Welcome for JAWAPOSTING *** KLIK IKLANNYA, 1 Klik Dari Anda Sangat Berarti Bagi Saya Thanks *** thanks for Mr. bedun_19, Mr. Bobby Julian, Mr. Garra Jail, Mr. Ziza Lufiaz and all friend *** Cinema3satu *** http://admaster.union.ucweb.com/appwall/applist.html?pub=zhuangtc@444zizalufias *** Thanks To *** Thanks to blogspot lagi butuh tukar link gan.. silahkan copy link ane di bawah... terus koment sotmix.. ntar ane pasang link sobat.. thanks all

HIKMAH KURBAN DAN AQIQOH

Diposkan oleh irfan on Sunday, June 14, 2009

KAMI TULIS ARTIKEL INI UNTUK MEMUDAHKAN PEMBELAJARAN FIQIH PADA POKOK BAHASAN QURBAN DAN AQIQOH PADA KELAS VII SEMESTER GENAP.
Oleh Drs. M Hamdi



1.Pengertian Qurban

“Qurban” dalam bahasa arab berarti “dekat”, sedang dalam pengertian syar’i Qurban berarti menyembelih hewan yang telah memenuhi syarat tertentu di dalam waktu tertentu dengan niat ibadah guna mendekatkan diri kepada Alloh SWT. Qurban telahdisyari’atkan dalam kish Qabil dan Habil
Kurban yang disyari’atkan kepada umat Islam, adalah ayariat yang berawal dari kisah Nabi Ibrahim beserta putranya Ismail. 






Artinya : 
Maka ketika anak itu sampai (pada Umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “ Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah begaimana pendapatmu! “Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan( Alloh) kepadamu; insya Alloh engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.” Maka ketika keduanya telah berserah diri dan dia(Ibrahim) membaringkan anaknya telah berserah diri dan dia (Ibrahim ) membaringkan anaknya atas pelipisnya, ( untuk melaksanakan perintah Alloh). Lalu Kami panggil dia, “Wahai Ibrahim! Sesungguhnya engkau telah membenarkan mimpi itu.” Sungguh, demikianlah ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.(QS as-Saffat(37):102-197).


Menurut riwayat mimpi itu terjadi pada malam kedelapan bulan Zulhijah. Paginya Nabi Ibrahim berfikir bahwa mimpi itu datang dari Alloh ataukah dari setan. Ibrahim tidak segera melaksanakan perintah itu. Hari kedelapan bulan zulhijjah disebut Tarwiyah,(hari Berfikir).

Pada malam kesembilan mimpi itu berulang lagi, dengan demikian mengertilah Ibrahim bahwa mimpi itu dating dari Alloh. Itulah sebabnya hari kesembilan disebut Arofah, ( hari mengetahui), kemudian pada malam kesepuluh Ibrahim bermimpi yang sama.
Kemudian pada waktu duha hari kesepuluh bulan zulhijjah, Ibrahim melaksanakan perintah yang diterima melalui mimpi. Hari kesepluh itu disebut hari Nazar, artinya hari menyembelih. Saat itulah Alloh SWT. Mengganti Ismail denagn seekor hawan sembelihan. Sejak itu pulah setiap tanggal sepuluh bulan zulhijjah Ibrahim menyembelih Hewan Qurban.
Para Ulama’ menggemukakan latar belakang yang berbeda mengapa ibrahim menyembelih Ismail?, salah satunya adalah pada saat itu berkembanh anggapan bahwa mengorbankan manusia karena Alloh adalah perbuatan yang tidak pantas. Ibrahim dikenal sangat mencintai Alloh, sangat ingin menghilangka anggapan itu, namun siapakah yang akan beliau kurbankan, karena saat itu Ibrahim tidak berputra.

2. HUKUM BERKURBAN

Qurban hukumnya sunah muakad. Orang yang telah mampu tetapi tiadak melaksanakan kurban, tercela dalam pandangan Islam.
Sebagaian Ulama’ berpendapat bahwa kurban hukumnya wajib. Mereka beralasan dengan firman Alloh:  





Artinya:
Sesuggunya Kami telah memberimu( Muhammad) nikmat yang banyak, maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah( sebagai ibadah yang mendekatkan diri kepada Alloh). Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari Rakmat Alloh) (QS al-Kausar(108):1-3).

3.Jenis Dan Syarat Hewan Qurban 

Hewan yang dimaksud adalah: unta, sapi, kerbau, dan kambing/domba. 
Adapun hewan yang dapat dijadikan kurban adalah: cukup umur, dan tidak cacat. Ketentuan cukup umur itu adalah:
a. domba sekurag-kurangnya berumur satu tahun atau telah tanggal giginya.
b. Kambing biasa sekurang-kurangnya telah berumur satu tahun
c. Unta sekurang-kuranya telah berumur dua tahun
d. Sapi atau kerbau yang sekurang-kuranya berumur dua tahun.

