanaan maka keberlangsungan pendidikan Islam akan terkendala.
Bahwa pendidikan Islam membutuhkan manajemen. Dan inti dari manajemen pada hakekatnya adalah perencanaan, tanpa perencanaan atau salah dalam perencanaan pendidikan Islam akan berakibat buruk terhadap keberlangsungan pendidikan Islam
Perencanaan dalam lembaga pendidikan Islam tidak hanya untuk memenuhi target tujuan pendidikan Islam dalam jagak tertentu, tetapi perencanaan pendidikan Islam melampui batas duniawi. Maksudnya adalah perencanaan pendidikan Islam diarahkan untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Hal ini diperkuat oleh Ramayulis, bahwa perencanaan pendidikan Islam tidak sekedar diarahkan untuk mencapai kesempurnaan kebahagiaan dunia saja, tetapi juga kebahagiaan akherat.
Artinya dalam perencanaan pendidikan Islam perlu mempertimbangkan keseimbangan antara tujuan dunia dan akherat.
C. Karakteristik Manajemen Pendidikan Islam
Dalam manajemen pendidikan Islam perencanaan mempunyai karakteristik, karakteristik tersebut adalam suatu proses rasional, berhubungan dengan tujuan sosial, cara, tujuan, proses-proses, dan kontrol, perencanaan dalam manajemen pendidikan Islam merupakan rancangan konspetual, dan konsep yang dibuat hendaknya bersifat dinamis dan lentur, Perencanaan dalam manajemen pendidikan, merupakan kunci keberhasilan pada suatu lembaga. Untuk itu perencanaan dalam pendidikan Islam hendaknya kunci meliputi pengetahuan khusus seperti metode ilmiah yang menyeluruh, mengetahui nilai-nilai, dalam hal tertentu nilai-nilai keIslaman, dan adanya pemahaman yang bersifat kontinaitas.
Dengan demikian dalam manajemen pendidikan Islam hendaknya memperhatikan perencanaan, karena perencanaan merupakan awal dari segala aspek yang akan dilakukan dalam manajemen pendidikan Islam, selain langkah awal perencanaan merupakan aktifitas untuk memilih berbagai alternative tindakanyang kesemuanya itu bermuara kepada target yang harus dicapai.
Dapat dipahami bahwa perencanaan dalam manajemen pendidikanmerupakan kunci utama dalam aktivitas berikutnya, aktivitas lain tidak akan berjalan dengan baik, bahkan mungkin gagal jika tidak didahului oleh perencanaan, maka hal ini dapat dikatakan bahwa perencanaan merupakan ”ruh” manajemen. Jika tidak perencanaan, maka semua aktivitas dalam pencicikan Islam tidak akan jalan dengan baik. Sedangkan lainnya hanyabersifat menjalankan saja, meskipun demikian bagian yang lain pun mempunyai peranyangpenting dalam mewujudkan tujuan dari pendidikan Islam.
Dengan demikian manajemenpendidikan Islam hendaknya diawali dengan perencanaan yang jelas dan matang, dengan adanya perencanaan yang matang diharapkan manajemen pendidikan Islam akan berjalan dengan baik. Perencanaan dalam manajemen pendidikan Islam akan berjalan dengan baik. Jika memperhatikan langkah-langkah perencanaan, seperti menetukan pendidikan tujuan, ,meneliti masalah, menentukan tahapan-tahapan, mermuskan bagaimana cara menyelesaikan masalah, menentukan siapa yang akan beranggung jawab melaksanakan, dan mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan resiko yang akan dihadapi, mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan dan terakhir berusaha melakukan perubahan setelah dilakukan evaluasi.