4.Waktu Menyembelih Qurban
Waktu yang ditetapkan untuk menyembelih kurban yaitu sejak selesainya salat idul Adha(tanggal 10 zulhijjah) sampai terbenamnya matahari tanggal 13 zulhijjah.
Walaupun tanggal sepuluh bulan zulhijjah adalah waktu pelaksanaan penyembelihan kurban, namun pelaksanaannya harus dilakukan setelah salat idul Adha. Kurban dilakukan sebelum salat Idul Adha tidak dianggap sebagai ibadah kurban

5. Sunah Dalam Menyembelih Qurban
Pada waktu menyembih Quraban disebatkan:
a. melasanakan sunak yang berlaku pada penyembelihan biasa, seperti membaca basmalah, membaca sholawat, menghadapakn hean ke arah kiblat, menggulingkan hewan kea rah rusuk kirinya, mmotong pada pangkal leher, memotong urat kiri dan kanan leher hewan.
b. Membaca takbir.
c. Membaca do’a.
d. Orang yang berkurban menyembelih sendiri hewan kurbannya, jika ia mewakilkan, maka disunatkan ia hadir ketika pelaksanaan penyembelihnan.



1.Pengertian Aqiqoh

Aqiqoh dalam bahasa arab berarti rambut yang tumbuh di kepala anak/bayi. Istilah aqiqoh kemudian dipergunakan untuk pngertian penyembelihan hewan seubungan dengan kelahiran bayi.
Aqiqoh hukumnya sunahnya.
Waktu yang sah digunakan untuk aqiqoh sama dengan syarat sahnya hewan qurban. Demikian sebagain besar pendapat ulama’. Mazab maliki berpendapat bahwa hewan aqiqoh terbatas pada kambing dan domba. Selain itu tidak sah untuk Aqiqoh.
Aqiqoh dengan selain kambing berbeda dengan qurban, jika seekor sapi/kerbau dapat dijadikan kurban tujuh orang dan seekor unta untuk tujuh orang, dalam aqiqoh seekor sapi/kerbau/unta hanya boleh dipergunakan aqiqoh untuk satu orang.
Wakt pelaksanaan aqiqoh yang disyari’atkan untuk menyembelih hewan qiqoh adalah hari ketujuh dari kelahiran anak sesuai hadist diata. Apabila pada hari ketuju belum dapat melaksanakannya, maka aqiqoh dapat dilaksanakan kapan saja selama anak tersebut belum balig. Aqiqoh hanya disarakan sekali seumur hidup, berbeda dengan qurban yang disyariatkan setiap tahun.








HIKMAH QURBAN
syariat kurban terdapat beberapa hikmah, baik bagi orang yang berqurban, yang meneriama dagingnya maupun bagi kepentingan umum.
a. hikmah bagi orang yang berkurban
1. menambah kecintaan kepada Alloh
2. menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh
3. dengan berqurban berarti seserang telah menunjukkan rasa syukurnya kepada Alloh
4. dengan berqurban seseorang telah mampu berbuat baik.
b. hikmah bagi yang menerima daging kurban
1. menambah keimanan kepada tuhan 
2. bertambah gairah dan semagat hidupny, karena mampu memberikan bantuan kepada orang lain.
c. hikmah bagi kepentinag umum
1. memperkokoh tali silaturahmi/persoudaraan karena ibadah kurban melibatkan lapisan masyarakat
2. menumbuhkan serta meningkatkan kesadaran beragama baik bagi oang yang mampu maupun bagi orang yang kurang mampu.

HIKMAH AQIQOH
a. merupakan manifestasi rasa syukur kepada Alloh
b. menambah kecintaan kepada anak
c. mewujudkan hubungan yang baik sesame tetangga maupun saudara
d. menumbuhkan dan meningkatkan rasa persatuan, toleransi, tolong menolong sesama anggota masyarakat.
   



SEMINAR PENDIDIKA DAN WORKSHOP LINUX
Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa

Siswa sulit dalam mendalami materi matematika? Pertanyaan itu tidakakan terdengar lagi ditelinga guru matematika. Dengan memberikan metode, bimbingan dan arahan yang jelas mengajar matematika menjadi lebih menyenangkan dan siswa lebih semangan dalam bermain angka-angka saat mengerjakan soal matematika yang ada ditanggan mereka. 
 Mengunakan metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan menjadikan siswa menjadi kreatif dalam belajar.
 Semangat guru menjadi modal utama
 Senyuman dan bimbingan langung ke siswa menjadi motifasi yang manjur
 Materi yang menarik menjadi sarapan pagi yang lezat bagi siswa

Selamat Berjuang Untuk Mejadikan Siswa Kreatif.