D. Konsep Dasar Pendidikan Islam
Pendidikan merupakan insitusi tempat menempa diri manusia. Karena pendidikan pada dasarnya adalah sarana untuk membimbing manusia parpurna, karena dalam Al-Qur’an terdapat perintah untuk mengubah diri, perintah untuk banyak membaca, perintah untuk berfikir. Perintah tersebut mengindikasikanbahwa manusia diajarkan untuk menempa diri dan mengembangkan bakat yang ada dalam dirinya. Tetapi perintah untuk berfikir, mengembangkan diri hanya tinggal konsep. Karena semua konsep tentang pengembangan diri, konsep dasar pendidikan Islam tidak digali dan dikembangkanuntuk kemajuan pendidikan Islam.
Pendidikan adalah sebuah aktivitas yang memiliki maksud tertentu, diarahkan untuk mengembangkan individu sepenuhnya. Lebih lanjut Ali Asraf menyatakan bahwa konsep pendidikan Islam tidak dapat dipahami tanpa terlebih dahulu memahami penafsiranIslam tentang pengembangan individu sepenuhnya. Manusia adalah akil Allah di muka bumi. Dalam al-Qur’an Allah menjelaskan tentang nama-nama benda, mengajarkan norma-norma kepada manusia pilihan yaitu Nabi. Norma-norma dan prinsip-prinsip serta metode-metode tentang pembelajaran dan pengetahuan telah Allah turunkan melalui Wahyu. Firman Allah merupakan sumber hukum untuk dipatuhi manusia.
Pendidikan bertujuan menimbulkanpertumbuhan seimbang kepribadian manusia melalui latihan spiritual, intelek, rasional diri, perasaan dan kepekaan tubuh manusia. Oleh karena iotu, pendidikan hendaknya menyediakan jalan untuk pertumbuhan manusia dalam segala aspeknya, seperti spiritual, intelektual, imaginative, fisikal, ilmiah, liguistik, baik secara individual maupun secara kolektif dan memotivasi semua aspek untuk menjadikebaikan dankesempurnaan. Menurut Ali Asraf tujuan terakhir pendidikan muslim adalah perwujudan penyerahan mutlak kepada Allah; pada tingkat individual, masyarakat dankemanusiaan.
Diantaranya konsep Islam tentang manusia dan metafisika pendidikan, adalah pertama, konsep Islam tentang manusia mempunyai keluasan danjarak yang tidak dimiliki konsep tentang manusia manapun. Karena manusia dapat menjadi khalifatullah dengan menanamkanatau mewujudkan dalam dirinya sifat-sifat tuhan. Karena itu, sifat-sifat tersebut mempunyai dimensi tidak terbatas, kemajuan moral, spiritual dan intelektual manusia juga tidak terbatas. Kedua, karena pengetahuan adalah sumber dan kemauan dan pengembangan, Islam tidak meletakkan rintangan apa pun terhadap pencapaian pengatahuan. Ketiga, jangkauan pengetahuan harus seutuhnya dengan memiliki intelektual karena isolasi seseorang tidak dapat mempertahankan pertumbuhan seimbag. Keempat, aspek spiritual moral, intelektual, imajinatif, emosional dan pisikal dari kepribadian sesorang tetap diamati dalam membentuk interelasi diantara disiplin-disiplin itu. Pertumbuhan pikran dan kemampuan seorang anak hendaknya dipertimbangkan untuk merencanakan berbagais subyek dan mata pelajaran dalam tahapan bertingkat. Sehingga dengan demikian interelasi dapat dipertahankan. Kelima, perkembangan pribadi dilihat dalm konteks hubungan manusia dengan tuhan, manusia dengan alam.
Pendidikan seharusnya bertujuan mencapai pertumbuhan yang seimbang dalam kepribadian manusia secara total melalui latihan semangat, intelek, rasional diri, perasan dan kepekaan tubuh. Karena itu pendidikan, pendidikan seharusnya memberikan jalan bagi pertumbuhan manusia dalam segala aspeknya secara spiritual, intelektual, imajinatif, fisikal, ilmiyah, limuistik, baik secara individual maupun secara kolektif disamping memotifasi semua aspek tersebut kearah kebaikan dan kesempurnaan.