 
PELAIHAN PROFESIONALISME GURU
DILAKSANAKAN OLEH KELOMPOK KERJA PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DEPARTEMEN AGAMA KABUPATEN JOMBANG
PADA TANGGAL 28-29 JUNI 2009


1. Guru Professional:


Peran guru dalam kegitan pembelajaran di sekolah relative tinggi. Peran guru tersebut terkait dengan perang siswa dalam belajar. Pada jenjang SLTP dan SLTA peran guru tergolong tinggi, bila siswa menyadari pentingnya belajar bagi hidupnya dikemudian hari. Adanya gejala memolos sekolah, malas belajar senda gurau menjelaskan baha ajar sukar misalnya, merupaanketidak sadaran siswa dalam belajar

Menurut Biggs dan Telfer diantara motofasi belajar siswa, ada yang dapat diperkuat dengan cara-cara pembelajaran. Motivasi instrumental, motifasi social, dan mtifasi prestasi rendah misalnya dapat dikondisikan secara bersyarat agar terjadi perang belajar siswa yag berpengaruh pada proses belajar dapat ditentukan guru. Kondisi eksternal yang berpengaruh pada proses pelajar yang terpenting diantaranya adalah bahan belajar sehingga bahan belajar dapat dibuat semenarik mungkin bagi siswa baik wujud fisik maupun non fisik. Bentuk fisik seperti buku, ukuran buku, gambar sampul, bentuk huruf buku dapat dibuat oleh penyusun buku sehingga dapat menarik perhartian pembaca. Isi buku yang terdiri dari informasi pengetahuan dapat dibuat mudah dibaca oleh pengarang buku.

Guru memiliki peran yang penting dalam memilih bahan belajar, perhatianoleh guru adalah sebagai berikut:

1. apakah isi bahan belajar sesuai dengan sasaran belajar? Jika tidak sesuai adakah bahan pengganti yang sederajad dengan program?
2. bagaimana tingkatan kesukaran bahan belajar bagi siswa? Jika bahan belajarnya tergolong sukar, maka guru perlu membuat mudah bahan tersebut bagi siswa. Guru dapat merujuk bahan prasyarat, menambah waktu belajar, dan menggunakan berbagai sumber lain
3. apakah isi bahan belajar tersebut memuntut digunakan strategi, belajr dengan bai, apakah guru masih harus menceramahkan bahan tersebut di kelas? Dalam hal ini guru di harapkan enyesuikan strategi belajar mengajar dengan bahan belajar.


Penilaan Kelas Dan Analisis Hasil Belajar
DISAMPAIKAN PADA TANGGAL 11 MARET 2008
DI MTs SEBLAK JOMBANG

Tujuan : untuk mengetahui tingkat belajar para sisewa setelah mengikuti proses belajar
Jenis Penilaian`: penilaian dilaksanakan dalam bentuk
a. penilaian diagnosis untuk menentukan kesulitan menentukan kesulitan belajar dan masalah.
b. Penilaian kembali setelah pengayaan remedial
c. Penilaian hasil pengajaran kembali seteah penyelenggaraan penyuluhan
Aspek Yang Dinilai: aspek yang dinilai adalah :
a. pengetahuan (sesuai dengan materi)
b. keaktifan belajar siswa
c. tugas penerapan (kalau ada)
Alat Penilaian : dapat dipilih sebagai berikut:
a. tes tertulis
b. kartu preatasi
c. obsevasi dan wawancara
d. kuesioner

hasil penilaian supaya diolah dan dikaji, selanjutnya dituangkan kedalam laporan.



Ma'af di artikel ini saya tidak bisa memberi ayat atau hadits yang tertera di atas mohon maaf yang sebesar-besarnya 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Makasih dah mau ngasih komen smoga bermanfaat bagi semua kalangan dan bloger, Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon kritik dan saran

JAWAPOSTING's Fan Box

JAWAPOSTING on Facebook and

Recent Post

Label

' (2) 6 (1) ADSENSE (3) ANTI MALAYSIA (5) APLIKASI (6) arti (28) ARTIKEL (701) ARTIS (21) ASEAN (5) ASMARA (5) AWARD (1) B (1) BAHASA INDONESIA (74) BAHASA INGGRIS (106) BAHASA JAWA (10) BAHASA JEPANG (2) BANK (2) BARAT (3) BERITA (1) BIOGRAFI (3) BISNIS (69) BOEKP (12) BUKU (1) BUKU TAMU (3) CARA BELAJAR SABAR (2) cara download musik di blog aku (3) cerita rakyat (14) cerpen (25) cerpen pondok TBI (3) CHEAT PB (1) chord (1) cinta (1) Connect With Friend (1) copas (3) DANGDUT (1) design (1) DESKRIPSI (4) DI JUAL (2) DOWNLOAD GRATIS (87) DRAMA (17) drama ku (2) ELEKTRONIK (5) FACEBOOK (73) FALAK (1) FENOMENA (1) film (38) FILM INDONESIA (12) FLASHDISK (3) gambar (3) GAME (8) GAWE KONCOKU (2) GRATIS (1) GUESTBOOK (1) HACKER (7) HARDWHARE (1) HARGA (1) HARI RAYA IDUL ADHAH (1) HEWAN (2) HIJAB (1) HUKUM (16) i (1) I (1) ide konyol (1) IKLAN (1) ilmu otomotif (13) INDONESIA (91) INDOSAT (1) INFORMASI (118) INSTALASI (2) INTERNASIONAL (19) INTERNET (73) IPA (8) Iptek (13) ISENG (1) ISLAM (157) JANGAN MINDER (1) JUAL BELI (4) KARYA ILMIAH (5) Karyaku (1) KATA BIJAK (1) KATA MUTIARA (3) KEBUDAYAAN (5) kehidupan sehari-hari (1) KEMERDEKAAN INDONESIA (2) KERAJAAN (1) KESEHATAN (24) KHUSUS MAS ALFAN RECCERY (1) KHUTBAH (3) KIMIA (2) KIRIM ARTIKEL MU (4) kisah dalam puisi (2) KISAH KU (10) KITAB (1) KITAB ALFIYAH (2) KOMPUTER (36) KONTES (1) KORAN FESBUK (105) KORD (15) KOTAK MASUK EMAILKU (129) KRITIKAN PEDAS SANG GARUDA (1) Kucing Hias (5) KUNCI GITAR (19) kurikulum (3) LAPORAN (5) LIPUTAN (1) LIRIK (28) LIRIK LAGU (30) logo (6) lucu (3) makalah (113) management (1) masyarakat (1) MENGHITUNG (1) MOBILE (31) MODIFIKASI (1) MOJOKERTO (1) MOTOR (1) MP3 (25) MUSIK (41) NARATIVE TEKS (4) NEGARA (5) NEWS (1) NOT FOUND (1) novel (7) OBAT (1) OLAH RAGA (9) OM BEDHUN_19 (1) OTOMOTIF (7) OVJ (3) OVJ Opera Van Java (3) paid to comment (1) PAPER (1) PASANG IKLAN (1) PAYPAL (4) PDTM (4) PEMILU (2) PEMIRINTAH (5) pendidikan (3) pendidikankan (669) pendidkan (43) PENELITIAN (4) PENEMUAN (1) PENGAJIAN (10) pengertian (9) PENGETAHUAN (87) PENYAKIT (4) perawatan badan (4) PERBANKAN (3) PERKEMBANGAN (2) PHONSEL (16) PHOTO ALBUM PRIBADI (3) PIDATO (3) PLANET (5) point blank (1) POLITIK (6) PORN (13) PROGRAM (1) PROPOSAL (3) puisi (8) PUISI CINTA (2) PULSA (1) RADIO ONLINE (1) RAMALAN ZODIAK (10) RAN ONLINE (3) RESENSI NOVEL (3) RESEP MAKANAN (46) RESUME (1) RINGTONE (1) RPP (23) RUMAH TANGGA (1) SEJARAH (38) SEMINAR (2) SENI (12) SEX (8) Sex On the street (1) SHOPPING (1) silabus (1) SKRIPSI (6) SOAL (5) softwere (12) SUARA ANAK BANGSA (1) sulap (1) TANAMAN (2) TEKNOLOGI (11) TEMPAT SHARING (1) TEMPLET JAWAPOSTING (1) tentang lagu (1) TENTANG Q (19) teriamkasih anda telah mengunjungi blog ini (3) TERJEMAH AL-QUR'AN (7) TESIS (1) THEME (1) TIPS (24) trafik meledak (1) trik bloger (47) trik Facebook (29) TRIK FS (4) TRIK RAN ONLINE (1) TUGAS (11) tugas pdtm 2 (5) TUKAR LINK (1) tulia (3) TULISAN ORANG (580) TUTORIAL (12) TV ONLINE (18) TWITTER (13) UAN (2) ume (3) UMUM (428) VIDIO MUSIK (2) welpaper (11) WINDOWS (2) WISATA HATI (1) wordpress (1) XP (1) youtube (1)

Followers