E. Perbedaan Manajemen Pendidikan Islam dan Umum
Para pakar pendidikan yang beranggapan bahwa pendidikan barat lebih baik dan moderen disisi lain, pendidikan Islam dianggap tidak moderen dan tidak mempunyai konsep yang jelas mengenai pendidikan. Konsep pendidikan barat dipaksakan penerapannya di dunia Islam. Keadaan ini makin memperparah keadaan umat Islam yang telah terpola dengan konsep pendidikan barat. Pola pendidikan barat menjadi semacam pendangkalan keIslaman umat Islam sendiri. Bahkan ada kecenderungan dikalangan masyarakat bahwa terjadinya korupsi, kolusi, nepotisme serta berbagai kemungkaran adalah akibat gagalnya pendidikanIslam dalam mendidika akhlak.
Dalam Islam, menuntut ilmu diwajibkan bagi setiap muslim mulai dari buaian sampai linag lahat. Siswa memperlukan kemampuan belajar sepanjang hayat dalam rangka memupuk dan mengembangkan ketahanan fisik dan mentalnya sehingga pembelajaran diarahkan agar siswa berfikir positif mengenai siapa dirinya, mengenali dirinya sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya serta mensyukuri atas segala rahmad, nikmat serta karunia yang telah dianugerahkan tuhan kepada dirinya.
Lembaga pendidikan di bawah naungan Depdiknas harus tunduk pada peraturan-peraturan yang berlaku secara seragam untuk semua lembaga pendidikan. Padahal kebijakan seperti ini telah menimbulkan banyak pengaruh negatif terhadap kehidupan lembaga pendidikan.
Dikalangan masyarakat indonesia akhir-akhir ini, istilah pendidikan mendapatkan arti yang sangat luas. Kata-kata pendidikan menggambarkan bimbingan dan pelatihan yang dibeda-bedakan oleh masyarakat. Di dalam undang-undang No. 2/1989 tentang sistem pendidikan nasional pasal 1 menjelaskanbahwa pendidikan adalahusaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melaluikegiatan bimbingan, pengajaran, bagi peranannya dimasa yang akan datang, dapat dipahami bahwa bimbingan,pengajaran, pelatihan, terkandung makna pendidikan.
Pada dasarnya pendidikan Islam hendak mengembangkan pandangan hidup Islami yang diharapkan tercermin dalam sikap hidup ketrampilan orang Islam al haya al-haraka (bergerak atau beraktifitas yang mendatangkan berkah) al-ziyadah, al-nikma (kenikmatan atau kenyamanan hidup) as-saadah (kebahagiaan) karena itu pandangan hidup yang dimanivestasikan dalam sikap hidup ketrampilan hidup seseorang harus bisa mendatangkan berkah yakni nilai tambah, kenikmatan, dan kebahagiaan dalam hidup.
Jadi perbedaan antara manajemen pendidikan silam dan umum terletak pada akhirtujuan, pendidikan umum cenderung mengacu pada keterapan pemerintah dalam kemaksimalan hasil pembelajaran (kesuksesan pembelajaran), cenderung bersifat duniawi sedangkan pendidikan Islam aspek penekannya pada perubahan akhlakul karimah menuju kebahagiaan hakikibukan hanya dunia akan tetapi juga bekal menuju ridloi Illahi.

DAFTAR PUSTAKA

Drs. Muhaimin, M.A, et. al. Paradigma Pendidikan Islam” Upaya mengefektifkan pendidikan Agam Islam di Sekolah”. Rosada Karya Bandung
Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam” Di sekolah Madrasah dan Perguruan Tinggi. Grafindo Persada, Jakarta
Prof. Dr. H. Haidar Putra Daulay, MA. Pendidikan Islam” Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia”, Kencana Jakarta

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers